15 Obat Tenggorokan Kering yang Bagus di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat tenggorokan kering

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat tenggorokan kering dibutuhkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada tenggorokan yang buat Anda sulit menelan dan mengganggu aktivitas. Pastikan untuk mengonsumsi obat yang aman, sesuai kebutuhan dan ikuti anjuran dosis yang ada.

Merupakan salah satu jenis gangguan saluran pernapasan, tenggorokan kering biasanya bukan termasuk kondisi yang serius dan bisa saja sembuh dengan sendirinya hanya dalam beberapa hari saja. Selain itu saat ini sudah banyak obat tenggorokan kering yang bisa di beli di Apotik.

Namun juga perlu diperhatikan, rasa gatal dan juga ketidaknyamanan di tenggorokan dapat menghambat aktivitas sehari-sehari, seperti minum dan makan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui apa saja berbagai obat yang dapat dikonsumsi.Tenggorokan kering sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kurang asupan air, kondisi cuaca ataupun salah posisi tidur.

Ketika Anda kurang air minum, tubuh akan merasa dehidrasi sehingga menyebabkan tenggorokan kering dan gatal. Penyebab lainnya bisa berasal dari kondisi alergi, misalnya pada debu, cuaca ataupun alergen lainnya. Untuk mengatasi tenggorokan kering, Anda mungkin memerlukan konsumsi air putih lebih banyak lagi, minuman herbal hingga bantuan obat yang banyak tersedia di apotik.

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Kering yang Bagus di Apotik

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, tenggorokan kering perlu diatasi dengan segera agar tidak menghambat aktivitas Anda. Tidak perlu takut kesulitan mendapatkan obat tenggorokan kering, Anda dapat menemukannya di apotik terdekat. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat tenggorokan kering yang bagus di apotik.

Baca juga: 20 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh di Apotik

1. Komix LO Han Kuo

obat tenggorokan kering komix lo han kuo

Beli Komix Lo Han Kuo Klik di Sini

Minuman herbal yang satu ini mengandung buah Lo Han Kuo, dipercaya dapat untuk melegakan tenggorokan dan gejala batuk. Sebagai salah satu obat herbal, Anda cukup melarutkan 1 stick pack dengan 200ml air hangat saja.

Dibuat dengan bahan alami, Komix Lo Han Kuo merupakan jamu yang tepat untuk mengatasi gejala panas dalam mulai dari batuk, tenggorokan kering dan lain sebagainya.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/dos

2. Fishermans Sugar Free Mint

obat tenggorokan kering fishermans sugar free mint

Beli Fishermans Sugar Free Mint Klik di Sini

Selanjutnya, ada permen pelega tenggorokan yang bebas gula dengan rasa enak dan menyegarkan. Anda dapat dengan mudah memesan Fishermans Sugar Free Mint di K24Klik, tanpa perlu repot ke apotek offline.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/pcs

3. Antangin Permen Fresh Mint

obat tenggorokan kering antangin permen fresh mint

Beli Antangin Permen Fresh Mint Klik di Sini

Kemudian, Anda juga dapat mencoba untuk mengonsumsi Antangin Permen Fresh Mint. Obat berbentuk permen ini memiliki rasa fresh mint yang berkhasiat untuk menghangatkan badan, melegakan tenggorokan hingga mencegah mual selama perjalanan.

Antangin Permen Fresh Mint ini mengandung ekstrak jahe, ekstrak licorice, ekstrak ginseng hingga madu yang pastinya membuatnya menjadi salah satu permen obat yang ampuh atasi masalah tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/pcs

4. Strepsils Cool

obat tenggorokan kering strepsils cool

Beli Strepsils Cool Klik di Sini

Rekomendasi obat tenggorokan kering selanjutnya adalah Strepsils Cool. Permen pelega tenggorokan ini mengandung menthol yang juga memberikan manfaat baik untuk pernafasan Anda.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/pcs

5. Hexadol Mint Gargle

obat tenggorokan kering hexadol mint gargle

Beli Hexadol Mint Gargle Klik di Sini

Tidak hanya permen, cara mengatasi tenggorokan kering yang ampuh biasanya menggunakan obat dalam bentuk cair. Nah, Hexadol Mint Gargle ini merupakan obat kumur yang dapat mengatasi infeksi ringan pada tenggorokan, termasuk gejala dehidrasi hingga radang. Anda dapat membeli Hexadol Mint Gargle secara online di K24Klik, praktis dan anti ribet.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/botol

6. Capung Herbal Pastiles

obat tenggorokan kering capung herbal pastiles

Beli Capung Herbal Pastiles Klik di Sini

Mengobati tenggorokan kering dengan obat berbahan herbal? Capung Herbal Pastiles ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Permen ini terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami yang memiliki khasiat obat sehingga mampu meredakan batuk, tenggorokan gatal, serak, parau hingga bau mulut kurang sedap.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/pcs

7. Sp Troches Meiji Loz Tablet

obat tenggorokan kering sp troches meiji loz tablet

Beli Sp Troches Meiji Loz Tablet Klik di Sini

Rekomendasi obat tenggorokan kering selanjutnya adalah Sp Troches Meiji Loz Tablet. Tersedia dengan rasa buah yang menyegarkan, Sp Troches mengandung Dequiline Chloride bermanfaat untuk pencegahan infeksi mulut termasuk dengan masalah tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

8. Degirol Loz Tablet

obat tenggorokan kering degirol loz tablet

Beli Degirol Loz Tablet Klik di Sini

Selain permen, tablet hisap juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi tenggorokan kering dan gatal. Kandungan dequalinium chloride pada Degirol Loz Tablet dapat bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan, peradangan pada rongga mulut dan tenggorokan bahkan juga mengatasi infeksi selaput lendir di mulut.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

9. Betadine Menthol & Eucalypstus Lozenges

obat tenggorokan kering betadine menthol & eucalyptus lozenges

Beli Betadine Menthol & Eucalyptus Lozenges Klik di Sini

Kemudian, ada juga Betadine Menthol & Eucalyptus Lozenges yang mengandung amylmetacresol dan dybenal. Tablet hisap ini dapat membantu melegakan tenggorokan dan sangat mudah dikonsumsi. Anda cukup menghisap tablet sampai larut perlahan di mulut saja, hampir sama seperti mengonsumsi obat dalam bentuk permen.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/pcs

10. Interlac Pro D Mint Tablet

obat tenggorokan kering interlac pro D mint tablet

Beli Interlac Pro D Mint Tablet Klik di Sini

Tenggorokan kering dan gatal bisa saja disebabkan oleh peradangan pada gusi dan juga kesehatan mulut yang bermasalah. Nah, Interlac Pro D Mint Tablet ini merupakan tablet hisap yang mengandung lactobacillus dan formula bebas laktosa untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 140 ribu/strip

11. Lamandel

obat tenggorokan kering lamandel

Beli Lamandel Klik di Sini

Merasa lebih nyaman mengonsumsi obat dalam bentuk cair apalagi bisa dilarutkan ke air hangat ? Lamandel ini mengandung starcytarpheta folia, centela asiatica dan juga curcuma rhizoma.

Obat yang dapat dilarutkan ke dalam air ini ampuh untuk mengatasi batuk, gangguan amandel dan juga tenggorokan. Tidak hanya itu, Lamandel juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/pcs

12. Bintang Toedjoe Panas Dalam Biji Selasih

obat tenggorokan kering bintang toedjoe panas dalam biji selasih

Beli Bintang Toedjoe Panas Dalam Biji Selasih Klik di Sini

Selanjutnya, Anda dapat mengonsumsi Bintang Toedjoe Panas Dalam Biji Selasih untuk mengatasi tenggorokan kering. Setiap sachet dari minuman herbal yang satu ini mengandung alang-alang, lidah buaya, biji selasih dan juga vitamin C. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk meredakan gejala panas dalam seperti sariawan, tenggorokan kering hingga bibir pecah-pecah.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/dos

13. Larutan K3

obat tenggorokan kering larutan k3

Beli Larutan K3 Klik di Sini

Rekomendasi obat tenggorokan kering selanjutnya adalah larutan penyegar K3. Kandungan gypsum fibrosum, galcareous spar dan bahan-bahan lainnya dalam larutan penyegar ini dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari panas dalam, demam, pilek, mencegah sariawan, meredakan tenggorokan kering dan lain sebagainya.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/botol

14. Adem Sari Fresh

obat tenggorokan kering adem sari fresh

Beli Adem Sari Fresh Klik di Sini

Rekomendasi selanjutnya adalah Adem Sari Fresh, minuman penyejuk yang mengandung bahan aktif ekstrak jeruk nipis. Bahan lainnya dalam Adem Sari Fresh adalah kayu manis, pulosari serta vitamin C. Minuman ini ampuh untuk membantu meredakan gejala panas dalam, termasuk tenggorokan kering dan gatal.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/pcs

15. Larutan Cap Badak

obat tenggorokan kering larutan cap badak

Beli Larutan Cap Badak Klik di Sini

Terakhir, ada larutan cap badak yang mengandung banyak zat dari resep herbal yang diproses secara unik. Larutan ini dapat mengatasi masalah kesehatan mulai dari bibir pecah-pecah, sariawan, bau mulut, tenggorokan kering, hingga saat tubuh sedang tidak fit. Anda dapat membeli Larutan Cap Badak secara praktis melalui K24Klik.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat tenggorokan kering yang bagus dan dapat dengan mudah Anda temukan di apotik. Apabila gejala tenggorokan kering terasa lebih mengganggu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli ataupun apoteker terkait. Tenang, K24Klik juga menyediakan sesi interaktif agar Anda mendapatkan obat terbaik sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Sekarang, beli obat tidak perlu repot ke offline store loh. Anda dapat membeli berbagai kebutuhan kesehatan melalui K24Klik. Cukup pilih, pesan dan obat pun bisa sampai ke depan rumah Anda dan tentunya dalam waktu singkat. Praktis bukan? Selain website, K24Klik dapat diunduh melalui Play Store maupun Apps Store.

Referensi:

https://www.healthline.com/health/dry-throat diakses pada 23 Maret 2023

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321201#_noHeaderPrefixedContent diakses pada 23 Maret 2023