24 Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Beragam pilihan obat flu pilek paling ampuh untuk orang dewasa seperti Paramex Flu dan Batuk, Panadol Hijau hingga Siladex Batuk dan Pilek dapat Anda beli di apotek offline maupun online.

Pada masa pergantian musim atau pancaroba, flu dan pilek menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang orang dewasa, anak-anak hingga bayi. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan obat flu pilek dewasa yang tersedia di apotik.

Pemakaian obat flu pilek sendiri tidak bisa disamaratakan, harus memperhatikan komposisi dan juga dosisnya untuk dewasa maupun anak-anak. Guna memaksimalkan efektivitas penggunaan obat, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker di aplikasi K24Klik.

Baca juga: 15 Obat Batuk Berdahak dan Gatal untuk Dewasa di Apotek

Rekomendasi Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Sebelum mengonsumsi obat-obatan, penggunaan minyak angin ataupun inhaler dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi beragam gejala flu. Namun, penggunaan obat-obatan dapat membantu proses pemulihan menjadi lebih cepat.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat flu pilek untuk orang dewasa paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Panadol Hijau

panadol hijau cold n flu

Beli Panadol Hijau Klik di Sini

Salah satu obat flu pilek yang dapat Anda manfaatkan adalah Panadol Cold and Flu atau yang sering disebut Panadol Hijau. Obat ini mengandung paracetamol, pseudoephedrine dan juga dextromethorphan HBr di dalamnya.

Manfaat utama dari obat ini adalah membantu meringankan beragam gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, pilek, bersin-bersin hingga batuk.

Dosis anjuran mengonsumsi Panadol Hijau ini adalah setiap 4-6 jam sekali 1 kaplet atau 3-4 kali sehari, maksimal 8 kaplet dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/blister

2. OBH Combi Dewasa Batuk Flu

obh combi dewasa batuk flu

Beli OBH Combi Dewasa Batuk Flu Klik di Sini

OBH Combi merupakan sirup obat flu dan batuk untuk dewasa yang dapat dibeli tanpa resep dan mudah ditemukan di apotik. Obat ini cocok digunakan untuk mengatasi pilek, hidung mampet, demam, bersin-bersin, sakit kepala yang juga disertai dengan batuk.

OBH Combi Dewasa Batuk Flu sendiri memiliki kandungan paracetamol, ekstrak succus liquiritiae dan juga ammonium chloride, pseudoephedrin HCl dan juga CTM di dalamnya.

Hadir dengan rasa jahe, obat ini dapat memberikan sensasi menghangatkan untuk saluran pernapasan sehingga flu pilek pun mereda. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari 3 sendok takar atau setara 15 ml.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/botol

3. Actifed Plus Expectorant Sirup Hijau

actifed plus expectorant sirup hijau

Beli Actifed Plus Expectorant Sirup Hijau Klik di Sini

Flu pilek disertai dengan batuk berdahak? Actifed Plus Expectorant Sirup Hijau dapat menjadi salah satu obat yang tepat untuk Anda.

Obat flu yang bagus di apotik ini mengkombinasikan kandungan tripolidine HCl, pseudoephedrin dan juga guaifenesin di dalamnya. Beragam gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin dapat diatasi dengan obat ini.

Kandungan guaifenesin di dalam Actifed Sirup Hijau membuat obat yang satu ini dapat bekerja sebagai iritan pada saluran pernapasan sehingga dahak mudah keluar. Untuk dewasa, obat ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari 1 sendok takar sekali minum.

Kisaran harga: Rp 67 ribu/botol

4. Rhinos SR Kapsul

obat flu pilek dewasa rhinos sr kapsul

Beli Rhinos SR Kapsul Klik di Sini

Meski tidak memiliki kandungan penurun demam, Rhinos SR Kapsul bekerja efektif dalam meredakan gejala rhinitis alergi seperti bersin, hidung gatal, hidung berair hingga hidung tersumbat.

Komposisi dari obat pilek yang satu ini adalah loratadine dan juga pseudoephedrine HCl. Dosis penggunan obat ini adalah 1 kapsul tiap 12 jam.

Perlu diketahui bahwa pembelian obat ini memerlukan resep dokter, Anda dapat melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu melalui aplikasi K24Klik.

5. Sanmol Forte

sanmol forte untuk flu pilek

Beli Sanmol Forte Klik di Sini

Sirup pilek untuk dewasa yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah SANMOL Forte Sirup. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, serta demam yang menyertai flu dan setelah imunisasi.

Penyajian obat ini bisa diminum sebelum atau setelah makan. Untuk orang dewasa dan anak usia diatas 12 tahun, anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari dengan takaran 2 – 2 setengah sendok takar atau setara 10-12,5 ml.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/botol

6. Mixagrip Flu & Batuk Tablet

mixagrip flu batuk tablet

Beli Mixagrip Flu & Batuk Klik di Sini

Obat batuk pilek untuk dewasa berbentuk tablet banyak dipilih apabila tidak ingin repot meminum obat cair yang harus menggunakan sendok atau sedang dalam perjalanan. Salah satunya adalah Mixagrip Flu & Batuk.

Mengandung bahan aktif Parasetamol, Dextromethorphan HBr, dan Phenylephrine HCl yang bekerja untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai dengan batuk.

Dosis pemberian untuk dewasa sekitar 1 kaplet 2 atau 3 kali sehari. Tidak dianjurkan untuk anak usia dibawah 6 tahun.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

7. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Sirup

bodrex flu dan batuk berdahak sirup

Beli Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Klik di Sini

Bodrex Flu dan Batuk menjadi salah satu obat flu dan batuk berdahak paling manjur. Terbukti meredakan gejala flu yang disertai dengan batuk berdahak dengan kandungan paracetamol 150 mg untuk meredakan demam serta glyceryl guaiacolate 50 mg bekerja membantu mengeluarkan dahak.

Obat ini termasuk golongan obat bebas terbatas, apabila gejala flu sudah hilang lebih baik penggunaan obat dihentikan. Dosis yang diberikan untuk orang dewasa 3 kali sehari 15 ml.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/botol

8. Paramex Flu Batuk

obat paramex flu dan batuk

Beli Paramex Flu Batuk Klik di Sini

Apabila Anda membutuhkan obat flu, batuk, dan disertai dengan meriang maka bisa memilih Paramex Flu dan Batuk. Obat tablet ini berfungsi untuk meringankan gejala flu, seperti bersin-bersin, sakit kepala yang disertai batuk kering.

Kandungan Dextromethorphan HBr dalam Paramex Flu dan Batuk berisi zat aktif sebagai obat penekan batuk, terutama batuk karena iritasi tenggorokan dan bronkial ringan.

Efek yang ditimbulkan dari zat aktif dalam obat ini bersifat disosiatif, penenang, dan stimulan. Sehingga Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasanya tanpa terganggu rasa kantuk.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

9. Sidomuncul Tolak Angin Flu

sidomuncul tolak angin flu cair

Beli Sidomuncul Tolak Angin Flu Klik di Sini

Saat Anda sedang mengalami flu berat dan hidung mampet tetapi lebih memilih obat herbal alami. Maka SidoMuncul Tolak Angin Flu bisa Anda pilih.

Kandungan alami seperti kapulaga, adas, kayu ules, pala, pegagan, jahe serta kandungan herbal lainnya mampu mengatasi flu serta mengobati badan yang pegal.

Saran penyajian obat ini lebih baik diminum setelah makan. Dosis untuk orang dewasa adalah 3-4 x sehari 1-2 tablet. Anda bisa menghentikan penggunaan obat apabila sakit sudah hilang.

Kisaran harga: Rp 53 ribu/dos

10. Siladex Cough n Cold

siladex cough n cold sirup

Beli Siladex Cough n Cold Klik di Sini

Siladex batuk dan pilek adalah sirup obat batuk. Obat ini mempunyai manfaat untuk meredakan batuk tidak berdahak dan hidung tersumbat karena pilek. Siladex Batuk dan Pilek mempunyai efek samping seperti mengantuk, pusing, penglihatan kabur, mulut kering, sakit kepala.

Obat flu dan batukmasuk dalam golongan obat bebas terbatas.  Dosis untuk Dewasa dan anak -anak diatas 12 tahun yaitu 3x sehari 2 sendok takar (10ml).

Kisaran harga: Rp 24 ribu/botol

11. Ultraflu Extra Tablet

ultraflu extra tablet

Beli Ultraflu Extra Tablet Klik di Sini

Ultraflu extra tablet mempunyai kegunaan untuk mengurangi indikasi gejala flu seperti hidung tersumbat maupun batuk disertai bersin – bersin.

Efek samping yang bisa ditimbulkan obat ini seperti mengantuk, gangguan pencernaan, penggunaan dosis besar dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan hati.

Obat ini masuk dalam golongan obat bebas terbatas. Dosis untuk orang dewasa dan anak usia di atas 12 thn adalah 3 x sehari 1 tablet.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

12. Nalgestan

obat flu pilek dewasa nalgestan

Beli Nalgestan Klik di Sini

Mengkombinasikan CTM dan phenylpropalamine, Nalgestan menjadi salah satu obat flu pilek paling ampuh di apotik. Anjuran mengonsumsi obat ini pada orang dewasa adalah 3 kali sehari 1 tablet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

13. Intunal

intunal untuk flu

Beli Intunal Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat mengonsumsi Intunal untuk meredakan flu pilek pada dewasa. Komposisi dari obat ini adalah paracetamol, CTM, guaifenesin, dextromethorphan HBr dan juga phenylpropalamine.

Perlu diketahui bahwa kandungan CTM dalam Intunal dapat menyebabkan efek sedatif sehingga hindari mengonsumsi obat ini saat hendak melakukan aktivitas berat seperti menyetir.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

14. Alpara

obat flu pilek alpara

Beli Alpara Tablet Klik di Sini

Alpara Tablet merupakan obat pilek dan flu yang memiliki kandungan paracetamol, phenylpropanolamine HCl, CTM dan juga dextromethorphan HBr di dalamnya. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari 1 kaplet sekali minum untuk dewasa.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

15. Rhinofed Sirup

rhinofed sirup

Beli Rhinofed Sirup Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan pseudoephedrine HCl dan juga tripolidine HCl di dalamnya, Rhinofed Sirup bekerja efektif dalam meredakan flu pilek pada orang dewasa. Anda dapat membeli obat ini dengan harga terbaik di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 56 ribu/botol

Rekomendasi Obat Flu Alami

Selain memanfaatkan obat-obatan yang tersedia di apotik, terdapat beberapa obat tradisional yang dapat mengatasi flu pilek secara alami. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat flu pilek alami yang dapat Anda gunakan.

1. Jahe

Jahe di dunia kesehatan sudah dikenal sejak lama mempunyai manfaat yang banyak. Salah satunya adalah dapat meringankan gejala batuk pilek.

Untuk penyajiannya, ruas jahe bisa dibakar dan ditumbuk. Kemudian, diminum dengan air hangat ditambah dengan gula jawa agar terasa manis.

2. Kunyit

Kunyit mempunyai kandungan antioksidan yang baik berfungsi untuk memperkuat sistem imun sehingga dapat mengurangi gangguan kesehatan seperti pilek maupun flu.

Anda dapat memarut kunyit yang telah dibersihkan, kemudian ambil sarinya. Tambahkan juga gula jawa dan setengah butir asam jawa untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

3. Madu

Selain mempunyai kandungan karbohidrat madu juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral dan antioksidan yang tinggi, madu dapat membantu mengobati gejala flu pilek. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung maupun dicampur dengan jeruk nipis.

4. Kencur

Seperti halnya jahe dan kunyit, kencur juga mempunyai kandungan antioksidan yang baik meningkatkan energi dan dapat meningkatkan nafsu makan. Rempah yang satu ini dapat meredakan flu pilek, terlebih lagi jika diolah menjadi minuman hangat.

5. Jeruk / Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa asam sitrat yang bermanfaat sebagai antioksidan. Buah ini bisa dikombinasikan dengan madu untuk mengurangi gejala flu maupun batuk pada dewasa maupun anak-anak.

6. Sup Ayam

Sup ayam diketahui memiliki efek anti-inflamasi ringan yang dapat membantu meredakan flu pilek. Cara kerja hidangan hangat yang satu ini adalah melegakan saluran pernapasan sekaligus mengurangi gejala infeksi yang ada.

7. Berkumur air garam hangat

Flu pilek biasanya juga dapat menyebabkan tenggorokan terasa tidak nyaman hingga sakit untuk menelan. Anda dapat melarutkan 1/2 sendok teh garam dan buat dalam secangkir air hangat, selanjutkan gunakan untuk berkumur agar dapat meringankan sakit tenggorokan.

8. Minum air hangat

Cara paling alami untuk meredakan gejala flu pilek adalah mengonsumsi air putih hangat. Minuman sehat yang satu ini dapat membantu melegakan saluran pernapasan sehingga keluhan hidung tersumbat, hidung meler ataupun bersin-bersin dapat berkurang.

9. Istirahat Cukup 

Tidak hanya mengonsumsi obat flu pilek alami, pola tidur yang sehat juga dapat menjadi cara ampuh dalam mengatasi flu pilek sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh. Usahakan untuk mengurangi porsi begadang, istirahat dengan cukup.

Nah, itulah tadi beragam rekomendasi obat flu pilek paling ampuh untuk orang dewasa yang dapat Anda manfaatkan. Apabila tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter guna mendapatkan pengobatan terbaik.

Butuh obat, susu ataupun vitamin di tengah malam? Tidak perlu repot, aplikasi K24Klik siap jadi andalan Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat 30 menit sampai.

Untuk mendapatkan beragam promo menarik dan gratis ongkos pengiriman, yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga. (writer/ib)

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12342-common-cold diakses pada 14 Juni 2024