7 Rekomendasi Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Published by Blog K24Klik on

obat flu pilek paling ampuh untuk orang dewasa

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat flu pilek paling ampuh sangat bermacam-macam dan mudah didapatkan di apotek / toko obat manapun. Pada masa pergantian musim / pancaroba pasti muncul banyak penyakit, paling umum yang dirasakan adalah flu dan pilek. Flu dan pilek disertai demam sering diderita oleh orang dewasa atau muda bahkan masih bayi.

Pemakaian obat flu pilek pun tidak bisa disamaratakan. Obat flu pilek pada dasarnya memiliki komposisi yang sama tetapi anjuran dosis obat yang berbeda. Maka dari itu orang dewasa harus tetap memperhatikan berapa dosis yang diperlukan untuk mengobati flu dan pilek. Anda bisa konsultasi dengan apoteker dahulu sebelum membeli obat demam batuk pilek untuk dewasa di apotik K24klik.

Rekomendasi Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Obat pilek dewasa memiliki banyak varian, pastikan Anda memilihnya sesuai dengan indikasi dan arahan dari apoteker. Berikut rekomendasi obat flu pilek untuk orang dewasa paling ampuh di apotik:

1. Panadol Hijau

Obat flu pilek paling ampuh

Obat flu yang manjur salah satunya adalah Panadol Cold dan Flu yang sering disebut Panadol Hijau. Panadol hijau merupakan obat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk kering. Panadol Hijau merupakan obat yang aman di lambung dan tidak menyebabkan kantuk. 

Panadol hijau mengandung paracetamol yang berfungsi untuk menurunkan demam dan analgesik sebagai pereda nyeri yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin yaitu zat yang memicu nyeri dan demam. Prostaglandin bekerja di hipotalamus untuk melepaskan panas agar suhu tubuh Anda tetap normal.

Komposisi dalam Panadol Cold dan Flu terdapat paracetamol 500 mg, pseudoephedrine HCl 30 mg, dextromethorphan HBr 15 mg. Dosis yang disarankan untuk orang dewasa di tiap 4-6 jam sekali 1 kaplet dan maksimal 8 kaplet sehari.

Rentang harga Rp 15.000 – 15.500,-

2. OBH Combi Dewasa Batuk Flu

obat flu pilek paling ampuh

OBH Combi merupakan sirup flu dan batuk untuk dewasa tetapi bisa juga dipakai untuk anak usia 12 tahun ke atas. OBH Combi bisa dibeli tanpa resep dokter serta mudah ditemukan di apotik. Jika anda memiliki gejala flu atau flu berat seperti pilek, hidung mampet, demam, sakit kepala, bersin disertai oleh batuk, obat ini bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Dalam tiap 5 ml atau 1 sendok takar Obat OBH Combi Dewasa mengandung paracetamol 150 mg sebagai penurun demam dan pereda nyeri. Succus Liquiritiae Extract 167 mg dan Ammonium Chloride 50 mg dalam kandungan yang dimiliki obat ini sebagai ekspektoran dan bisa mengeluarkan dahak. 

Aturan minum obat sirup flu OBH Combi dewasa adalah 3 kali sehari 3 sendok takar (15ml). Akan tetapi setelah minum obat ini dianjurkan untuk tidak mengendarai kendaraan karena OBH Combi memiliki efek samping mengantuk. 

Rentang harga Rp. 13.000 – 18.000 tergantung varian rasa.

3. Actifed Plus Expectorant Sirup Hijau

obat flu pilek paling ampuh

Obat flu pilek yang manjur ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang sedang merasakan gejala flu. Actifed Expectorant bisa menjadi obat untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk berdahak.

Actifed Expectorant mengandung Guaifenesin yang bekerja sebagai iritan pada saluran pernafasan agar ketika saat batuk, dahak akan keluar secara bersamaan. Dosis obat ini bisa diminum orang dewasa dan anak-anak diatas 6 tahun sesuai dengar arahan yaitu, dewasa 3 x sehari 1 sendok takar ( 5ml ) dan untuk anak-anak 3 x sehari ½ sendok takar ( 2.5ml ).

Rentang harga Rp. 63.000 – 64.000,- per 60ml

4. Rhinos SR Kapsul

obat flu pilek paling ampuh

Meskipun Rhinos tidak ada kandungan untuk menurunkan panas atau demam, tetapi rhinos SR untuk meredakan gejala rhinitis alergi, seperti bersin, rasa gatal pada hidung, hidung berair, dan hidung tersumbat. 

Kandungan dalam kapsul Rhinos SR terdapat Loratadin yang bekerja untuk menghambat alergi dalam tubuh seperti batuk, hidung berair dan bersin. Pseudoephedrine HCl yang terdapat di dalam kapsul Rhinos SR berfungsi untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat akibat reaksi alergi dan peradangan.

Dosis untuk orang dewasa 1 kapsul tiap 12 jam dan tidak disarankan untuk anak dibawah 12 tahun. Rhinos SR Kapsul salah satu obat yang harus menggunakan resep dokter dan rentang harga per kapsul di K24klik adalah Rp 7.400,- hingga Rp 7.800,-.

5. SANMOL Forte Syrup

obat flu pilek paling ampuh

Sirup pilek untuk dewasa yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah SANMOL Forte Syrup. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, serta demam yang menyertai flu dan setelah imunisasi.

Penyajian obat ini bisa diminum sebelum atau setelah makan. Anjuran pemberian obat pada orang dewasa diatas 12 tahun adalah 3 kali dengan takaran 2 – 2 setengah sendok (10 – 12,5 ml)

Rentang harga dari Rp 15.000 – Rp 35.000,- 

6. Mixagrip Flu & Batuk Tablet 

obat flu dan pilek paling ampuh

Obat batuk pilek untuk dewasa berbentuk tablet banyak dipilih apabila tidak ingin repot meminum obat cair yang harus menggunakan sendok atau sedang dalam perjalanan. Salah satunya adalah Mixagrip Flu & Batuk. Apabila sedang mengalami gejala flu, obat ini bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Mengandung bahan aktif Parasetamol, Dextromethorphan HBr, dan Phenylephrine HCl

yang bekerja untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai dengan batuk.

Mixagrip Flu & Batuk tidak boleh digunakan pada penderita tekanan darah tinggi berat, dan bagi pasien yang menerima terapi obat antidepresan golongan penghambat Monoamin Oksidase (MAO). Penggunaan obat dihentikan jika mengalami susah tidur, jantung berdebar selama penggunaan Mixagrip Flu & Batuk.

Dosis pemberian untuk dewasa sekitar 1 kaplet 2 atau 3 kali sehari. Tidak dianjurkan untuk anak usia dibawah 6 tahun.

Rentang harga Rp. 2.400,- sampai Rp. 2.700,-

7. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Syrup

obat flu pilek paling ampuh

Bodrex Flu dan Batuk menjadi salah satu obat flu dan batuk berdahak paling manjur. Terbukti meredakan gejala flu yang disertai dengan batuk berdahak dengan kandungan paracetamol 150 mg untuk meredakan demam serta glyceryl guaiacolate 50 mg bekerja membantu mengeluarkan dahak.

Obat ini termasuk golongan obat bebas terbatas, apabila gejala flu sudah hilang lebih baik penggunaan obat dihentikan. Dosis yang diberikan untuk orang dewasa 3 kali sehari 15 ml.

Rentang harga Rp. 11.500 – Rp. 11.900,-

8. Paramex Flu dan Batuk

obat flu pilek paling ampuh

Apabila Anda membutuhkan obat flu, batuk, dan disertai dengan meriang maka bisa memilih Paramex Flu dan Batuk. Obat tablet ini berfungsi untuk meringankan gejala flu, seperti bersin-bersin, sakit kepala yang disertai batuk kering.

Kandungan Dextromethorphan HBr dalam Paramex Flu dan Batuk berisi zat aktif sebagai obat penekan batuk, terutama batuk karena iritasi tenggorokan dan bronkial ringan. Efek yang ditimbulkan dari zat aktif dalam obat ini bersifat disosiatif, penenang, dan stimulan. Sehingga Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasanya tanpa terganggu rasa kantuk.

Rentang harga Rp 10.000 sampai Rp 10.500,-. Obat ini termasuk golongan bebas terbatas yang artinya, apabila sakit sudah sembuh lebih baik tidak diminum.

9. SidoMuncul Tolak Angin Flu 

obat flu pilek paling ampuh

Saat Anda sedang mengalami flu berat dan hidung mampet tetapi lebih memilih obat herbal alami. Maka SidoMuncul Tolak Angin Flu bisa Anda pilih. Kandungan alami seperti kapulaga, adas, kayu ules, pala, pegagan, jahe serta kandungan herbal lainnya mampu mengatasi flu serta mengobati badan yang pegal.

Saran penyajian obat ini lebih baik diminum setelah makan. Dosis untuk orang dewasa adalah 3-4 x sehari 1-2 tablet. Anda bisa menghentikan penggunaan obat apabila sakit sudah hilang.

Rentang Harga Rp. 3.900,- hingga Rp. 4.000,-

Demikian rekomendasi obat flu pilek paling ampuh untuk orang dewasa. Obat pilek yang disebutkan mudah didapatkan di apotek K24Klik. Kandungan dalam tiap obat serta golongan obat bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker agar penggunaan obat yang sesuai. Semoga bermanfaat!