20 Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat flu pilek paling ampuh sangat bermacam-macam dan mudah didapatkan di apotek / toko obat manapun. Pada masa pergantian musim / pancaroba pasti muncul banyak penyakit, paling umum yang dirasakan adalah flu dan pilek. Flu dan pilek disertai demam sering diderita oleh orang dewasa atau muda bahkan masih bayi.

Pemakaian obat flu pilek pun tidak bisa disamaratakan. Obat flu pilek pada dasarnya memiliki komposisi yang sama tetapi anjuran dosis obat yang berbeda. Maka dari itu orang dewasa harus tetap memperhatikan berapa dosis yang diperlukan untuk mengobati flu dan pilek. Anda bisa konsultasi dengan apoteker dahulu sebelum membeli obat demam batuk pilek untuk dewasa di apotik via K24klik.

Rekomendasi Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Obat pilek dewasa memiliki banyak varian, pastikan Anda memilihnya sesuai dengan indikasi dan arahan dari apoteker. Berikut rekomendasi obat flu pilek untuk orang dewasa paling ampuh di apotik:

1. Panadol Hijau

Obat flu pilek paling ampuh

Beli Panadol Hijau Klik di Sini

Obat flu yang manjur salah satunya adalah Panadol Cold dan Flu yang sering disebut Panadol Hijau. Panadol hijau merupakan obat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk kering. Panadol Hijau merupakan obat yang aman di lambung dan tidak menyebabkan kantuk. 

Panadol hijau mengandung paracetamol yang berfungsi untuk menurunkan demam dan analgesik sebagai pereda nyeri yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin yaitu zat yang memicu nyeri dan demam. Prostaglandin bekerja di hipotalamus untuk melepaskan panas agar suhu tubuh Anda tetap normal.

Komposisi dalam Panadol Cold dan Flu terdapat paracetamol 500 mg, pseudoephedrine HCl 30 mg, dextromethorphan HBr 15 mg. Dosis yang disarankan untuk orang dewasa di tiap 4-6 jam sekali 1 kaplet dan maksimal 8 kaplet sehari.

Rentang harga Rp 15.000 – 15.500,-

2. OBH Combi Dewasa Batuk Flu

obat flu pilek paling ampuh

Beli OBH Combi Dewasa Batuk Flu klik di Sini

OBH Combi merupakan sirup obat flu dan batuk untuk dewasa tetapi bisa juga dipakai untuk anak usia 12 tahun ke atas. OBH Combi bisa dibeli tanpa resep dokter serta mudah ditemukan di apotik. Jika anda memiliki gejala flu atau flu berat seperti pilek, hidung mampet, demam, sakit kepala, bersin disertai oleh batuk, obat ini bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Dalam tiap 5 ml atau 1 sendok takar Obat OBH Combi Dewasa mengandung paracetamol 150 mg sebagai penurun demam dan pereda nyeri. Succus Liquiritiae Extract 167 mg dan Ammonium Chloride 50 mg dalam kandungan yang dimiliki obat ini sebagai ekspektoran dan bisa mengeluarkan dahak. 

Aturan minum obat sirup flu OBH Combi dewasa adalah 3 kali sehari 3 sendok takar (15ml). Akan tetapi setelah minum obat ini dianjurkan untuk tidak mengendarai kendaraan karena OBH Combi memiliki efek samping mengantuk. 

Rentang harga Rp. 13.000 – 18.000 tergantung varian rasa.

3. Actifed Plus Expectorant Sirup Hijau

obat flu pilek paling ampuh

Beli Actifed Plus Expectorant Sirup Hijau klik di Sini

Obat flu pilek yang manjur ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang sedang merasakan gejala flu. Actifed Expectorant bisa menjadi obat untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk berdahak.

Actifed Expectorant mengandung Guaifenesin yang bekerja sebagai iritan pada saluran pernafasan agar ketika saat batuk, dahak akan keluar secara bersamaan. Dosis obat ini bisa diminum orang dewasa dan anak-anak diatas 6 tahun sesuai dengar arahan yaitu, dewasa 3 x sehari 1 sendok takar ( 5ml ) dan untuk anak-anak 3 x sehari ½ sendok takar ( 2.5ml ).

Rentang harga Rp. 63.000 – 64.000,- per 60ml

4. Rhinos SR Kapsul

obat flu pilek paling ampuh

Beli Rhinos SR Kapsul klik di Sini

Meskipun Rhinos tidak ada kandungan untuk menurunkan panas atau demam, tetapi rhinos SR untuk meredakan gejala rhinitis alergi, seperti bersin, rasa gatal pada hidung, hidung berair, dan hidung tersumbat. 

Kandungan dalam kapsul Rhinos SR terdapat Loratadin yang bekerja untuk menghambat alergi dalam tubuh seperti batuk, hidung berair dan bersin. Pseudoephedrine HCl yang terdapat di dalam kapsul Rhinos SR berfungsi untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat akibat reaksi alergi dan peradangan.

Dosis untuk orang dewasa 1 kapsul tiap 12 jam dan tidak disarankan untuk anak dibawah 12 tahun. Rhinos SR Kapsul salah satu obat yang harus menggunakan resep dokter dan rentang harga per kapsul di K24klik adalah Rp 7.400,- hingga Rp 7.800,-.

5. SANMOL Forte Syrup

obat flu pilek paling ampuh

Sirup pilek untuk dewasa yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah SANMOL Forte Syrup. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, serta demam yang menyertai flu dan setelah imunisasi.

Penyajian obat ini bisa diminum sebelum atau setelah makan. Anjuran pemberian obat pada orang dewasa diatas 12 tahun adalah 3 kali dengan takaran 2 – 2 setengah sendok (10 – 12,5 ml)

Rentang harga dari Rp 15.000 – Rp 35.000,- 

Beli SANMOL Forte Syrup klik di Sini

6. Mixagrip Flu & Batuk Tablet 

obat flu dan pilek paling ampuh

Beli Mixagrip Flu & Batuk Tablet klik di Sini

Obat batuk pilek untuk dewasa berbentuk tablet banyak dipilih apabila tidak ingin repot meminum obat cair yang harus menggunakan sendok atau sedang dalam perjalanan. Salah satunya adalah Mixagrip Flu & Batuk. Apabila sedang mengalami gejala flu, obat ini bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Mengandung bahan aktif Parasetamol, Dextromethorphan HBr, dan Phenylephrine HCl

yang bekerja untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai dengan batuk.

Mixagrip Flu & Batuk tidak boleh digunakan pada penderita tekanan darah tinggi berat, dan bagi pasien yang menerima terapi obat antidepresan golongan penghambat Monoamin Oksidase (MAO). Penggunaan obat dihentikan jika mengalami susah tidur, jantung berdebar selama penggunaan Mixagrip Flu & Batuk.

Dosis pemberian untuk dewasa sekitar 1 kaplet 2 atau 3 kali sehari. Tidak dianjurkan untuk anak usia dibawah 6 tahun.

Rentang harga Rp. 2.400,- sampai Rp. 2.700,-

7. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Syrup

obat flu pilek paling ampuh

Beli Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Syrup klik di Sini

Bodrex Flu dan Batuk menjadi salah satu obat flu dan batuk berdahak paling manjur. Terbukti meredakan gejala flu yang disertai dengan batuk berdahak dengan kandungan paracetamol 150 mg untuk meredakan demam serta glyceryl guaiacolate 50 mg bekerja membantu mengeluarkan dahak.

Obat ini termasuk golongan obat bebas terbatas, apabila gejala flu sudah hilang lebih baik penggunaan obat dihentikan. Dosis yang diberikan untuk orang dewasa 3 kali sehari 15 ml.

Rentang harga Rp. 11.500 – Rp. 11.900,-

8. Paramex Flu dan Batuk

obat flu pilek paling ampuh

Beli Paramex Flu dan Batuk klik di Sini

Apabila Anda membutuhkan obat flu, batuk, dan disertai dengan meriang maka bisa memilih Paramex Flu dan Batuk. Obat tablet ini berfungsi untuk meringankan gejala flu, seperti bersin-bersin, sakit kepala yang disertai batuk kering.

Kandungan Dextromethorphan HBr dalam Paramex Flu dan Batuk berisi zat aktif sebagai obat penekan batuk, terutama batuk karena iritasi tenggorokan dan bronkial ringan. Efek yang ditimbulkan dari zat aktif dalam obat ini bersifat disosiatif, penenang, dan stimulan. Sehingga Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasanya tanpa terganggu rasa kantuk.

Rentang harga Rp 10.000 sampai Rp 10.500,-. Obat ini termasuk golongan bebas terbatas yang artinya, apabila sakit sudah sembuh lebih baik tidak diminum.

9. SidoMuncul Tolak Angin Flu 

obat flu pilek paling ampuh

Beli SidoMuncul Tolak Angin Flu klik di Sini

Saat Anda sedang mengalami flu berat dan hidung mampet tetapi lebih memilih obat herbal alami. Maka SidoMuncul Tolak Angin Flu bisa Anda pilih. Kandungan alami seperti kapulaga, adas, kayu ules, pala, pegagan, jahe serta kandungan herbal lainnya mampu mengatasi flu serta mengobati badan yang pegal.

Saran penyajian obat ini lebih baik diminum setelah makan. Dosis untuk orang dewasa adalah 3-4 x sehari 1-2 tablet. Anda bisa menghentikan penggunaan obat apabila sakit sudah hilang.

Rentang Harga Rp. 3.900,- hingga Rp. 4.000,-

10. Siladex Batuk dan Pilek

Beli Siladex Batuk dan Pilek klik di Sini

Siladex batuk dan pilek adalah sirup obat batuk. Obat ini mempunyai manfaat untuk meredakan batuk tidak berdahak dan hidung tersumbat karena pilek. Siladex Batuk dan Pilek mempunyai efek samping seperti mengantuk, pusing, penglihatan kabur, mulut kering, sakit kepala. Obat flu dan batukmasuk dalam golongan obat bebas terbatas.  Dosis untuk Dewasa dan anak -anak diatas 12 tahun: 3x sehari 2 sendok takar (10ml).

Rentang harga Rp 9.226 – 21.531,-  tergantung ukuran kemasan.

11. Ultraflu Extra Tablet

Beli Ultraflu extra tablet klik di Sini

Ultraflu extra tablet mempunyai kegunaan untuk mengurangi indikasi gejala flu seperti hidung tersumbat maupun batuk disertai bersin – bersin. Efek samping yang bisa ditimbulkan obat ini seperti mengantuk, gangguan pencernaan, penggunaan dosis besar dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan hati. Obat ini masuk dalam golongan obat bebas terbatas. Dosis untuk orang dewasa dan anak > 12 thn: 3 x sehari 1 tablet.

Rentang harga Rp. Rp 3.885,- / Strip, harga bisa berubah sewaktu waktu

Obat Flu Alami

Selain obat yang diproduksi oleh pabrik Anda juga dapat mencoba obat herbal dari alam. Dilansir dari jurnal stikesmus ada beberapa obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati flu pilek secara alami.

12. Jahe

Jahe di dunia kesehatan sudah dikenal sejak lama mempunyai manfaat yang banyak. Salah satunya adalah dapat meringankan gejala batuk pilek. Untuk penyajiannya ruas jahe bisa dibakar ditumbuk kemudian diminum dengan air bisa ditambah dengan gula jawa agar terasa manis.

13. Kunyit

Kunyit mempunyai kandungan antioksidan yang baik berfungsi untuk memperkuat sistem imun sehingga dapat mengurangi gangguan kesehatan seperti pilek maupun flu. Untuk  penyajian kunyit ini bisa di parut di ambil sarinya selanjutnya bisa di tambahkan gula jawa dan juga setengah butir asam jawa.

14. Madu

Selain mempunyai kandungan karbohidrat madu juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral dan antioksidan yang tinggi. Dengan berbagai kandunganya cairan manis ini dapat membantu mengobati gejala flu pilek. Untuk penyajiannya sendiri madu dapat dikonsumsi secara langsung maupun bisa dicampur dengan jeruk nipis.

15. Kencur

Seperti halnya jahe dan kunyit kencur juga mempunyai kandungan antioksidan yang baik meningkatkan energi dan dapat meningkatkan nafsu makan.

16. Jeruk / Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa asam sitrat yang bermanfaat sebagai antioksidan. Buah ini bisa dikombinasikan dengan madu untuk mengurangi gejala flu maupun batuk. 

17. Sup Ayam

Jurnal dari penelitian mengungkapkan bahwa sup ayam mempunyai efek anti-inflamasi ringan dapat menjadi salah satu mekanisme sup mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas yang menyebabkan flu.

18. Berkumur air garam hangat

Anda dapat melarutkan 1/2 sendok teh garam dan buat dalam secangkir air hangat, selanjutkan dapat Anda gunakan untuk berkumur agar dapat meringankan sakit tenggorokan.

19. Minum air hangat

Bila Anda tidak menemukan bahan bahan yang telah disebutkan tadi Anda bisa meminum air hangat. Air hangat dapat melegakan hidung yang sedang tersumbat.

20. Istirahat yang cukup 

Kurangi begadang dan tidur lebih awal agar porsi istirahat Anda tercukupi. Tidur dapat membantu sistem kekebalan Anda berfungsi lebih baik untuk menangkal virus dan bakteri jahat.

Demikian rekomendasi obat flu pilek paling ampuh untuk orang dewasa. Obat pilek yang disebutkan mudah didapatkan di apotek K24Klik. Kandungan dalam tiap obat serta golongan obat bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker agar penggunaan obat yang sesuai. Semoga bermanfaat!