15 Obat Batuk Berdahak dan Gatal untuk Dewasa di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk berdahak dan gatal dewasa di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terdapat beragam obat batuk berdahak dan gatal untuk dewasa paling ampuh di apotek seperti OBH Combi Batuk Berdahak, Actifed dan juga Acetylcysteine.

Salah satu masalah saluran pernapasan atas yang dapat mengganggu aktivitas harian, batuk berdahak perlu segera diatasi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan beragam rekomendasi obat batuk berdahak dan gatal untuk dewasa yang tersedia di apotek.

Batuk berdahak dan gatal sendiri dapat menjadi salah satu gejala dari flu yang disebabkan oleh lendir berlebihan di paru-paru dan tenggorokan. Nah, cara kerja dari obat berdahak adalah membuat dahak menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.

Baca juga: 15 Obat Batuk Pilek Paling Ampuh di Apotek

Rekomendasi Obat Batuk Berdahak dan Gatal untuk Dewasa

Tersedia dalam jenis tablet dan juga sirup, berikut ini merupakan rekomendasi obat batuk berdahak dan gatal untuk dewasa yang dapat Anda manfaatkan.

1. OBH Combi Batuk Berdahak Menthol Sirup

obh combi batuk berdahak sirup dewasa

Beli OBH Combi Batuk Berdahak Menthol Sirup Klik di Sini

Obat batuk berdahak dan gatal yang satu ini mengandung liquorice succus, amonium klorida, menthol dan juga peppermint oil di dalamnya. 

Anjuran mengonsumsi OBH Combi Batuk Berdahak Menthol Sirup pada dewasa dan juga anak usia di atas 12 tahun adalah 3 kali sehari 3 sendok takar sekali minum.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

2. Actifed Exp Sirup Hijau

obat batuk berdahak gatal actifed exp sirup

Beli Actifed Exp Sirup Klik di Sini

Untuk meringankan batuk berdahak pada dewasa, Anda juga dapat memanfaatkan Actifed Exp Sirup Hijau. Komposisi dari obat ini adalah tripolidine HCl, pseudoephedrin dan juga guaifenesin.

Anda dapat memanfaatkan obat ini sesuai dosis anjuran yaitu 3 kali sehari 1 sendok takar atau 5 ml sekali minum. Pastikan untuk kocok terlebih dahulu Actifed Exp Sirup Hijau sebelum diminum.

Kisaran harga: Rp 71 ribu/botol

3. Acetylcysteine

obat batuk berdahak acetylcysteine

Beli Acetylcysteine Klik di Sini

Obat mukolitik atau pengencer dahak yang paling sering diresepkan adalah Acetylcysteine. Penggunaan obat ini dapat membuat dahak lebih mudah keluar sekaligus melegakan saluran pernapasan atas.

Perlu diketahui bahwa Acetylcysteine termasuk dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/strip

4. Grantusif

obat batuk berdahak gatal grantusif

Beli Grantusif Klik di Sini

Mengkombinasikan dextromethorphan HBr, glycerylguaiacolat dan juga diphenhydramuine HCl membuat Grantusif menjadi salah satu obat batuk berdahak andalan untuk dewasa.

Selain itu, obat ini juga dapat membantu Anda meredakan sensasi gatal-gatal pada tenggorokan dan juga hidung akibat alergi.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

5. Sanadryl Exp Sirup

obat batuk berdahak gatal sanadryl exp sirup

Beli Sanadryl Exp Sirup Klik di Sini

Alergi dapat menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami batuk berdahak. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Sanadryl Exp Sirup dengan kandungan diphenhydramine HCl, ammonium Cl, K-guaiacolsulfonate, na citrate dan menthol.

Anda dapat mengonsumsi obat Sanadryl Exp Sirup ini 3-4 kali sehari dengan anjuran 10 ml tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/botol

6. Rexcof Plus Sirup

obat batuk berdahak dan gatal rexcof plus

Beli Rexcof Plus Sirup Klik di Sini

Dengan bahan aktif bromhexine hydrochloride dan juga guaifenesin di dalamnya, Rexcof Plus Sirup bekerja efektif dalam meredakan batuk berdahak. Dapat dikonsumsi sesudah makan, anjuran dosis obat ini adalah 3 kali sehari 10 ml sekali minum.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/botol

7. Bisolvon Tablet

obat batuk berdahak di apotik bisolvon tablet

Beli Bisolvon Tablet Klik di Sini

Bekerja efektif dalam mengencerkan dahak pada saluran pernapasan, Bisolvon Tablet memiliki kandungan bromhexine HCl di dalamnya. Obat batuk berdahak dan gatal tablet untuk dewasa ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari 1 tablet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/blister

8. Benadryl Batuk Berdahak Sirup

obat benadryl batuk berdahak sirup

Beli Benadryl Batuk Berdahak Sirup Klik di Sini

Termasuk dalam jenis obat ekspektoran, Benadryl Batuk Berdahak Sirup dapat membantu pengeluaran dahak pada saluran pernapasan. Tiap 5 ml dari obat ini memiliki kandungan bromhexine hydrochloride 4mg dan juga guaifenesin 100mg.

Pada anak-anak usia di atas 12 tahun dan juga dewasa dapat dikonsumsi 3 kali sehari dengan anjuran 10 ml tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/botol

9. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Sirup

bodrex flu dan batuk berdahak sirup di apotek

Beli Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Sirup Klik di Sini

Bantu meredakan beragam gejala flu termasuk batuk berdahak, Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Sirup mengandung paracetamol, pseudoephedrine HCl dan juga glyceryl guaiacolate di dalamnya.

Obat ini juga biasa digunakan untuk mengatasi sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Dosis anjuran penggunaan obat ini adalah 3 kali sehari 15 ml.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/botol

10. Komix Herbal

obat batuk berdahak gatal komix herbal

Beli Komix Herbal Klik di Sini

Salah satu obat batuk berdahak alami yang dapat Anda manfaatkan adalah Komix Herbal. Obat ini mengandung ekstrak lagundi, jahe emrah, thymi herba, licorice, peppermint oil dan juga madu di dalamnya.

Untuk dewasa, anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari 1 tube botol Komix Herbal sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

11. OBH Ika

obat batuk berdahak dan gatal OBH Ika

Beli Forderm OBH Ika Klik di Sini

Mengkombinasikan amonium klorida, succus liquiritia dan juga solutio ammonia spirituosa anisata membuat OBH Ika dapat menjadi salah satu obat batuk berdahak andalan Anda.

Pastikan untuk mengocok botol obat ini terlebih dahulu sebelum diminum dan gunakan sesuai dosis anjuran yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

12. Decadryl Expectorant

obat batuk berdahak decadryl expectorant

Beli Decadryl Expectorant Klik di Sini

Decadryl Expectorant merupakan obat batuk berdahak dan gatal yang memiliki kandungan diphendyramine dan juga amonium klorida di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa obat ini dapat menyebabkan kantuk sehingga hindari mengonsumsi Decadryl Expectorant ketika hendak melakukan aktivitas berat atau membutuhkan fokus tinggi seperti menyetir.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/botol

13. Siladex Expectorant

obat batuk berdahak gatal siladex expectorant

Beli Siladex Expectorant Klik di Sini

Mengandung kombinasi zat aktif bromhexine dan juga guaifenesin, Siladex Expectorant bekerja ampuh dalam mengencerkan dahak sehingga dahak lebih mudah keluar. Obat batuk berdahak dan gatal ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari 1 sendok takar tiap kali minum.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesudah makan untuk menghindari beragam efek samping, termasuk pada lambung.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

14. Woods Expectorant

obat batuk berdahak dan gatal di apotik woods expectorant

Beli Woods Expectoran Klik di Sini

Woods Expectoran merupakan obat yang bekerja efektif mengurangi dan juga mengencerkan dahak pada saluran pernapasan. Komposisi dari obat ini adalah dua bahan aktif bromhexine HCl dan juga guaifenesin.

Anjuran mengonsumsi obat ini pada dewasa adalah 3 kali sehari 2 sendok takar sekali minum.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/botol

15. Mucohexin Sirup

obat batuk berdahak mucohexin sirup

Beli Mucohexin Sirup Klik di Sini

Dengan kandungan bromhexine HCl di dalamnya, Mucohexin Sirup merupakan obat batuk berdahak dan gatal paling ampuh di apotek yang dapat Anda andalkan.

Dosis anjuran penggunaan obat ini pada dewasa adalah 3 kali sehari dengan aturan 2 sendok takar sekali minum.

Kisaran harga: Rp 26 ribu/botol

Itulah tadi beragam rekomendasi obat batuk berdahak dan gatal untuk dewasa paling ampuh di apotek yang dapat Anda manfaatkan.

Apabila batuk berdahak tidak kunjung membaik setelah diberi obat, segera periksakan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Kehabisan stok obat, vitamin ataupun susu? Tidak perlu repot keluar rumah, Anda dapat mengandalkan aplikasi K24Klik yang siap melayani 24 jam nonstop kemanapun dengan jaminan produk 100% asli.

Untuk penawaran harga terbaik dan juga potongan ongkos pengiriman, unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/24636-coughing-up-phlegm diakses pada 1 April 2024