15 Obat Gatal Selangkangan di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Gatal Selangkangan di Apotik Paling Ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Gatal pada selangkangan merupakan salah satu jenis keluhan yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya, tetapi cukup mengganggu. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu berbagai obat gatal selangkangan untuk mengatasinya.

Di apotik ada banyak jenis obat gatal. Ada yang berupa obat luar seperti salep, ada pula obat oral dalam bentuk tablet untuk dikonsumsi. Tentunya obat-obat ini memiliki plus-minusnya masing-masing, sehingga Anda perlu cermat saat memilih obat untuk mengatasi masalah gatal di selangkangan.

Rekomendasi Obat Gatal Selangkangan di Apotik Paling Ampuh

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat gatal di selangkangan yang banyak dijual di apotik. Simak ulasannya hingga selesai untuk mendapatkan informasi akurat.

1. Salep 88

Salep 88 obat gatal selangkangan

Beli Salep 88 Klik di Sini

Salep 88 atau Salep Kulit 88 merupakan salah satu obat gatal yang sudah dipercaya masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi. Produk ini pertama kali dipasarkan pada 1974, dan masih eksis hingga sekarang.

Salep ini memiliki berbagai kandungan, seperti benzoic acid, salicylic acid, hingga sulfur praecipitatum. Untuk mengatasi gatal pada selangkangan, Anda hanya perlu mengoleskan Salep 88 pada bagian kulit selangkangan secara teratur.

Obat ini merupakan golongan obat bebas dengan harga sekitar Rp13.850 per tube ukuran 6 gram.

2. Salep Ketoconazole

Ketoconazole obat gatal selangkangan

Beli Salep Ketoconazole Klik di Sini

Jenis obat gatal selangkangan di apotik selanjutnya adalah Salep Ketoconazole. Obat golongan bebas terbatas ini berguna untuk mengatasi berbagai .masalah kesehatan kulit, seperti infeksi jamur, tinea pedis (kurap kaki), tinea cruris (kurap selangkangan), hingga tinea versicolor (panu).

Penggunaan salep Ketoconazole juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya tipis-tipis pada bagian kulit yang gatal, misalnya pada selangkangan. Harga salep ini juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp9.895 per tube ukuran 10 gram.

3. Bedak Salicyl

Beli Bedak Salicyl Klik di Sini

Memiliki kandungan Acid Salicyl 2% Talc Venetum 98%, bedak Salicyl sangat cocok untuk mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit, termasuk gatal akibat biang keringat pada bagian lipatan tubuh seperti selangkangan. Untuk menggunakannya, cukup taburkan bedak pada bagian kulit yang gatal, lalu  gosok perlahan.

Bedak Salicyl terdiri dari beberapa jenis, dan mayoritas memiliki kegunaan yang sama. Harganya pun tak jauh berbeda. Untuk Bedak Salicyl Menthol Cap Gajah, Anda bisa membelinya secara bebas dengan harga sekitar Rp9.495 per pcs.

4. Bedak Herocyn

Bedak Herocyn obat gatal selangkangan

Beli Bedak Herocyn Klik di Sini

Bedak lainnya yang umum digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada tubuh, termasuk gatal pada selangkangan adalah Herocyn. Bedak ini memiliki salah satu kandungan berupa salycid acid yang bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit.

Cara penggunaan bedak Herocyn tak jauh berbeda dengan bedak gatal lainnya. Cukup taburkan bedak secukupnya di area yang gatal, lalu oles perlahan hingga merata. Bedak ini bisa Anda dapatkan secara bebas dengan harga sekitar Rp15.569 per pcs (85 gram).

5. Caladine Powder

Caladine Powder obat gatal selangkangan

Beli Caladine Powder Klik di Sini

Bagi Anda yang punya masalah gatal-gatal di kulit akibat biang keringat, udara panas, gigitan serangga, juga yang lainnya, Caladine Powder adalah solusi yang bisa diandalkan. Bedak dengan kandungan calamine, camphor, zinc oxide, dan menthol ini sudah dipercaya banyak orang dalam memberikan perlindungan kulit dari berbagai permasalahan.

Untuk gatal pada area selangkangan, Anda bisa menggunakan bedak ini beberapa saat setelah mandi. Bedak Caladine akan memberikan efek sejuk, sehingga membuat kulit terasa nyaman. Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp18.412 per pcs ukuran 100 gram.

6. Giovan Antiseptik

Giovan Antiseptik untuk gatal selangkangan

Beli Giovan Antiseptik Klik di Sini

Masalah selangkangan gatal dan hitam juga bisa diatasi dengan obat dalam bentuk sabun mandi antiseptik, Giovan Antiseptik. Sabun ini memiliki kandungan chloroxylenol yang umum digunakan sebagai disinfeksi kulit, sehingga dapat membunuh berbagai bakteri penyebab gatal-gatal, termasuk di bagian selangkangan.

Cukup mandi dengan Giovan Antiseptik secara teratur, masalah gatal-gatal di selangkangan Anda akan teratasi. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli obat ini secara bebas dengan harga sekitar Rp16.026 per botol ukuran 100 ml.

7. Asepso Soap

Asepso Soap

Beli Asepso Soap Klik di Sini

Sabun lain yang bisa menjadi obat gatal selangkangan dan masalah kulit sejenisnya adalah Asepso Soap. Sabun ini memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, di antaranya ialah sulfur dan salicylic acid. Kedua zat ini dapat mengatasi infeksi kulit gatal yang disebabkan tungau dan hal lainnya, seperti area lembap.

Penggunaan Asepso Soap sebagai obat gatal di selangkangan juga sangat mudah. Cukup gunakan sabun tersebut saat mandi. Usapkan pada tangan, lalu gunakan untuk menggosok perlahan area selangkangan, dan bilas hingga bersih. Asepso Soap bisa dibeli secara bebas, harganya sekitar Rp9.216 per pcs ukuran 80 gram.

8. Alleron

Alleron 4mg Tablet obat gatal selangkangan

Beli Alleron Klik di Sini

Tidak hanya dengan obat oles, permasalahan gatal pada selangkangan juga bisa diatasi dengan obat oral. Salah satunya Alleron 4mg Tablet. Obat ini termasuk golongan obat bebas terbatas dengan berbagai manfaat. Mulai dari obat alergi hingga gatal-gatal, termasuk masalah selangkangan gatal dan hitam.

Alleron bisa dikonsumsi tiga hingga empat kali sehari untuk orang dewasa. Sementara untuk anak-anak, ada ketentuannya tersendiri. Obat gatal selangkangan ini dapat menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk, sehingga Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Untuk harga, Alleron 4mg Tablet dibanderol sekitar Rp1.555 per strip.

9. Orphen

Orphen obat gatal selangkangan

Beli Orphen Soap Klik di Sini

Tidak jauh berbeda dengan Alleron, Orphen juga merupakan obat gatal di selangkangan dalam bentuk tablet yang bisa dikonsumsi. Obat ini memiliki kandungan chlorpheniramine maleate yang salah satu kegunaannya adalah untuk mengatasi masalah gatal pada kulit. Selain itu, obat golongan bebas terbatas ini juga berguna untuk mengatasi masalah alergi.

Orphen bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp1.189 untuk mendapatkan satu strip Orphen 4mg Tablet. Baca petunjuk penggunaan, untuk mendapat hasil terbaik dari permasalahan kesehatan yang Anda hadapi.

10. Sporanox

Sporanox

Beli Sporanox Klik di Sini

Sporanox termasuk golongan obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Salah satu manfaat utama obat ini adalah mengatasi infeksi jamur, sehingga sangat cocok menjadi obat gatal selangkangan—yang biasanya juga disebabkan oleh infeksi jamur. Di apotik, harga Sporanox 100mg Kapsul mencapai sekitar Rp50.939 per tablet.

11. Itraconazole

Itraconazole obat gatal untuk selangakangan

Beli Itraconazole Klik di Sini

Tak jauh berbeda dengan obat sebelumnya, Itraconazole 100mg Tablet juga dipercaya memiliki kandungan yang tepat untuk mengatasi masalah infeksi jamur. Selain itu, obat ini juga termasuk golongan obat keras yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp6.220 per tablet.

12. Mycoral Tablet

Mycoral obat gatal selangkangan

Beli Mycoral Tablet Klik di Sini

Secara umum, Mycoral 200mg Tablet dapat dimanfaatkan sebagai obat gatal selangkangan.  Obat ini memiliki kandungan ketoconazole yang berguna sebagai agen antijamur. Namun demikian, Mycoral termasuk obat keras yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Harga obat ini sekitar Rp6.380 per tablet.

13. Permethrin Etercon

Permethrin Etercon

Beli Mycoral Tablet Klik di Sini

Untuk Anda yang punya masalah dengan infeksi parasit di kulit, seperti scabies, kutu kemaluan, dan sebagainya, Permethrin Etercon 5% Cr 15g adalah solusinya. Salah satu jenis obat gatal selangkangan yang mudah ditemui di apotik ini merupakan obat luar dan termasuk golongan obat keras.

Jika Anda sudah berkonsultasi ke dokter dan mendapat resepnya, Anda bisa segera menebus obat ini dengan harga sekitar Rp36.300 per tube.

14. Griseofulvin Prava

Griseofulvin Prava

Beli Griseofulvin Prava Klik di Sini

Secara umum, Griseofulvin Prava merupakan golongan obat keras yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit, termasuk gatal selangkangan. Obat ini termasuk obat oral yang penggunaannya dengan cara diminum, dan memiliki kandungan griseofulvin 500 mg yang dapat menghambat perkembangbiakan jamur.

Sebagai obat keras, Anda wajib mendapat resep dari dokter untuk bisa membeli obat ini. Untuk penggunaannya pun, harus sesuai anjuran dokter. Harga Griseofulvin Prava cukup terjangkau, hanya sekitar Rp2.627 per tablet.

15. Salep Bevalex

Salep Bevalex

Beli Salep Bevalex Klik di Sini

Berbagai jenis peradangan pada kulit akibat infeksi bakteri bisa coba diobati dengan salep ini. Termasuk peradangan di kulit selangkangan yang menyebabkan gatal-gatal. Salep ini memiliki kandungan betamethasone valerat 1 mg serta neomycin sulfate 5 mg.

Penggunaan salep Bevalex sebagai obat gatal selangkangan bisa dilakukan dengan mengoleskan salep tersebut pada bagian yang gatal. Untuk hasil terbaik, Anda harus mengikuti instruksi dari dokter, mengingat salep ini termasuk golongan obat keras yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Harganya sekitar Rp17.698 per tube.

Itulah 15 obat gatal selangkangan paling ampuh yang bisa dibeli di apotik-apotik terdekat dengan mudah. Bahkan, jika Anda menggunakan aplikasi K24Klik, obat-obat tersebut bisa makin mudah didapatkan. Tak perlu keluar rumah, cukup pesan lewat aplikasi, dan obat akan langsung dikirim ke tempat Anda.

Unduh aplikasi K24Klik secara gratis di Play Store maupun App Store, dan nikmati cara yang lebih mudah untuk membeli obat sekaligus konsultasi.

Referensi:

  1. Everything You Need to Know About Jock Itch, https://www.healthline.com/health/jock-itch (Diakses 20 Februari 2023, pukul 20.23 WIB)
  2. Benzoic acid and salicylic acid (topical), https://www.drugs.com/mtm/benzoic-acid-and-salicylic-acid-topical.html (Diakses 20 Februari 2023, pukul 20.39 WIB)
  3.  Chlorpheniramine, https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682543.html (Diakses 20 Februari 2023, pukul 21.29 WIB)