15 Nama Obat Gatal Tablet di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

nama obat gatal tablet di apotik paling ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Alergi dapat menyebabkan berbagai reaksi termasuk gatal-gatal. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui apa saja nama obat gatal tablet di apotik paling ampuh.

Gatal di beberapa bagian tubuh merupakan reaksi alergi yang biasanya juga disertai gejala lainnya seperti kemerahan, hidung tersumbat hingga asma. Mengetahui nama obat gatal tablet merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi gatal-gatal tersebut.

Baca juga: 15 Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh

Nama Obat Gatal Tablet di Apotik Paling Ampuh

Banyaknya obat gatal di apotik dengan kandungan yang berbeda-beda mungkin membuat Anda bingung menentukan mana yang tepat digunakan. Berikut ini merupakan rekomendasi nama obat gatal tablet di apotik paling ampuh yang dapat Anda gunakan.

1. Alleron Tablet

obat gatal tablet alleron

Beli Alleron Tablet Klik di Sini

Mengandung chlorpheniramine maleate, Alleron Tablet merupakan salah satu obat yang bekerja ampuh sebagai antihistamin. Obat gatal tablet warna kuning ini dapat membantu mengatasi gejala alergi lainnya seperti ruam kulit, hidung tersumbat.

Untuk dewasa, Anda dapat menggunakan obat ini 3-4 kali sehari dengan ketentuan 1 tablet tiap kali konsumsi. Sedangkan aturan mengonsumsi alleron pada anak-anak adalah setengah tablet.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

2. Claritin

obat-gatal-tablet-di-apotik-claritin

Beli Claritin Klik di Sini

Senyawa aktif loratadine dalam Claritin merupakan antihistamin yang ampuh dalam mengatasi berbagai gejala rhinitis termasuk gatal-gatal. Anda dapat mengonsumsi obat ini 1 tablet untuk sekali sehari.

Kisaran harga: Rp 110 ribu/strip

3. CTM Tablet Los

obat gatal ctm tablet los

Beli CTM Klik di Sini

Chlorpheniramine Maleate (CTM) merupakan kandungan obat yang bekerja efektif dalam meredakan berbagai gejala alergi termasuk gatal-gatal. Obat ini mungkin saja menyebabkan efek samping mengantuk.

Meski memiliki efek samping membuat kantuk, CTM bukanlah obat yang tepat digunakan sebagai obat tidur.

Kisaran harga: 10 ribu/botol

4. Loratadine Tablet

obat-gatal-loratadine-tablet

Beli Loratadine Tablet Klik di Sini

Ketika terpapar alergen, tubuh akan melepaskan zat histamin yang menjadi pemicu reaksi alergi seperti bersin-bersin, hidung tersumbat dan gatal-gatal. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan loratadine tablet.

Berikut ini merupakan anjuran penggunaan loatadine sesuai usia secara umum yang dapat Anda ikuti.

  • Dewasa dan anak-anak usia diatas 12 tahun: minum 1 tablet sekali sehari
  • Anak usia 2-12 tahun dengan berat badan kurang dari 30kg: setengah tablet sekali sehari
  • Anak usia 2-12 tahun dengan berat badan lebih dari 30kg: minum sekali sehari 

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

5. Lexahist Tablet

obat gatal tablet lexahist

Beli Lexahist Tablet Klik di Sini

Lexahist merupakan obat anti alergi yang memiliki kandungan cyproheptadine di dalamnya. Fungsi utama obat ini adalah meredakan berbagai gejala alergi seperti gatal-gatal dan juga kulit kemerahan.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Lexahist Tablet. Anjuran pemakaian obat ini adalah untuk dewasa, 1-5 tablet sehari atau sesuai saran dokter.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

6. Cetymin Tablet

obat gatal tablet di apotik cetymin

Beli Cetymin Tablet Klik di Sini

Kandungan zat aktif cetirizine dihydrochloride dalam Cetymin Tablet menjadi salah satu obat antihistamin ampuh yang meredakan gejala-gejala alergi, termasuk gatal-gatal. Keunggulan antihistamin generasi kedua ini adalah tidak menyebabkan kantuk pada mayoritas orang.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/strip

7. Bestalin

obat gatal di apotik bestalin tablet

Beli Bestalin Klik di Sini

Dengan kandungan hydroxyzine di dalamnya, Bestalin merupakan salah satu obat yang ampuh bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal akibat alergi. Obat ini dapat dikonsumsi untuk dewasa dan juga anak-anak usia lebih dari 6 tahun sesuai dengan dosis anjuran.

Beberapa efek samping yang mungkin Anda alami saat penggunaan Bestalin adalah mengantuk, kelelahan, pusing dan juga mulut kering.

Kisaran harga: Rp 67 ribu/strip

8. Dextamine Tablet

obat-gatal-dextamine-tablet

Beli Dextamine Tablet Klik di Sini

Merupakan obat yang bermanfaat untuk meredakan berbagai gejala alergi termasuk peradangan, dextamine tablet mengandung dexamethasone dan dexchlorpheniramin maleat. Obat ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari, sesuai kondisi dan usia.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/strip

9. Xyzal

obat gatal tablet di apotik xyzal

Beli Xyzal Tablet Klik di Sini

Mengandung levocetirizine dihydrochloride, Xyzal bekerja efektif dalam mengatasi gatal-gatal ataupun reaksi alergi lainnya seperti hidung tersumbat. Anjuran mengonsumsi obat ini hanyalah untuk dewasa dan anak usia diatas 12 tahun.

Termasuk golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk membeli Xyzal. Pastikan untuk mengonsumsi sesuai dosis anjuran agar meminimalisir potensi terjadinya efek samping seperti pusing, batuk, diare, muntah dan juga sembelit.

Kisaran harga: Rp 100 ribu/strip

10. Orphen

obat-gatal-tablet-orphen

Beli Orphen Tablet Klik di Sini

Zat aktif chlorphenamine maleate merupakan kandungan obat yang sangat ampuh mengatasi reaksi alergi termasuk gatal-gatal. Orphen Tablet dengan kandungan bermanfaat tersebut dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa sesuai dosis anjuran.

Untuk mengonsumsi obat ini, Anda dapat menggunakan 1 tablet untuk 3-4 kali sehari bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun setengah tablet dan anak usia 2-5 tahun seperempat tablet.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

11. Colergis Tablet

obat-gatal-di-apotik-colergis-tablet

Beli Colergis Tablet Klik di Sini

Antihistamin dengan kandungan betamethasone dan dexchlorphenamine maleate, Colergis Tablet ampuh menangani gatal-gatal akibat alergi. Obat ini memiliki efek samping sedatif atau mengantuk sehingga pastikan untuk tidak mengonsumsinya saat akan berkendara.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 1 tablet per hari untuk dewasa dan anak-anak usia diatas 12 tahun. Kemudian setengah tablet untuk anak usia 6-12 tahun dan seperempat tablet untuk anak usia 2-5 tahun.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/strip

12. Heptasan

obat gatal tablet di apotik heptasan

Beli Heptasan Klik di Sini

Heptasan merupakan obat antialergi yang ampuh dalam mengatasi berbagai reaksi alergi seperti gatal-gatal dan hidung tersumbat. Obat ini mengandung cyprohepatadine HCl dan dapat dikonsumsi oleh dewasa serta anak-anak diatas usia 12 tahun.

Anjuran mengonsumsi Heptasan adalah 1-5 tablet per hari dengan penyesuaian dosis yaitu maksimal 32 mg/hari. Namun, ketentuan dosis ini bisa saja berubah disesuaikan dengan kondisi keparahan dan berat badan Anda.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

13. Polofar Plus Tablet

obat gatal tablet polofar plus

Beli Polofar Plus Tablet Klik di Sini

Mengkombinasikan dexamethasone dan dexchlorpheniramine maleate, Polofar Plus Tablet bekerja ampuh dalam menangani reaksi alergi pada kulit, mata dan saluran pernapasan. Merupakan golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk membeli obat ini.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

14. Alegi Tablet

obat-gatal-tablet-alegi

Beli Alegi Tablet Klik di Sini

Alegi Tablet merupakan salah satu obat antihistamin dengan manfaat utama yaitu mengatasi kondisi alergi, terutama yang disertai peradangan. Kandungan dalam obat ini adalah dexamethasone dan dexchlorpheniramine.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/strip

15. Proceles Tablet

obat-gatal-tablet-di-apotik-proceles

Beli Proceles Tablet Klik di Sini

Tersedia dalam versi tablet dan juga sirup, Proceles Tablet merupakan obat anti alergi dengan kandungan betamethasone dan dexchlorpheniramine maleate. 

Untuk dewasa dan anak-anak usia diatas 12 tahun, obat ini dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali konsumsi.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip

Itulah tadi beberapa nama obat gatal tablet di apotik paling ampuh yang dapat Anda gunakan. Apabila reaksi alergi tidak kunjung membaik dan semakin parah, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Butuh obat cepat tanpa perlu ribet ke apotek? Tenang, K24Klik merupakan aplikasi beli obat online yang menjamin pengiriman cepat khusus untuk Anda. Unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store, beli obat jadi lebih praktis dan dapatkan berbagai promo menarik!

Referensi:

https://www.verywellhealth.com/evaluate-your-itch-770366 diakses pada 25 Agustus 2023