15 Salep Gatal Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Salep Gatal Paling Ampuh di Apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Gatal pada kulit adalah kondisi yang umum dialami oleh siapa saja. Obat gatal yang dijual di pasaran pun berbeda-beda, tergantung pada penyebab gatalnya. Ada gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga dan ada juga yang disebabkan alergi atau bakteri.

Ada beberapa kondisi yang menimbulkan rasa gatal di permukaan kulit. Misalnya saja infeksi jamur, kudis dan lain sebagainya. Selain gatal, kondisi ini juga kadang disertai dengan munculnya gejala lain seperti ruam merah pada permukaan kulit, bentol sampai kulit kering.

Rekomendasi Salep Gatal Paling Ampuh di Apotik

Jika Anda mencari obat gatal selangkangan, gatal alergi atau gatal karena gigitan serangga, beberapa obat berikut ini mungkin bisa jadi opsi pengobatan. Apa saja?

1. Caladine Lotion

Caladine Lotion salep gatal

Beli Caladine Lotion Klik di Sini

Caladine Lotion merupakan lotion penghilang gatal dengan kandungan calamine, diphenhydramine HCl dan zinc oxide. Obat ini bisa membantu mengatasi rasa gatal karena udara panas, gigitan serangga maupun biang keringat. Cukup oleskan obat pada bagian yang gatal dan tunggu sampai rasa gatal mereda.

Caladine Lotion bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga mulai sekitar Rp17.000.

2. Caladine Cream

Caladine cream salep gatal

Beli Caladine Cream Klik di Sini

Caladine Cream memiliki kandungan calamine dan champora serta mentol yang bisa membantu meringankan gatal karena gigitan serangga, biang keringat maupun sengatan matahari. Kandungan zinc dioxide juga berfungsi sebagai antiseptik ringan untuk menyingkirkan kuman penyebab gatal.

Caladine Cream ukuran 15 gram dijual dengan kisaran harga Rp8.000 – Rp9.000 per tube.

3. Daktarin

daktarin salep gatal

Beli Daktarin Klik di Sini

Daktarin adalah salep gatal yang mengandung bahan aktif Miconazole. Obat bebas ini bisa membantu meringankan gatal yang disebabkan oleh berbagai jenis jamur baik panu, gatal di selangkangan, lipatan kulit dan lain sebagainya. Daktarin juga bisa membantu mengatasi infeksi jamur yang sudah disertai dengan infeksi sekunder oleh bakteri gram positif.

Daktarin bisa dibeli dengan harga Rp45.000 – Rp50.000 per tube ukuran 20 gram.

4. Pi Kang Shuang

Pi Kang Shuang

Beli Pi Kang Shuang Klik di Sini

Pi Kang Shuang adalah obat salep yang dapat membantu meringankan inflamasi yang disertai dengan infeksi jamur dan bakteri. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan mengoleskan salep pada daerah yang sakit sebanyak 2-3 kali sehari.

Satu tube salep Pi Kang Shuang dengan berat 5 gram dijual dengan harga mulai Rp12.000.

5. Benoson

Benoson salep gatal

Beli Benoson Klik di Sini

Salep ini mengandung bahan aktif betametason 0,1 dan Neomisin sulfat 0,5%. Obat ini termasuk kategori antiinfeksi topikal dengan kortikosteroid yang bisa membantu meringankan radang pada kulit atau mukosa yang disertai dengan infeksi bakteri.

Benoson termasuk golongan obat keras. Harga per tube ukuran 15 gram adalah Rp48.000 – Rp50.000.

6. Hydrocortisone

Hydrocortisone salep gatal

Beli Hydrocortisone Klik di Sini

Obat golongan kortikosteroid ini mampu membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal karena alergi, dermatitis maupun ruam kulit. Salep ini bisa membantu mengurangi radang seperti nyeri dan pembengkakan.

Salep hydrocortisone diproduksi oleh berbagai perusahaan farmasi dengan rentang harga yang berbeda-beda. Salep produksi Kalbe Farma misalnya, bisa Anda beli dengan harga Rp6.000 – Rp7.000 per tube-nya.

7. Kenacort-A 0,1% Cream

Beli Hydrocortisone Klik di Sini

Sama seperti salep hydrocortisone, Kenacort-A 0,1% Cream juga termasuk obat golongan kortikosteroid yang penggunaannya harus berdasarkan dengan petunjuk dokter. Obat ini diindikasikan untuk mengurangi masalah peradangan, meringankan gatal-gatal, kulit merah dan kering.

Obat ini bisa dibeli di apotik dengan harga mulai R135.000 per-tube ukuran 10 gram.

8. Orphen

Orphen salep gatal

Beli Hydrocortisone Klik di Sini

Memiliki kandungan bahan aktif berupa Chlorpheniramine maleate, Orphen termasuk golongan antihistamin yang bisa membantu mengatasi reaksi alergi. Beberapa masalah alergi yang bisa diobati dengan menggunakan Orphen antara lain adalah bersin, batal-gatal, mata berair dan pilek. Anda juga bosa menggunakan obat ini untuk mengatasi gatal karena biduran dan gigitan serangga.

Orphen bisa ditemukan secara online dengan harga mulai dari Rp1.600 per strip (isi 10 tablet atau Rp20.000-an per box.

9. Cetirizine

Cetirizine salep gatal

Beli Cetirizine Klik di Sini

Cetirizine adalah salah satu obat gatal golongan obat keras yang bisa membantu mengurangi reaksi alergi, salah satunya gatal-gatal.

Cetirizine diproduksi oleh berbagai perusahaan farmasi dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp8.000 – Rp10.000 per strip isi 10 tablet.

10. Alleron

Alleron salep gatal

Beli Cetirizine Klik di Sini

Mengandung bahan aktif Chlorpheniramine maleate, Alleron adalah obat jenis antihistamin yang bisa membantu menghambat pemicu alergi termasuk gatal-gatal atau alergi pada saluran pernapasan bagian bawah.

Obat ini termasuk obat bebas yang bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Adapun harganya mulai Rp1.500-an per strip.

11. Zoralin

zoralin salep gatal

Beli Zoralin Klik di Sini

Zoraline salep mengandung bahan aktif berupa ketoconazole 2% yang berguna untuk mengatasi berbagai kondisi kulit termasuk gatal-gatal yang disebabkan oleh tinea pedis, tinea manus dan infeksi jamur lainnya. Obat ini bisa digunakan dengan cara dioleskan 1-2 kali sehari ke bagian yang sakit.

Anda bisa membeli salep Zoralin dengan harga mulai dari Rp13.000 per tube ukuran 10 gram.

12. Crotamiton

Salep ini adalah obat anti parasit yang bisa mengatasi berbagai gangguan kulit yang gatal dan scabies. Bagi Anda yang mengalami gatal karena adanya parasit yang hidup dan bertelur di permukaan kulit, Anda bisa menggunakan obat ini.

Crotamiton termasuk golongan obat keras. Harga obat ini berada pada rentang Rp50.000 – Rp100.000.

13. Gentrisone

Salep gatal ini ampuh untuk mengatasi gatal karena alergi, gigitan serangga, infeksi jamur, bakteri, dermatitis, cacar ular dan lain sebagainya.

Anda bisa membeli obat ini dengan harga Rp85.000 per tube ukuran 20 gram.

14. Pi Kang Wang

Pi Kang Wang merupakan salep gatal asal Cina yang bisa mengatasi berbagai masalah gatal-gatal termasuk kudis, kadas, panu, scabies sampai gudik dan jerawat. Obat ini juga dapat meringankan gatal karena alergi dan iritasi (misalnya karena penggunaan kosmetik yang salah). Pi Kang Wang juga bisa dijadikan obat gatal selangkangan yang ampuh.

Satu tube salep Pi Kang Wang dengan berat 20 gram dijual dengan harga Rp35.000.]

15. Zudaifu

Sama seperti Pi Kang Wang dan Pi Kang Shuang, Zudaifu salep juga merupakan obat gatal asal Cina. Beberapa masalah yang bisa diobati dengan salep Zudaifu antara lain adalah eksim (kering maupun basah), panu ringan, infeksi jamur di lipatan paha, gatal di selangkangan, kadas di kaki maupun tangan dan masih banyak lagi.

Zudaifu dijual dengan harga antara Rp9.000 – Rp10.000.

Itulah 15 rekomendasi obat gatal dan salep yang ampuh di apotik. Perlu diketahui bahwa pemilihan obat sebaiknya dilakukan dengan cermat. Pasalnya setiap jenis gatal membutuhkan obat yang berbeda. Anda mungkin membutuhkan saran dari tenaga kesehatan sebelum menentukan pilihan.

Jika sudah tahu obat apa yang perlu dibeli, tidak perlu keluar ke apotik untuk berbelanja. Lewat K24Klik, berbagai jenis obat bisa dipesan secara online. Mudah, cepat dan praktis.

Referensi:

  1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/symptoms-causes/syc-20355006
  2. https://www.healthline.com/health/itching
  3. https://www.nhs.uk/conditions/itchy-skin/