15 Obat Batuk Berdahak Anak Yang Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk berdahak anak yang ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat batuk berdahak anak dibutuhkan untuk mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan sehingga ampuh melegakan pernapasan si kecil. Tidak hanya obat dengan senyawa kimia, obat batuk berdahak anak alami juga tersedia di apotik.

Batuk berdahak merupakan salah satu gangguan saluran pernapasan yang diakibatkan produksi lendir atau dahak berlebih. Apabila batuk berdahak pada si kecil tidak segera diatasi, pernapasannya pun akan terganggu.

Untuk itu, Anda membutuhkan obat batuk berdahak anak yang kini telah banyak tersedia baik di apotek offline maupun online. Jenis obat batuk sirup yang aman juga lebih dianjurkan agar mudah dikonsumsi oleh si kecil.

Baca juga: 15 Obat Batuk Alami untuk Anak Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Batuk Berdahak Anak Yang Ampuh di Apotik

Membutuhkan penanganan yang berbeda dengan orang dewasa, lalu apa obat ampuh untuk mengatasi batuk si kecil? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat batuk berdahak anak yang ampuh di apotek.

1. Triaminic Exp Sirup

obat batuk berdahak anak triaminic exp sirup

Beli Triaminic Exp Sirup Klik di Sini

Hadir dengan varian rasa lemon, Triaminic Exp Sirup merupakan obat batuk berdahak anak paling ampuh. Obat ini memiliki kandungan pseudoepedrin dan guaifenesin di dalamnya.

Selain mengatasi batuk berdahak pada si kecil, obat ini juga dapat meredakan berbagai gejala pilek seperti hidung tersumbat. Anda dapat memberikan obat ini 3 kali sehari pada anak sesuai dengan takaran yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 91 ribu/botol

2. Vicks F44 Anak Sirup

obat batuk berdahak vicks f44 anak sirup

Beli Vicks F44 Anak Sirup Klik di Sini

Mengandung guaifenesin dan juga dextromethorphan HBr, Vicks F44 Anak Sirup bekerja ampuh dalam meredakan batuk si kecil. Guaifenesin dalam obat ini bekerja sebagai ekspektoran yang membantu dahak mudah dikeluarkan dan melegakan tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/botol

3. Anakonidin Mucolytic Exp Sirup

obat batuk berdahak anakonidin mucolytic exp sirup

Beli Anakonidin Mucolytic Exp Sirup Klik di Sini

Bromhexine HCl merupakan salah satu senyawa aktif yang paling ampuh dalam mengencerkan dahak. Nah, Anakonidin Mucolytic Exp Sirup ini mengkombinasikan bromhexine HCl dan juga guaifenesin di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

4. OB Herbal Junior

obat batuk berdahak anak ob herbal junior

Beli OB Herbal Junior Klik di Sini

Salah satu obat batuk berdahak anak alami yang dapat Anda manfaatkan adalah OB Herbal Junior. Sirup obat tradisional ini mengandung berbagai ekstrak bahan herbal bermanfaat seperti amdu, jahe, thymi herba dan lain sebagainya.

Selain meredakan batuk, obat ini juga sekaligus bekerja dalam menghangatkan tenggorokan. Anda dapat memberikan OB Herbal Junior pada si kecil 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar atau 10 ml untuk anak usia 6-12 tahun.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

5. Molapect Child Sirup

obat batuk berdahak anak molapect child sirup

Beli Molapect Child Sirup Klik di Sini

Dengan kandungan ambroxol di dalamnya, Molapect Child Sirup bekerja ampuh dalam mengencerkan dahak si kecil. Mengonsumsi obat yang satu ini dapat membuat dahak mudah keluar sehingga batuk berdahak pada anak pun mereda.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

6. Allerin Ekspektoran Sirup

obat batuk berdahak anak allerin ekspektoran sirup

Beli Allerin Ekspektoran Sirup Klik di Sini

Batuk berdahak tidak hanya bisa disebabkan oleh infeksi saja, tetapi juga iritasi dan alergi. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Allerin Ekspektoran Sirup. Obat ini memiliki kandungan gliserilguaiakolat, na-sitrat, difenhidramin HCl dan pseudoephedrine.

Berikut ini merupakan dosis anjuran mengonsumsi Allerin Ekspektoran Sirup sesuai dengan usia si kecil:

  • Anak usia diatas 12 tahun, berikan 2 sendok teh obat sirup ini untuk 3 kali sehari.
  • Anak usia 6-12 tahun, dapat mengonsumsi 1 sendok takar Allerin Ekspektoran Sirup untuk 3 kali sehari.
  • Anak usia 2-5 tahun, cukup berikan ½ sendok takar saja dengan intensitas 3 kali dalam sehari.

Apabila ingin menggunakan obat batuk berdahak untuk 1 tahun, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

7. Comtusi Sirup Strawberry

obat batuk berdahak anak comtusi sirup strawberry

Beli Comtusi Sirup Strawberry Klik di Sini

Hadir dengan rasa strawberry manis, Comtusi Sirup bekerja ampuh dalam meredakan batuk berdahak dan juga batuk alergi pada anak. Obat ini memiliki kadungan oxomemazine dan guafenesin di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 50 ribu/botol

8. Laserin Sirup

obat batuk berdahak anak laserin sirup

Beli Laserin Sirup Klik di Sini

Terbuat dari sari-sari tumbuhan berkhasiat, Laserin Sirup merupakan obat batuk alami yang ampuh digunakan baik untuk dewasa maupun anak-anak. Selain meredakan batuk, obat ini juga dapat melegakan pernapasan dan juga mengatasi berbagai gejala masuk angin.

Untuk anak-anak, Anda dapat memberikan obat sirup ini 3 kali sehari sebanyak 1-2 sendok teh. Pastikan untuk memberikan Laserin Sirup sesudah makan untuk memaksimalkan efektivitas obat.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

9. Actifed Exp Sirup Hijau

obat batuk berdahak anak actifed exp sirup hijau

Beli Actifed Exp Sirup Hijau Klik di Sini

Mengandung tripolidine HCl, pseudoephedrin dan juga guaifenesin di dalamnya membuat obat yang satu ini ampuh bekerja meringankan berbagai gejala flu. Anda dapat mengatasi batuk berdahak si kecil menggunakan Actifed Exp Sirup Hijau.

Kocok dahulu sebelum minum obat ini, kemudian berikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 70 ribu/botol

10. Bisolvon Straw Kids

obat batuk berdahak anak di apotik bisolvon straw kids

Beli Bisolvon Straw Kids Klik di Sini

Untuk mengencerkan dahak yang menghambat saluran pernapasan si kecil, Anda dapat memanfaatkan Bisolvon Straw Kids. Obat ini memiliki kandungan bromhexine yang ampuh bekerja sebagai ekspektoran atau pengencer dahak.

Kisaran harga: Rp 55 ribu/botol

11. Obana Sirup

obat batuk berdahak anak di apotik obana sirup

Beli Obana Sirup Klik di Sini

Diformulasikan khusus untuk si kecil, Anda dapat memanfaatkan Obana Sirup untuk mengatasi batuk berdahak anak. Obat sirup yang satu ini terbuat dari ekstrak bahan-bahan herbal berkhasiat yang juga bermanfaat dalam meredakan gejala masuk angin.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

12. Mucos Drop

obat batuk berdahak anak di apotik mucos drop

Beli Mucos Drop Klik di Sini

Mengandung ambroxol HCl, Mucos Drop dapat diandalkan menjadi salah satu obat batuk berdahak anak paling ampuh di apotik. Obat ini bekerje dengan cara mengencerkan dahak di saluran pernapasan lalu memudahkan dahak untuk keluar.

Kisaran harga: Rp 50 ribu/botol

13. Rexcof Plus Sirup

obat batuk berdahak anak rexcof plus sirup

Beli Rexcof Plus Sirup Klik di Sini

Rexcof Plus Sirup merupakan obat batuk berdahak yang memiliki kandungan bromhexine HCl di dalamnya. Anda dapat memberikan obat ini 3 kali sehari pada si kecil dengan takaran yang dianjurkan adalah 5 ml tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/botol

14. Mucovy Sirup

obat batuk berdahak di apotik mucovy sirup

Beli Mucovy Sirup Klik di Sini

Untuk membantu dahak mudah keluar, Anda dapat memanfaatkan Mucovy Sirup. Obat ini terbuat dari berbagai bahan herbal bermanfaat yang ampuh dalam meredakan batuk berdahak sekaligus melagakan pernapasan.

Kisaran harga: Rp 89 ribu/botol

15. Decadryl Exp Sirup

obat batuk berdahak anak decadryl exp sirup

Beli Decadryl Exp Sirup Klik di Sini

Dengan kandungan diprehidramin HCl dan juga amonium klorida di dalamnya, Decadryl Exp Sirup ampuh untuk mengobati batuk berdahak. Obat ini dapat diberikan pada si kecil setiap 3 jam sekali, dengan takaran yang dianjurkan adalah 1 sendok takar tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat batuk berdahak anak paling ampuh di apotik. Apabila sudah mengonsumsi obat namun batuk si kecil tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli.

Si kecil sakit dan butuh obat segera? Tenang, Anda dapat mengandalkan K24Klik! Siap melayani kebutuhan farmasi Anda selama 24 jam nonstop, aplikasi kami tersedia di Play Store dan juga App Store. Beli obat jadi lebih praktis, dijamin 1 jam sampai!

Referensi:

https://www.webmd.com/cold-and-flu/cough-syrup-cough-medicine diakses pada 12 September 2023