15 Obat Batuk Alami Untuk Anak Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk alami untuk anak paling ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Tidak semua obat batuk anak di apotik dapat dikonsumsi tergantung jenis dan juga gejala yang dialami. Oleh karena itu, Anda mungkin dapat memilih untuk memberikan obat batuk alami untuk anak yang pastinya lebih aman dan efektif.

Cemas dan bingung ketika anak terserang batuk? Sebagai mengobati batuk baik kering maupun berdahak, Anda dapat menggunakan obat batuk alami untuk anak.

Beragam obat batuk anak yang dijual di apotik, tidak semuanya bisa dikonsumsi oleh si kecil. Penggunaannya tergantung pada jenis batuk, kondisi alergi dan lain sebagainya. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter ahli.

Rekomendasi Obat Batuk Alami untuk Anak Paling Ampuh

Lalu, apa saja herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk pada anak? Meskipun lebih disarankan untuk memeriksakan kondisi ke dokter, Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi obat batuk alami untuk anak paling ampuh di bawah ini.

Baca juga: 15 Obat Batuk Anak Paling Ampuh di Apotik

1. Madu

Khasiat dari madu telah banyak diketahui memiliki efek yang baik pada kesehatan tubuh termasuk meredakan batuk. Sebagai obat batuk pilek anak alami paling ampuh, campurkan madu bersama dengan teh herbal, air hangat maupun lemon.

Madu TJ Joybee Rasa Jeruk menawarkan rasa buah yang lezat dan aman untuk anak-anak. Madu ini tersedia di aplikasi K24Klik dengan kisaran harga Rp 17 ribu/botol.

obat batuk alami anak madu joybee rasa jeruk

Beli Madu Tresnojoyo Joybee Rasa Jeruk Klik di Sini

2. Yogurt

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, yogurt juga ampuh mengatasi batuk dan pilek pada anak. Tekstur yogurt yang lembut membuat tenggorokan si kecil merasa nyaman.

Untuk pengobatan batuk pilek pada anak yang lebih efektif, gunakan yogurt plain tanpa pemanis. Cimory Yogurt Drink Plain tersedia di K24Klik dengan kisaran harga 9 ribu per botol.

obat batuk alami cimory yogurt drink plain

Beli Cimory Yogurt Drink Plain Klik di Sini

3. Nanas

Buah nanas dapat bermanfaat sebagai obat batuk alami anak. Kandungan bromelain dalam nanas ampuh untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi rangsangan batuk pada si kecil.

Bagaimana anjuran mengonsumsi nanas sebagai obat batuk alami? Kupas dan buang sisik nanas, lalu potong kecil-kecil. Apabila anak masih kesulitan untuk menelan, nanas dapat diolah menjadi jus dan ditambahkan madu.

4. Jahe

Khasiat jahe tidak hanya bisa digunakan untuk bahan masakan tetapi juga ampuh menjadi obat batuk alami. Untuk anak-anak, jahe telah dinyatakan sebagai Generally Regarded as Safe atau GRASS.

Efek menghangatkan dari jahe dapat mengatasi peradangan, rasa mual, batuk dan juga pilek. Cukup rebus saja jahe yang sudah digeprek bersama air hingga mendidih, lalu tambahkan madu ataupun susu untuk dikonsumsi anak.

5. Elderberry

Selanjutnya, Anda juga dapat memberikan elderberry pada si kecil untuk mengobati batuk dan pilek. Buah ini memiliki sifat antioksidan dan kandungan vitamin C.

Perlu diketahui bahwa elderberry harus dikonsumsi dalam kematangan tepat dan tanpa campuran apapun. Anda dapat memberikan buah elderberry secara utuh maupun menjadikannya jus.

6. Minuman Hangat

Mengonsumsi minuman hangat dapat memberikan efek melegakan di tenggorokan. INi dapat menjadi salah satu cara paling alami untuk mengobati batuk pada anak.

Anda dapat memberikan air putih hangat, susu hangat ataupun minuman kesukaan si kecil lainnya. Jika ingin lebih manjur, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanisnya.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan juga berbagai nutrisi baik untuk tubuh lainnya. Efek farmakologis yang ditimbulkan jeruk nipis dapat bekerja sebagai anti demam, anti inflamasi dan juga mengurangi batuk.

Cara mengonsumsinya pun mudah, Anda cukup meminum air perasan jeruk nipis saja. Apabila ingin lebih ampuh, Anda juga dapat mencampurkannya dengan air kelapa hijau muda.

Rekomendasi Obat Batuk Anak Alami di Apotik yang Aman

Lalu, bagaimana dengan obat-obatan di apotik? Selain obat kimia, ternyata ada beberapa rekomendasi obat batuk anak alami di apotik yang aman untuk Anda berikan pada si kecil.

1. OB Herbal Junior

obat batuk anak alami ob herbal junior

Beli OB Herbal Junior Klik di Sini

Mengandung ekstrak jahe, thyme dan herbal lainnya membuat OB Herbal Junior cocok untuk Anda berikan pada si kecil. Madu dan meniran di dalamnya ampuh untuk mengatasi batuk pilek pada anak.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai anjuran yaitu 3 kali sehari 2 sendok takar atau setara dengan 10 ml.

Kisaran harga: Rp 17 ribuan per botol

2. Dragon Minyak Telon

obat batuk alami anak yang aman dragon minyak telon

Beli Dragon Minyak Telon Klik di Sini

Obat oles dan gosok ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak kayu putih, minyak adas dan juga minyak kelapa. Dragon Minyak Telon jadi salah satu obat batuk alami anak yang ampuh.

Mengapa bisa? Efek hangat yang diberikan oleh minyak telon ini ampuh untuk merileksasi tenggorokan termasuk meredakan batuk dan pilek anak.

Kisaran harga: Rp 24 ribuan per pcs

3. Minyak Esensial Pure Kids

obat batuk alami anak di apotik minyak esensial pure kids

Beli Minyak Esensial Pure Kids Klik di Sini

Berbagai kandungan alami dalam minyak esensial efektif untuk melegakan hidung tersumbat dan sistem pernapasan. Minyak Esensial Pure Kids cukup diteteskan saja ke saputangan, bantal atau ke dalam air hangat.

Setelah itu, biarkan si kecil menghirup uap minyak esensial tersebut dengan jarak 20-30 cm. Selalu pastikan untuk mengikuti anjuran pemakaian agar meminimalisir efek samping.

Kisaran harga: Rp 61 ribuan per pcs

4. Prospan Sirup

obat batuk alami anak prospan sirup

Beli Prospan Sirup Klik di Sini

Mengandung ekstrak hereda helix, Prospan Sirup merupakan obat batuk alami yang dapat diberikan pada anak. Anjuran dosis untuk menggunakan obat ini adalah 3 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 103 ribu per botol 100 ml

5. Komix Herbal Tube

obat batuk alami yang aman komix herbal tube

Beli Komix Herbal Tube Klik di Sini

Obat batuk berdahak dalam bentuk sirup dan praktis dibawa kemana-mana? Komix Herbal Tube dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda berikan pada si kecil.

Obat ini mengandung ekstrak lagundi, jahe merah, thymi herba, licorice, peppermint oil dan juga madu.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

6. Obana Sirup

obat batuk alami anak obana sirup

Beli Obana Sirup Klik di Sini

Obana Sirup dapat meredakan gejala flu pada anak termasuk batuk. Terbuat dari 8 bahan herbal berkhasiat, penggunaan obat ini adalah 3 kali 1 sendok makan sebanyak 15 ml atau sesuai yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

7. Mucovy Sirup

obat batuk anak alami yang aman mucovy sirup

Beli Mucovy Sirup Klik di Sini

Si Kecil alami batuk berdahak hingga membuat pernafasan terhambat? Mengandung ekstrak herbal daun ivy, Mucovy Sirup dapat menjadi andalan Anda untuk mengencerkan dahak dan atasi batuk si kecil.

Kisaran harga: Rp 90 ribu/botol

8. Transpulmin Kids Balsam

obat batuk anak alami di apotik transpulmin kids balsam

Beli Transpulmin Kids Balsam Klik di Sini

Susah membuat si kecil mau untuk minum obat? Tenang, Anda juga dapat menggunakan Transpulmin Kids Balsam yang ampuh untuk meredakan batuk dan juga flu. Balsam yang satu ini mengandung berbagai bahan alami yang dipastikan aman untuk anak.

Kisaran harga: Rp 59 ribu/tube

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat batuk alami untuk anak paling ampuh yang dapat Anda gunakan. Konsultasi dengan dokter anak mungkin dibutuhkan apabila si kecil memiliki kondisi khusus agar tidak salah mengonsumsi obat.

Yakin membeli obat di sembarang tempat itu asli dan aman? Yuk percayakan saja pada K24Klik, produk farmasi lengkap dengan jaminan 100% asli dan pastinya siap antar sampai ke depan rumah. Hidup lebih praktis, segera dapatkan aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store.

Referensi:

https://avivaromm.com/natural-medicine-chest-kids-immunity/ diakses pada 9 Mei 2023

https://www.birthsongbotanicals.com/blogs/birth-song-blog/5-herbal-cough-remedies-for-kids diakses pada 9 Mei 2023

https://www.healthline.com/health/allergies/best-natural-cough-remedies#:~:text=Honey%20and%20saltwater%20gargles%20are,but%20more%20evidence%20is%20needed. diakses pada 9 Mei 2023