15 Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Anda pernah minum yogurt Cimory? Rasanya enak, ya! Dibalik rasanya yang enak, ternyata yogurt punya banyak manfaat, loh. Khususnya, bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak ulasan tentang yogurt beserta manfaatnya bagi kesehatan berikut ini!

Apa Itu Yogurt?

Yogurt adalah produk susu yang dihasilkan dari fermentasi bakteri asam laktat pada susu segar atau susu yang dipasteurisasi. Umumnya, proses fermentasi ini menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Namun, beberapa merek yogurt juga menggunakan bakteri tambahan seperti Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium, dan Lactobacillus casei.

Proses fermentasi ini mengubah laktosa (gula susu) dalam susu menjadi asam laktat, yang bisa memberikan rasa asam pada yogurt. Selain itu, fermentasi juga meningkatkan kadar protein dan asam amino dalam yogurt, sehingga membuat yogurt lebih mudah dicerna daripada susu segar. Yogurt dapat dikonsumsi sebagai camilan ringan atau jadi bahan untuk membuat berbagai hidangan makanan dan minuman, seperti smoothie, saus, dan salad.

Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Selain enak, yogurt juga diklaim memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan. Berikut 15 manfaat minum yogurt untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Kaya nutrisi

Yogurt merupakan makanan padat nutrisi dengan kandungan kalsium, vitamin, dan berbagai jenis mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Minuman probiotik ini juga mengandung asam amino esensial dan protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Protein dalam yogurt merupakan jenis protein yang lebih mudah dicerna dibanding protein susu.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan dan menurunkan risiko infeksi saluran cerna

Yogurt mengandung bakteri baik atau probiotik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan buruk di usus, serta meningkatkan kesehatan pencernaan. Bakteri baik tersebut membantu memecah makanan yang Anda konsumsi dan memastikan bahwa nutrisi dari makanan tersebut dapat diserap oleh tubuh.

Selain itu, yogurt juga membantu sistem pencernaan dalam mengurangi keluhan kembung, sembelit, intoleransi laktosa, penyakit radang usus, dan risiko infeksi saluran cerna. Probiotik juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E. coli yang dapat menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya.

Bahkan menurut penelitian, beberapa penderita diare mengalami perbaikan kondisi tanpa antibiotik karena minum yogurt.

Cimory Yogurt Drink Plain

Beli Cimory Yogurt Drink Plain Klik di Sini

3. Menjaga berat badan yang sehat

Yogurt rendah lemak dapat membantu menjaga berat badan yang sehat karena memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan produk susu lainnya. Selain itu, protein yang terkandung dalam yogurt juga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Jika Anda tertarik memasukkan yogurt dalam menu diet, ikuti tips berikut ini:

  • Tambahkan yogurt plain pada potongan buah apel, kentang panggang, taco, atau salad. Hindari pemberian gula atau pemanis lainnya. Namun, jika Anda tetap menginginkan rasa buah atau salad yang manis, ganti gula dengan sedikit madu.
  • Gunakan yogurt sebagai pengganti mentega atau minyak saat Anda memanggang.
  • Pilih yogurt yang memiliki kandungan protein lebih tinggi dibanding kandungan gulanya.

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

Yogurt mengandung kalsium tinggi dan vitamin D. Dua nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium membantu proses pertumbuhan, menjaga tulang yang kuat, membantu pembekuan darah, serta membantu proses penyembuhan luka.

Sementara itu, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efektif. Jadi, kombinasi kalsium dan vitamin D dalam yogurt dapat memelihara kesehatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis dan patah tulang pinggul pada usia lanjut.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi yogurt secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Yogurt rendah lemak mengandung lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melindungi kesehatan jantung. Selain itu, yogurt juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi pemicu utama penyakit jantung

6. Menjaga kesehatan gigi

Kandungan kalsium dalam yogurt juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Kalsium ini tidak bekerja sendirian. Tapi, dibantu oleh fosfor yang juga ada dalam kandungan yogurt. Kalsium membantu membangun gigi yang kuat, sementara fosfor membantu mempertahankan email gigi yang sehat.

7. Menurunkan risiko kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat minum yogurt secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker. Manfaat ini paling banyak ditunjukkan pada kanker usus besar.  Namun, studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi yogurt secara rutin juga bermanfaat untuk wanita dalam menurunkan risiko kanker payudara.

Meskipun belum diketahui secara pasti mengapa yogurt dapat membantu mencegah kanker. Namun, kemungkinan besar karena kandungan probiotik dan nutrisi lainnya yang terkandung dalam yogurt.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Yogurt mengandung asam laktat, sebuah senyawa yang membantu menghaluskan kulit dan menjaga kelembapannya. Selain itu, yogurt juga mengandung vitamin B dan zinc. Dua nutrisi ini bermanfaat dalam membantu mencegah jerawat dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

9. Menurunkan risiko diabetes

Minuman yogurt juga bermanfaat untuk pria maupun wanita yang memiliki risiko diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yogurt secara teratur dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Yogurt rendah lemak kaya akan protein dan rendah gula, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.

10. Meningkatkan kesehatan mental

Yogurt mengandung asam amino triptofan yang dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Serotonin adalah neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati dan dapat membantu mencegah depresi dan kecemasan.

Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat dan flora usus seimbang, tubuh menjadi lebih sehat, rileks, dan meredakan rasa cemas.

11. Menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh

Yogurt mengandung probiotik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan buruk dalam tubuh. Keseimbangan bakteri yang baik dalam tubuh ini memberikan banyak pengaruh bagi kesehatan, seperti membantu mencegah infeksi, mengurangi kecemasan, dan mencegah risiko penyakit lainnya.

12. Menjaga kesehatan saluran kemih

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi yogurt secara teratur dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Manfaat ini berlaku untuk pria maupun untuk wanita. Yogurt mengandung bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran kemih, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi.

13. Menjaga kesehatan mata

Manfaat yogurt berikutnya adalah untuk mata. Yogurt mengandung vitamin A, nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu mencegah kekeringan mata dan membantu menjaga penglihatan yang sehat.

14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Yogurt mengandung probiotik, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan meningkat, tubuh dapat melawan berbagai infeksi penyakit dan kesehatan tubuh lebih terjaga.

15. Menjaga kesehatan wanita

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi yogurt secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan untuk wanita. Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu mencegah infeksi jamur vagina atau kandida dan membantu menjaga keseimbangan pH dalam area genital.

Dengan segala manfaat yang ditawarkan, yogurt adalah pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari, demi menjaga kesehatan tubuh. Namun, sebaiknya konsumsi sesuai aturan dan tidak berlebihan, ya.

Ingin berlangganan yogurt Cimory agar bisa merasakan manfaat yogurt setiap hari? Anda bisa membelinya melalui K24Klik.com. K24Klik merupakan apotek online 24 jam yang melayani pembelian obat, susu, atau suplemen online dengan jaminan 100% produk asli.

K24Klik menyediakan Cimory dengan berbagai varian rasa lengkap yang dapat dikirim dari apotek terdekat di area Anda. Jadi, tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk beli yogurt Cimory karena kebutuhan kesehatan Anda kini ada dalam genggaman. Yuk, pesan di K24Klik dan rasakan manfaat yogurt sekarang juga!

Referensi:

  • What are the health benefits of yogurt?

https://www.yogurtinnutrition.com/what-are-the-health-benefits-of-yogurt/, diakses pada 26 Februari 2023.

  • 6 Impressive Health Benefits of Yogurt

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-yogurt, diakses pada 26 Februari 2023.

  • Everything you need to know about yogurt

https://www.medicalnewstoday.com/articles/295714#benefits, diakses pada 26 Februari 2023.

  • The Benefits of Yogurt

https://www.webmd.com/food-recipes/features/benefits-yogurt, diakses pada 26 Februari 2023.