14 Obat Vagina Gatal dengan Penyebabnya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat vagina gatal dengan penyebabnya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kemaluan gatal dapat menjadi salah satu tanda penyakit serius seperti gonore dan juga herpes genital. Apabila dibiarkan, tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Beberapa masalah yang mungkin timbul akibat rasa gatal di vagina adalah peradangan, infeksi bahkan keputihan. Lalu, bagaimana ketika bibir vagina gatal? Anda perlu untuk mengetahui rekomendasi obat vagina gatal yang telah kami siapkan secara khusus untuk Anda.

Miss V gatal sendiri biasanya disebabkan oleh banyak hal, termasuk masalah kebersihan. Apabila tidak melakukan perawatan atau menjaga kebersihan vagina dengan benar, maka gatal dan bau tidak sedap menjadi masalah yang mungkin dialami. Bermacam-macam penyebab tentunya membuat obat yang dibutuhkan untuk mengatasi vagina gatal pun juga berbeda-beda. Pastikan untuk mengonsumsi obat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Rekomendasi Obat Vagina Gatal dengan Penyebabnya

Gatal pada kemaluan pastinya membuat Anda tidak nyaman dan harus segera diatasi. Jika tidak terlalu parah, Anda dapat mengobatinya dengan beberapa macam obat yang tersedia di apotik. Lalu, apa saja obat gatal pada vagina yang bisa digunakan? Yuk simak beberapa rekomendasi obat gatal vagina dengan penyebabnya di bawah ini.

Baca juga: 15 Salep Gatal Paling Ampuh di Apotik

1 . Alleron

obat vagina gatal alleron

Beli Alleron Klik di Sini

Ketika miss V gatal, bisa saja disebabkan oleh adanya gigitan serangga ataupun gejala alergi. Untuk mengatasi gatal pada kemaluan tersebut, Anda dapat mengonsumsi Alleron. Obat dengan kategori antihistamin atau antialergi ini mengandung Chlorpheniramine Maleat (CTM) yang berfungsi untuk mengatasi gatal-gatal akibat alergi, dan sebagainya. obat gatal kemaluan wanita ini mempunyai kisaran harga: Rp 2 ribu/strip.

2. Orphen

obat vagina gatal orphen

Beli Orphen Klik di Sini

Masih dengan penyebab kemaluan gatal akibat alergi, ada juga Orphen yang bisa Anda konsumsi. Orphen memiliki ketentuan dosis yang perlu diperhatikan, mulai dari 1 kaplet 3-4 kali per hari untuk orang dewasa, kemudian setengahnya untuk anak 6-12 tahun dan ketentuan lainnya.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

3. Metronidazole

kemaluan gatal metronidazole

Beli Metronidazole Klik di Sini

Tidak hanya karena alergi, gatal pada vagina bisa juga disebabkan oleh  bakteri.  Nah, salah satu obat vagina gatal yang dapat Anda konsumsi adalah Metronidazole. Untuk mendapatkan Metronidazole, Anda memerlukan resep dokter karena ini merupakan golongan obat keras yang tidak dikonsumsi secara sembarangan. 

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

4. Flagyl Forte

obat vagina gatal flagyl forte

Beli Flagyl Forte Klik di Sini

Obat yang satu ini merupakan jenis antibiotik yang bermanfaat untuk mematikan bakteri. Flagyl Forte sendiri mengandung Metronidazol dalam dosis yang cukup sehingga efektif untuk mengatasi infeksi bakteri, terutama di vagina dan juga vulva. Tergolong obat keras, Anda perlu memberikan resep dokter untuk mendapatkan Flagyl Forte.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/tablet

5. Flagystatin Ovula

obat gatal vagina flagystatin ovula

Beli Flagystatin Ovula Klik di Sini

Miss V gatal dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida dan ini perlu untuk segera diatasi. Lalu, bagaimana cara mengobatinya? Anda dapat menggunakan Flagystatin Ovula yang merupakan antibiotika dengan kandungan Metronidazol dan juga Nystatin. 

Kisaran harga: Rp 27 ribu/tablet

6. Si Putih Kapsul

obat miss v gatal si putih kapsul

Beli Si Putih Kapsul Klik di Sini

Obat terbuat dari bahan alami untuk atasi gatal pada kemaluan, Si Putih Kapsul jawabannya. Obat yang bisa dibeli di Apotik ini mengandung kombinasi bahan alami. Apa fungsinya? Mulai dari mengatasi masalah bau tidak sedap pada area kewanitaan, vagina gatal.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/pcs

7. Herbatia

obat vagina gatal herbatia sari rapet kapsul

Beli Herbatia Sari Rapet Kapsul Klik di Sini

Herbatia Sari Rapet Kapsul terbuat dari bahan-bahan alami yang pastinya memiliki banyak manfaat untuk organ kewanitaan. Kandungan yang terdapat dalam Herbatia adalah ekstrak labisia pumila folium, manjakani, kayu rapet, daun sirih dan juga kunyit. Herbatia ampuh untuk mengurangi gatal dan bau tidak sedap pada organ kewanitaan. Obat yang satu ini tepat untuk mengatasi vagina gatal karena kurangnya perawatan dan pertumbuhan bakteri.

Kisaran harga: Rp 62 ribu/pcs

8. Fluxar Kapsul

obat vagina gatal fluxar kapsul

Beli Fluxar Kapsul Klik di Sini

Obat vagina gatal yang dapat Anda temukan dengan mudah di Apotik adalah Fluxar kapsul. Kandungan zat aktif Fluconazole dalam Fluxar berfungsi untuk mengatasi infeksi jamur. Terlebih lagi, kandidiasis pada vagina. Namun, perlu diingat bahwa Fluxar ini merupakan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 86 ribu/tablet

9. Fluconazole

obat miss v gatal fluconazole

Beli Fluconazole Klik di Sini

Infeksi jamur pada area kewanitaan memang bisa menyebabkan beberapa gangguan, termasuk gatal-gatal dan juga bau tidak sedap. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mengandalkan Fluconazole. Obat yang satu ini berfungsi untuk mengatasi infeksi akibat jamur, terutama candida pada vagina.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/tablet

10. Rapet Wangi Kapsul

obat miss v gatal rapet wangi kapsul

Beli Rapet Wangi Kapsul Klik di Sini

Ramuan herbal atau tradisional memang masih cukup bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah, termasuk vagina gatal ataupun keputihan. Rapet wangi kapsul ini menggunakan beberapa ekstrak bahan alami yang dapat membantu menjaga kesehatan vagina. Apabila vagina bersih, terlindungi pastinya masalah seperti gatal-gatal, keputihan dan bau tidak sedap dapat dengan mudah dihindari.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/pcs

11. Betadine Vaginal Douche

obat vagina gatal betadine vaginal douche

Beli Betadine Vaginal Douche Klik di Sini

Gatal pada kemaluan biasanya disebabkan karena infeksi jamur atau candida, bisa juga akibat infeksi campuran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan agar tidak mengalami masalah seperti gatal-gatal. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah Betadine Vaginal Douche.

Kisaran harga: Rp 150 ribu/botol

12. Betadine Sabun Cair

obat gatal vagina betadine sabun cair

Beli Betadine Sabun Cair Klik di Sini

Kulit yang kurang sehat dan jarang dirawat biasanya akan mengalami masalah seperti gatal-gatal, peradangan dan lain sebagainya. Vagina pun juga begitu, perlu untuk dijaga kesehatannya selalu. Salah satu cara praktis yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan Betadine Sabun Cair yang bekerja sebagai antiseptik untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk juga di area sensitif.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/botol

13. Resik V

obat vagina gatal resik v

Beli Resik V Klik di Sini

Pembersih kewanitaan yang terbuat dari bahan alami juga menjadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi vagina gatal. Resik V ini terbuat dari ekstrak manjakani yang membantu bersihkan organ intim serta mengurangi bau tidak sedap. Dengan menggunakan cairan pembersih ini, vagina menjadi lebih bersih dan harum sehingga jauh lebih sehat.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/botol

14. Sebamed Feminine Intimate Wash

obat vagina gatal sebamed feminine intimate wash

Beli Sebamed Feminine Intimate Wash Klik di Sini

Apakah Anda berada di fase menjelang ataupun sesudah menopause? Jika iya, kondisi tersebut juga bisa saja menyebabkan gatal pada vagina, iritasi hingga keputihan. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya? Cukup bersihkan daerah kewanitaan menggunakan air  dan Sebamed Feminine Intimate Wash.

Kisaran harga: Rp 187 ribu/pcs

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat vagina gatal yang dapat Anda temukan dengan mudah di Apotik. Sebelum memutuskan untuk memilih obat, pastikan untuk selalu menyesuaikan dengan masalah yang Anda alami. Apabila merasa gatalnya menjadi semakin parah atau menimbulkan reaksi lainnya, lebih baik untuk segera berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu.

Butuh obat di tengah malam dan jarak rumah ke Apotik jauh? Tenang, K24Klik hadir sebagai solusi praktis untuk Anda. Segala kebutuhan obat, vitamin, suplemen dan kebutuhan farmasi lainnya dapat Anda beli lewat aplikasi saja. Segera unduh K24Klik di Playstore dan juga App Store, dapatkan manfaatnya untuk Anda tanpa batasan waktu dan jarak.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12324-sexual-health-genital-itching diakses pada 25 Maret 2023

https://www.everydayhealth.com/vaginal-itching/guide/#:~:text=What%20causes%20vaginal%20itching%3F,conditions%20are%20other%20possible%20causes diakses pada 25 Maret 2023

https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682543.html#:~:text=Chlorpheniramine%20relieves%20red%2C%20itchy%2C%20watery,the%20symptoms%20or%20speed%20recovery diakses pada 27 Maret 2023

https://www.nhs.uk/medicines/metronidazole/about-metronidazole/#:~:text=Metronidazole%20is%20an%20antibiotic.,vaginosis%20and%20pelvic%20inflammatory%20disease diakses pada 27 Maret 2023