12 Obat Mata Bintitan Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat mata bintitan paling ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat mata bintitan di apotik ampuh untuk mengatasi bengkak di mata akibat kotoran maupun infeksi. Mulai dari jenis obat tablet, sirup, salep hingga tetes mata dapat menjadi solusi efektif untuk Anda.

Bintitan di mata biasanya tidak memerlukan perawatan ekstra karena dapat diatasi dengan berbagai cara alami. Anda juga dapat memanfaatkan obat bintitan di apotik untuk masa pemulihan lebih cepat dan membuat bintitan tidak mengganggu aktivitas. Ini akan membantu Anda untuk mengurangi bengkak bahkan menghilangkannya.

Beberapa yang dapat digunakan untuk mengatasi mata bintitan adalah antibiotik, mulai dari jenis tablet, sirup, salep hingga tetes mata. Selain mengonsumsi obat, Anda harus memastikan mata bersih dan hindari kontak langsung ke area bintitan karena dapat meningkatkan potensi infeksi. 

Rekomendasi Obat Mata Bintitan Paling Ampuh di Apotik

Apa yang harus dilakukan ketika mata bintitan? Selain melakukan berbagai cara alami seperti kompres atau memijit, Anda juga dapat menggunakan obat yang dijual di apotik. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat mata bintitan paling ampuh di apotik.

Baca juga: 15 Obat Mata Bengkak di Apotik

1. C Fenicol Eye Oint

obat mata bintitan c fenicol eye oint

Beli C Fenicol Eye Oint Klik di Sini

Salep antibiotik steril C Fenicol Eye Oint dapat Anda gunakan untuk mengobati bintitan di mata. Obat ini mengandung chloramphenicol 1% yang merupakan antibiotik ampuh untuk mengatasi infeksi penyebab mata bintitan. Anda dapat langsung mengoleskan C Fenicol Eye Oint pada bagian kelopak mata yang sakit secara tipis-tipis dan rutin sampai sembuh.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/tube

2. Cendo Xitrol Eye Oint

obat bintitan di mata cendo xitrol eye oint

Beli Cendo Xitrol Eye Oint Klik di Sini

Obat mata bintitan di apotik yang ampuh lainnya adalah Cendo Xitrol Eye Oint. Salep mata bintitan ini mengandung dexamethasone, neomycin sulfate dan juga polymyxin B sulfate. Merupakan golongan obat keras, pastikan untuk membeli menggunakan resep dan juga memerhatikan anjuran pemakaiannya.

Kisaran harga: Rp 47 ribu/tube

3. Cendo Xitrol Tetes Mata

Beli Cendo Xitrol Tetes Mata Klik di Sini

Tidak hanya obat salep, mata bintitan juga dapat diobati menggunakan tetes mata. Cendo Xitrol Tetes Mata mengandung berbagai bahan aktif seperti dexamethasone, neomycin sulfate dan juga polymicin b sulfate. 

Kisaran harga: Rp 34 ribu/botol

4. Rohto Eye Flush

obat bintitan di mata rohyo eye flush

Beli Rohto Eye Flush Klik di Sini

Cairan steril Rohto Eye Flush dapat membantu Anda membersihkan, menyejukkan dan menyegarkan kembali mata. Bintitan di mata bisa saja disebabkan oleh iritasi atau infeksi bakteri sehingga membersihkannya menggunakan cairan steril pun menjadi pilihan tepat. Anda perlu menggunakan bantuan eye bath atau gelas cuci mata untuk memakai cairan steril ini.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

5. Biovision Kapsul

obat bintitan mata biovision kapsul

Beli Biovision Kapsul Klik di Sini

Mata dapat menjadi terlalu lelah karena menatap layar atau membaca dalam waktu lama dan tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Biovision Kapsul ini dapat bantu Anda menghilangkan kelelahan mata dan menjaganya tetap sehat termasuk mengatasi mata bintitan.

Kisaran harga: Rp 49 ribu/strip

6. Erymed

obat bintitan di mata erymed

Beli Erymed Klik di Sini

Kandungan erythromycin dalam obat krim Erymed merupakan antibiotika yang ampuh untuk mengobati mata bintitan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan salep mata bintitan ini untuk pengobatan jerawat. Antibiotika erythromycin dalam obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab benjolan pada mata bintitan dan kulit berjerawat.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/tube

7. Ibuprofen

obat mata bintitan di apotik ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Mata bintitan tidak hanya menyebabkan bengkak di sekitar kelopak mata, tetapi juga rasa nyeri yang mengganggu. Nah, ibuprofen merupakan obat yang tepat untuk membantu Anda mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan mata bintitan tersebut. Anda dapat mengonsumsi ibuprofen dengan dosis sesuai kebutuhan dan anjuran.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

8. Paracetamol

obat bintitan di mata paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Selain ibuprofen, Anda juga dapat menggunakan paracetamol untuk menangani rasa nyeri akibat mata bintitan. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi kadar prostaglandin di dalam tubuh Anda, sehingga pada akhirnya rasa nyeri pun mulai berkurang.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

9. Erlamycetin Eye Oint

obat mata bintitan erlamycetin eye oint

Beli Erlamycetin Eye Oint Klik di Sini

Selanjutnya, Anda dapat mengobati bintitan di mata adalah Erlamycetin Eye Oint. Obat oles ini mengandung chlorampenicol, dosis pemakaian sesuai dengan kebutuhan dan anjuran. Anda dapat membeli Erlamycetin Eye Oint secara praktis di K24Klik.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tube

10. Farsifen

obat mata bintitan farsifen

Beli Farsifen Klik di Sini

Kandungan ibuprofen dalam farsifen merupakan obat yang ampuh untuk mengatasi rasa nyeri yang diakibatkan oleh mata bintitan. Infeksi bakteri yang menyebabkan bintitan di mata biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang terkadang membuat aktivitas Anda terhambat. Oleh karena itu, obat pereda nyeri seperti farsifen pun sangat Anda butuhkan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

11. Panadol Biru Tablet

obat mata bintitan panadol biru tablet

Beli Panadol Biru Tablet Klik di Sini

Anda juga dapat menggunakan Panadol Biru Tablet sebagai obat pereda nyeri saat mata sakit bintitan. Obat ini mengandung paracetamol yang ampuh untuk meringankan rasa sakit termasuk nyeri saat bintitan. Anda dapat menggunakan obat ini dengan anjuran dosis 3-4 kali per hari sebanyak 1 tablet.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/blister

12. C Mycos Eye Oint

obat mata bintitan c mycos eye oint

Beli Cendo Mycos Eye Ointment Klik di Sini

Salep obat mata Cendo Mycos Eye Ointment dapat Anda gunakan untuk mengatasi mata bintitan. Cara penggunaannya pun cukup praktis, Anda dapat mengoleskan salep ini pada area kelopak mata 2-3 kali sehari secara tipis-tipis atau sesuai petunjuk dokter. Tenang saja, C Mycos Eye Oint ini aman untuk Anda gunakan sekalipun pada bagian dalam kelopak mata bawah.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/pcs

Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami

Tidak hanya menggunakan obat-obatan di apotik, bintitan di mata juga dapat diatasi dengan beberapa cara alami. Meskipun mungkin termasuk pengobatan ringan dan lambat, Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati mata bintitan di bawah ini.

1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi mata bintitan secara alami adalah melakukan kompres menggunakan air hangat. Anda dapat melakukan cara ini 3-4 kali setiap hari selama 5-10 menit. Kompres air hangat dapat membuat efek menenangkan sehingga bengkak dan sakit akibat bintitan di mata pun lama-lama akan berkurang.

2. Kompres Menggunakan Kantong Teh

Suka menyeduh teh hangat? Jangan buang kantong teh karena dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bintitan pada mata. Tapi pastikan kantong teh tersebut belum tercampur dengan air gula, cukup air hangat saja. Setelah itu, Anda dapat langsung menempelkan kantong teh ke mata sekitar 5-10 menit.

3. Pijat Ringan Area Mata Bintitan 

Cara yang terakhir untuk mengatasi sakit saat mata bintitan adalah memijat ringan area kelopak mata. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara memijat ini hanya disarankan saat bintitan sudah pecah. Tentunya juga dalam kondisi area kelopak mata dan tangan dalam kondisi bersih atau steril.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat mata bintitan paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila merasa kondisi bengkak semakin mengganggu dan tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli.

Butuh vitamin, obat atau susu? Untuk setiap kebutuhan farmasi Anda, K24Klik siap antar sampai ke depan rumah. Kami juga menjamin produk farmasi yang lengkap, 100% asli dengan pengiriman cepat. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, dapatkan manfaatnya sekarang juga.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sty/diagnosis-treatment/drc-20378022#:~:text=For%20a%20stye%20that%20persists,in%20tablet%20or%20pill%20form diakses pada 14 April 2023