15 Obat Alergi Dingin Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat alergi dingin paling ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat alergi dingin dibutuhkan untuk mengatasi biduran ataupun reaksi alergi lainnya pada tubuh saat harus berhadapan dengan udara dingin. Anda dapat memanfaatkan berbagai antihistamin yang tersedia di apotik untuk mengatasi reaksi alergi.

Alergi dingin merupakan kondisi dimana tubuh memberikan reaksi berlebihan saat harus berhadapan dengan suhu dingin. Reaksi ini dapat mengganggu aktivitas sehingga perlu diatasi menggunakan obat alergi dingin yang kini telah banyak tersedia di apotek.

Baca juga: 15 Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Alergi Dingin Paling Ampuh di Apotik

Meskipun banyak jenis obat antihistamin yang tersedia di apotik, mana yang tepat untuk Anda gunakan? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat alergi dingin paling ampuh di apotik yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Cetirizine

obat alergi dingin cetirizine tablet

Beli Cetirizine Tablet Klik di Sini

Alergi dingin dapat menimbulkan beragam reaksi yang mengganggu aktivitas Anda seperti gatal-gatal, timbul ruam pada kulit hingga sesak napas. Cetirizine dapat menjadi salah satu obat yang bekerja efektif untuk mengatasi alergi tersebut.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

obat alergi dingin cetirizine sirup

Beli Cetirizine Sirup Klik di Sini

Untuk anak-anak, Anda mungkin lebih membutuhkan cetirizine sirup yang mudah dikonsumsi dan aman diberikan pada anak mulai usia 2 tahun.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/botol

2. Loratadine

obat alergi dingin loratadine

Beli Loratadine Klik di Sini

Selain cetirizine, Anda juga dapat memanfaatkan loratadine untuk mengatasi berbagai gejala alergi. Obat anti alergi ini aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak usia 6-12 tahun, diatas 12 tahun dan dewasa.

Perlu diketahui bahwa saran mengonsumsi obat loratadine ini adalah sesudah makan. Penggunaan pada ibu hamil, ibu menyusui dan anak dengan usia dibawah 6 tahun memerlukan konsultasi dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

3. Alleron

obat alergi dingin alleron

Beli Alleron Klik di Sini

Kandungan chlorpheniramine maleate (CTM) dalam Alleron merupakan salah satu zat aktif yang bekerja ampuh meredakan gejala alergi termasuk alergi dingin. Saran mengonsumsi obat antihistamin yang satu ini adalah 3 kali sehari 1 kaplet tiap kali minum.

Obat dengan golongan bebas terbatas ini mungkin saja menyebabkan efek samping mengantuk. Jadi, pastikan untuk tidak mengonsumsi Alleron saat akan mengendarai kendaraan bermotor apalagi menjalankan alat berat.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

4. Telfast OD Tablet

obat alergi dingin telfast od tablet

Beli Telfast OD Klik di Sini

Zat aktif fexofenadinem dalam Telfast OD Tablet bekerja secara efektif menghambat histamin, pemicu reaksi alergi pada tubuh. Obat ini dapat membantu Anda meredakan gejala alergi seperti mata berair, hidung gatal, bersin-bersin dan lain sebagainya.

Alergi dingin biasanya akan menciptakan biduran, nah Telfast OD Tablet ini dapat membantu Anda untuk mengatasinya. Termasuk golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter sebelum diperbolehkan mengonsumsi Telfast OD.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/tablet

5. Ozen Drop

obat alergi dingin ozen drop

Beli Ozen Drop Klik di Sini

Kemasan praktis dibawa kemana-mana, Ozen Drop merupakan obat dengan kandungan antihistamin yaitu cetirizine HCl. Berikut ini merupakan aturan pakai Ozen Drop secara umum yang perlu Anda ketahui:

  • Untuk dewasa dan anak usia diatas 12 tahun, berikan 1 ml sekali dalam sehari
  • Anak usia 6-12 tahun, Ozen Drops dapat digunakan dengan takaran 0,5ml sekali sehari
  • Anak usia 2-6 tahun, berikan 0,25 – 0,5 ml untuk sekali dalam sehari

1 ml obat Ozen Drop ini mengandung 10 mg cetirizine HCl yang akan menghambat terlepasnya histamin, pemicu reaksi alergi pada tubuh. Anda dapat memanfaatkan obat ini untuk meredakan berbagai reaksi yang timbul akibat alergi dingin pada tubuh.

Kisaran harga: Rp 87 ribu/botol

6. Orphen

obat alergi dingin orphen

Beli Orphen Tablet Klik di Sini

Chlorphenamine maleate (CTM) dalam Orphen Tablet dapat bekerja ampuh membantu Anda mengurangi gatal-gatal hingga asma yang diakibatkan oleh alergi dingin.

Saat mengonsumsi obat ini, ada beberapa efek samping yang mungkin Anda rasakan seperti sembelit, mengantuk dan juga mual. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

7. Alloris Tablet

obat-alergi-dingin-alloris-tablet

Beli Alloris Tablet Klik di Sini

Mengandung loratadine 10mg, Alloris Tablet merupakan salah satu obat anti alergi yang efektif menghambat histamin pemicu reaksi alergi pada tubuh. Untuk penggunaan obat ini hanya disarankan bagi dewasa dan anak-anak usia di atas 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 68 ribu/strip

8. Alermax Tablet

obat-alergi-dingin-alermax-tablet

Beli Alermax Tablet Klik di Sini

Bantu meredakan berbagai gejala alergi, Alermax Tablet merupakan obat antihistamin dengan kandungan chlorpheniramine maleate di dalamnya. Berikut ini merupakan anjuran mengonsumsi alermax tablet secara umum yang dapat Anda ikuti.

  • Dewasa dan anak-anak usia diatas 12 tahun: 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali konsumsi
  • Anak usia 6-12 tahun: setengah tablet untuk sekali konsumsi, 3-4 kali sehari
  • Anak usia 2-5 tahun: 3-4 kali sehari, berikan seperempat tablet untuk sekali konsumsinya

Perlu diketahui bahwa dosis di atas bisa saja mengalami penyesuaian sesuai dengan kebutuhan, usia dan anjuran dari dokter ahli. Kesalahan penggunaan obat ini mungkin saja dapat meningkatkan potensi terjadinya efek samping seperti sakit kepala, mual dan muntah.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

9. Incidal

obat alergi dingin incidal

Beli Incidal Klik di Sini

Bahan aktif cetirizine HCl diketahui ampuh digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi alergi, termasuk reaksi-reaksi akibat alergi dingin. Dalam tiap kapsul Incidal sendiri mengandung cetirizine 10mg.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan Incidal harus disertai dengan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip

10. Biolergy

obat-alergi-dingin-biolergy

Beli Biolergy Klik di Sini

Tersedia dalam bentuk kaplet salut selaput, Biolergy merupakan obat antihistamin yang bekerja efektif dalam mengatasi alergi. Kandungan dalam obat ini adalah mebhydrolin napadisylate.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

11. Cydifar

obat-alergi-dingin-cydifar

Beli Cydifar Klik di Sini

Antihistamin generasi pertama, kandungan Cyproheptadine dalam Cydifar dapat membantu mengurangi berbagai reaksi alergi. Penggunaan obat ini biasanya akan menyebabkan efek samping mengantuk sehingga pastikan mengonsumsi di waktu yang tepat.

Alergi dingin atau biduran dapat memanfaatkan cydifar untuk meredakan berbagai reaksi yang menyertai seperti gatal-gatal, ruam pada kulit hingga sesak napas. Anjuran aman untuk mengonsumsi obat ini adalah anak-anak diatas 12 tahun dan dewasa.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

12. Aerius Tablet

obat-alergi-dingin-aerius-tablet

Beli Aerius Tablet Klik di Sini

Reaksi alergi biasanya dapat timbul karena beberapa penyebab seperti udara dingin, makanan, serbuk sari hingga bulu hewan. Untuk meredakan reaksi tersebut, Anda dapat mengandalkan Aerius Tablet.

Obat ini mengandung zat aktif desloratadine yang secara efektif menghambat histamin pemicu alergi. Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan salah satu obat terbaik dalam mengatasi alergi ini.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/tablet

13. Dextamine

obat alergi dingin dextamine

Beli Dextamine Klik di Sini

Mengkombinasikan dexamethasone dengan dexchlorpheniramin maleate, dextamine merupakan obat anti alergi yang bagus untuk Anda manfaatkan. Obat ini dapat mengurangi reaksi alergi sekaligus mencegah peradangan.

Kisaran garga: Rp 24 ribu/strip

14. Soldextam Tablet

obat alergi dingin soldextam tablet

Beli Soldextam Tablet Klik di Sini

Soldextam tablet merupakan obat yang bermanfaat untuk meredakan demam, asma ataupun gangguan inflamasi okular disebabkan oleh alergi. Dalam setiap tablet obat ini mengandung 0,5mg dexamethasone dan 2 mg dexchlorpheniramine maleate.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

15. Otede Tablet

obat-alergi-dingin-otede-tablet

Beli Otede Tablet Klik di Sini

Kandungan diphenhydramine HCl dalam Otede Tablet ampuh dalam meringankan berbagai reaksi alergi seperti gatal-gatal dan juga biduran. Selain itu, obat ini juga sering digunakan untuk memudahkan tidur saat insomnia.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat alergi dingin paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila reaksi alergi tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Mendadak mengalami reaksi alergi dan tidak punya stok obat di rumah? Anda dapat mengandalkan K24Klik, aplikasi beli obat online yang tersedia di Play Store dan App Store. Kami menjamin produk 100% asli dan juga pengiriman cepat khusus untuk Anda.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/24629-cold-urticaria diakses pada 29 Agustus 2023