13 Obat Tidur di Apotik Ampuh yang Aman untuk Imsomnia

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat tidur di apotik ampuh yang aman untuk insomnia

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat tidur dibutuhkan untuk membantu mengatasi insomnia yang berpotensi mengganggu produktivitas seseorang ataupun memicu beragam masalah kesehatan.

Insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat seseorang sulit tidur dan sering merasa kelelahan. Tidak hanya memengaruhi produktivitas, insomnia juga berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, obat tidur pun dibutuhkan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Sediaan obat tidur di apotik paling ampuh dan aman pun sangatlah bermacam-macam. Mulai dari obat dengan kandungan antihistamin ataupun yang diformulasikan khusus untuk membantu penderita insomnia.

Selain itu, obat tidur juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis obat untuk pengobatan kondisi lainnya. Misalnya seperti chlorpheniramine maleate (CTM) yang biasa ditemukan dalam obat alergi, obat flu dan gangguan saluran pernapasan.

Baca juga: 15 Vitamin B Complex yang Bagus di Apotik dan Harganya

Rekomendasi Obat Tidur di Apotik Ampuh yang Aman untuk Insomnia

Tidak semua obat tidur dapat dikonsumsi secara bebas, melainkan harus diresepkan oleh dokter. Hal ini dikarenakan kemungkinan gangguan tidur berkepanjangan menjadi gejala dari masalah kesehatan serius yang perlu diperiksa oleh dokter terlebih dahulu.

Tersedia di apotik baik secara bebas maupun perlu resep dokter, berikut ini rekomendasi obat tidur di apotik ampuh yang aman untuk insomnia.

1. Lelap

obat tidur yang ampuh di apotik lelap

Beli Lelap Kaplet Klik di Sini

Lelap merupakan salah satu obat tradisional herbal yang efektif dalam mengatasi insomnia. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami seperti ekstrak valerianae radix, ekstrak polygalae radix, ekstrak myristicae semen, dan ekstrak eleuthroginseng radix.

Manfaat dari penggunaan obat ini adalah membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih pulas. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dianjukan untuk menghindari ketergantungan.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/strip

2. Antangin Good Night

obat tidur atasi insomnia antangin goodnight

Beli Antangin Good Night Klik di Sini

Selanjutnya, Antangin Good Night merupakan obat tidur yang memiliki kandungan kulit pulai, daun mint, jahe, biji pala hingga akar valerian di dalamnya. Obat ini dapat membantu memperbaiki kualitas tidur Anda.

Kandungan akar valerian di dalam Antangin Good Night membantu mengurangi rasa cemas berlebihan yang biasanya memicu seseorang menjadi kesulitan tidur. Dengan mengonsumsi obat ini, tubuh menjadi lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

3. Valdres

obat tidur yang aman di apotik valdres

Beli Valdres Klik di Sini

Valdres merupakan obat yang mengandung dipenhydramine dan bekerja efektif dalam mengatasi insomnia ringan atau jangka pendek. Obat tidur yang satu ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Apabila Anda memiliki gangguan tidur atau insomnia kronis, obat ini tidak dapat bekerja efektif dalam mengatasinya. Beberapa efek samping juga mungkin dirasakan saat mengonsumsi Valdres seperti kebingungan, jantung berdebar hingga sesak dada.

Penggunaan obat ini hanya disarankan untuk dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun sesuai dengan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/strip

4. Blackmores Executive B

suplemen tidur di apotik blackmores executive b

Beli Blackmores Executive B Klik di Sini

Mengonsumsi suplemen seperti Blackmores Executive B juga dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur. Manfaat utama dari suplemen ini adalah membantu meredakan gejala stres dan kecemasan yang dapat memicu insomnia.

Tidak hanya mengandung vitamin B kompleks, Blackmores Executive B juga memiliki kandungan herbal passion flower di dalamnya. Herbal tersebut dipercaya ampuh dalam membantu meredakan ketegangan saraf dan masalah kurang tidur.

Kisaran harga: Rp 311 ribu/dos

5. Nutrimax Dreamz

obat tidur yang aman di apotek nutrimax dreamz

Beli Nutrimax DreamZ Klik di Sini

Suplemen lain untuk meningkatkan kualitas tidur Anda adalah Nutrimax DreamZ. Mengkombinasikan tiga ekstrak alami yaitu passion flower, hops, dan hawthorn, suplemen ini bekerja efektif untuk mengurangi keluhan gangguan tidur.

Tiga bahan herbal dalam Nutrimax DreamZ bekerja sebagai natural sedatives dan aman dikonsumsi satu jam sebelum tidur di malam hari.

Kisaran harga: Rp 231 ribu/pcs

6. Supertin

obat tidur paling ampuh supertin

Beli Supertin Klik di Sini

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur yang juga disertai dengan rasa kelelahan serta nafsu makan berkurang? Supertin dapat menjadi salah satu suplemen andalan untuk membantu Anda mengatasi kondisi tersebut.

Kaya akan kandungan vitamin dan mineral tinggi, Supertin juga dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan vitalitas pada usia lanjut dan juga mendukung pembentukan gigi dan tulang.

Beberapa kandungan dalam Supertin adalah royal jelly, vitamin A, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C, magnesium dan masih banyak lagi.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

7. Tremenza

obat tidur yang aman tremenza

Beli Tremenza Klik di Sini

Manfaat utama dari Tremenza sendiri sebenarnya adalah mengatasi beragam gejala flu karena alergi pada saluran pernafasan bagi atas. Namun, kandungan tripolidine HCl di dalamnya merupakan salah satu zat aktif yang termasuk dalam golongan antihistamin.

Nah, antihistamin tersebut dapat membantu Anda mengatasi keluhan sulit tidur. Tremenza sendiri juga termasuk dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/pcs

8. Otede

obat tidur di apotik otede

Beli Otede Klik di Sini

Obat produksi PT. Sanbe Farma yang satu ini memiliki kandungan dipenhydramine HCl di dalamnya. Otede dapat digunakan sebagai antiemetik, rinitis alergi, urtikaria dan juga mengatasi kesulitan tidur.

Anjuran mengonsumsi obat ini pada dewasa dan anak-anak diatas usia 12 tahun adalah sekali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

9. Snoozzz

obat tidur paling ampuh snoozzz

Beli Snoozzz Klik di Sini

Bantu mengatasi gangguan sulit tidur, Snoozzz merupakan obat herbal yang memiliki kandungan akar valerian di dalamnya. Obat ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak dan bangun dengan tubuh yang lebih segar.

Efek relaksasi dari akar valerian membuat kecemasan berkurang sehingga tubuh lebih tenang dan tidak mengalami insomnia.

Kisaran harga: 16 ribu/strip

10. Sea Quill Osteocal

vitamin bantu atasi insomnia sea quill osteocal

Beli Sea Quill Osteocal Klik di Sini

Khasiat utama dari suplemen Sea Quill Osteocal sendiri adalah menjaga kesehatan tulang terutama pada wanita menopause dan juga pria usia lanjut. Namun, suplemen ini juga dapat membantu merelaksasi syaraf serta mengatasi gangguan tidur.

Komposisi dari suplemen ini adalah calcium sitrate, ipriflavone dan juga soy isoflavone. Untuk mengatasi insomnia, Anda dapat mengonsumsi Sea Quill Osteocal sebelum tidur.

Kisaran harga: Rp 556 ribu/pcs

11. Dumolid

Obat susah tidur ini tergolong ampuh dengan kandungan Nitrazepam di dalamnya. Namun, Dumolid tergolong obat keras sehingga Anda memerlukan resep dokter untuk dapat membeli dan mengonsumsinya.

Tentunya Anda perlu menceritakan riwayat kesehatan dan konsumsi obat-obatan  pula pada dokter untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi akibat konsumsi Dumolid.

12. Zolpidem

Zolpidem adalah obat insomnia yang juga termasuk dalam kelompok obat keras dan memerlukan resep dokter.

Dosis yang disarankan pun harus sesuai dengan petunjuk dokter atau apoteker. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak mengonsumsinya di luar aturan yang sudah ditetapkan oleh dokter.

Kisaran harga: Rp6.128,00 per tablet

13. Estazolam

Beberapa orang yang mengalami sulit tidur atau insomnia bisa mengonsumsi obat Estazolam. Estazolam termasuk obat keras, dan cara mendapatkannya harus menggunakan resep dokter.

Pastikan Anda mengonsumsinya dalam dosis normal untuk meminimalkan terjadinya ketergantungan dan overdosis.

Nah, itulah tadi beragam rekomendasi obat tidur ampuh yang aman di apotik dan dapat Anda manfaatkan.

Tubuh terasa sakit dan butuh obat segera? Tidak perlu repot keluar dan pergi ke apotek, hidup sehat jadi lebih mudah bersama aplikasi K24Klik!

Dapat diunduh di Play Store dan juga App Store, K24Klik siap mengantar pesanan Anda kurang dari 1 jam dengan jaminan produk 100% asli!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/symptoms-causes/syc-20355167#:~:text=Common%20causes%20of%20long%2Dterm,also%20may%20lead%20to%20insomnia diakses pada 23 Februari 2024