15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

manfaat jahe untuk kesehatan tubuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Jahe adalah salah satu bahan masakan yang paling sehat dan paling sering digunakan di berbagai jenis masakan. Selain membuat masakan lebih sehat, banyak manfaat jahe yang bisa membantu menyehatkan tubuh.

Artikel ini akan membahas 15 manfaat jahe untuk kesehatan tubuh dan bagaimana cara menambahkan jahe dalam diet Anda.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Sebenarnya ada banyak manfaat jahe putih maupun jahe merah untuk tubuh. Meskipun demikian, artikel ini akan membahas 15 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman ini.

1. Meredakan mual dan muntah

Sejak lama jahe sudah digunakan untuk mengobati gejala mual dan muntah. Jahe membantu mempercepat pergerakan usus, sehingga makanan tidak akan berdiam lama di perut. Makanan yang diam di perut terlalu lama bisa menyebabkan gangguan penceraan, kembung, sakit perut, dan mual.

Jahe juga bisa membantu meredakan mual pada mereka yang baru menjalani operasi, serta mual karena kemoterapi. Tidak hanya itu saja, akar ini paling efektif mengatasi mual pada wanita hamil dan untuk anak yang sedang sakit pencernaan. Namun, sebelum mengonsumsi jahe sebagai mual muntah, konsultasikan kepada dokter dahulu ya Sobat Sehat!

2. Menurunkan berat badan

Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen jahe bisa membantu penurunan berat badan secara signifikan pada penderita obesitas. Tidak hanya itu saja, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa rasio pinggang-pinggul dan rasio pinggul juga berkurang dengan mengonsumsi suplemen jahe.

3. Bermanfaat sebagai obat

Jahe punya sejak lama sudah dimanfaatkan sebagai bahan obat trandisional dan bahan pengobatan alternatif. Gingerol yang terkandung dalam tanaman ini memiliki efek anti radang dan antioksidan. Bahan inilah yang bisa membantu menyehatkan kembali tubuh yang sedang sakit.

4. Membantu pengobatan osteoarthritis

Osteoarthritis adalah sebuat penyakit umum yang menyangkut penurunan fungsi sendi pada tubuh. Akibatnya, sendi tubuh akan kaku dan nyeri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe efektif mengurangi gejala osteoarthritis terutama pada lutut.

5. Menurunkan gula darah

Jahe punya sifat anti-diabetes berkat kemampuannya menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa jahe menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki berbagai macam faktor risiko penyakit jantung pada orang dengan diabetes tipe 2.

6. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan kronis terjadi karena lambatnya pengosongan lambung. Akibatnya, penderitanya akan merasa nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian atas. Menariknya, salah satu manfaat wedang jahe adalah mempercepat proses pengosongan lambung.

7. Mengurangi nyeri menstruasi secara signifikan

Salah satu manfaat jahe untuk wanita adalah mengurangi nyeri menstruasi. Jahe memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri atau sakit pada saat menstruasi.

8. Mengurangi kadar kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL seringkali dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Makanan yang dikonsumsi memegaruhi kadar LDL dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian terhadap manusia dan hewan, jahe ternyata bisa mengurangi LDL atau kadar kolesterol jahat, kolesterol dan trigliserida dalam darah.

9. Mengandung zat yang dapat mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan khasiat jahe sebagai pengobatan alternatif untuk melawan kanker. Sifat anti-kanker yang ada pada jahe ini berkaitan dengan gingerol yang ditemukan dalam jumlah besar pada jahe mentah.

Terdapat beberapa bukti, yang meskipun terbatas, menunjukkan bahwa  jahe cukup efektif melawan kanker gastrointestinal seperti kanker pancreas dan hati. Selain itu, terdapat kemungkinan bahwa jahe juga efektif terhadap kanker payudara dan ovarium. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

10. Memperbaiki fungsi otak

Stres oksidatif dan inflamasi kronis dapat mempercepat proses penuaan. Dua hal ini dipercaya menjadi pemicu utama penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif lain yang berkaitan dengan usia.

Penelitian terhadap binatang menunjukkan bahwa jahe dapat melindungi terhadap kerusakan terkait usia pada otak. Tanaman ini juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak pada wanita paruh baya.

11. Membantu melawan infeksi

Gingerol yang terkandung dalam jahe putih maupun jahe merah bisa membantu menurunkan risiko infeksi. Bahkan zat yang ada dalam tanaman jahe ini bisa menghambat pertumbuhan berbagai macam jenis bakteri.

12. Membantu meredakan flu dan batuk

Secangkir teh jahe di musim penghujan akan membantu kondisi tubuh tetap stabil dan hangat. Itulah mengapa jahe juga ampuh diminum saat flu atau kedinginan. Begitu Anda meminum teh jahe, tubuh akan terasa hangat dan mengeluarkan keringat sehingga mempercepat proses penyembuhan.

13. Mengobati nyeri otot

Jahe juga sering digunakan untuk mengobati nyeri otot. Jahe memiliki efek antiinflamasi alami yang dapat mengurangi nyeri atau sakit dan pembengkakan.

14. Melindungi hati

Tanaman ini juga disebut mampu melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu fungsi hati. Jahe juga mengurangi penurunan fungsi hati karena penuaan. Selain itu, jahe juga dapat melindungi hati hari kerusakan dan luka.

15. Merangsang produksi testosteron

Salah satu manfaat minum jahe untuk pria adalah merangsang produksi testosterone dalam tubuh. Meningkatnya testosterone sangat baik untuk meningkatkan gairah seksual. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa jahe juga bisa meningkatkan kualitas sperma.

Cara Menambahkan Jahe dalam Diet Anda

Kalau Anda belum terbiasa mengonsumsi jahe, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan jahe ke dalam diet Anda. Cara pertama adalah dengan memasukkan beberapa potong jahe segar ke dalam air panas untuk membuat wedang jahe.

Berikutnya, Anda juga bisa menambahkan jahe segar yang dicincang halus atau bubuk jahe ke dalam masakan kari atau tumisan. Selain membuat rasa masakan lebih sedap, Anda juga bisa mendapatkan manfaat jahe untuk kesehatan.

Metode berikutnya adalah dengan menambahkan sedikit jahe ke dalam smoothie untuk dinikmati di pagi hari. Menambahkan jahe ke dalam resep kue kering atau roti juga bisa membuat kue jadi lebih lezat!

Untuk belanja obat maupun vitamin secara online, cukup kunjungi website www.k24klik.com dan pilih suplemen jahe yang Anda mau, lakukan pemesanan, lalu tunggu di rumah. Produk Anda akan dikirimkan dengan cepat kurang dari 24 jam!

Nah, itulah tadi 15 manfaat jahe untuk kesehatan dan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsinya. Yuk mulai tambahkan jahe ke dalam menu diet Anda untuk tubuh yang lebih sehat hingga tua nanti!