18 Obat Sakit Perut dengan Penyebabnya di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sakit Perut dengan Penyebabnya di Apotik dan Harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mengatasi ketidaknyamanan pada saluran pencernaan, terdapat beragam obat sakit perut dengan penyebabnya di apotik seperti Pil Sakit Perut Cap Lang, Antasida dan juga Norit Lang Dos.

Sakit perut merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh setiap orang dengan beragam penyebab. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan obat sakit perut yang tersedia di apotik.

Apabila tidak segera diatasi dengan tepat, sakit perut dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya hingga menghambat aktivitas harian. Sebelum mengonsumsi obat-obatan, pastikan untuk mengetahui apa penyebab sakit perut yang Anda alami.

Beberapa penyebab sakit perut yang sering dialami adalah tukak lambung, nyeri haid, konstipasi hingga keracunan makanan.

Baca juga: 15 Obat Sakit Perut Sebelah Kiri di Apotik

Rekomendasi Obat Sakit Perut di Apotik Sesuai dengan Penyebabnya

Digunakan sesuai dengan penyebabnya, berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat sakit perut di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Pil Sakit Perut Cap Lang

pil sakit perut cap lang

Beli Pil Sakit Perut Cap Lang Klik di Sini

Obat tradisional dengan beragam kandungan herbal di dalamnya, Pil Sakit Perut Cap Lang bekerja efektif dalam meredakan sakit perut, muntah ringan sekaligus menjaga kesehatan pencernaan.

Rekomendasi obat sakit perut alami ini dapat Anda beli di aplikasi K24Klik dengan harga terjangkau dan penawaran menarik gratis ongkos pengiriman.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/pcs

2. Antasida Doen

obat sakit perut antasida doen

Beli Antasida Doen Klik di Sini

Mengkombinasikan alumunium hidroksida dan juga magnesium hidroksida, Antasida Doen merupakan salah satu obat sakit perut ampuh yang disebabkan kenaikan asam lambung.

Aman untuk dikonsumsi oleh anak dan dewasa, Antasida Doen dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah 3-4 kali sehari. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini 1-2 jam sebelum ataupun sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

3. Guanistrep

guanistrep untuk diare

Beli Guanistrep Klik di Sini

Bermanfaat untuk mengurangi frekuensi buang air besar saat diare, Guanistrep mimiliki kandungan utama kaolin dan pectin di dalamnya. Hadir dalam bentuk sirup suspensi, Guanistrep dapat dibeli di aplikasi K24Klik dengan harga terjangkau.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah setelah buang air besar saat diare dengan ketentuan maksimal takaran sesuai petunjuk yang tertera di kemasan.

Kisaran harga: 8 ribu/botol

4. Asam Mefenamat

nyeri haid asam mefenamat

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Salah satu obat sakit perut haid yang dapat Anda manfaatkan adalah asam mefenamat. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin yang memicu nyeri atau sakit saat haid.

Selain untuk mengatasi sakit perut saat nyeri haid, asam mefenamat juga dapat mengatasi nyeri sakit gigi dan sakit kepala.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

5. Norit Lang Dos

obat sakit perut norit lang dos

Beli Norit Lang Dos Klik di Sini

Sakit perut karena keracunan makanan hingga membuat diare? Salah satu obat andalan yang dapat Anda gunakan adalah Norit Lang Dos.

Obat ini memiliki kandungan karbon aktif yang memiliki daya serap kuat terhadap racun. Karbon aktif dapat membantu tubuh untuk membuang racun melalui feses. Anda dapat mengonsumsi obat ini 5-7 tablet sekali minum, maksimal 20 tablet dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/pcs

6. Disflatyl

atasi begah di apotik disflatyl

Beli Disflatyl Klik di Sini

Jika perut Anda terasa sakit karena begah, Disflatyl merupakan obat yang tepat direkomendasikan untuk Anda. Obat ini mengandung simethicone, yaitu obat oral yang sudah umum digunakan sebagai terapi penimbunan gas pada perut.

Disflatyl ini lebih cocok digunakan untuk dewasa dengan dosis 1-2 tablet setiap kali minum. Biasanya, simethicone dikonsumsi sesudah makan dan sebelum tidur.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

7. Polysilane Granul

obat sakit perut anak polysilane granul

Beli Polysilane Granul Klik di Sini

Polysilane Granul merupakan obat yang mengandung dimethyl-poly-siloxane dan diformulasikan khusus agar mudah diberikan pada anak-anak. Anda dapat mencampurkan Polysilane Granul pada makanan atau minuman.

Obat sakit perut anak ini biasa dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung, regurgitasi, muntah hingga kejang perut.

Kisaran harga: Rp 53 ribu/dos

8. Lactulax Sirup

ampuh atasi konstipasi lactulax sirup

Beli Lactulax Sirup Klik di Sini

Sakit perut karena konstipasi? Anda bisa andalkan Lactulax sebagai laksatif supaya BAB jadi lancar. Obat ini memiliki kandungan kandungan utama berupa lactulose.

Berbeda dari jenis senyawa laksatif lain, lactulose sebenarnya adalah gula sintetis yang bisa digunakan untuk mengatasi konstipasi. Lactulax dapat membuat konsistensi feses menjadi lebih lembek dan memudahkan Anda untuk BAB.

Kisaran harga: Rp 65 ribu/botol

9. Fiforlif Blackcurrant

minuman kaya serat untuk konstipasi fiforlif blackcurrant

Beli Fiforlif Blackcurrant Klik di Sini

Minuman kaya serat, Fiforlif Blackcurrant dapat membantu mengatasi konstipasi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan ekstrak psyllium husk di dalamnya.

Selain itu, Fiforlif juga dapat membantu menjaga kesehatan usus Anda dengan cara membersihkan saluran pencernaan.

Kisaran harga: Rp 348 ribu/dos

10. Loperamide

obat sakit perut melilit loperamide

Beli Loperamide Klik di Sini

Diare dapat membuat perut terasa sakit melilit tidak nyaman dan perlu untuk segera diatasi. Salah satu obat yang dapat Anda manfaatkan adalah Loperamide.

Cara kerja obat ini adalah dengan memperlambat gerakan susus dan juga membuat feses menjadi lebih padat.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

11. Laxing

andalan atasi sembelit laxing tablet

Beli Laxing Klik di Sini

Mengkombinasikan ekstrak sennae fructus, aloe, foeniculi semen dan juga aleuritidis endosperm di dalamnya membuat Laxing menjadi salah satu  obat sembelit andalan.

Obat ini dapat melancarkan buang air besar tanpa menyebabkan rasa mulas dan juga mencret, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

12. Promag

perut kembung promag chew tablet

Beli Promag Klik di Sini

Salah satu obat sakit perut kembung ataupun kelebihan asam lambung yang dapat Anda manfaatkan di apotik adalah Promag. Komposisi dari obat ini adalah hydrotalcite, magnesium hydroxide dan juga simethicone di dalamnya.

Penggunaan obat ini dianjurkan 1-2 jam sebelum atau sesudah makan, 3-4 kali sehari dengan takaran sesuai petunjuk yang tertera di kemasan.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

13. Feminax

nyeri haid di apotik feminax

Beli Feminax Klik di Sini

Feminax merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi rasa nyeri, mulas dan juga pusing saat masa menstruasi. Komposisi dari obat ini adalah paracetamol 500mg yang dikombinasikan dengan ekstrak hiosiami 19 mg.

Anda dapat mengonsumsi obat ini untuk mengatasi sakit perut yang disebabkan oleh haid, sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

14. Ranitidine

obat sakit perut tukak lambung ranitidine

Beli Ranitidine Klik di Sini

Tukak lambung juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit perut yang perlu untuk segera diatasi. Salah satu obat yang dapat Anda andalkan adalah Ranitidine. Sakit perut akibat tukak lambung sendiri biasa ditandai dengan mual, kembung hingga nyeri ulu hati.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Ranitidine.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

15. Cefixime

antibiotik cefixime untuk infeksi

Beli Cefixime Klik di Sini

Cefixime merupakan antibiotik golongan sefalosprin yang berfungsi untuk mengatasi infeksi, salah satu penyebab sakit perut. Penggunaan antibiotik sendiri harus berdasarkan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/strip

16. Cotrimoxazole

obat sakit perut cotrimoxazol

Beli Cotrimoxazole Klik di Sini

Selain Cefixime, antibiotik Cotrimoxazole juga sering diresepkan oleh dokter untuk sakit perut yang disebabkan oleh diare. Cara kerja obat ini adalah menghentikan pertumbuhan bakteri di usus sehingga diare pun dapat mereda.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

17. Mylanta

kelebihan produksi asam lambung mylanta cair

Beli Mylanta Klik di Sini

Kelebihan produksi asam lambung dapat membuat perut sakit melilit dan aktivitas penderitanya menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Mylanta dengan kandungan magnesium hidroksida, alumunium hidroksida dan juga simetikon di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

18. Pure Kids Aise Belly Natural

purekids aise belly natural

Beli Pure Kids Aise Belly Natural Klik di Sini

Sakit perut pada anak ataupun bayi pastinya buat Anda merasa cemas, nah Pure Kids Aise Belly Natural dapat menjadi salah satu solusi Anda.

Obat ini dapat meredakan perut kembung pada anak ataupun bayi dengan kandungan beragam herbal bermanfaat di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/pcs

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sakit perut sesuai dengan penyebabnya yang dapat Anda manfaatkan. Apabila sakit perut tidak kunjung mereda setelah diberi obat-obatan, segera periksakan pada dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Sakit perut tapi tidak punya stok obat di rumah dan sulit keluar? Tenang, aplikasi K24Klik siap jadi andalan Anda.

Melayani 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat, yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga.

Referensi:

https://www.nhs.uk/conditions/stomach-ache/ diakses pada 23 April 2024