18 Obat Kurap Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Kurap di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit, terdapat beberapa obat kurap paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan seperti Fungiderm, Kalpanax dan juga Daktarin.

Kurap menjadi salah satu penyakit kulit yang umum dialami oleh setiap orang dan membuat kulit bersisik, gatal hingga bentol. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat kurap paling ampuh yang ada di apotik.

Penyebab dari kurap sendiri adalah infeksi jamur dermatofita yang menyerang lapisan teratas dari kulit. Penyakit kulit yang satu ini dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita ataupun benda yang terinfeksi seperti handuk dan seprei.

Baca juga: 15 Obat Gatal Kulit Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Kurap Paling Ampuh di Apotik

Jenis obat yang paling tepat digunakan untuk mengatasi kurap adalah obat topikal atau oles. Penggunaan salep atau krim dapat membantu kurap terobati sekaligus memulihkan kondisi kulit pasca mengalami penyakit kulit.

Dapat dibeli secara bebas ataupun memerlukan resep dokter, berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat kurap paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Fungiderm

obat kurap paling ampuh di apotik fungiderm

Beli Fungiderm Klik di Sini

Kurap dapat menyebabkan kulit terasa gatal-gatal, kemerahan, mengelupas hingga sakit ketika tergores kain. Bantu menyembuhkan kurap, Anda dapat memanfaatkan obat oles Fungiderm sebagai pilihan andalan.

Obat ini memiliki kandungan Clotrimazole di dalamnya dan berperan ampuh dalam mengatasi infeksi jamur pada kulit.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/tube

2. Salep 88

obat kurap di apotik salep 88

Beli Salep 88 Klik di Sini

Tidak hanya di permukaan kulit, kurap juga dapat muncul di kulit kepala dan perlu untuk segera diatasi. Anda dapat menggunakan Salep 88 yang mengandung acidum salicylicum, acidum benzoicum dan juga sulfur praecipitatum di dalamnya.

Salep 88 sendiri telah dikenal sebagai salah satu obat ampuh dalam mengatasi beragam penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur maupun bakteri.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tube

3. Kalpanax Cream

obat kurang paling ampuh kalpanax

Beli Kalpanax Cream Klik di Sini

Aman untuk kulit sensitif, Anda dapat memanfaatkan Kalpanax Cream untuk mengatasi kurap karena kandungan miconazole nitrate di dalamnya. Obat ini efektif dalam menghentikan pertumbuhan jamur pada kulit sehingga kurap dapat mudah teratasi.

Anda dapat menggunakan obat ini 2 kali sehari dengan cara dioleskan langsung pada kulit yang terkena kurap secara tipis-tipis.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/tube

4. Canesten

obat kurap canesten

Beli Canesten Cream Klik di Sini

Canesten merupakan obat kurap yang mengandung zat aktif clotrimazole di dalamnya. Selain kurap, obat ini juga dapat mengatasi jamur penyebab penggelapan kulit di beberapa bagian pada tubuh.

Kisaran harga: Rp 54 ribu/tube

5. Miconazole

salep obat kurap miconazole

Beli Miconazole Klik di Sini

Mengandung miconazole 2%, obat generik ini dapat mengobati kurap dan infeksi kulit karena jamur. Apabila Anda mencari obat kurap di selangkangan, miconazole jawabannya. 

Namun, obat ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. Pembelian miconazole ini harus sesuai resep dokter.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/tube

6. Daktarin

obat kurap paling ampuh daktarin

Beli Daktarin Klik di Sini

Lingkungan lembap dapat menjadi salah satu penyebab dari kurap dan membuat kulit gatal-gatal hingga ruam bersisik kemerahan. Anda dapat memanfaatkan Daktarin sebagai salah satu obat kurap paling ampuh yang dikemas dalam bentuk krim.

Kandungan utama dari obat krim ini adalah miconazole dan dapat digunakan 2 kali sehari dengan cara dioleskan langsung pada kulit yang menderita kurap.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/tube

7. Neo Ultrasiline

obat kurap neo ultrasiline

Beli Neo Ultrasiline Klik di Sini

Neo Ultrasiline mengandung zat aktif clotrimazole yang berperan dalam menghambat pertumbuhan jamur. Salep ini digunakan untuk mengatasi kadas kurap dan panu. Salep ini termasuk golongan bebas terbatas yang bisa Anda beli di K24klik.


Obat ini dapat Anda gunakan 2-3 kali sehari dengan cara dioleskan langsung pada kulit berkurap yang telah dibersihkan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tube

8. Pagoda Salep Extra

obat kurap di apotek pagoda salep extra

Beli Pagoda Salep Extra Klik di Sini

Mengkombinasikan sulfur praecipitatum dan juga asam salisilat, Pagoda Salep Extra dapat membantu mengatasi beragam penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Oleskan langsung salep ini secukupnya pada kulit berkurap 3 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/pcs

9. Ketoconazole

obat kurap di apotik ketoconazole

Beli Ketoconazole Klik di Sini

Ketoconazole merupakan salah satu bahan aktif antijamur yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat kurap andalan. Cara kerja obat ini adalah membunuh jamur yang menyebabkan kurap.

Dosis anjuran penggunaan obat ini disesuaikan dengan penyakit kulit yang dialami, pastikan untuk memperhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/tube

10. Pi Kang Shuang

atasi kurap pi kang shuang

Beli Pi Kang Shuang Klik di Sini

Obat topikal yang satu ini bermanfaat ampuh dalam mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh peradangan, infeksi jamur dan juga bakteri. Pi Kang Shuang mengandung triamcinolone acetonide acetate, miconazole nitrate dan juga neomycin sulfate di dalamnya.

Obat kurap yang diproduksi oleh Sano Gratia Farma ini termasuk dalam golongan obat keras dan memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tube

11. Ketomed

salep kurap membandel ketomed cream

Beli Ketomed Cream Klik di Sini

Untuk mengatasi kurap yang membandel, Anda dapat memanfaatkan Ketomed Cream yang memiliki kandungan ketoconazole di dalamnya. Anjuran menggunakan obat salep ini adalah 2 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/tube

12. Erphamazol

mengatasi kurap kulit erphamazol

Beli Erphamazol Klik di Sini

Dengan kandungan clotrimazole di dalamnya, penggunaan Erphamazol dapat membantu Anda untuk mengatasi kurap pada kulit. Selain untuk mengatasi kurap, obat ini juga biasa dimanfaatkan untuk mengobati jamur kuku dan juga panu.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tube

13. Termisil

topikal atasi jamur termisil cream

Beli Termisil Klik di Sini

Obat topikal yang mengandung terbinafine HCl di dalamnya, Termisil merupakan salah satu obat kurap paling ampuh di apotik. Cara kerja obat ini adalah mempercepat penyembuhan kurap sekaligus menghambat perkembangbiakan jamur.

Kisaran harga: Rp 69 ribu/tube

14. Zoloral

antijamur zoloral cream

Beli Zoloral Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan obat topikal lainnya untuk mengatasi kurap yaitu Zoloral. Kandungan utama dari obat ini adalah ketoconazole yang berperan ampuh sebagai antijamur.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/tube

15. Mycorine

atasi infeksi jamur kulit mycorine

Beli Mycorine Klik di Sini

Miconazole merupakan anti jamur golongan imidazol sintetik yang dapat bekerja ampuh dalam mengatasi infeksi jamur pada kulit. Nah, miconazole ini menjadi kandungan utama dari obat salep Mycorine.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/tube

16. Griseofulvin

obat kurap paling ampuh griseofulvin

Beli Griseofulvin Klik di Sini

Tidak hanya memanfaatkan obat topikal, Anda juga perlu untuk menggunakan obat oral seperti Griseofulvin untuk mengatasi infeksi jamur. Obat ini biasa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi jamur pada kulit, kulit kepala hingga kuku.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

17. Incidal OD

gatal gatal kurap Incidal OD

Beli Incidal OD Klik di Sini

Kurap biasanya membuat penderitanya merasa gatal-gatal yang mengganggu. Untuk meredakan rasa gatal tersebut, mengonsumsi Incidal OD dengan kandungan cetirizine di dalamnya dapat menjadi obat yang tepat.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip

18. Fluconazole

atasi infeksi jamur fluconazole

Beli Fluconazole Klik di Sini

Fluconazole menjadi salah satu obat kurap yang diminum dengan peran ampuhnya dalam mengatasi infeksi akibat jamur. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/tablet

Itulah tadi beragam rekomendasi obat kurap paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan. Apabila kurap tidak kunjung membaik, segera periksakan pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Butuh obat ataupun vitamin? Tidak perlu repot keluar rumah, aplikasi beli obat online K24Klik siap menjadi andalan Anda!

Untuk beragam penawaran menarik seperti gratis ongkos pengiriman, unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ringworm-body/symptoms-causes/syc-20353780 diakses pada 26 April 2024