15 Obat Sakit Perut Sebelah Kiri di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit perut sebelah kiri di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Nyeri ataupun kram pada perut sebelah kiri bisa saja menandakan gangguan pencernaan serius. Mengetahui apa saja obat sakit perut sebelah kiri di apotik untuk Anda gunakan tentunya sangat diperlukan.

Rasa tidak nyaman di perut sebelah kiri bisa saja disebabkan oleh banyak hal seperti asam lambung, gangguan pencernaan, haid dan masih banyak lagi. Anda dapat mengatasinya menggunakan beragam obat sakit perut sebelah kiri di apotik.

Sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita sendiri biasanya disebabkan karena adanya kontraksi rahim saat haid. Kemudian apabila sakit perut sebelah kiri atas, Anda mungkin saja mengalami gangguan pencernaan, ginjal, limpa ataupun pankreas.

Beragam penyebab sakit perut sebelah kiri tentunya menentukan penggunaan obat mana yang tepat untuk Anda. Segera periksakan ke dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik, terutama apabila rasa sakit pada perut terjadi secara berulang.

Baca juga: 15 Obat Sakit Perut Melilit dan Mencret di Apotik

Rekomendasi Obat Sakit Perut Sebelah Kiri di Apotik

Dengan beragam kemungkinan penyebab, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit perut sebelah kiri di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Antasida Doen Trifa Chew Tablet

obat sakit perut sebelah kiri antasida doen chew tablet

Beli Antasida Doen Chew Tablet Klik di Sini

Sakit perut sebelah kiri merupakan salah satu gejala asam lambung berlebih yang membuat Anda merasa nyeri, mual hingga sakit di bagian dada. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan Antasida Doen Trifa Chew Tablet.

Obat yang dikemas dalam bentuk tablet kunyah ini memiliki kandungan magnesium hidroksida dan juga alumunium hidroksida di dalamnya. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah saat perut kosong, jeda 1-2 jam sebelum makan atau sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

2. Feminax Tablet

obat sakit perut sebelah kiri feminax tablet

Beli Feminax Tablet Klik di Sini

Sakit perut sebelah kiri dekat pinggang sering menjadi keluhan wanita saat menstruasi. Mengkombinasikan paracetamol dan ekstrak hiosamin, Feminax Tablet dapat menjadi pilihan andalan Anda untuk meredakan rasa nyeri dan sakit perut saat haid tersebut.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari sebanyak 1-2 tablet tiap kali minum pada dewasa.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

3. Minyak Angin Polar Bear

obat sakit perut di apotik minyak angin polar bear

Beli Minyak Angin Polar Bear Klik di Sini

Gas berlebihan yang berada dalam pencernaan juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri. Untuk meredakannya, Anda dapat memanfaatkan beragam minyak angin yang ampuh memberikan sensasi hangat pada perut.

Minyak Angin Polar Bear mengandung peppermint oil, campora dan juga eucalyptus di dalamnya. Anda dapat mengoleskan minyak angin ini langsung ke area perut yang sakit dan tunggu reaksinya setelah beberapa saat.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

4. Mylanta Cair

obat sakit perut di apotek mylanta cair

Beli Mylanta Cair Klik di Sini

Produksi asam lambung berlebih dapat mengganggu sistem pencernaan Anda dan membuat perut sebelah kiri menjadi sakit. Anda dapat memanfaatkan Mylanta Cair dengan kandungan magnesium hidroksida, alumunium hidroksida dan simetikon di dalamnya.

Anjuran mengonsumsi Mylanta Cair adalah 3-4 kali sehari sebanyak 5-10 ml tiap kali minum atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

5. Neo Entrostop Tablet

obat sakit perut sebelah kiri neo entrostop tablet

Beli Neo Entrostop Tablet Klik di Sini

Gangguan pencernaan seperti diare juga dapat membuat perut Anda terasa sakit bahkan melilit. Anda memerlukan obat diare seperti Neo Entrostop Tablet untuk mengatasinya.

Obat ini memiliki kandungan attapulgite dan juga pektin di dalamnya. Untuk dewasa dan juga anak-anak usia diatas 12 tahun, Anda dapat mengonsumsi 2 tablet Neo Entrostop setelah buang air besar.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

6. Pil Sakit Perut Cap Lang

pil sakit perut cap lang di apotek

Beli Pil Sakit Perut Cap Lang Klik di Sini

Terbuat dari bahan-bahan herbal bermanfaat, Pil Sakit Perut Cap Lang dapat menjadi andalan Anda untuk mengatasi gangguan pencernaan. Gunakan sesuai dosis anjuran yang tertera pada kemasan, sakit pada perut pun akan segera mereda.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/pcs

7. Omeprazole

obat sakit perut sebelah kiri di apotik omeprazole

Beli Omeprazole Klik di Sini

Asam lambung naik dapat menjadi salah satu penyebab Anda merasa sakit perut tak tertahankan. Untuk meredakannya, Omeprazole dapat menjadi salah satu andalan Anda.

Obat ini bekerja efektif untuk menghambat sekresi asam lambung dan dapat dikonsumsi oleh dewasa serta anak usia di atas 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

8. Promag Herbal

obat sakit perut sebelah kiri promag herbal

Beli Promag Herbal Klik di Sini

Penumpukan gas dalam saluran pencernaan atau kembung juga dapat membuat perut sebelah kiri sakit disertai dengan mual dan muntah. Anda dapat mengonsumsi Promag Herbal yang dapat diminum langsung ataupun dicampur dengan air hangat.

Promag Herbal sendiri memiliki kandungan jahe merah, adas, peppermint, akar manis, kunyit, royal jelly dan juga madu di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/dos

9. Vegeta Herbal Anggur

obat sakit perut di apotek vegeta herbal

Beli Vegeta Herbal Klik di Sini

Kekurangan serat dapat membuat Anda sulit buang air besar hingga membuat perut sebelah kiri bagian bawah terasa sakit. Untuk melancarkan buang air besar, Anda dapat mengonsumsi Vegeta Herbal Anggur.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah sekali sehari sebanyak 1 bungkus sebelum tidur. Obat herbal ini juga bekerja ampuh untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/dos

10. Neosanmag Fast Tablet

obat sakit perut sebelah kiri neosanmag fast tablet

Beli Neosanmag Fast Tablet Klik di Sini

Obat sakit perut sebelah kiri di apotik lainnya yang dapat Anda coba konsumsi adalah Neosanmag Fast Tablet. Manfaat utama dari obat ini adalah mengatasi gangguan pencernaan seperti mual, muntah, panas pada ulu hati dan juga begah.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

11. Aknil Kaplet

obat sakit perut di apotek aknil kaplet

Beli Aknil Kaplet Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan zat aktif ibuprofen dan juga paracetamol, Aknil Kaplet ampuh untuk meredakan nyeri perut saat haid. Pada dewasa, obat ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari dengan aturan 1 kaplet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

12. Polycrol Forte Tablet

obat sakit perut sebelah kiri di apotik polycrol forte tablet

Beli Polycrol Forte Tablet Klik di Sini

Ketika asam lambung berlebih membuat perut Anda sakit, Polycrol Forte Tablet dapat menjadi pilihan andalan untuk mengatasinya. Obat ini memiliki kandungan alumunium hidroksida, magnesium hidroksida dan juga simetikon di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

13. Mefenamic Acid

obat sakit perut di apotek mefenamic acid

Beli Mefenamic Acid Klik di Sini

Termasuk dalam golongan NSAID, Mefenamic Acid bekerja efektif untuk meredakan rasa nyeri dan juga peradangan. Salah satu penyebab sakit perut pada wanita adalah peluruhan saat haid, nah mengonsumsi mefenamic acid ini menjadi pilihan yang tepat.

Untuk dewasa dan anak-anak diatas usia 14 tahun, Anda dapat mengonsumsi obat ini 500mg setiap 6 jam atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

14. Loperamide

obat sakit perut di apotik loperamide

Beli Loperamide Klik di Sini

Bolak-balik buang air besar dan sakit perut melilit? Anda dapat menggunakan loperamide untuk memperlambat gerakan usus dan mengatasi diare. Ini akan membantu sakit perut yang Anda rasakan mereda.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

15. Polysilane Sirup

obat sakit perut sebelah kiri polysilane sirup

Beli Polysilane Sirup Klik di Sini

Mengandung simetikon, alumunium hidroksida dan juga magnesium hidroksida di dalamnya membuat Polysilane Sirup ampuh mengatasi kelebihan asam lambung.

Obat ini juga secara efektif meredakan beragam gejala gangguan pencernaan seperti mual, nyeri ulu hati, nyeri lambung, kembung hingga sensasi begah pada perut.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/botol

Itulah tadi beberapa pilihan obat sakit perut sebelah kiri di apotik untuk Anda gunakan. Apabila rasa sakit tidak semakin membaik, Anda dapat berkonsultasi pada dokter ahli guna mencegah gangguan pencernaan parah.

Sakit perut tiba-tiba dan tidak punya stok obat? K24Klik aja! Aplikasi beli obat online yang siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan produk farmasi 100% asli dan pengiriman cepat.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store, dapatkan beragam promo menarik khusus untuk Anda sekarang juga!

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/4167-abdominal-pain diakses pada 4 Desember 2023