15 Obat Sakit Perut Melilit dan Mencret di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit perut melilit dan mencret di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit perut melilit dan mencret dibutuhkan untuk mengatasi gangguan pencernaan yang membuat aktivitas harian terhambat. Pada anak-anak, gangguan pencernaan ini juga dapat memengaruhi nafsu makan menurun drastis.

Pernah merasakan sakit perut melilit yang mengganggu aktivitas harian? Hal ini bisa saja disebabkan karena gangguan pencernaan seperti sembelit, iritasi usus dan perut kembung. Untuk itu, Anda perlu mengandalkan obat sakit perut melilit yang tersedia di apotik.

Pada beberapa kondisi, sakit perut melilit memicu beberapa gangguan pencernaan lain seperti mencret. Jika tak segera diatasi, kondisi ini dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan, tidak nafsu makan dan berujung pada gangguan kesehatan yang lebih parah.

Baca juga: 15 Obat Sakit Perut dengan Penyebabnya di Apotik dan Harganya

Rekomendasi Obat Sakit Perut Melilit dan Mencret di Apotik

Beragam penyebab perut melilit tentunya membuat pengobatannya pun perlu disesuaikan. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit perut melilit dan mencret di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Laxadine

obat sakit perut melilit laxadine

Beli Laxadine Klik di Sini

Salah satu penyebab sakit perut melilit adalah sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB). Mengandung phenolphtalein, paraffin liquidum dan glyceryn membuat Laxadine menjadi salah satu obat yang ampuh mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

Kisaran harga: Rp 59 ribu/botol

2. Tolak Angin Cair Plus Madu

obat sakit perut melilit tolak angin cair plus madu

Beli Tolak Angin Cair Plus Madu Klik di Sini

Masuk angin biasanya membuat perut kembung, mual hingga terasa sakit melilit. Anda dapat mengonsumsi Tolak Angin Cair Plus Madu yang terbuat dari berbagai bahan herbal bermanfaat seperti jahe, daun mint, adas dan madu.

Obat sakit perut melilit karena masuk angin dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari sebanyak 1 sachet tiap kali konsumsi. Tolak Angin Cair Plus Madu dapat diminum langsung atau dicampur dengan minuman seperti air hangat dan teh tawar.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/dos

3. Diapet

obat mencret diapet kapsul

Beli Diapet Kapsul Klik di Sini

Sakit perut melilit disertai mencret? Sebelum kehilangan banyak cairan, Anda dapat mengandalkan Diapet Kapsul untuk mengatasinya. Obat sakit perut melilit dan mencret ini terbuat dari ekstrak daun jambu biji dan herbal lainnya.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

obat mencret di apotik diapet anak

Beli Diapet Anak Klik di Sini

Anak mencret dan bingung apa obat yang aman untuk dikonsumsi? Hadir dalam bentuk cair yang mudah dikonsumsi, Diapet Anak dapat menjadi salah satu solusi tepat untuk mengatasi mencret atau diare pada si kecil.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/pcs

4. Duphalac

obat sakit perut melilit duphalac sirup

Beli Duphalac Sirup Klik di Sini

Sulit buang air besar dapat membuat perut terasa begah dan sakit melilit. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengandalkan Duphalac Sirup. Obat sakit perut melilit di apotik ini aman untuk diberikan pada dewasa dan juga anak-anak, sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 120 ribu/botol

5. Mylanta Cair

obat sakit perut asam lambung mylanta cair

Beli Mylanta Cair Klik di Sini

Kelebihan asam lambung, kemudian tukak lambung dapat membuat Anda merasakan sakit perut melilit. Setiap 5 ml Mylanta Cair mengandung magnesium hidroksida, alumunium hidroksida dan juga simetikon yang ampuh mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

Untuk mengonsumsi obat ini, disarankan 1 jam sebelum waktu makan atau 2 jam setelah waktu makan. Pastikan untuk mengonsumsi Mylanta Cair hanya saat ada keluhan saja, tidak disarankan untuk pemakaian jangka panjang.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

6. Fresh Care

obat sakit perut melilit minyak fresh care

Beli Fresh Care Klik di Sini

Minyak angin aromaterapi dengan kandungan mentol, camphor, essential oil membuat Fresh Care ampuh menjadi solusi berbagai gangguan kesehatan termasuk perut melilit. Anda cukup mengoleskannya tipis di area sekitar perut.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

7. Promag Herbal

obat sakit perut maag promag herbal

Beli Promag Herbal Klik di Sini

Maag merupakan salah satu gangguan pencernaan yang membuat seseorang merasa mual, muntah, perut kembung hingga sakit perut melilit. Promag Herbal hadir dengan ekstrak bahan-bahan herbal seperti kunyit, jahe merah dan royal jelly.

Anda dapat mengonsumsi obat maag ini 3 kali sehari sebanyak 1 sachet tiap kali konsumsi. Selain mengobati, kandungan dalam obat ini juga berperan ampuh dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/dos

8. Pure Kids Aise Belly Natural

obat sakit perut melilit pure kids aise belly

Beli Pure Kids Aise Belly Natural Klik di Sini

Perut kembung pada anak dan bingung cara mengatasinya? Anda dapat menggunakan Pure Kids Aise Belly Natural untuk mengatasinya. Obat ini mengandung berbagai ekstrak bahan alami seperti ekstrak chamomile dan ekstrak jahe.

Anjuran mengonsumsi obat ini untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas adalah 2 sendok teh atau setara 10 ml. Terbuat dari ekstrak bahan alami, obat sakit perut melilit anak di apotik ini aman dikonsumsi hingga 4 kali sehari sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/pcs

9. Buscopan

obat sakit perut melilit buscopan

Beli Buscopan Klik di Sini

Kram otot lambung, usus dan juga rahim dapat menyebabkan nyeri bahkan perut melilit. Dengan kandungan hyoscine-N-butylbromide, Buscopan dapat membantu Anda meredakan nyeri pada perut.

Kisaran harga: Rp 46 ribu/strip

10. Aknil Tablet

obat nyeri perut aknil tablet

Beli Aknil Tablet Klik di Sini

Dalam mengobati nyeri, ibuprofen dan juga paracetamol merupakan kandungan obat yang dapat andalkan. Nah, Aknil Tablet merupakan obat yang tepat yang bekerja ampuh dalam meredakan nyeri saat sakit perut melilit terutama yang disebabkan oleh haid.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

11. Guanistrep Sirup Suspensi

obat antidiare di apotik guanistrep sirup

Beli Guanistrep Sirup Suspensi Klik di Sini

Mengandung kaolin dan pektin, Guanistrep Sirup Suspensi merupakan obat antidiare yang dapat dikonsumsi untuk anak-anak dan dewasa. Anjuran mengonsumsi obat ini disesuaikan dengan kebutuhan dan usia.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/botol

12. Solac Sirup

obat sakit perut melilit solac sirup

Beli Solac Sirup Klik di Sini

Bekerja ampuh dalam meningkatkan gerakan usus, Solac Lactulose merupakan obat dengan kandungan lactulose di dalamnya. Obat sirup ini dapat membantu mengatasi konstipasi atau sembelit.

Perlu diketahui bahwa Solac Sirup tidak dianjurkan dikonsumsi bersama obat antasida. Hal ini dapat menurunkan efektivitas obat dan meningkatkan potensi terjadinya efek samping.

Kisaran harga: Rp 104 ribu/botol

13. Minyak Telon

obat sakit perut di apotik dragon minyak telon

Beli Dragon Minyak Telon Klik di Sini

Mengkombinasikan minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa membuat Dragon Minyak Telon ampuh untuk mengatasi masuk angin dan perut kembung. Penggunaan minyak telon ini aman untuk anak-anak bahkan bayi.

Ketika perut terasa sakit melilit dan berujung mencret, ini dapat menjadi salah satu gejala masuk angin. Anda cukup mengoleskan minyak telon secukupnya di area pusar, perut dan sekitarnya.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/pcs

14. Pil Sakit Perut Cap Lang

pil sakit perut cap lang di apotik

Beli Pil Sakit Perut Cap Lang Klik di Sini

Bantu menjaga kesehatan pencernaan sekaligus mengatasi sakit dengan berbagai penyebab, Pil Sakit Perut Cap Lang terbuat dari berbagai ekstrak bahan herbal. Beberapa manfaat dari pil ini adalah meredakan sakit perut, mual dan muntah yang Anda rasakan.

Obat sakit perut melilit dan mencret alami yang satu ini dapat dikonsumsi untuk dewasa dan anak-anak usia diatas 12 tahun.

15. Balsem Gosok Lang

obat sakit perut di apotik balsem gosok lang

Beli Balsem Gosok Lang Klik di Sini

Balsem gosok lang merupakan salah satu obat gosok yang mengandung L-menthol, eucalyptus oil, methyl salicylate dan champor. Balsem ini dapat memberikan efek menghangatkan dan menenangkan pada perut sakit melilit.

Tidak hanya untuk mengatasi sakit perut, manfaat lain dari Balsem Gosok Lang ini adalah mencegah mabuk perjalanan dan juga meredakan flu.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat sakit perut dan mencret di apotik untuk Anda gunakan. Apabila gangguan pencernaan belum juga membaik setelah mengonsumsi obat, segera dapatkan penanganan medis untuk mencegah gangguan kesehatan yang parah.

Sakit perut, kehabisan stok obat tapi tidak memungkinkan keluar ke apotek? Tenang, unduh saja aplikasi K24Klik di Play Store dan App Store! Beli obat online jadi lebih praktis, pelayanan 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat khusus untuk Anda!

Referensi:

https://www.nhs.uk/conditions/stomach-ache/ diakses pada 30 Agustus 2023