15 Obat Pencahar untuk Mengatasi Sembelit di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Pencahar untuk Mengatasi Sembelit di Apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kurangnya asupan serat dalam tubuh dapat menjadi penyebab sembelit atau konstipasi atau kesulitan buang air besar. Oleh karena itu, obat pencahar dibutuhkan untuk membantu mengeluarkan feses yang mengeras dan mengatasi sembelit.

Buang air besar sendiri menjadi tahapan akhir dari serangkaian proses pencernaan yang penting pada tubuh manusia. Ketika terdapat masalah pada usus, feses biasanya akan mengering dan sulit untuk dikeluarkan.

Nah, kesulitan buang air besar ini dapat berdampak pada kelancaran pencernaan, kenyamanan Anda bahkan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 15 Obat Sakit Perut dengan Penyebabnya di Apotik dan Harganya

Rekomendasi Obat Pencahar untuk Mengatasi Sembelit di Apotik K24

Pada dasarnya, sembelit dapat diatasi dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi. Namun, Anda mungkin tetap membutuhkan obat pencahar untuk mempercepat proses pengobatan sembelit.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat pencahar untuk mengatasi sembelit di apotik K24 yang dapat Anda coba gunakan atau sesuai petunjuk dokter.

1. Dulcolax

obat pencahar di apotek dulcolax

Beli Dulcolax Klik di Sini

Dulcolax adalah merk obat pencahar dengan kandungan senyawa aktif bisacodyl. Stimulan ini bekerja dengan memberikan rangsangan enterik yang menyebabkan terjadinya kontraksi di usus besar ketika feses dikeluarkan.

Selain itu, kandungan bisacodyl juga dapat membantu mengosongkan serta membersihkan usus besar. Dulcolax juga membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah keluar saat buang air besar.

Dokter juga biasanya meresepkan obat ini untuk mengosongkan usus sebelum melakukan prosedur kolonoskopi atau pembedahan.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/blister

2. Laxadine

obat pencahar atasi sembelit laxadine

Beli Laxadine Klik di Sini

Obat sembelit berikutnya adalah Laxadine yang membantu melunakkan tinja sehingga memudahkan keluar dari usus ketika buang air besar. Obat ini juga membantu menekan penyerapan air secara berlebihan dari tinja.

Laxadine mengandung bahan aktif phenolptalein 55 mg, paraffinum liquidum 1200 mg, dan glyserin 378 mg.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/botol

3. Kompolax

obat pencahar di apotik kompolax

Beli Kompolax Klik di Sini

Obat pencahar ini digunakan untuk kulit kering, penyakit kulit, dan kondisi pneumonia lipoid. Selain itu, Kompolax juga diresepkan oleh dokter untuk membantu melunakkan feses pada sembelit atoni dan peradangan yang terjadi di area sekitar anus.

Setiap 5 ml Kompolax mengandung paraffin liquid 1,5 gr, phenolphthalein 75 mg dan glycerol 1 gr.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/botol

4. Vegeta Scrubber

obat pencahar vegeta scrubber

Beli Vegeta Scrubber Klik di Sini

Vegeta Scrubber merupakan multivitamin serat yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti akar chicory dan juga plantago ovata. Multivitamin ini dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan, termasuk mengobati sembelit.

Vegeta Scrubber juga bisa digunakan sebagai salah satu multivitamin untuk diet. Mengapa bisa? Hal ini dikarenakan multivitamin ini dapat mengikat lemak makanan dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/dos

5. Opilax

obat pencahar di apotek opilax sirup

Beli Opilax Klik di Sini

Mengandung lactulose di dalamnya, Opilax merupakan salah satu obat yang efektif untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Obat ini aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa atau sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 82 ribu/botol

6. Fleet Enema

obat pencahar untuk sembelit di apotek fleet enema

Beli Fleet Enema Klik di Sini

Digunakan untuk meringankan sembelit, Fleet Enema menagndung monobasic Na phosphate dan juga dibadic Na phosphate. Obat jenis laxative purgative bebas latex ini aman digunakan pada dewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun.

Anjuran penggunaan obat ini adalah 1 tube setiap hari dengan cara dimasukkan langsung melalui anus.

Kisaran harga: Rp 136 ribu/botol

7. Laxatab

obat pencahar di apotik laxatab

Beli Laxatab Klik di Sini

Jenis obat laxative merupakan yang paling efektif untuk mengatasi sembelit dan juga membantu pengobatan wasir setelah operasi. Nah, Laxatab ini merupakan obat laxative yang memiliki kandungan dioktil Na-sulfosuksinat di dalamnya.

Anda dapat mengonsumsi obat ini sesudah makan dengan dosis sesuai yang dianjurkan dan tertera pada kemasan. Hindari penggunaan Laxatab untuk jangka panjang karena dapat menyebabkan penurubab berat badan, kelemahan otot dan kehilangan elektrolit tubuh.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

8. Duphalac

obat pencahar atasi sembelit duphalac sirup

Beli Duphalac Sirup Klik di Sini

Dengan kandungan laktulosa di dalamnya, Duphalac Sirup merupakan obat pencahar yang bekerja efektif dalam mengatasi kesulitan buang air besar atau sembelit. Obat ini dapat diberikan pada anak-anak maupun dewasa.

Selain obat pencahar, Duphalac juga dapat digunakan sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan terutama pada anak-anak. Dosis penggunaan obat ini sendiri berbeda-beda sesuai umur pasien, pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 117 ribu/botol

9. Laxana

obat pencahar di apotik laxana

Beli Laxana Klik di Sini

Laxana merupakan obat golongan stimulan laxative yang dapat menstimulasi motilitas usus, terlebih pada usus besar. Obat dengan kandungan bisacodyl ini dapat menjadi obat pencahar ampuh pada anak-anak usia lebih dari 6 tahun hingga dewasa.

Saran konsumsi obat Laxana ini adalah menelannya secara utuh sebelum ataupun sesudah makan. Jangan gunakan bersama antasida karena berpotensi menimbulkan beragam efek samping.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

10. Laktulosa Ikapharma

obat pencahar ampuh atasi sembelit laktulosa

Beli Laktulosa Ikapharma Klik di Sini

Laktulosa merupakan obat yang efektif berperan dalam mengatasi sembelit atau buang air besar. Laktulosa Ikapharma juga tergolong aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan sesuai dengan petunjuk dokter.

Obat pencahar untuk ibu hamil sendiri sangat rawan karena berpotensi menyebabkan keguguran, oleh karena itu penggunaannya harus berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Pada masa kehamilan, penggunaan obat-obatan apapun tidak boleh sembarangan.

Laktulosa Ikapharma juga termasuk dalam obat golongan keras sehingga pembeliannya membutuhkan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 39 ribu/botol

11. Daylax

obat pencahar di apotek daylax

Beli Daylax Klik di Sini

Daylax merupakan obat dengan kandungan bahan aktif macrogol yang ampuh digunakan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Cara kerja Daylax adalah meningkatkan kadar air dalam tinja sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Anjuran penggunaan obat ini pada dewasa adalah 17 gram sekali sehari dan dapat ditingkatkan sesuai kondisi. Tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka lama, Daylax hanya disarankan pada pengobatan maksimal satu minggu.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/pcs

12. Microlax Enema

obat pencahar microlax enema

Beli Microlax Enema Klik di Sini

Bantu melancarkan proses buang air besar, Microlax Enema memiliki kandungan Na lauryl sulfoacetate, Na citrate, sorbic acid, sorbitol dan juga PEG-400 di dalamnya. Obat dengan bentuk suppositoria ini dapat dimasukkan langsung melalui anus.

Selain untuk mengatasi sembelit, Microlax Enema juga dapat membantu mengosongkan usus dari kotoran sebelum menjalani tindakan kolonoskopi atau operasi.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/tube

13. Pralax Sirup

obat pencahar di apotek pralax sirup

Beli Pralax Sirup Klik di Sini

Pralax Sirup merupakan obat yang bermanfaat untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Obat ini bekerja dengan cara melunakkan feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Anjuran mengonsumsi Pralax Sirup adalah 1-2 sendok makan atau setara 15-30ml per hari atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 99 ribu/botol

14. Laxing

obat pencahar untuk sembelit di apotek laxing

Beli Laxing Klik di Sini

Tidak hanya obat-obatan dengan kandungan bahan aktif kimia, Anda juga dapat memanfaatkan obat tradisional yang terbuat dari bahan herbal untuk mengatasi sembelit. Laxing dapat membantu Anda melunakkan feses dan melancarkan buang air besar.

Selain mengatasi sembelit, Laxing juga dapat menjadi salah satu suplemen yang ampuh untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

15. Vegeta Herbal

obat pencahar di apotik vegeta herbal

Beli Vegeta Herbal Klik di Sini

Vegeta Herbal merupakan obat alami yang berkhasiat melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit. Kandungan dalam obat ini adalah platago ovata, senna dan rei radix, foeniculli serta liquirittiae.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/dos

Itulah tadi beragam rekomendasi obat pencahar untuk mengatasi sembelit yang tersedia di apotik. Hindari penggunaan obat pencahar dalam waktu lama karena dapat menyebabkan diare ataupun efek samping lainnya.

Apabila penggunaan obat pencahar tidak memberikan efek pada sistem pencernaan Anda, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Sakit perut tapi tidak punya stok obat? Tidak perlu repot keluar, Anda dapat memesan obat lebih praktis menggunakan aplikasi K24Klik.

Tersedia di Play Store dan juga App Store, K24Klik siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat 1 jam sampai. Unduh aplikasi kami sekarang juga, dapatkan penawaran menarik khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.webmd.com/digestive-disorders/prescription-medications-to-treat-constipation diakses pada 31 Januari 2024

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/symptoms-causes/syc-20354253 diakses pada 31 Januari 2024