19 Obat Pilek Anak Ampuh di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat pilek anak ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Aktivitas si kecil dapat terhambat ketika sedang pilek, bahkan dapat memengaruhi nafsu makan. Obat pilek anak seperti Rhinos Junior dan Triaminic Pilek pun dibutuhkan untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Pilek merupakan salah satu gejala flu yang membuat hidung si kecil mengeluarkan ingus secara terus-menerus. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan obat pilek anak yang biasanya berbentuk sirup cair agar lebih mudah dikonsumsi oleh si kecil.

Beberapa penyebab pilek yang perlu Anda ketahui adalah infeksi virus, alergi, paparan udara dingin hingga mengonsumsi makanan pedas dan panas. Pilek karena infeksi ataupun alergi biasanya juga disertai dengan batuk, demam hingga bersin-bersin.

Baca juga: 15 Obat Radang Tenggorokan Anak di Apotik

Rekomendasi Obat Pilek Anak Ampuh di Apotek

Formulasi obat pilek anak dan dewasa biasanya memiliki perbedaan penting mulai dari jenis obat hingga dosis penggunaannya. Beberapa obat pilek anak juga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya guna memaksimalkan efektivitas.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat pilek anak ampuh di apotek yang dapat Anda manfaatkan.

1. Rhinos Junior Sirup

rhinos junior sirup untuk pilek anak

Beli Rhinos Junior Sirup Klik di Sini

Pilek merupakan salah satu gejala flu yang bisa menyerang anak-anak kapan saja dan menciptakan ketidaknyamanan dalam menjalani aktivitas harian. Untuk mengatasi pilek Si Kecil, Anda dapat memanfaatkan Rhinos Junior Sirup.

Komposisi dari obat pilek yang satu ini adalah pseudoephedrine HCl dan juga chlorphenirame maleate (CTM). Obat golongan bebas terbatas ini dapat diberikan pada anak-anak mulai dari usia 2 tahun, sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 69 ribu/botol

2. Alco Oral Drop

obat alco oral drop di apotek

Beli Alco Oral Drop Klik di Sini

Dengan kandungan pseudoephedrin HCl di dalamnya, Alco Oral Drop dapat menjadi salah satu pilihan obat pilek di apotik yang aman untuk anak. Anda dapat memberikan obat ini pada Si Kecil 3 kali sehari dengan aturan 0,8 ml tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 133 ribu/botol

3. Pure Kids

obat pilek anak purekids di apotik

Beli Pure Kids Klik di Sini

Pilek dapat membuat pernapasan anak terganggu sehingga menjalani aktivitas sehari-hari pun menjadi tidak nyaman. Pure Kids merupakan obat pilek anak alami yang dapat Anda gunakan sebagai aromatherapy.

Dengan menghirup uap hangat ataupun aromaterapi yang mengandung Pure Kids, pernapasan Si Kecil menjadi lebih lega. Obat ini aman diberikan pada anak-anak, bahkan pada bayi usia di atas 3 bulan.

Komposisi dari minyak esensial ini adalah eucalyptus oil, cajuput oil, clove oil, juniperberry oil, levomenthol, dementholised mint oil dan juga methyl salicilate.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/pcs

4. Triaminic Pilek Sirup

triaminic pilek sirup

Beli Triaminic Pilek Sirup Klik di Sini

Diformulasikan khusus untuk mengatasi pilek anak, Triaminic Pilek Sirup mengandung pseudoephedrin dan CTM. Pastikan untuk mengonsumsi obat sirup ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Untuk anak usia lebih dari 12 tahun, gunakan 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar sekali minum. Kemudian anak usia 6-12 tahun, 3 kali sehari 1 sendok takar sekali minum. Sedangkan untuk anak usia di bawah 6 tahun, gunakan sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 91 ribu/botol

5. Hufagrip Pilek Sirup

hufagrip pilek sirup

Beli Hufagrip Pilek Sirup Klik di Sini

Mengkombinasikan zat aktif pseudoephedrin dan CTM, Hufagrip Pilek Sirup aman untuk diberikan pada anak-anak usia 2 tahun ke atas. Obat ini bekerja ampuh dalam meredakan pilek si kecil sekaligus membantu melegakan pernapasan.

Perhatikan anjuran dosis pemberian Hufagrip Pilek Sirup pada anak, sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/botol

6. Bantif Child

bantif child sirup untuk pilek

Beli Bantif Child Klik di Sini

Hadir dalam bentuk obat sirup, Bantif Child berfungsi untuk meredakan batuk kering dan hidung tersumbat, serta pilek karena flu. Obat ini mengandung dextromethorphan HBr dan juga pseudoephedrine HCl.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar tiap kali minum untuk anak usia 7-12 tahun. Kemudian untuk anak usia 2-6 tahun, Anda dapat memberikan Bantif Child Sirup 3 kali sehari sebanyak 1 sendok takar.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

7. Bodrexin Flu & Batuk PE Sirup

bodrexin flu dan batuk pe sirup

Beli Bodrexin Flu & Batuk PE Sirup Klik di Sini

Obat yang diproduksi oleh PT. Tempo Scan Pacific yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi beragam gejala flu termasuk pilek, demam maupun sakit kepala. Komposisi dari obat ini adalah paracetamol, pseudoephedrine HCl, glyceryl guaiacolate, bromhexine HCl dan juga CTM.

Bodrexin Flu & Batuk PE Sirup dapat dikonsumsi oleh anak usia 6-12 tahun dengan anjuran dosis 3 kali sehari 1-2 sendok takar dalam sekali minum.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

8. Anakonidin Sirup

anakonidin sirup

Beli Anakonidin Sirup Klik di Sini

Anakonidin Sirup merupakan sirup obat batuk pilek yang mengkombinasikan kandungan dextromethorphan HBr, guaifenesin, pseudoephedrine HCl dan juga CTM. Anda dapat memberikan obat ini 3 kali sehari pada Si Kecil sesuai dosis yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

9. Nipe Drop

nipe drop di apotek

Beli Nipe Drop Klik di Sini

Pilek menjadi salah satu gejala flu yang sering membuat pernapasan anak terganggu dan perlu untuk segera diatasi. Anda dapat memanfaatkan Nipe Drop sebagai obat pilek anak paling ampuh.

Obat ini memiliki kandungan paracetamol, isothipendyl HCl dan juga phenylephrine HCl di dalamnya. Selain mengatasi pilek, Nipe Drop juga dapat membantu meredakan demam, sakit kepala dan juga bersin-bersin.

Kisaran harga: Rp 107 ribu/botol

10. OBH Combi Anak Batu Flu

obh combi anak batuk flu rasa jeruk

Beli OBH Combi Anak Batuk Flu Klik di Sini

Terbuat dari berbagai zat aktif bermanfaat, OBH Combi Anak Batuk Flu Rasa Jeruk dapat meredakan berbagai gejala flu. Salah satu obat pilek anak ampuh di apotik ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari sebanyak 1 sendok takar atau 5 ml sekali minum.

Anda juga dapat memberikan obat ini pada Si Kecil ketika menghadapi kondisi demam dan sakit kepala.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/botol

11. Ikadryl Flu Sirup

ikadryl flu sirup

Beli Ikadryl Flu Sirup Klik di Sini

Bekerja sebagai analgesik, ekspektoran dan juga dekongestan, Ikadryl Flu Sirup ampuh untuk mengatasi gejala flu termasuk pilek. Kandungan yang ada dalam obat ini adalah diphenhydramine HCl, na citrate, ammon Cl, pseudoephedrine HCl dan juga paracetamol.

Anda dapat memberikan obat ini 1 sendok takar untuk 3 kali sehari pada si kecil dengan usia 6-12 tahun. Untuk anak usia diatas 12 tahun dan juga dewasa, dapat mengonsumsi Ikadryl Flu Sirup 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar dalam sekali minum.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

12. Sanaflu Plus Batuk Sirup

sanaflu plus batuk sirup

Beli Sanaflu Plus Batuk Sirup Klik di Sini

Obat batuk sirup yang satu ini mengkombinasikan paracetamol, dextromethorphan HBr dan juga phenylpropanolamine HCl di dalamnya. Sanaflu Plus Batuk Sirup aman digunakan untuk anak-anak usia 6-12 tahun, di atas 12 tahun dan juga orang dewasa.

Efek sedatif dari obat ini diklaim rendah sehingga minim menyebabkan efek mengantuk saat mengonsumsinya.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

13. Decolgen Kids Sirup

decolgen kids sirup untuk atasi pilek anak

Beli Decolgen Kids Sirup Klik di Sini

Bantu meredakan berbagai gejala flu, Decolgen Kids Sirup mengandung paracetamol, CTM dan pseudoephedrine HCl di dalamnya. Anda dapat memberikan obat sirup ini sesuai dosis anjuran yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

14. Syifa Kids Fluba

syifa kids fluba

Beli Syifa Kids Fluba Klik di Sini

Untuk mengobati pilek anak secara alami, Anda dapat memberikan obat herbal seperti Syifa Kids Fluba. Obat sirup yang satu ini terbuat dari 100% bahan herbal seperti ekstrak cleorodendrum dan madu murni.

Tidak hanya mengobati flu dan batuk anak, obat ini juga dapat mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/botol

15. Colfin Sirup

colfin sirup obat pilek untuk anak

Beli Colfin Sirup Klik di Sini

Tidak hanya pilek, Si Kecil juga mengalami demam dan batuk dalam waktu bersamaan? Tenang, Anda dapat memanfaatkan Colfin Sirup untuk mengatasinya.

Obat ini memiliki kandungan dextromethorphan HBr, CTM, paracetamol dan juga phenylephrine HCl di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/botol

16. BNS Breathy Nasal Spray

bns breathy nasal spray

Beli BNS Breathy Nasal Spray Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memberikan BNS Breathy Nasal Spray untuk meredakan pilek Si Kecil. Cairan ini memiliki kandungan natrium klorida di dalamnya dan dapat membantu melembabkan membran hidung yang kering dan teriritasi karena pilek.

Untuk memberikan obat ini pada anak-anak, Anda dapat menggunakan 1 kali semprot sekali sehari pada setiap lubang hidung.

Kisaran harga: Rp 113 ribu/botol

17. Sterimar Nasal Spray

sterimar nasal spray di apotik

Beli Sterimar Nasal Spray Klik di Sini

Selain BNS, Sterimar Nasal Spray dapat menjadi salah satu pilihan obat pilek anak paling ampuh di apotek. Mengkombinasikan sea water dan juga purified water di dalamnya, obat ini bekerja efektif dalam mengencerkan ingus sehingga mudah keluar saat pilek.

Apabila lendir atau ingus telah keluar, pilek Si Kecil pun dapat mereda dengan sendirinya. Perlu diperhatikan bahwa obat ini hanya untuk anak-anak di atas usia 3 tahun hingga dewasa.

Kisaran harga: Rp 169 ribu/pcs

18. Nasalin Daily Nasal

obat pilek anak nasalin daily nasal

Beli Nasalin Daily Nasal Klik di Sini

Pilek dapat membuat hidung Si Kecil iritasi dan pernapasan terganggu. Untuk mengatasi situasi tersebut, Anda dapat memberikan Nasalin Daily Nasal untuk anak.

Obat semprot hidung yang satu ini mengkombinasikan kandungan sea water dan juga isotonik di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 166 ribu/pcs

19. Novacolin

Beli Novacolin Klik di Sini

Novacolin merupakan obat yang bekerja efektif dalam mengatasi beragam gejala flu termasuk pilek, Novacolin dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Komposisi dari obat pilek anak tablet ini adalah paracetamol, pseudoephedrine HCl dan juga CTM.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat pilek anak ampuh di apotek yang dapat Anda manfaatkan. Apabila pilek pada anak tidak kunjung membaik dan disertai gejala flu lainnya, segera periksakan pada dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Pilek tiba-tiba menyerang dan kehabisan stok obat? Tenang, semua jadi beres menggunakan aplikasi beli obat online K24Klik!

Unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran harga menarik khusus untuk Anda. (writer/ib)

Referensi:

https://www.verywellhealth.com/before-you-buy-childrens-cold-medicines-2632309 diakses pada 6 Juni 2024