15 Obat Radang Tenggorokan Anak di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat radang tenggorokan anak di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat radang tenggorokan anak dibutuhkan untuk mengatasi rasa sakit ataupun gatal si kecil. Apabila tidak segera diatasi, radang tenggorokan dapat memengaruhi nafsu makan anak dan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Peradangan atau iritasi pada tenggorokan dapat membuat anak merasakan nyeri, suara serak hingga sulit untuk menelan. Sebelum semakin parah dan memengaruhi nafsu makan si kecil, Anda memerlukan obat radang tenggorokan anak terbaik yang tersedia di apotik.

Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus. Pada mayoritas orang, radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya namun bukan berarti dapat disepelekan. Atasi sesegera mungkin agar si kecil dapat berakvitas dengan nyaman.

Baca juga: 15 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Anak di Apotik

Anda perlu memastikan daftar obat ini dikonsumsi sesuai aturan pakai pada kemasan/petunjuk dokter karena dosis per kondisi anak bisa berbeda dan setiap kondisi membutuhkan penanganan yang berbeda beda. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat radang tenggorokan anak di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Sp Troches Meiji Straw Loz Tablet

obat radang tenggorokan anak sp troches meiji loz tablet

Beli Sp Troches Meiji Straw Loz Tablet Klik di Sini

Hadir dengan rasa manis stawberry, antiseptik mulut ini berfungsi untuk mengatasi faringitis, stomatitis dan juga berbagai infeksi rongga mulut lainnya. Sp Troches Meiji Straw Loz Tablet ini memiliki kandungan dequalinum chloride.

Selain memiliki rasa yang enak, obat dengan bentuk tablet hisap ini cukup mudah untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Dosis anjuran mengonsumsi obat ini adalah 1 tablet hisap untuk 6-8 kali per harinya untuk anak diatas 10 tahun dan dewasa.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

2. Adem Sari

obat radang tenggorokan anak adem sari

Beli Adem Sari Klik di Sini

Minuman penyegar menjadi andalan mengatasi sakit tenggorokan secara cepat baik pada dewasa maupun anak-anak. Mengandung ekstrak dari berbagai bahan herbal bermanfaat, Adem Sari dapat membantu Anda mengatasi radang tenggorokan anak.

Anda dapat meracik setengah bungkus adem sari yang dilarutkan ke dalam air dingin, kemudian segera berikan pada si kecil saat soda masih ada. Lakukan ini untuk 2-3 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/dos

3. Cooling 5 Spray Cherry

obat radang tenggorokan anak cooling 5 spray cherry

Beli Cooling 5 Spray Cherry Klik di Sini

Mengandung phenol crystal, Cooling 5 Spray Cherry merupakan antiseptik mulut dan tenggorokan dengan kemasan praktis spray yang mudah dibawa kemana-mana. Anda cukup memberikan 2-3 semprotan obat ini tiap 3 jam sekali di dalam mulut untuk anak diatas 12 tahun ataupun dewasa atau sesuai petunjuk dokter.

Tenang saja, Cooling 5 Spray yang satu ini hadir dengan rasa cherry manis sehingga masih nyaman untuk dikonsumsi oleh anak anak.

Kisaran harga: Rp 43 ribu/botol

4. Madu

obat radang tenggorokan anak madu tj jeruk

Beli Madu TJ Jeruk Klik di Sini

Obat radang tenggorokan anak herbal yang paling ampuh adalah madu. Memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, madu memiliki sifat anti inflamasi dan anti virus yang bekerja efektif dalam mengatasi radang tenggorokan.

Madu yang paling disarankan untuk dikonsumsi adalah madu murni, dengan kandungan vitamin, mineral dan senyawa sehat lainnya lebih tinggi dibanding madu olahan. Namun, Anda juga dapat memberikan alternatif Madu TJ Jeruk untuk si kecil.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/dos

5. Larutan K3 Anak Jeruk

obat radang tenggorokan anak larutan k3 anak jeruk

Beli Larutan K3 Anak Jeruk Klik di Sini

Mengandung gypsum fibrosum, Larutan K3 Anak Jeruk dapat membantu meredakan panas dalam, radang tenggorokan dan sariawan. Hadir dalam bentuk minuman penyegar dengan rasa jeruk, tentunya obat ini nyaman dikonsumsi oleh si kecil.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/pcs

6. Efisol C Loz Tablet

obat radang tenggorokan anak efisol c loz tablet

Beli Efisol C Loz Tablet Klik di Sini

Infeksi merupakan penyebab utama terjadinya radang tenggorokan, Anda dapat mengandalkan Efisol C Loz Tablet untuk mengatasinya. Tablet hisap yang satu ini memiliki kandungan dequalinium chloride dan vitamin C di dalamnya.

untuk anak usia 12 tahun ke atas dan dewasa, Anda dapat mengonsumsi 1 tablet hisap Efisol C Loz Tablet setiap 4-5 jam. Selain mengatasi radang tenggorokan, obat ini juga ampuh bekerja dalam mengatasi sariawan dan mulut bau.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

7. Lamandel

obat radang tenggorokan anak di apotik lamandel

Beli Lamandel Klik di Sini

Lamandel merupakan salah satu obat herbal yang tersedia di apotik dan bekerja ampuh meredakan tenggokan kering, gatal akibat radang. Anda cukup melarutkannya 2 sendok teh Lamandel ke dalam segelas air hangat dan berikan pada si kecil.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari untuk pengobatan. Sedangkan apabila Anda ingin memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan saja, Anda dapat mengonsumsi Lamandel 1 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/pcs

8. Tantum Loz Tablet

obat radang tenggorokan di apotik tantum loz tablet

Beli Tantum Loz Tablet Klik di Sini

Mengandung benzydamine HCl, Tantum Loz Tablet bermanfaat untuk meredakan sakit dan radang pada rongga mulut termasuk faringitis dan sariawan. Dosis untuk anak-anak diatas 12 tahun dan dewasa adalah 1 tablet hisap setiap 3 jam sekali.

Perlu diketahui bahwa obat ini sebaiknya tidak digunakan lebih dari 7 hari berturut-turut, kecuali atas petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/dos

9. OB Herbal Junior

obat radang tenggorokan anak ob herbal junior

Beli OB Herbal Junior Klik di Sini

Rasa tidak nyaman pada tenggorokan si kecil juga dapat diatasi menggunakan OB Herbal Junior. Obat sirup yang satu ini mengandung berbagai ekstrak bahan herbal bermanfaat yang ampuh untuk menghangatkan tenggorokan sekaligus meredakan batuk.

Dosis anjuran untuk mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar atau 10 ml setiap kali minum untuk usia anak 5 tahun keatas.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

10. Degirol Loz Tablet

obat radang tenggorokan anak degirol loz tablet

Beli Degirol Loz Tablet Klik di Sini

Dengan kandungan dequalinium chloride di dalamnya, Degirol Loz Tablet ampuh bekerja dalam mengobati sakit tenggorokan termasuk yang disebabkan oleh peradangan. Penggunaan untuk anak anak usia diatas 10 tahun dan dewasa adalah 1 tablet hisap setiap 3-4 jam sekali.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

Obat Radang Tenggorokan Anak Alami

Selain menggunakan obat-obatan kimia, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai cara alami dalam mengatasi radang tenggorokan. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat radang tenggorokan anak alami yang dapat Anda manfaatkan.

1. Air Garam

Cara menangani radang tenggorokan paling efektif adalah berkumur menggunakan air garam. Anda cukup melarutkan air hangat dengan 1 sendok teh garam meja, kemudian berikan pada si kecil untuk berkumur selama beberapa kali dalam sehari.

Anti bakteri dan anti inflamasi pada garam dapat membantu Anda mengatasi radang tenggorokan anak.

2. Teh Jahe

Sensasi hangat yang timbul saat mengonsumsi teh jahe ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan si kecil. Kandungan gingerol di dalamnya bersifat anti inflamasi sehingga bekerja ampuh dalam mengatasi radang tenggorokan.

Tenggorokan si kecil juga menjadi lebih nyaman karena teh jahe mampu memberikan sensasi hangat yang melegakan. Herbal penuh khasiat, teh jahe juga dapat bantu meningkatkan imunitas anak.

3. Lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang juga berperan ampuh dalam mempercepat pemulihan radang tenggorokan. Anda dapat mencampurkan air perasan lemon bersama dengan madu untuk dikonsumsi si kecil.

Lemon sendiri juga memiliki kandungan astringen di dalamnya. Astringen ini sangat berguna untuk meredakan peradangan pada tenggorokan.

4. Teh Chamomile

Anti inflamasi dan anti oksidan dalam teh chamomile diketahui memiliki manfaat ampuh dalam mengobati infeksi penyebab radang tenggorokan. Anda cukup menyajikan secangkir teh chamomile hangat untuk melegakan tenggorokan si kecil.

5. Kayu Manis

Tidak hanya berguna untuk menyedapkan masakan, kayu manis juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan melarutkan satu sendok teh kayu manis dengan secangkir air hangat, radang tenggorokan pun dapat terobati.

Apabila si kecil tidak begitu menyukai campuran herbal yang satu ini, Anda dapat menambahkan kayu manis pada secangkir teh madu. Rasa manis dan hangat dari minuman herbal ini dapat memberikan efek relaksasi pada tenggorokan yang sedang sakit.

Itulah tadi rekomendasi obat radang tenggorokan anak di apotik paling ampuh untuk Anda gunakan. Apabila peradangan tidak kunjung mereda, Anda dapat segera berkonsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Butuh obat mendadak? Tenang, Anda dapat mengandalkan aplikasi K24Klik yang tersedia di Play Store dan juga App Store! Kami merupakan aplikasi beli obat online yang hadir 24 jam nonstop untuk Anda dengan jaminan produk asli dan pengiriman cepat.

Referensi:

https://www.nationwidechildrens.org/conditions/sore-throat#:~:text=For%20children%20over%20age%201,lozenges%20or%20use%20throat%20sprays diakses pada 5 September 2023