15 Obat Meriang Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat meriang paling ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Meriang merupakan masalah kesehatan yang biasa disebabkan karena cuaca dingin hingga infeksi. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan obat meriang yang tersedia di apotik.

Suhu tubuh panas dingin dan menggigil? Hal tersebut bisa saja terjadi ketika tubuh terserang infeksi, hipotermia, akvititas ekstrem hingga kecemasan berlebih. Perlu segera diatasi, Anda dapat memanfaatkan beragam obat meriang di apotik.

Apabila kondisi demam atau panas dingin tubuh tidak segera diatasi, mungkin saja dapat memengaruhi aktivitas harian Anda dan juga nafsu makan. Kemudian jika kondisi demam tersebut tidak kunjung membaik, bisa juga menjadi tanda masalah kesehatan yang serius.

Untuk mendapatkan penanganan tubuh panas dingin menggigil terbaik, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter ahli.

Baca juga: 15 Obat Penurun Demam Anak & Orang Dewasa Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Meriang Paling Ampuh di Apotik

Sebagai pertolongan pertama, kira-kira obat apa yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi suhu tubuh panas dingin dan menggigil? Obat dengan kandungan bahan aktif paracetamol sendiri biasanya menjadi andalan ampuh untuk mengatasi demam.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi meriang di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Paracetamol

obat meriang paling ampuh paracetamol

Beli Paracetamol Sirup Klik di Sini

Acetaminophen atau paracetamol merupakan salah satu zat aktif yang bekerja ampuh sebagai penurun demam dan juga pereda nyeri. Anda dapat mengonsumsi paracetamol untuk meredakan panas.

Cara kerja obat ini adalah menghambat pembentukan prostaglandin dan juga meningkatkan pelepasan panas untuk menciptakan suhu tubuh normal. Obat paracetamol ini biasanya digunakan untuk mengatasi demam, sakit kepala, nyeri sakit gigi hingga nyeri otot.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

2. Tempra

obat meriang di apotik tempra sirup

Beli Tempra Sirup Klik di Sini

Jangan panik ketika suhu tubuh panas dan si kecil mulai menggigil. Salah satu obat untuk meriang anak yang dapat Anda gunakan adalah Tempra Sirup.

Dikemas dalam bentuk sirup yang mudah dikonsumsi oleh anak-anak, Tempra mengandung paracetamol di dalamnya. Obat ini dapat dikonsumsi tiap 4 jam sekali sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 52 ribu/botol

3. Bye Bye Fever

obat penurun demam meriang bye bye fever anak

Beli Bye Bye Fever Anak Klik di Sini

Selain mengonsumsi obat-obatan, Anda juga dapat memanfaatkan plester penurun demam seperti Bye Bye Fever Anak. Plester yang satu ini dapat memberikan efek dingin untuk membantu menetralkan suhu tubuh yang sedang demam.

Penggunaan plester penurun demam ini dapat dilakukan secara berulang tiap 10 jam sekali sampai kondisi tubuh membaik.

obat penurun demam meriang bye bye fever dewasa

Beli Bye Bye Fever Dewasa Klik di Sini

Tidak hanya pada anak-anak, Anda juga dapat memanfaatkan Bye Bye Fever Dewasa sebagai penurun demam.

Kisaran harga: Rp 10 ribu – Rp 13 ribu/pcs

4. Proris Tablet

obat meriang di apotek proris tablet

Beli Proris Tablet Klik di Sini

Selain paracetamol, kandungan bahan aktif ibuprofen juga dapat menjadi salah satu obat meriang dan pusing yang ampuh. Tidak bekerja langsung sebagai penurun demam, namun Ibuprofen ampuh meredakan nyeri pada tubuh saat meriang.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan Proris Tablet yang memiliki kandungan ibuprofen 200mg di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

5. Contrexyn Demam Jeruk

obat contrexyn demam jeruk drop

Beli Contrexyn Demam Jeruk Drop Klik di Sini

Mengandung paracetamol, Contrexyn Demam Jeruk ampuh untuk mengatasi demam. Dikemas dalam bentuk drop, Contrexyn lebih mudah untuk dikonsumsi oleh si kecil.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

6. Sanmol Tablet

obat demam meriang di apotik sanmol tablet

Beli Sanmol Tablet Klik di Sini

Aman untuk digunakan pada anak-anak dan juga dewasa, Anda dapat memanfaatkan Sanmol Tablet sebagai obat penurun panas. Kandungan bahan aktif paracetamol di dalamnya ampuh meredakan peradangan pada tubuh saat demam.

Tidak hanya menurunkan demam, Sanmol Tablet juga ampuh dalam meredakan sakit kepala, sakit gigi hingga nyeri otot ataupun nyeri haid. Anda dapat mengonsumsi Sanmol Tablet 4 kali sehari, setelah makan sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

7. Tolak Angin Cair Plus Madu

obat meriang di apotek tolak angin cair plus madu

Beli Tolak Angin Cair Plus Madu Klik di Sini

Penggunaan obat herbal seperti Tolak Angin Cair Plus Madu juga ampuh untuk mengatasi meriang, perut kembung, pusing dan masuk angin. Obat herbal ini memiliki kandungan adas, jahe, daun mint, madu dan juga bahan alami bermanfaat lainnya.

Tolak Angin Cair Plus Madu dapat Anda minum langsung ataupun dicampur bersama dengan air putih hangat. Anjuran mengonsumsi obat herbal ini adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 sachet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/dos

8. Panadol Sirup

obat demam meriang panadol sirup

Beli Panadol Sirup Klik di Sini

Untuk anak usia 1-6 tahun, Anda dapat memberikan Panadol Sirup dalam mengobati meriang. Obat ini memiliki kandungan paracetamol di dalamnya yang tidak hanya ampuh menurunkan demam, tetapi juga meredakan nyeri pada tubuh.

Pastikan untuk mengikuti dosis anjuran yang tertera pada kemasan untuk memaksimalkan efektivitas obat ini pada si kecil.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

9. Sumagesic Tablet

obat meriang paling ampuh sumagesic tablet

Beli Sumagesic Tablet Klik di Sini

Kandungan zat aktif acetaminophen atau paracetamol dalam Sumagesic Tablet bekerja efektif sebagai antipiretik atau penurun demam dan juga analgesik atau pereda nyeri. Anda dapat memanfaatkan Sumagesic Tablet untuk meredakan demam, pusing dan nyeri tubuh.

Setiap tablet dari sumagesic sendiri memiliki kandungan paracetamol 600mg. Pada dewasa, obat ini dapat dikonsusmi 3-4 kali sehari dengan ketentuan 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

10. Antangin Jrg Tablet

obat meriang di apotek antangin jrg tablet

Beli Antangin Jrg Tablet Klik di Sini

Antangin Jrg Tablet merupakan obat herbal yang mengandung jahe, royal jelly, ekstrak panax gingseng dan bahan alami bermanfaat lainnya.

Anda dapat memanfaatkan obat ini untuk mengatasi tubuh panas dingin atau meriang, mabuk perjalanan, perut kembung dan gejala masuk angin lainnya.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

11. Praxion Forte Sirup

obat demam meriang di apotek praxion forte sirup

Beli Praxion Forte Sirup Klik di Sini

Untuk meredakan demam si kecil, Anda juga dapat memberikan Praxion Forte Sirup sebagai solusinya. Obat ini memiliki kandungan acetaminophen atau paracetamol di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/botol

12. Ibuprofen

obat nyeri meriang ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Saat tubuh mengalami peradangan, meriang merupakan masalah kesehatan yang biasa Anda alami. Rasa nyeri atau sakit tak nyaman juga dapat mengganggu aktivitas harian Anda dan Ibuprofen dapat membantu mengatasinya.

Anda dapat mengonsumsi ibuprofen setiap 6 jam sekali dengan dosis sesuai anjuran, maksimal 1200mg per hari.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

13. Panadol Biru

obat meriang paling ampuh di apotik panadol biru

Beli Panadol Biru Klik di Sini

Mengandung paracetamol 500mg, Panadol Biru merupakan obat yang ampuh bekerja sebagai penurun panas. Tidak hanya itu, obat ini juga ampuh untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh saat meriang.

Obat ini aman untuk dikonsumsi oleh dewasa maupun anak-anak usia 6-12 tahun sesuai dosis anjuran. Penggunaan pada ibu hamil hanya disarankan berdasarkan anjuran dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/blister

14. Pimtrakol Kids Demam & Batuk Straw Sirup

obat pimtrakol kids demam dan batuk sirup di apotik

Beli Pimtrakol Kids Demam & Batuk Klik di Sini

Dikemas dalam bentuk sirup, Pimtrakol Kids Demam & Batuk memiliki kandungan paracetamol, guafenesin dan juga phenylephrine HCL di dalamnya. Obat ini dapat diberikan pada anak-anak usia di atas 1 tahun.

Kandungan bahan aktif paracetamol dalam obat ini bekerja efektif sebagai antipiretik atau penurun demam pada tubuh. Selain itu, Pimtrakol Kids juga ampuh dalam meredakan batuk pada si kecil.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/botol

15. Biogesic

obat meriang paling ampuh di apotek biogesic

Beli Biogesic Klik di Sini

Sebagai antipiretik, paracetamol bekerja langsung pada hipotalamus atau pusat pengatur panas tubuh. Biogesic yang memiliki kandungan paracetamol di dalamnya pun ampuh digunakan untuk meredakan demam sekaligus meringankan sakit kepala dan sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi meriang paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila kondisi tubuh meriang tidak kunjung membaik, segera dapatkan penanganan terbaik dari dokter ahli.

Meriang tiba-tiba, butuh pertolongan pertama tapi tidak punya stok obat? Tidak perlu panik dan ribet, yuk pesan saja di K24Klik!

Aplikasi beli obat online kami sudah tersedia di Play Store dan juga App Store dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman 1 jam sampai. Unduh aplikasi kami sekarang juga, dapatkan promo pembelian menarik khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322515 diakses pada 12 Desember 2023