15 Obat Penurun Demam Anak & Orang Dewasa Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat penurun demam anak dewasa paling ampuh

Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Demam seringkali dianggap remeh, padahal harus segera diatasi agar tidak berakibat fatal. Obat penurun demam anak dan orang dewasa dibutuhkan untuk mengatasi suhu tubuh panas yang disertai menggigil sekalipun.

Demam merupakan kondisi suhu tubuh yang naik dan mungkin saja membuat Anda merasa tidak nyaman. Pada umumnya, demam dapat sembuh dengan sendirinya. Namun untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan berbagai macam obat penurun demam anak dan dewasa paling ampuh yang tersedia di apotik.

Bagi orang dewasa, demam sering dianggap remeh karena dipercaya sebagai gejala masuk angin biasa dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun untuk anak-anak, demam bisa menjadi indikasi gangguan kesehatan yang lebih serius. Demam juga menjadi salah satu gejala flu yang umum dialami baik pada anak maupun dewasa.

Apa Saja Gejala Demam?

Beberapa gejala demam yang umum dialami adalah sebagai berikut ini:

Perlu diketahui bahwa gejala demam sendiri bisa saja berbeda-beda pada setiap orang, terutama anak-anak. Pada beberapa kasus, demam pada anak-anak bisa juga mengakibatkan kejang. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya menggunakan obat penurun demam atau berkonsultasi pada dokter ahli jika dibutuhkan.

Rekomendasi Obat Penurun Demam Anak & Orang Dewasa Paling Ampuh

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi demam dengan tepat? Anda dapat mencoba untuk menggunakan beberapa rekomendasi obat penurun demam untuk anak dan orang dewasa paling ampuh di bawah ini.

Baca juga: 15 Obat Masuk Angin Paling Ampuh di Apotik

1. Sanmol

obat penurun demam anak dewasa sanmoi

Beli Sanmol Tablet Klik di Sini

Paracetamol merupakan kandungan zat aktif yang memiliki manfaat utama sebagai obat penurun demam. Nah, Sanmol tablet ini mengandung paracetamol 500 mg dan dapat membantu Anda menurunkan panas ataupun gejala demam lainnya.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/sirup

2. Dumin Sirup

obat penurun demam anak dumin sirup

Beli Dumin Sirup Klik di Sini

Sirup merupakan jenis obat yang paling mudah untuk dikonsumsi, terutama bagi anak-anak. Dumin Sirup ini mengandung paracetamol dan ampuh digunakan untuk meredakan demam, sakit kepala hingga nyeri otot. Obat penurun panas ini dapat diberikan pada anak mulai usia 1 tahun dengan dosis sesuai anjuran yang tertera.

Kisaran harga: Rp 34 ribu/botol

3. Paracetamol

obat demam dewasa anak paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Obat demam dewasa yang tersedia di apotik, salah satunya adalah obat generik paracetamol. Zat aktif dalam obat ini bekerja sebagai anti nyeri untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada tubuh, sekaligus menurunkan demam.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

4. Biogesic

obat penurun demam dewasa biogesic

Beli Biogesic Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan biogesic sebagai obat untuk demam. Kandungan zat paracetamol di dalam obat ini dapat membantu Anda untuk menurunkan suhu tubuh yang panas sekaligus meredakan nyeri. 

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

5. Kool Fever Anak

obat penurun demam kool fever anak

Beli Kool Fever Klik di Sini

Anak demam dan susah minum obat? Kool Fever dapat menjadi obat demam anak yang paling mudah digunakan sekaligus ampuh menurunkan panas. Obat dengan kandungan gel khusus ini dapat Anda tempelkan di kening anak dan bekerja sebagai kompres demam dan nyeri.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/pcs

6. Praxion Sirup

obat penurun demam anak praxion sirup

Beli Praxion Sirup Klik di Sini

Sebagai obat penurun panas anak, Praxion sirup mengandung paracetamol yang dapat berperan sebagai analgesik dan juga antipiretik. Obat ini membantu Anda untuk menurunkan demam sekaligus meringankan rasa sakit kepala maupun sakit gigi. Praxion Sirup dapat diberikan pada anak-anak, dikonsumsi sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

7. Pimtrakol Kids

obat penurun demam di apotik pimtrakol kids

Beli Pimtrakol Kids Klik di Sini

Demam bisa saja menjadi salah satu gejala flu pada anak, nah Pimtrakol Kids ini dapat menjadi andalan Anda untuk mengatasinya. Kandungan paracetamol, guaifenesin dan phenylephrine HCL di dalam obat ini bantu meringankan demam. Pastikan untuk kocok dahulu obat sirup ini sebelum menggunakan dan konsumsi sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/botol

8. Trifamol

obat penurun demam paling ampuh trifamol

Beli Trifamol Klik di Sini

Mengandung paracetamol, Trifamol bekerja dengan cara mengurangi kadar prostaglandin dalam tubuh sehingga ampuh meredakan demam dan nyeri. Obat ini biasanya digunakan sebagai penurun panas, pereda nyeri saat sakit kepala maupun sakit gigi. 

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

9. Contrexyn Demam Jeruk

obat penurun demam anak contrexyn demam jeruk

Beli Contrexyn Demam Jeruk Klik di Sini

Berbentuk obat sirup, Contrexyn Demam Jeruk berguna untuk meredakan demam. Cara kerja obat ini adalah melepaskan suhu panas dalam tubuh sehingga mencapai suhu normal. Anda dapat memberikan Contrexyn ini untuk anak-anak, sesuai dosis anjuran yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

10. Pyrexin Tablet dan Sirup

obat penurun demam pyrexin tablet

Beli Pyrexin Tablet Klik di Sini

Obat demam yang bagus di apotik pastinya memiliki kandungan paracetamol di dalamnya, termasuk pyrexin. Baik mengonsumsi Pyrexin Tablet untuk dewasa dan Pyrexin sirup untuk anak, sama-sama ampuh untuk menurunkan hipotalamus set point yang berperan sebagai pusat pengendali suhu tubuh di otak.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip dan Rp 13 ribu/botol

11. Tempra Sirup

obat penurun demam anak tempra sirup

Beli Tempra Sirup Klik di Sini

Dengan kandungan zat aktif paracetamol, Tempra sirup merupakan obat demam paling ampuh di apotik untuk diberikan pada anak-anak dan balita. Anjuran dosis penggunaan obat ini disesuaikan dengan umur dan bila perlu mengulangi penggunaan tiap 4 jam. 

Kisaran harga: Rp 52 ribu/botol

12. Gunaceta

obat penurun demam gunaceta

Beli Gunaceta Klik di Sini

Untuk menurunkan demam, Anda dapat menggunakan Gunaceta. Obat penurun panas ini mengandung paracetamol yang dapat membantu Anda meringankan nyeri akibat sakit kepala dan sakit gigi. Anjuran dosis mengonsumsi gunaceta adalah 3-4 kali per hari sebanyak 1 tablet untuk dewasa dan setengah tablet untuk anak usia 6-12 tahun.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

13. Kamolas Drop

obat penurun demam kamolas drop

Beli Kamolas Drop Klik di Sini

Obat sirup Kamolas Drop berguna sebagai obat demam anak dan dewasa dengan kandungan utama paracetamol. Anda dapat membeli obat ini secara bebas di apotik dan pastikan untuk mengonsumsi Kamolas Drop sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/botol

14. Ottopan

obat penurun demam ottopan sirup

Beli Ottopan Klik di Sini

Obat penurun demam berbentuk sirup, Ottopan dapat digunakan untuk segala usia. Manfaat lain dari obat ini adalah menjadi pereda nyeri saat sakit kepala ataupun sakit gigi. Terdapat dosis anjuran yang perlu Anda perhatikan pada kemasan dan konsumsi obat ini sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/botol

15. Panadol Biru

obat penurun demam panadol biru

Beli Panadol Biru Klik di Sini

Mengurangi kadar prostaglandin dalam tubuh, Panadol Biru mengandung paracetamol yang ampuh untuk menurunkan demam orang dewasa. Anda dapat mengonsumsi 3-4 kali per hari sebanyak 1 tablet setelah makan. Perlu diperhatikan bahwa obat ini bisa saja menyebabkan efek samping seperti mual dan nyeri lambung.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/blister

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat penurun demam anak dan orang dewasa paling ampuh dan tersedia di apotik. Apabila demam tidak kunjung turun, Anda mungkin perlu untuk konsultasi bersama dokter ahli.

Demam di tengah malam dan tidak punya stok obat? Tenang, Anda dapat memesannya secara praktis di K24Klik. Kami menjamin ketersediaan produk farmasi lengkap, 100% asli dan pengiriman cepat. Aplikasi K24Klik tersedia di Play Store dan App Store, yuk rasakan manfaatnya sekarang juga!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fever/symptoms-causes/syc-20352759 diakses pada 2 Juni 2023