18 Obat Sakit Kepala di Apotik yang Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit kepala dibutuhkan untuk mengatasi rasa nyeri di area kepala dan juga leher berdenyut. Apabila tidak segera diatasi, sakit kepala mungkin dapat menghambat aktivitas harian.

Sakit kepala merupakan salah satu kondisi umum yang dialami oleh semua orang. Sakit kepala dapat mengakibatkan area kepala hingga leher terasa nyeri dan berdenyut. 

Beberapa kondisi sakit kepala yang tidak parah dapat diatasi dengan minum obat sakit kepala dan istirahat yang cukup. Namun, ada beberapa jenis sakit kepala yang membutuhkan penanganan khusus.

Pada umumnya, sakit kepala dikelompokkan menjadi dua, yakni sakit kepala primer dan sekunder. Sakit kepala primer adalah kondisi yang murni disebabkan oleh masalah pada struktur di area kepala yang terlalu sensitif terhadap rasa sakit.

Kondisi ini juga melibatkan jaringan saraf kepala, otot, pembuluh darah, dan leher. Contohnya seperti migraine, sakit kepala cluster, dan sakit kepala tegang.

Sementara itu, sakit kepala sekunder dipicu oleh aktifnya jaringan saraf rasa sakit di area kepala karena suatu penyakit. Contohnya seperti flu, infeksi telinga, sinusitis, pemakaian tutup kepala yang terlalu ketat, dan sebagainya.

Sakit kepala sekunder juga dapat disebabkan oleh penyakit serius, seperti gegar otak, meningitis, aneurisma otak, dan lain sebagainya. Sakit kepala nyut2an sangatlah menggangu oleh karenanya sebaiknya segera di obati.

Baca juga: 15 Obat Pusing Kepala di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Sakit Kepala yang Ampuh di Apotik

Sakit kepala yang tidak segera diatasi dapat membuat aktivitas harian terganggu. Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat sakit kepala di apotik yang ampuh dan dapat Anda manfaatkan.

1. Panadol Extra

Beli Panadol Extra Klik di Sini

Panadol Extra termasuk salah satu obat yang efektif untuk mengatasi sakit kepala. Bagi Anda yang aktif berkegiatan, obat ini bisa menjadi pertolongan pertama begitu sakit kepala menyerang.

Panadol Extra mengandung kafein yang tidak membuat ngantuk dan tidak akan mengganggu aktivitas. Namun, hindari obat ini bila Anda sensitif terhadap kafein.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/strip

2. Bodrex Migra

Beli Bodrex Migra Klik di Sini

Bodrex Migra adalah salah satu obat sakit kepala sebelah yang bisa didapatkan di apotik. Obat tablet ini mengandung paracetamol, kafeine, dan propyphenazone. Ketiganya mampu bekerja secara aktif untuk meredakan sakit kepala, khususnya sakit kepala sebelah atau migrain.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

3. Puyer Bintang Toedjoe

obat sakit kepala puyer bintang toedjoe

Beli Puyer Bintang Toedjoe Klik di Sini

Bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi obat tablet, Puyer Bintang Toedjoe bisa Anda jadikan pilihan untuk meredakan sakit kepala. Obat satu ini sudah lama dianggap sebagai obat tradisional oleh masyarakat Indonesia.

Selain mengatasi sakit kepala, Puyer Bintang Toedjoe juga bisa mengatasi demam, nyeri haid, dan sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pack

4. Poldan Mig

obat sakit kepala poldan mig

Beli Poldan Mig Klik di Sini

Bagi Anda yang kerap mengalami sakit kepala ringan hingga sedang, Anda bisa mencoba Poldan Mig. Obat tablet ini mengandung acetosal, paracetamol, dan kafein. Kandungan tersebut bekerja secara aktif mengatasi nyeri akibat sakit kepala dengan intensitas sedang, seperti migrain.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

5. Minyak Angin Polar Bear

Beli Minyak Angin Polar Bear Klik di Sini

Selain minum obat, sakit kepala juga dapat diatasi dengan obat topikal (oles), seperti Minyak Angin Polar Bear. Minyak angin sendiri termasuk obat sakit kepala tradisional yang kerap digunakan masyarakat.

Minyak Angin Polar Bear sendiri mengandung bahan-bahan herbal alami, seperti mentol, minyak eukaliptus, minyak mint, dan sebagainya.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

6. Dumin Sirup

Beli Dumin Sirup Klik di Sini

Sakit kepala dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Dumin Sirup bisa dijadikan andalan untuk meredakan nyeri pada kepala. Kandungan paracetamolnya tak hanya ampuh meredakan sakit kepala, namun juga demam, flu, sakit gigi, dan nyeri sendi.  

Kisaran harga: Rp 33 ribu/botol

7. Tolak Angin Care

obat sakit kepala tolaka ngain cara

Beli Tolak Angin Care Klik di Sini

Tolak Angin Care adalah obat luar yang bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Produk ini mengandung minyak jahe, minyak mint, mentol, dan camphor.

Bahan-bahan tersebut kerap digunakan sebagai obat sakit kepala alami yang efektif. Kini, Anda bisa menggunakannya dalam bentuk roll on, sehingga lebih praktis untuk dioleskan ke kulit.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

8. Biogesic

Beli Biogesic Klik di Sini

Rekomendasi pereda sakit kepala selanjutnya adalah Biogesic. Hadir dalam bentuk tablet, Biogesic bisa dibilang efektif meredakan nyeri kepala dan demam.

Obat bebas ini sama sekali tidak mengandung kafein dan relatif aman untuk ibu menyusui. Namun bila Anda ragu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

9. Proris

Beli Proris Klik di Sini

Proris adalah salah satu obat sakit kepala yang bisa Anda jadikan alternatif. Obat ini mengandung ibuprofen yang tergolong obat anti-radang yang berfungsi untuk menghambat produksi hormon prostaglandin.

Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika akan digunakan untuk ibu hamil atau menyusui.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

10. Paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Paracetamol adalah obat tablet yang tergolong obat analgesik yang bisa membantu meredakan sakit kepala pada bagian belakang dan nyeri lainnya. Termasuk nyeri haid, nyeri gigi, dan nyeri pada otot.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

11. Ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Sesuai dengan namanya, Ibuprofen  merupakan obat yang mengandung ibuprofen. Ibuprofen sendiri tergolong obat anti-inflamasi nonsteroid yang bisa menghambat produksi enzim penyebab nyeri.

Jadi, bila Anda mengalami sakit kepala dengan intensitas berat, Ibuprofen bisa menjadi pilihan obat yang ampuh.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

12. Cataflam

Beli Cataflam Klik di Sini

Cataflam adalah salah satu merek dagang populer untuk zat potassium diclofenac. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Meski demikian, Cataflam juga bisa diminum saat Anda mengalami sakit kepala atau migrain.

Mengingat obat ini tergolong obat keras, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Kisaran harga: Rp 43 ribu/strip

13. Asam Mefenamat

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Asam Mefenamat berfungsi untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang, sepert sakit kepala. Sebagai catatan, obat ini hanya dapat dikonsumsi setelah makan. Konsultasikan kepada dokter jika memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat ini.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

14. Etafenin

Beli Etafenin Klik di Sini

Rekomendasi obat terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala adalah Etafenin. Obat ini mengandung asam mefenamat yang bekerja secara aktif untuk menghambat produksi enzim yang menyebabkan rasa nyeri. Di antaranya seperti nyeri pada kepala dan nyeri akibat sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

15. Paramex

obat sakit kepala paling ampuh di apotik paramex

Beli Paramex Klik di Sini

Paramex merupakan obat yang bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri saat sakit kepala ataupun sakit gigi sekaligus menurunkan demam. Obat ini memiliki kandungan paracetamol, propyohenazone, kafein dan juga dexchlorpheniramine maleate di dalamnya.

Penggunaan obat paramex hanya diperolehkan untuk dewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun. Dosis yang dianjurkan adalah 2-3 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum, sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

16. Oskadon Extra

obat sakit kepala di apotek oskadon extra

Beli Oskadon Extra Klik di Sini

Saat sakit kepala menyerang, Anda dapat merasakan nyeri yang tak tertahankan dan beresiko menghambat aktivitas harian. Untuk meredakan nyeri tersebut, Anda dapat memanfaatkan Oskadon Extra.

Obat ini memiliki kandungan paracetamol, ibuprofen dan juga kafein di dalamnya. Dosis anjuran penggunaan Oskadon Extra adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

17. Paracaf Kaplet

obat sakit kepala paling ampuh paracaf kaplet

Beli Paracaf Kaplet Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan bahan aktif paracetamol dan juga kafein, Paracaf Kaplet ampuh untuk mengatasi sakit kepala. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat meredakan nyeri saat sakit gigi.

Cara kerja obat ini adalah mengurangi kadar prostaglandin yang merupakan pemicu nyeri pada tubuh.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

18. Saridon Extra

obat sakit kepala di apotek saridon extra

Beli Saridon Extra Klik di Sini

Untuk meringankan sakit kepala, Anda juga dapat memanfaatkan Saridon Extra. Obat sakit kepala yang satu ini mengkombinasikan paracetamol dan juga kafein yang berfungsi sebagai analgesik pada tubuh.

Konsultasikan pada dokter ahli untuk mengatasi sakit kepala pada ibu hamil ataupun menyusui dengan tepat.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/dos

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sakit kepala paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila sakit kepala tidak kunjung mereda, segera periksakan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Sakit kepala menyerang dan butuh obat segera? Tidak perlu keluar rumah, beli obat online lebih praktis bersama K24Klik!
Unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store, kami siap melayani 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat. Yuk dapatkan beragam penawaran menarik dari kami sekarang juga!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/headache#causes, diakses pada 1 Oktober 2022.

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9639-headaches, diakses pada 1 Oktober 2022.

https://www.healthline.com/health/essential-oils-for-headaches, diakses pada 1 Oktober 2022.