15 Obat Flu dan Batuk Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat flu dan batuk paling ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat flu dan batuk merupakan solusi efektif untuk Anda mengatasi tenggorokan sakit, hidung tersumbat, batuk kering maupun berdahak. Berbagai macam obat flu dan batuk dapat Anda beli di apotik mulai dari jenis obat sirup dan juga tablet.

Flu dan batuk biasanya menimbulkan beberapa ketidaknyamanan mulai dari tenggorokan sakit, hidung tersumbat, bersin-bersin dan lain sebagainya. Mengonsumsi obat flu dan batuk sendiri perlu memerhatikan beberapa hal seperti kegunaan dan dosis yang dianjurkan. Saat ini, Anda sudah dapat membeli obat flu dan batuk di apotik dengan mudah dan aman.

Rekomendasi Obat Flu dan Batuk Paling Ampuh di Apotik

Saat ini, sudah tersedia banyak sekali jenis obat flu dan batuk di apotik offline maupun online. Selama menggunakan sesuai dosis dan kebutuhan, Anda mungkin dapat mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat flu dan batuk paling ampuh di apotik.

Baca juga: 20 Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

1 . Bodrex Flu dan Batuk Kering

obat bodrex flu dan batuk kering

Beli Bodrex Flu dan Batuk Kering Klik di Sini

Beberapa kandungan dalam Bodrex Flu dan Batuk Kering adalah paracetamol, phenylephrine hcl dan dextromethaorphan hbr. Obat ini efekfif untuk mengatasi flu yang disertai dengan batuk tidak berdahak atau batuk kering. Anda dapat mengonsumsi obat ini setelah makan, 3 kali sehari 1 kaplet untuk orang dewasa.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

2. Mixagrip Flu dan Batuk

obat mixagrip flu dan batuk

Beli Mixagrip Flu dan Batuk Klik di Sini

Obat ini mengandung beberapa bahan aktif yang berguna untuk meringankan berbagai gejala flu seperti demam, hidung tersumbat hingga batuk. Mixagrip Flu dan Batuk dapat diberikan pada anak usia 6-12 tahun dengan anjuran konsumsi 3 kali sehari sebanyak setengah kaplet. Sedangkan untuk orang dewasa, dosis anjuran obat ini adalah 1 kaplet.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

3. Panadol Flu dan Batuk

obat panadol flu dan batuk

Beli Panadol Flu dan Batuk Klik di Sini

Gejala flu mulai menyerang? Anda dapat mengandalkan Panadol Flu dan Batuk untuk mengatasi demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin yang disertai batuk tidak berdahak.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/strip

4. OBH Combi Plus Batuk Flu Menthol Syr

obat obh combi plus batuk flu menthol syr

Beli OBH Combi Plus Klik di Sini

Dalam setiap 5 ml OBH Combi Plus ini mengandung paracetamol, liquorice succus, amonium klorida, ephedrin hcl dan juga CTM. Manfaat dari obat sirup ini adalah mampu mengatasi berbagai gejala flu seperti pilek, demam, bersin disertai batuk.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

5. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak

obat bodrex flu dan batuk berdahak

Beli Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Klik di Sini

PE (Phenylephrine) merupakan dekongestan yang berguna untuk meredakan hidung tersumbat. Bodrex Flu dan Batuk Berdahak dapat mengatasi flu dan batuk tanpa ngantuk. Anda dapat mengonsumsi obat ini 3 kali sehari sebanyak 1 kaplet, khusus untuk orang dewasa.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

6. Procold Flu dan Batuk

obat procold flu dan batuk

Beli Procold Flu dan Batuk Klik di Sini

Tablet obat yang satu ini bermanfaat untuk meringankan berbagai gejala flu yang juga disertai dengan batuk tidak berdahak. Procold Flu dan Batuk mengandung paracetamol, dextromethorphan dan juga phenylephrine hcl. Obat ini dapat diberikan untuk orang dewasa, anak usia lebih dari 12 tahun serta usia 6-12 tahun sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

7. Bodrexin Flu dan Batuk PE Sirup

obat bodrexin flu dan batuk pe sirup

Beli Bodrexin Flu dan Batuk PE Sirup Klik di Sini

Sirup merupakan jenis obat yang paling mudah untuk dikonsumsi, terutama bagi anak-anak. Bodrexin Flu dan Batuk PE Sirup ini efektif untuk mengobati gejala flu yang disertai batuk berdahak. Anda dapat mengonsumsi obat ini setelah makan, 3 kali sehari sebanyak 3 sendok takar khusus untuk anak usia 6-12 tahun.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/botol

8. Paramex Flu dan Batuk

obat flu dan batuk paramex

Beli Paramex Flu dan Batuk Klik di Sini

Kandungan paracetamol, pseudoephedrine hcl dan juga dextromethorphan hbr dalam Paramex Flu dan Batuk dapat meringankan gejala flu termasuk yang disertai batuk. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah sesudah makan. Dosis 3 kali sehari, setengah tablet untuk anak usia 6-12 tahun dan 1 tablet untuk diatas 12 tahun serta dewasa.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

9. Bronkris Sirup

obat flu dan batuk bronkris sirup

Beli Bronkris Sirup Klik di Sini

Obat sirup yang satu ini mengandung bahan aktif bromhexine hcl dan efektif untuk mengatasi batuk . Bronkris Sirup dapat dikonsumsi secara general baik untuk anak mulai umur 2 tahun hingga orang dewasa, sesuai anjuran. 

Kisaran harga: Rp 10 ribu/botol

10. Sanaflu Sirup

obat flu dan batuk sanaflu sirup

Beli Sanaflu Sirup Klik di Sini

 Sanaflu Sirup merupakan salah satu obat sirup yang ampuh untuk atasi batuk dan flu. Ini membuatnya aman untuk dikonsumsi sewaktu-waktu, sesuai kebutuhan dan anjuran.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/botol

11. Intunal Tablet

obat flu dan batuk intunal tablet

Beli Intunal Tablet Klik di Sini

Obat flu yang bagus di Apotik selanjutnya adalah Intunal Tablet. Kandungan paracetamol, phenylpropanolamine hcl, dexchlorpheniramine maleat, dextromethorphan hbr dan guaifenesin membuat obat ini ampuh mengatasi gejala flu yang disertai batuk. Intunal dapat dikonsumsi sesudah makan, 3 kali sehari dengan dosis setengah tablet untuk anak usia 6-12 tahun  dan 1 tablet untuk dewasa.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

12. Paratusin

obat batuk dan flu paratusin

Beli Paratusin Klik di Sini

Obat flu ampuh paratusin dapat meringankan berbagai gejala seperti demam, hidung tersumbat, sakit kepala, bersin-bersin hingga yang disertai batuk. Dalam setiap tablet paratusin mengandung berbagai bahan bermanfaat seperti paracetamol, CTM, phenylpropanolamin hcl, guaifenesin dan noscapine.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

13. Decolsin

obat batuk flu decolsin

Beli Decolsin Klik di Sini

Obat decolsin mengandung banyak zat aktif yang bermanfaat untuk meringankan gejala flu seperti sakit kepala, bersin-bersin hingga batuk. Obat tablet ini dapat dikonsumsi setelah makan dengan anjuran dosis 3 kali sehari 1 tablet untuk orang dewasa.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

14. Siladex Cough n Cold Sirup

obat flu batuk siladex cough n cold sirup

Beli Siladex Cough n Cold Sirup Klik di Sini

Sirup obat masih menjadi salah satu jenis obat yang ampuh atasi flu dan batuk. Siladex Cough n Cold Sirup mengandung dextromethorphan, pseudoefedrin dan doxylamine succinate. Tanpa alkohol dan bebas gula, obat ini dapat dikonsumsi untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/botol

15. Ultraflu Extra

obat batuk dan flu ultraflu extra

Beli Ultraflu Extra Klik di Sini

Dibanding dengan versi biasa, Ultraflu Extra memiliki manfaat yang lebih ampuh dalam meringankan berbagai gejala flu dan batuk. Beberapa kandungan yang terdapat dalam obat ini adalah paracetamol, gliseril guaiakolat, fenilpropanolamin hcl, dextromethorphan hbr dan juga klorfeniramin maleat.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat flu dan batuk paling ampuh di apotik yang dapat Anda coba. Apabila merasa gejala flu dan batuk semakin memburuk, lebih baik untuk segera melakukan konsultasi ke dokter ahli. Tetap perhatikan anjuran dosis pemakaian setiap obat yang akan dikonsumsi untuk merasakan manfaat secara maksimal dan aman.

Tidak perlu repot keluar rumah, K24 hadir secara online melalui aplikasi K24Klik khusus untuk Anda. Kami menyediakan berbagai kebutuhan farmasi mulai dari obat, vitamin, susu terlengkap dengan jaminan 100% asli dan pengiriman cepat. Segera unduh K24Klik di Playstore atau App Store sekarang juga, dapatkan manfaatnya.

Referensi:

https://medlineplus.gov/coldandcoughmedicines.html diakses pada 8 April 2023

https://www.nationwidechildrens.org/family-resources-education/health-wellness-and-safety-resources/helping-hands/cough-and-cold-medicine-over-the-counter-otc diakses pada 8 April 2023