15 Obat Sakit Tenggorokan di Apotik yang Bagus

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit tenggorokan di apotik yang bagus

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit tenggorokan merupakan solusi tepat untuk atasi masalah tenggorokan kering hingga susah menelan. Ada berbagai macam obat sakit tenggorokan tersedia di apotik mulai dari tablet hisap, obat kumur hingga larutan penyegar.

Iritasi, gatal, suara serak, kesulitan menelan merupakan beberapa gejala sakit tenggorokan yang membuat penderita tidak nyaman. Penyebab umum dari berbagai gejala tersebut salah satunya adalah infeksi virus seperti flu. Anda perlu untuk mengetahui apa saja obat sakit tenggorokan yang bagus dan dapat ditemukan dengan mudah di Apotik.

Sakit tenggorokan yang dibiarkan bisa berdampak pada kesehatan organ lainnya. Bagaimana bisa? Ketika Anda kesulitan menelan, maka nafsu makan pun berkurang sehingga memengaruhi kesehatan pencernaan. Jika sakit tenggorokan semakin parah, Anda mungkin membutuhkan konsultasi bersama dokter ahli.

Baca juga : 15 Obat Tenggorokan Kering yang Bagus di Apotik

Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan di Apotik yang Bagus

Lalu, apa saja obat untuk sakit tenggorokan? Tentunya Anda perlu mempertimbangkan apa penyebab dari tenggorokan sakit terlebih dahulu kemudian juga jenis obat yang sesuai. Misalnya pada anak-anak, maka mengonsumsi tablet hisap maupun larutan penyegar menjadi pilihan yang dibanding obat tablet biasa. 

1. Degirol Loz Tablet

obat sakit tenggorokan degirol loz tablet

Beli Degirol Loz Tablet Klik di Sini

Kandungan dequalinium chloride dalam Degirol Loz Tablet bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bagaimana ketentuan dosis dari obat hisap yang satu ini? Degirol Loz Tablet untuk dewasa dapat dikonsumsi 1 tablet dihisap tiap 3-4 jam, dengan dosis maksimal 8 tablet per hari..

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

2. Sp Troches Meiji Loz Tablet

obat sakit tenggorokan sp troches meiji loz tablet

Beli Sp Troches Meiji Loz Tablet Klik di Sini

Manfaat dari dequalinium chloride juga dapat Anda dapatkan dalam Sp Troches Meiji Loz Tablet. Obat hisap ini menawarkan rasa segar buah strawberry maupun melon agar lebih nyaman untuk dikonsumsi untuk dewasa maupun anak-anak diatas 10 tahun. Sp Troches Meiji Loz Tablet merupakan antiseptik yang mampu atasi masalah infeksi pada rongga mulut.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/pcs

3. Adem Sari Fresh

obat sakit tenggorokan adem sari fresh

Beli Adem Sari Fresh Klik di Sini

Rekomendasi obat untuk sakit tenggorokan selanjutnya adalah Adem Sari Fresh. Minuman penyejuk yang stau ini megandung bahan aktif ekstrak jeruk nipis, kayu manis, pulosari dan juga vitamin C. Dengan berbagai kandungan penuh manfaat tersebut, Adem Sari Fresh mampu membantu meredakan gejala panas dalam termasuk tenggoran sakit.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/pcs

4. Larutan Cap Badak

obat sakit tenggorokan larutan cap badak

Beli Larutan Cap Badak Klik di Sini

Obat herbal yang dapat dikonsumsi untuk mengobati tenggorokan sakit adalah larutan penyegar. Terbuat dari resep herbal, Larutan Cap Badak bermanfaat untuk mengobati panas dalam yang disertai berbagai gejala, mulai dari bibir pecah-pecah, sariawan hingga sakit tenggorokan.

Kisaran Harga: Rp 4 ribu/pcs

5. Efisol C Loz Tablet

obat sakit tenggorokan efisol c loz tablet

Beli Efisol C Loz Tablet Klik di Sini

Infeksi membuat sakit tenggorokan? Anda dapat mengonsumsi Efisol C Loz Tablet yang mengandung dequalinium chloride dan juga vitamin C. Selain masalah di tenggorokan, tablet hisap yang satu ini juga bisa mengatasi sariawan serta nafas mulut bau.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/strip

6. Kuldon Sariawan Tablet

obat sakit tenggorokan kuldon sariawan tablet

Beli Kuldon Sariawan Tablet Klik di Sini

Kandungan daun saga, bunga krisan dan juga alang-alang dalam Kuldon Sariawan Tablet memiliki khasiat baik untuk Anda. Obat yang satu ini berguna untuk meredakan sariawan, panas dalam dan juga sakit tenggorokan. Apabila ingin mengonsumsi obat untuk sakit tenggorokan ini, Anda dapat meminumnya langsung atau dikunyah terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

7. Cooling 5 Spray

obat sakit tenggorokan cooling 5 spray

Beli Cooling 5 Spray Klik di Sini

Solusi untuk mengobati tenggorokan sakit yang dapat Anda coba adalah Cooling 5 Spray. Apa khasiatnya? Cooling 5 Spray bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan yang diakibatkan kuman, gejala flu, perubahan cuaca ataupun kurang minum.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/botol

8. Herbacold Tablet

obat sakit tenggorokan herbacols tablet

Beli Herbacold Tablet Klik di Sini

Tenggorokan sakit untuk menelan? Hal ini biasanya dialami seseorang dengan gejala pilek atau bisa juga karena adanya peradangan dan infeksi saluran pernapasan. Herbacold Tablet dapat menjadi obat untuk mengatasi sakit tenggorokan yang efektif. Obat herbal ini dapat Anda konsumsi maksimal 1 tablet untuk 4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/strip

9. Tantum Verde Gargle

obat sakit tenggorokan tantum verde gargle

Beli Tantum Verde Gargle Klik di Sini

Obat kumur juga dapat digunakan sebagai obat untuk sakit tenggorokan. Tantum Verde Gargle mengandung larutan benzydamine HCl yang bantu meringankan rasa tidak nyaman di tenggorokan akibat peradangan ataupun infeksi. Cara menggunakannya pun mudah, Anda hanya berkumur-kumur menggunakan 1 sendok makan cairan atau setara 15 ml.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/botol

10. Jesscool

obat sakit tenggorokan jesscool

Beli Jesscool Klik di Sini

Tablet effervescent ini mengandung thyme herba, chicory radix dan juga citriaurantifolia extract yang punya manfaat baik untuk redakan panas dalam. Nah, salah satu penyebab tenggorokan sakit ini biasanya karena sedang mengalami panas dalam. Anda cukup larutkan 1 tablet Jesscool ke dalam 1 gelas air dingin kemudian segera minum ketika sudah terlarut sempurna.

Kisaran harga: Rp 47 ribu/dos

Baca juga: 15 Obat Panas Dalam di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

11. Konidin Lozenges

obat sakit tenggorokan konidin lozenges mint

Beli Konidin Lozenges Klik di Sini

Anda juga dapat mengonsumsi permen mint untuk mengatasi sakit tenggorokan. Konidin Lozenges mengandung peppermint oil, liquorice extract dan anise oil yang dikemas dalam bentuk sachet. Praktis untuk dibawa, Konidin Lozenges dapat membantu melegakan ronga mulut dan tenggorokan sekaligus menyegarkan nafas.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/pcs

12. Betadine Menthol & Eucalyptus Lozenges

obat sakit tenggorokan betadine lozenges

Beli Betadine Lozenges Klik di Sini

Selanjutnya, ada Betadine Menthol & Eucalyptus Lozenges yang merupakan tablet hisap untuk melegakan tenggorokan. Kandungan amylmetacresol dan juga dybenal di dalamnya bantu atasi sakit tenggorokan yang disertai rasa nyeri ataupun panas dalam. Anda cukup menghisap 1 butir obat ini, dengan dosis maksimal 12 tablet hisap sehari.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/pcs

13. Fg Troches Meiji Tablet

obat sakit tenggorokan fg troches meiji tablet

Beli Fg Troches Meiji Tablet Klik di Sini

Tenggorokan sakit dapat disebabkan karena bakteri, jadi Anda memerlukan obat yang mengandung bahan aktif untuk mengatasinya. Fg Troches Meiji Tablet ini memiliki kandungan Fradiomycin dan juga Gramicidin yang mampu membunuh beberapa jenis bakteri penyebab peradangan di mulut dan tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

14. Strepsils Cool

obat sakit tenggorokan strepsils cool

Beli Strepsils Cool Klik di Sini

Permen pelega tenggorokan, Strepsils Cool dapat membantu Anda untuk mengobati rasa sakit pada tenggorokan. Fungsi dari permen obat yang satu ini adalah melegakan tenggorokan, termasuk apabila mengalami masalah suara serak dan juga batuk.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/pcs

15. Hexadol Mint Gargle

obat sakit tenggorokan hexadol mint gargle

Beli Hexadol Mint Gargle Klik di Sini

Rekomendasi obat untuk sakit tenggorokan selanjutnya adalah Hexadol Mint Gargle. Obat kumur yang satu ini membantu mengatasi infeksi ringan pada mulut dan juga tenggorokan. Tidak hanya itu, Hexadol Mint Gargle juga dapat mengobati berbagai masalah peradangan di gusi, sekitar gigi, tenggorokan dan juga radang akibat amandel.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/botol

Itulah tadi rekomendasi obat sakit tenggorokan di Apotik yang bagus. Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu obat di atas, pastikan Anda telah mengenali penyebab sakit tenggorokan terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda untuk menggunakan obat yang tepat dengan masa penyembuhan lebih efektif.

Butuh obat, vitamin atau suplemen tanpa ribet? Tenang, K24Klik hadir sebagai solusi terbaik untuk segala kebutuhan farmasi Anda. Kami berkomitmen menyediakan produk farmasi yang lengkap, asli, buka 24 jam dan pengiriman mudah serta cepat. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau Apps Store, dapatkan manfaatnya sekarang juga.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635 diakses pada 1 April 2023

https://www.nhs.uk/medicines/benzydamine/ diakses pada 1 April 2023