15 Obat Sariawan Paling Ampuh di Apotik Pada Anak dan Dewasa

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sariawan Paling Ampuh di Apotik Pada Anak dan Dewasa
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Sariawan dapat dialami oleh siapa saja, mulai bayi hingga dewasa. Meski dapat hilang dengan sendirinya, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi obat sariawan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Ada beberapa cara dan obat sariawan alami yang dapat digunakan seperti air garam, lemon, kunyit, madu, dan cuka apel. Hanya saja, pengobatan dengan cara alami memerlukan waktu cenderung lebih lama dibandingkan obat yang dijual di apotik.

Rekomendasi Obat Sariawan Paling Ampuh

1. Kuldon

obat sariawan kuldon

Salah satu obat sariawan paling ampuh dengan bahan-bahan herbal yang bisa Anda gunakan adalah Kuldon. Produk ini termasuk kelompok jamu.

Kuldon biasa digunakan untuk meredakan sariawan, panas dalam, dan tenggorokan kering. Obat sariawan herbal dapat dikonsumsi oleh dewasa maupun anak-anak dengan aturan dosis masing-masing.

Beli Kuldon Sariawan Klik di Sini

2. Ika Sariawan

obat ika sariawan

Obat tradisional ini dapat digunakan untuk menyegarkan dan membantu mengatasi sariawan. Komposisi Ika Sariawan merupakan berbagai ekstrak bahan-bahan alami. Obat ini aman untuk digunakan dewasa maupun anak-anak sekitar 3 kali sehari sesuai dosis masing-masing.

Beli Ika Sariawan Klik di Sini

3. Jesscool

obat sariawan jesscool

Jesscool adalah minuman dalam bentuk serbuk. Untuk mengonsumsinya, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sachet Jesscool dengan air, aduk sampai serbuk larut dengan sempurna, lalu meminum larutan tersebut.

Minuman ini memiliki manfaat untuk mengcegah sekaligus mengatasi beberapa gejala panas dalam seperti bibir yang pecah-pecah, sakit tenggorokan, sariawan, dan buang air besar. Adapun khasiat ini didukung oleh kandungan formula Extract Thyme dan Chicory root yang efektif mengatasi beberapa keluhan tersebut.

Beli Ika Sariawan Klik di Sini

4. Alangsari Plus

Obat sariawan alami dari bahan-bahan herbal lain yang bisa Anda dapatkan di apotik seperti K24 adalah Alangsari Plus. Produk ini memiliki komposisi akar alang-alang dan bahan herbal lainnya yang kaya akan khasiat.

Produk Sidomuncul ini memiliki bentuk serbuk minuman. Anda hanya perlu menyeduh dan melarutkannya dengan air untuk mengonsumsinya. Adapun beberapa khasiat Alangsari Plus antara lain mengatasi panas dalam dan mencegah munculnya sariawan.

Beli Alang Sari Klik di Sini

5. New Hau Fung San

New Hau Fung San adalah produk herbal untuk mengatasi beberapa masalah pada mulut seperti bau mulut, tenggorokan kering, dan panas dalam serta sariawan.

Kandungan utama dalam obat sariawan ini antara lain Cinnamomum camphora Folium, Abrus precatorius Folium, dan Glycyrrhizae uralencia Radix. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menaburkan bubuk obat pada luka sariawan atau bagian mulut yang sakit.

Beli New Hau Fung San Klik di Sini

6.  Mycostatin Drop

Mycostatin Drop adalah obat sariawan untuk bayi maupun dewasa. Namun, obat ini termasuk obat keras sehingga Anda perlu resep dokter untuk mendapatkannya dan benar-benar memperhatikan ketentuan penggunaannya, terutama untuk si kecil.

Mycostatin Drop diberikan untuk mengobat sariawan di mulut yang terjadi karena pertumbuhan jamur, terutama Candida. Obat ini memiliki kandungan zat aktif Nystatin, yakni obat antijamur. Cara kerjanya adalah dengan merusak sel-sel jamur dan menghentikan pertumbuhan Candida di rongga mulut, tenggorokan, usus, maupun alat kelamin wanita.

Beli Mycostatin Drop Klik di Sini

7. Cazetin Drop

obat sariawan cazetin drop

Obat sariawan Cazetin adalah obat antijamur untuk mengatasi beberapa keluhan kandidiasis yang terdapat di rongga mulut maupun saluran pencernaan, baik pada dewasa maupun anak-anak.

Penggunaan Cazetin Drop harus sesuai dengan resep dokter. Anda pun harus mengikuti dosis dan aturan pakai obat ini untuk menghindari terjadinya resistensi jamur.

Beli Cazetin Klik di Sini

8. Xonce

Defisiensi vitamin C jadi salah satu faktor penyebab munculnya sariawan. Karena itu, memenuhi kebutuhan vitamin C sangatlah penting. Dalam kondisi sariawan, salah satu vitamin C dosis cukup tinggi yang masih dalam batas anjuran dan dapat Anda pilih adalah Xonce.

Anda bisa membeli tablet hisap Xonce dengan bebas, tetapi pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Anda hanya perlu mengonsumsi Xonce hingga tiga kali sehari untuk membantu penyembuhan sariawan.

Beli Xonce Klik di Sini

9. Cooling 5 Spray

Cooling 5 Spray dapat membantu meredakan keluhan sariawan dengan cepat. Produk ini merupakan antiseptik mulut dan tenggorokan yang dikemas dalam bentuk spray sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya. Anda pun hanya perlu menyemprotkan Cooling 5 Spray pada area sariawan.

Selain itu, Cooling 5 Spray juga digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan yang dikarenakan beberapa hal seperti kuman, gejala flu, perubahan cuaca, kurang minum, maupun merokok.

Beli Cooling 5 Spray Klik di Sini

10. Borax Glycerin Gom

Gom adalah obat sariawan dengan harga terjangkau yang cukup efektif. Obat ini diperuntukkan bagi penderita sariawan dan bibir pecah-pecah.

Cara penggunaan obat sariawan Gom juga cukup mudah. Anda hanya perlu meneteskan cairan pada area sariawan dan membiarkannya selama beberapa waktu. Rasa nyeri akibat sariawan pun akan hilang dalam waktu singkat.

Beli Gom Klik di Sini

11. Aloclair Plus Gel

Aloclair Plus Gel adalah obat sariawan yang membantu meredakan rasa sakit sekaligus sariawan yang makin parah. Kandungan dalam Aloclair sendiri memberi efek analgesik, antiseptik, dan antiinflamasi. Seperti namanya, obat ini dibuat dalam tekstur gel sehingga relatif nyaman digunakan.

Beli Aloclair Plus Gel Klik di Sini

12. Gentian Violet

Obat sariawan di apotik yang ampuh berikutnya adalah Gentian Violet. Gentian Violet sendiri memiliki kandungan kristal violet yang dipakai untuk mengatasi sariawan dan bibir pecah-pecah.

Dalam beberapa kondisi, Gentian Violet juga mungkin digunakan dengan cara dioleskan ke bagian yang terluka atau membutuhkan. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Beli Gentian Violet Klik di Sini

13. Efisol C Loz

obat sariawan efisol C Loz

Efisol C Loz adalah obat sariawan untuk dewasa dengan bentuk tablet hisap. Obat ini diindikasikan untuk mengatasi infeksi yang terjadi di selaput lendir mulut seperti sariawan, rongga mulut, dan bau mulut.

Komposisi dalam setiap tablet Efisol C Loz adalah vitamin C dan dequalinium Cl. Selain mengatasi infeksi, obat ini juga dapat meringankan sakit dan nyeri tenggorokan yang jadi efek infeksi.

Beli Efisol C Loz Klik di Sini

14. Degirol

obat sariawan degirol

Degirol membantu mengatasi infeksi oleh jamur dan bakteri di area mulut yang menjadi penyebab munculnya sariawan, sakit tenggorokan, maupun radang. Kandungan utamanya adalah dequalinium chloride. Obat sariawan ini berbentuk tablet hisap.

Beli Degirol Klik di Sini

15. Mix Saga

Mix Saga obat sariawan

Rekomendasi obat sariawan di apotik yang terakhir adalah Mix Saga. Beberapa bahan Mix Saga adalah ekstrak daun sirih, madu, ekstrak pegagan, dan ekstrak daun saga. Selain mematikan kuman penyebab sariawan, Mix Saga juga dapat digunakan sebagai obat batuk.

Beli Mix Saga Klik di Sini

Itulah beberapa rekomendasi obat sariawan yang bisa Anda temukan di apotek online K24Klik. Beberapa di antaranya merupakan obat keras dan obat bebas terbatas sehingga Anda perlu petunjuk dokter sebelum mengonsumsinya. Jika diperlukan, Anda juga dapat berkonsultasi pada apoteker dan tim K24Klik lainnya.

 Referensi:

  1. https://www.k24klik.com/