Obat Sariawan Bayi di Apotik yang Aman

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sariawan Bayi di Apotik yang Aman

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sariawan bayi di apotik yang aman dibutuhkan untuk mengatasi ketidaknyamanan sariawan pada bayi. Ini akan membantu Anda untuk meminimalisir rasa perih yang dirasakan oleh bayi sehingga nafsu makan tidak berkurang.

Sariawan disebabkan oleh pertumbuhan jamur dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ketika bayi yang mengalami sariawan, tentunya berpengaruh pada nafsu mengonsumsi makanan maupun ASI sehingga asupan nutrisi berkurang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja obat sariawan bayi di apotik yang aman.

Apakah Anda pernah melihat senyum bayi yang disertai cairan putih? Itu bisa saja menjadi tanda bahwa bayi tengah menderita sariawan. Wajar jika bayi menjadi rewel karena merasakan perih di mulutnya meski tidak makan sehingga perlu untuk segera diatasi.

Rekomendasi Obat Sariawan Bayi di Apotik yang Aman

Berbagai macam obat-obatan yang tersedia di apotek, ampuh untuk mengobati sariawan bahkan pada bayi sekalipun. Meski perlu perhatian khusus hingga konsultasi dokter ahli terlebih dhaulu, berikut ini merupakan rekomendasi obat sariawan bayi di apotik yang aman.

Baca juga: 15 Obat Sariawan Paling Ampuh di Apotik Pada Anak dan Dewasa

1. Mycostatin Drop

obat sariawan bayi mycostatin drop

Beli Mycostatin Drop Klik di Sini

Sariawan biasanya tumbuh karena adanya jamur di dalam mulut. Mycostatin Drop mengandung zat aktif nystatin yang ampuh untuk merusak sel jamur serta menghentikan pertumbuhan jamur. Anda dapat memberikan 1-2 ml Mycostatin Drop pada bayi atau sesuai anjuran.

Kisaran harga: Rp 94 ribu/botol

2. Enystin

obat sariawan bayi yang aman enystin

Beli Enystin Drop Klik di Sini

Mengandung zat aktif nystatin, Enystin dapat menjadi salah satu obat sariawan untuk bayi yang ampuh di apotik. Berikan Enystin pada si kecil, lalu usahakan untuk membiarkannya dalam rongga mulut selama beberapa waktu sebelum ditelan.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/botol

3. Nymiko Susp

obat sariawan bayi di apotik nymiko susp

Beli Nymiko Susp Klik di Sini

Bekerja dengan cara membunuh jamur penyebab sariawan, Nymiko Susp dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengobati sariawan pada bayi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat aktif nystatin di dalam obat ini. Berikan 4 kali sehari sebanyak 1 ml untuk bayi sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 50 ribu/botol

4. Alocair Plus Spray

obat sariawan bayi alocair plus spray

Beli Aloclair Plus Spray Klik di Sini

Obat sariawan bayi di apotik dengan bentuk spray nan praktis, obat ini mengandung banyak zat aktif yang ampuh atasi masalah kesehatan mulut. Alocair Plus Spray dapat disemprotkan 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan pada area yang sakit.

Kisaran harga: Rp 131 ribu/botol

5. Candistin

obat sariawan bayi candistin

Beli Candistin Klik di Sini

Sariawan yang ada di mulut biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jamur, tidak terkecuali dialami oleh bayi. Perlu memerhatikan kandungan yang aman untuk bayi, Candistin dapat membantu Anda sebagai obat sariawan bayi. 

Kisaran harga: Rp 52 ribu/botol

6. Nystatin

obat sariawan bayi di apotik yang aman nystatin

Beli Nystatin Drop Klik di Sini

Bekerja dengan cara merusak membran sel jamur, nystatin ampuh untuk mengobati sariawan pada bayi. Anda dapat mengoleskannya langsung ke area sariawan dalam mulut, 2-3 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/pcs

7. Constantia Susp Oral Drop

obat sariawan bayi constantia susp oral drop

Beli Constantia Susp Klik di Sini

Kandungan zat aktif nystatin dalam Constantia Susp Oral Drop ampuh untuk menghentikan pertumbuhan jamur candida penyebab sariawan pada mulut. Untuk penggunaan pada bayi, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli dan ikuti dosis pemakaian yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/botol

8. Cazetin Drops

obat sariawan bayi cazetin drops

Beli Cazetin Drops Klik di Sini

Untuk bayi umur 1 tahun, anak-anak maupun dewasa, Cazetin dapat menjadi andalan sebagai obat sariawan. Dosis pemakaian obat ini sesuai dengan usia dan kebutuhan, dapat dikonsumsi setelah makan.

Kisaran harga: Rp 29 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat sariawan bayi yang aman untuk Anda gunakan. Untuk penanganan yang lebih tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ahli mengingat bayi memang rentan diberi obat-obatan.

Cara Alami Mengobati Sariawan pada Bayi

Tidak tertarik menggunakan obat-obatan alami? Anda dapat mencoba beberapa cara alami mengobati sariawan pada bayi di bawah ini.

1. Manfaatkan ASI

Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik untuk bayi yang dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Ini menjadi salah satu cara paling alami untuk mengobati berbagai penyakit pada bayi, membuat bayi terhindari dari malnutrisi maupun dehidrasi.

2. Kompres Dingin

Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan kompres dingin untuk mengobati sariawan pada bayi. Sensasi dingin dapat membuat sariawan menjadi mati rasa untuk beberapa saat sehingga bayi tidak merasakan perih saat menyusu atau mengonsumsi makanan.

Butuh obat tengah malam tanpa perlu repot pergi ke apotek? Tenang, K24Klik hadir sebagai andalan Anda untuk mendapatkan kebutuhan farmasi. Kami menjamin ketersediaan obat, vitamin dan susu yang lengkap, 100% asli, pengiriman cepat serta 24 jam nonstop siap melayani Anda. Yuk unduh aplikasi kami di Play Store atau App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/ulcers-in-babys-mouth#treatment diakses pada 8 Juni 2023