15 Obat Batuk dan Pilek yang Bagus di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk dan pilek yang bagus di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat batuk dan pilek dibutuhkan ketika Anda terserang flu dan mengalami berbagai gejala mengganggu. Misalnya saat merasa sering pusing, hidung tersumbat, demam dan disertai dengan batuk.

Ketika akan terserang flu, Anda mungkin mengalami beberapa gejala yang mengganggu seperti pusing, hidung tersumbat, demam dan juga batuk. Anda perlu menjalani pengobatan selama beberapa waktu untuk bisa mengatasi berbagai gejala flu yang dialami.

Beberapa kandungan yang biasa ditemukan dalam obat batuk dan pilek adalah parasetamol, ibuprofen, dekongestan dan juga antihistamin. Dalam beberapa produk obat untuk bantuk pilek biasanya terdapat beberapa bahan yang dapat membuat Anda mengantuk. Jadi, Anda perlu mengantisipasinya sebaik mungkin.

Rekomendasi Obat Batuk dan Pilek yang Bagus di Apotik

Agar tidak membuat aktivitas semakin terhambat, batuk pilek harus segera diatasi. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat batuk dan pilek yang bagus di Apotik.

1. Hufagripp BP Sirup

obat batuk pilek hufragripp bp sirup

Beli Hufagripp BP Sirup Klik di Sini

Obat sirup merupakan jenis obat yang paling mudah dikonsumsi, terutama bagi anak-anak. Hufagripp BP Sirup efektif untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat dan juga batuk. Hugaripp ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak mulai umur 2 tahun hingga lebih dari 12 tahun, sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/botol

Baca juga: 15 Obat Batuk Anak Paling Ampuh di Apotik

2. Flutamol Syr

obat batuk pilek flutamol syr

Beli Flutamol Syrup Klik di Sini

Untuk mengatasi batuk dan pilek baik untuk dewasa maupun anak, Flutamol Syrup dapat menjadi solusi efektif. Obat ini dapat diminum setelah makan, 3-4 kali sehari sesuai dosis yang dianjurkan. Beberapa efek samping yang mungkin dialami adalah mual dan juga muntah.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/botol

3. Bodrex Flu dan Batuk

obat batuk pilek bodrex flu dan batuk

Beli Bodrex Flu dan Batuk Klik di Sini

Merasa lebih nyaman untuk mengonsumsi obat dalam bentuk tablet? Bodrex Flu dan Batuk efektif untuk meredakan berbagai gejala flu mulai dari hidung tersumbat dan batuk. Anda dapat mengonsumsi obat ini 3 kali sehari, sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

4. Komix OBH

obat batuk pilek komix obh

Beli Komix OBH Klik di Sini

Solusi praktis untuk dibawa kemana-mana, Komix OBH ampuh untuk meringankan batuk dan juga pilek. Dikemas dalam bentuk sachet, obat ini mengandung succus liquiritae, guaifenesine, Phenylephrine HCl dan juga chlorpheniramine. Anda dapat mengonsumsi obat ini setelah makan, dengan resiko efek samping yaitu menimbulkan rasa kantuk.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/pcs

5. Siladex Cough n Cold Sirup

obat batuk pilek siladex cough n cold sirup

Beli Siladex Cough n Cold Sirup Klik di Sini

Obat pilek batuk, Siladex Cough n Cold Sirup mengandung dextromethorphan, pseudoefedrin, doxylamine succinate dan tanpa alkohol serta bebas gula. Siladex Cough n Cold Sirup ini efektif untuk meredakan batuk tidak berdahak, pilek dan juga flu. Obat batuk pilek dewasa maupun anak-anak ini dapat dikonsumsi maksimal 3x sehari sesuai anjuran.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/botol

6. Panadol Flu dan Batuk

obat batuk pilek panadol flu dan batuk

Beli Panadol Flu dan Batuk Klik di Sini

Obat batuk pilek dewasa yang dapat Anda konsumsi adalah Panadol Flu dan Batuk. Obat berbentuk tablet ini efektif untuk mengatasi batuk dan juga pilek. Perlu diketahui bahwa Panadol Flu dan Batuk ini tidak dianjurkan untuk anak-anak dibawah umur 12 tahun kecuali atas petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/strip

7. Paramex Flu dan Batuk

obat batuk pilek paramex flu dan batuk

Beli Paramex Flu dan Batuk Klik di Sini

Kandungan paracetamol, Phenylephrine HCl dan dextromethorphan dalam obat ini efektif untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat dan batuk. Paramex Flu dan Batuk dapat digunakan untuk anak-anak 6-12 tahun dengan dosis 3 kali sehari setengah tablet. Untuk orang dewasa, anjuran dosis mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari 1 tablet.

Kisaran harga: 3 ribu/strip

8. Termorex Plus

obat batuk pilek termorex plus

Beli Termorex Plus Klik di Sini

Sirup obat batuk pilek anak, Termorex Plus mengandung paracetamol, pseudoephedrine hcl, gliseril guaiakoalat dan juga chlorpheniramine maleate. Obat ini berguna untuk meringankan gejala flu seperti pilek dan juga batuk.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

9. Grantusif

obat batuk pilek grantusif

Beli Grantusif Klik di Sini

Batuk pilek bisa saja disebabkan oleh alergi, Grantusif merupakan salah satu obat yang efektif untuk mengatasinya. Obat ini mengandung dextromethorphan, glyceryl guaiacolat dan juga diphenhydramine hcl dan dapat dikonsumsi untuk anak-anak mulai umur 3 tahun dan dewasa.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

10. OBH Combi Dewasa Batuk Flu Rasa Jahe

obat batuk pilek obh combi batuk plus flu rasa jahe

Beli OBH Combi Batuk Plus Flu Rasa Jahe Klik di Sini

Setiap 5 ml dari OBH Combi Dewasa mengandung paracetamol, liquorice succus, amonium klorida, ephedrin hcl dan juga chlorpheniramine. Obat ini berguna untuk mengatasi berbagai gejala flu seperti pilek, demam, sakit kepala, bersin dan juga batuk.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/botol

11. Intunal F Tablet

obat batuk pilek intunal f tablet

Beli Intunal F Tablet Klik di Sini

Kandungan phenylpropalamine dalam Intunal F tablet efektif untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat. Selain itu, obat ini juga mengandung paracetamol apabila gejala flu disertai demam. Anda dapat mengonsumsi obat ini sesudah makan, 3-4 sehari 1 tablet untuk orang dewasa dan setengah tablet untuk anak-anak.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

12. Procold Flu dan Batuk

obat batuk pilek procold flu dan batuk

Beli Procold Flu dan Batuk Klik di Sini

Obat batuk pilek lainnya yang dapat Anda konsumsi adalah Procold Flu dan Batuk. Obat tablet ini bantu meringankan gejala flu mulai dari demam, bersin-bersin, pilek, sakit kepala hingga batuk tidak berdahak. Pada anak usia 6-12 tahun, Anda apat memberikan obat ini 3 kali sehari sebanyak setengah kaplet. Sedangkan pada orang dewasa, Procold Flu dan Batuk dapat diberikan satu kaplet.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

13. Vicks F44 Sirup

obat batuk pilek vicks f44 sirup

Beli Vicks F44 Sirup Klik di Sini

Obat untuk batuk pilek dalam bentuk sirup ini efektif untuk mengatasi batuk tidak berdahak dan juga hidung tersumbat atau pilek. Vicks Formula 44 mengandung dextrometahunorphan dan juga doksilamin suksinat. Anda dapat mengonsumsi obat sirup ini sesudah makan, dengan dosis sesuai kebutuhan dan anjuran.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

14. Rhinos Junior Syr

obat batuk pilek rhinos junior syr

Beli Rhinos Junior Syr Klik di Sini

Obat pilek untuk anak yang dapat Anda beli di apotik adalah Rhinos Junior Syr. Dengan jenis obat sirup, Rhinos Junior ini sangat cocok untuk diberikan pada anak. Mengandung pseudoephedrine dan chlorpheniramine maleate, obat ini efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dan gejala flu lainnya.

Anda dapat mengonsumsi Rhinos Junior Syr sesuai anjuran dokter atau mengikuti aturan penggunaan pada kemasan. Dari anak usia 2 tahun hingga lebih dari 12 tahun sama-sama dosis pemakaiannya 3 kali sehari, tetapi takaran sendok yang membedakan.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/botol

15. Ultraflu PE Tablet

obat batuk dan pilek ultraflu pe tablet

Beli Ultraflu PE Tablet Klik di Sini

Tablet obat ini berguna untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, hidung tersumbat, sakit kepala, bersin-bersin hingga batuk. Ultraflu PE Tablet dapat dikonsumsi untuk anak diatas 12 tahun dan juga dewasa.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat batuk dan pilek yang bagus di Apotik. Apabila Anda merasa gejala flu semakin mengganggu aktivitas, segera konsultasikan pada dokter ahli. Batuk dan pilek terkadang dapat sembuh dengan sendirinya jika tidak terlalu parah, namun tentunya perlu untuk segera diatasi.

Anda dapat memenuhi kebutuhan obat, vitamin atau susu tanpa perlu keluar rumah dengan bantuan aplikasi K24Klik. Kami hadir menyediakan berbagai macam produk farmasi terlengkap, 100% asli dan jaminan pengiriman cepat untuk Anda. Yuk unduh aplikasi K24Klik di Playstore atau App Store sekarang juga, segera dapatkan manfaatnya.

Referensi:

https://www.healthnavigator.org.nz/medicines/c/cough-cold-medicines-adults/ diakses pada 6 April 2023

https://medlineplus.gov/coldandcoughmedicines.html diakses pada 6 April 2023