Penyakit Radang Tenggorokan: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Published by Blog K24Klik on

radang tenggorokan
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Penyakit radang tenggorokan adalah satu kondisi di mana peradangan terjadi pada bagian tenggorokan atau juga disebut faring. Biasanya peradangan terjadi akibat infeksi bakteri atau virus. Sakit tenggorokan menyebabkan rasa nyeri, tidak nyaman, serta kering pada bagian tenggorokan.

Dalam artikel berikut, tim K24klik sudah menyiapkan berbagai hal yang perlu Sobat Sehat ketahui mengenai radang tenggorokan. Mulai dari penyebab, gejala, serta obat radang tenggorokan yang bisa Sobat Sehat beli di apotik. 

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan juga dikenal dengan nama Streptokokus faringitis. Penyebab dari kondisi ini adalah bakteri.

Bakteri penyebab radang tenggorokan dikenal dengan nama bakteri streptokokus. Bakteri ini memiliki sifat yang mudah menular dan bisa menyebar melalui udara (airborne). Cara bakteri menyebar melalui percikan air yang muncrat saat seseorang bersin atau batuk.

Selain bakteri streptokokus, juga ada beberapa bakteri lain yang bisa menyebabkan radang tenggorokan. Antara lain:

  1. Streptokokus grup A
  2. Corynebacterium diphteriae
  3. C. DifteriaHaemophilus influenzae
  4. Neisseria gonorrhoea

Tak hanya itu, orang yang sehat juga bisa terinfeksi hanya karena menyentuh permukaan yang sudah terinfeksi oleh droplet berisi bakteri tersebut. Contohnya seperti menyentuh gagang pintu, peralatan dapur, hingga peralatan kamar mandi.

Umumnya, penderita radang tenggorokan tidak perlu penanganan serius. Kondisi seseorang yang sudah terinfeksi bisa sembuh dengan sendirinya dalam 3 hingga tujuh hari tanpa perawatan khusus. 

Radang tenggorokan umum dialami oleh anak-anak maupun remaja. Pasalnya, tubuh anak-anak biasanya belum terpapar virus sebanyak orang dewasa. Sehingga, tubuhnya kekurangan sistem imum dalam menghadapi berbagai jenis serangan penyakit menular.

Selain bakteri, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh virus. Beberapa virus yang bisa menyebabkan kelainan kondisi kesehatan pada tubuh ini antara lain:

  1. Adenovirus
  2. Virus Coxsackie 
  3. Rhinovirus
  4. Virus parainfluenza

Penyebab radang tenggorokan lain yang juga kerap dialami banyak orang yakni alergen. Ada bermacam alergen yang bisa menimbulkan kondisi sakit tenggorokan. Contohnya seperti:

  1. Serbuk sari
  2. Udara Kering
  3. Kebiasaan merokok
  4. Debu

Gejala Radang Tenggorokan

Gejala dari radang tenggorokan bisa beragam. Tergantung pada yang menjadi penyebabnya. Namun, umumnya, pasien yang mengalami radang tenggorokan akan merasakan beberapa hal berikut:

  1. Tenggorokan terasa kering
  2. Menelan terasa nyeri
  3. Sakit tenggorokan
  4. Pembesaran kelenjar getah bening di leher. Biasanya keluhan terwujud dalam bentuk benjolan di sekitar leher
  5. Amandel membengkak
  6. Muncul bercak kemerahan di langit-langit mulut

Radang tenggorokan bisa membuat Anda merasa kesakitan saat berbicara atau menelan. Terkadang, muncul bercak putih atau area yang bernanah di sekitar amandel. Bercak putih ini biasanya lebih sering muncul pada radang tenggorokan yang diakibatkan bakteri ketimbang virus.

Bebarengan dengan radang tenggorokan, pasien juga berpotensi mengalami gangguan lain seperti:

  1. Hidung tersumbat
  2. Pilek
  3. Flu
  4. Batuk kering
  5. Demam tinggi
  6. Menggigil
  7. Suara serak
  8. Badan terasa nyeri
  9. Pusing
  10. Kesulitan menelan
  11. HIlang nafsu makan

Faktor yang Memperbesar Potensi Terserang Radang Tenggorokan

Pada dasarnya, setiap orang berisiko untuk terkena radang tenggorokan. Namun, ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan terhadap gangguan ini. Antara lain:

  • Anak-anak dan remaja umumnya yang paling mudah terkena radang tenggorokan. Lebih spesifik, anak-anak usia 3-15 rantung paling rentan kena serangan radang yang disebabkan oleh bakteri
  • Terpapar rokok dan polusi udara terus-menerus sehingga menyebabkan iritasi tenggorokan
  • Memiliki riwayat infeksi sinus (sinusitis)
  • Kontak fisik, interaksi langsung, atau tinggal bersama dengan orang yang mengalami faringitis
  • Memiliki alergi debu, bulu binatang, dingin, atau jamur. Alergi bisa memicu terjadinya post-nasal drip yang membuat iritiasi di tenggorokan
  • Sistem imum lemah atau menderita penyakit autoimun, HIV/AIDS, atau diabetes
radang tenggorokan
Ilustrasi penyakit radang tenggorokan (Shopify)

Obat Radang Tenggorokan di Apotek

Sebelum Anda memutuskan untuk menghubungi petugas kesehatan, pengobatan untuk penyakit radang tenggorokan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis obat pereda nyeri untuk mengurangi sakit akibat radang tenggorokan. Berikut obat radang tenggorokan yang bisa Anda dapatkan lewat apotek dan tanpa resep dokter:

1. Degirol

obat radang tenggorokan

Degirol adalah obat tablet hisap untuk radang tenggorokan yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Tablet obat sakit tenggorokan ini mengandung Dequalinium Chloride. Degirol bekerja sebagai obat tenggorokan gatal dan mengatasi infeksi selaput lendir mulut.

Nyeri akibat peradangan di tenggorokan dapat diredakan dengan konsumsi Degirol. Tenggorokan menjadi lebih lega dan bisa menelan dengan nyaman kembali.

Obat ini dapat dibeli secara bebas dan harus dikonsumsi sesuai dosis. Dosis untuk dewasa: 1 tablet hisap tiap 3-4 jam (maksimal konsumsi 8 tablet per hari)

2. Hexadol

obat radang tenggorokan

Obat sakit tenggorokan di apotik yang bisa dibeli tanpa resep dokter adalah Hexadol. Hexadol berfungsi untuk mengatasi infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan. Infeksi pada mulut dan tenggorokan bisa seperti radang gusi, radang disekitar gigi, sariawan, radang selaput lendir mulut serta untuk mengatasi gejala-gejala radang tenggorokan dan radang akibat amandel. Hexadol juga bisa sebagai pembilas sebelum dan sesudah pencabutan gigi.

Dosis penggunaan Hexadol dengan kumur 15 ML larutan selama 30 detik pagi dan malam atau dioleskan langsung pada lesi.

3. SP Throches Meiji

obat radang tenggorokan

Obat untuk radang tenggorokan selanjutnya adalah SP Troches. Obat tablet hisap SP Throches dapat digunakan untuk mengobati kondisi radang di mulut seperti sariawan, radang gusi dan di daerah tenggorokan.

SP Troches mengandung zat aktif Dequalinium Klorida yang bekerja sebagai antiseptik yang mampu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri khususnya pada rongga mulut dan tenggorokan. SP Troches diaplikasikan dengan cara menghisap seperti permen sehingga diharapkan mampu bekerja secara langsung di daerah infeksi dan bermanfaat dalam melumasi dan menenangkan daerah yang sakit. 

4. Strepsils

obat radang tenggorokan

Obat radang selanjutnya adalah Strepsils. Meski dalam bentuk permen, namun Strepsils bisa memberikan rasa lega di tenggorokan. Dalam setiap butirnya, Strepsils mengandung 1,2 mg dichlorobenzyl alcohol dan 600 mcg amylmetacresol.

Dichlorobenzyl alcohol dan amylmetacresol adalah antiseptik yang bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan dan meredakan keluhan akibat luka atau peradangan di mulut. Meski demikian, ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk konsultasi dokter sebelum mengonsumsi Strepsils.

Jika Sobat Sehat tertarik untuk membeli obat radang tenggorokan, bisa langsung klik tombol yang ada di bawah. 

Jangan berikan aspirin untuk mengobati radang tenggorokan pada anak atau remaja. Pasalnya, bisa menyebabkan sindrom Reye

Selain ketiga jenis obat di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi antibiotik untuk mengatasi radang tenggorokan. Contohnya seperti penicilin atau amoxicillin. Kedua obat ini bisa menyembuhkan radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. 

Namun, untuk membeli obat antibiotik di apotek, Anda membutuhkan resep dokter. Jika sudah mengantongi, Sobat bisa kirimkan resep dokter ke K24klik secara online. Tanpa menunggu lama, obat antibiotik yang diinginkan pun datang.

Pengobatan Rumahan untuk Meredakan Radang Tenggorokan

Di samping perawatan menggunakan obat-obatan, radang tenggorokan juga bisa diatasi menggunakan beberapa bahan alami. Mengutip uraian American Osteopathic Association, berikut ini beberapa perawatan rumahan yang bisa Anda lakukan:

  1. Konsumsi air putih yang banyak
  2. Konsumsi permen pelega tenggorokan
  3. Hindari minum minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas. Pasalnya bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan
  4. Gunakan humidifier di rumah agar udara yang dihirup lebih segar. Jika udara yang dihirup terlalu kering, malah bisa memicu iritasi
  5. Kumur menggunakan larutan air garam beberapa kali dalam sehari. Takarannya yakni garam ¼ – ½ sendok teh yang dilarutkan ke dalam air hangat 400 – 800 mL.
  6. Konsumsi makanan atau minuman yang menghangatkan badan. Contohnya seperti teh herbal yang dicampur madu, sup kaldu, atau air putih hangat
  7. Hindari menghirup asap rokok atau bahkan merokok
  8. Istirahat yang cukup untuk sementara waktu. Termasuk membatasi berbicara.

Cara Mencegah Radang Tenggorokan

Wajib dicatat. Feringitis atau radang tenggorokan adalah penyakit yang mudah menular. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada sesuatu yang bisa kita lakukan sebagai tindak pencegahan. 

Terutama di musim pandemi seperti ini. Bukankah radang tenggorokan juga menjadi salah satu gejala COVID-19?

Oleh karena itu, penting kiranya bagi Sobat Sehat untuk menjalankan langkah-langkah pencegahan di bawah. Tak hanya membuat diri lebih aman dari radang tenggorokan, tapi juga banyak jenis penyakit menular lainnya!

  • Biasakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Terutama jika Anda bepergian dari tempat umum
  • Gunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan 60 persen alkohol
  • Jaga kebersihan barang di rumah atau tempat kerja, seperti gagang pintu, gagang telepon, meja kerja, kursi, dll
  • Sebisa mungkin hindari berbagi makanan, minuman, hingga peralatan makan dan minum dengan orang lain
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang menderita faringitis hingga dia benar-benar sembuh
  • Hindari rokok dan paparan asap rokok secara terus-menerus
  • Hindari alergen (penyebab alergi) seperti debu, zat kimia, atau bulu binatang

Radang tenggorokan bisa menyerang siapa saja. Tanpa menghiraukan latar belakang maupun usia. Maka dari itu, perlu kiranya untuk membiasakan hidup sehat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Jika Anda merasa kondisi tubuh kurang fit, namun merasa kekurangan waktu untuk menjaga kesehatan tubuh, tak perlu risau. K24klik punya paket Pak ISMAN yang siap membantu Anda menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Langsung cek lewat tautan di bawah aja, ya.

Referensi