15 Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk kering dan gatal paling ampuh di apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Batuk non produktif biasanya membuat tenggorokan jadi gatal dan tidak nyaman bahkan untuk menelan. Tenang saja, Anda dapat menggunakan berbagai macam obat batuk kering dan gatal di apotik.

Batuk non produktif atau batuk kering biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari alergi, sesak napas, infeksi virus, gejala flu dan lain sebagainya. Penanganan batuk non produktif pun tergantung pada penyebabnya, salah satunya adalah mengonsumsi obat batuk kering yang tersedia di apotik.

Batuk sendiri merupakan salah satu respon tubuh yang secara alami keluar untuk membersihkan zat yang ada di saluran pernapasan. Biasanya batuk bisa sembuh dengan sendirinya kurang dari tiga minggu, namun bisa juga membutuhkan waktu lebih lama. Hal ini yang pasti membuat aktivitas menjadi terganggu dan perlu untuk segera diatasi.

Rekomendasi Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh di Apotik

Bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi batuk kering? Informasi di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi obat batuk kering dan gatal paling ampuh di apotik.

Baca juga: 15 Obat Batuk Berdahak dan Kering Paling Ampuh di Apotik

1 . Siladex ATT Sirup

obat batuk kering siladex att sirup

Beli Siladex ATT Sirup Klik di Sini

Sirup obat ini mengandung dextromethorphan hydrobromide yang efektif untuk mengatasi permasalahan batuk kering. Anjuran mengonsumsi Siladex ATT Sirup untuk dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun adalah 3 kali sehari sebanyak 1 sendok takar atau 5 ml. Kemudian, Anda dapat memberikan obat ini untuk anak-anak 6-12 tahun dengan takaran 2,5 ml atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/botol

2. Bodrex Flu dan Batuk Kering

obat batuk gatal bodrex flu dan batuk kering

Beli Bodrex Flu dan Batuk Kering Klik di Sini

Kandungan dextromethorphan hbr dalam Bodrex Flu dan Batuk Kering bermanfaat untuk meredakan batuk kering. Tidak hanya itu, obat ini juga efektif untuk meredakan gejala-gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin. Anda dapat mengonsumsi obat ini setelah makan, 3 kali sehari 1 kaplet untuk orang dewasa.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

3. Vicks F44

obat batuk kering vicks f44

Beli Vicks F44 Klik di Sini

Obat sirup yang satu ini dapat mengatasi batuk tidak berdahak atau batuk kering sekaligus meringankan pilek. Vicks F44 dapat dikonsumsi 6 kali sehari sebanyak 5 ml untuk anak-anak berusia 6-12 tahun, sesuai kebutuhan dan anjuran. Kemudian untuk yang berusia lebih dari 12 tahun, dosis sama dengan takaran 10 ml.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

4. Konidin

obat batuk kering konidin

Beli Konidin Klik di Sini

Dalam satu tablet obat konidin mengandung guaifenesin, dextromethorphan hbr dan juga CTM. Konidin efektif untuk mengobati batuk kering, melegakan tenggorokan dan juga antihistamin untuk kondisi alerginya. Anda dapat mengonsumsi obat batuk pilek ini setelah makan.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

5. Woods ATT Sirup

obat batuk kering woods att sirup

Beli Woods ATT Sirup Klik di Sini

Jenis obat batuk antitusif diketahui efektif untuk mengatasi batuk kering. Woods ATT Sirup ini mengandung dextromethorphan hbr dan juga difenhidramin hcl. Obat sirup ini aman untuk dikonsumsi sesudah makan, sesuai dosis yang dianjurkan. Anda dapat membeli Woods ATT Sirup di apotek terdekat atau secara lebih praktis melalui aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/botol

6. Sanadryl DMP

obat batuk kering sanadryl dmp

Beli Sanadryl DMP Klik di Sini

Batuk tidak berdahak ataupun karena alergi biasanya menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman, Anda dapat mengandalkan Sanadryl DMP untuk mengatasinya. Obat batuk kering dan gatal yang satu ini tersedia di apotik dan aman dikonsumsi sesuai dengan anjuran.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/botol

7. Scanidin Tablet

obat batuk kering scanidin tablet

Beli Scanidin Tablet Klik di Sini

Obat batuk kering dan gatal yang bagus di apotik dan dapat digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak usia 6-12 tahun adalah Scanidin Tablet. Obat ini mengandung zat aktif dextromethorphan dan juga diphenhydramine untuk atasi batuk non produktif atau tidak berdahak.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

8. Herbakof Sirup

obat batuk kering herbakof sirup

Beli Herbakof Sirup Klik di Sini

Campuran ekstrak bahan-bahan alami membuat Herbakof Sirup dapat menjadi salah satu obat herbal andalan untuk Anda. Sirup obat ini bermanfaat untuk mengatasi batuk dan juga pelega tenggorokan. Herbakof Sirup dapat dikonsumsi untuk anak-anak usia 6-12 tahun dan juga orang dewasa, sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/botol

9. Intunal

obat batuk kering intunal

Beli Intunal Klik di Sini

Obat batuk dan pilek yang satu ini mengandung paracetamol, phenylpropanolamine hcl, dexchlorpheniramine maleat, dextromethorphan hbr dan juga guaifenesin. Dengan berbagai kandungan tersebut, Intunal efektif untuk meringankan gejala-gejala flu, termasuk batuk kering dan gatal.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

10. Donexan Dx Sirup

obat batuk kering gatal donexan dx sirup

Beli Donexan Dx Sirup Klik di Sini

Sirup obat merupakan jenis yang paling mudah untuk dikonsumsi sekaligus menawarkan efektivitas pengobatan yang baik. Donexan Dx Sirup dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak berusia mulai dari 6tahun. Obat ini efektif untuk meringankan berbagai permasalahan batuk, mulai dari batuk karena alergi, batuk berdahak dan juga batuk kering.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

11. Procold Flu dan Batuk

obat batuk kering procold flu dan batuk

Beli Procold Flu dan Batuk Klik di Sini

Untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin-bersin hingga batuk tidak berdahak, Anda dapat mengonsumsi Procold Flu dan Batuk. Anjuran pengonsumsian obat ini adalah setelah makan. 

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

12. Actifed Cough Sirup Merah

obat batuk kering actifes cough sirup merah

Beli Actifed Cough Sirup Merah Klik di Sini

Kandungan tripolidine hcl, pseudoephedrin dan dextromethorphan hbr dalam Actifed Cough Sirup Merah efektif untuk mengatasi gejala flu dengan batuk kering. Perlu diketahui, obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak dibawah 6 tahun. Sebelum minum Actifed Cough Sirup Merah, pastikan Anda telah mengocoknya terlebih dahulu dan mengikuti dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 73 ribu/botol

13. Paramex Flu dan Batuk

obat batuk kering paramex flu dan batuk

Beli Paramex Flu dan Batuk Klik di Sini

Gejala flu seperti sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin hingga batuk kering atau tidak berdahak dapat diatasi dengan Paramex Flu dan Batuk. Obat ini mengandung zat aktif pseudoephedrine hcl dan juga dextromethrophan hbr serta paracetamol. Untuk anak-anak usia 6-12 tahun, Anda dapat memberikannya 3 kali sehari sebanyak setengah tablet.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

14. Triaminic Batuk Syr

obat batuk kering triaminic batuk syr

Beli Triaminic Batuk Syr Klik di Sini

Obat batuk kering untuk anak yang paling ampuh dan tersedia di apotik adalah Triaminic Batuk Syr. Sirup obat ini mengandung pseudoephedrine dan dextromethorphan yang efektif untuk obati gejala flu disertai batuk untuk anak-anak mulai usia 6 tahun. Beberapa efek samping yang mungkin timbul diantaranya adalah pusing, mengantuk dan mual.

Kisaran harga: Rp 87 ribu/botol

15. Levosif

obat batuk kering levosif

Beli Levosif Klik di Sini

Bahan aktif levodropopizine bekerja untuk memengaruhi sistem saraf pusat dan menjadi terapi pengobatan yang baik dalam mengatasi batuk kering tidak berdahak. Levosif dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 70 ribu/botol

Itulah tadi rekomendasi obat batuk kering dan gatal paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila merasa kondisi batuk dan tenggorokan semakin tidak nyaman, Anda mungkin memerlukan konsultasi pada dokter ahli. Batuk yang tidak kunjung sembuh dalam waktu lama, mungkin saja menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Beli obat, vitamin ataupun susu kini dapat lebih praktis menggunakan aplikasi K24Klik. Tidak perlu repot keluar rumah, Anda dapat memesan berbagai kebutuhan farmasi yang lengkap, 100% asli dengan jaminan pengiriman cepat. Yuk unduh aplikasi K24Klik di Playstore atau App Store, dapatkan manfaatnya sekarang juga.

Referensi:

https://www.healthline.com/health/dry-cough diakses pada 6 April 2023

https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-medication-for-dry-cough diakses pada 6 April 2023