24 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat radang tenggorokan paling ampuh di apotik

Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat radang tenggorokan dapat mengatasi faringitis atau salah satu gangguan saluran pernapasan atas yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit, terutama saat menelan.

Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi peradangan pada tenggorokan yang menimbulkan rasa gatal, sakit saat menelan hingga batuk dan demam. Untuk membantu mengatasi rasa sakit tersebut, obat radang tenggorokan pun dibutuhkan.

Pada beberapa kasus, radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, memeriksakan diri ke dokter ataupun mengonsumsi obat-obatan bekerja ampuh untuk mempercepat proses pemulihan ataupun mencegahnya bertambah parah.

Radang tenggorokan bisa saja terus-menerus disertai dengan beragam keluhan lain yang mengganggu seperti demam dan batuk kering. Biasanya kondisi tersebut dapat menjadi gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius seperti infeksi pada tenggorokan.

Baca juga: 15 Obat Sakit Tenggorokan di Apotik yang Bagus

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh di Apotik

Pengobatan radang tenggorokan sendiri tergantung pada penyebab dan juga gejala yang dialami. Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat radang tenggorokan paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Fisherman’s Friend Spearmint

obat radang tenggorokan fisherman friend spearmint

Beli Fisherman’s Friend Spearmint Klik di Sini

Permen yang mengkombinasikan liquorice, dextrin, menthol, gom trgakan, minyak eukaliptus dan juga tinctur capsium ini dapat berperan sebagai pelega tenggorokan. Selain itu, Fisherman’s Friend Spearmint juga dapat memberikan sensasi segar pada mulut.

Anda dapat mengonsumsi permen obat pelega tenggorokan ini beberapa kali dalam sehari sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/pcs

2. FG Troches Meiji

obat radang tenggorokan fg troches

Beli FG Troches Meiji Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan FG Troches Meiji untuk mengobati radang tenggorokan. Dengan kandungan utama fradiomycin dan juga gramicidin di dalamnya, obat ini dapat membunuh beragam bakteri penyebab peradangan pada mulut dan tenggorokan.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan FG Troches Meiji. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

3. Strepsils Cool

obat radang tenggorokan strepsils cool

Beli Strepsils Cool Klik di Sini

Obat radang tenggorokan yang satu ini memiliki kandungan zat aktif amylmetakresol dan juga dichlorobenzyl di dalamnya. Sama seperti Fisherman’s, Strepsils Cool merupakan permen pelega tenggorokan yang efektif membantu pengobatan radang tenggorokan.

Tidak hanya bekerja sebagai pelega tenggorokan, Strepsils Cool juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/pcs

4. Cooling 5 Spray

obat radang tenggorokan di apotik cooling 5 spray

Beli Cooling 5 Spray Klik di Sini

Cooling 5 Spray mengandung Phenol crystal 1,4% yang dapat membunuh kuman penyebab radang tenggorokan, melegakan tenggorokan, dan meredakan nyeri dan tidak nyaman di tenggorokan. 

Cara menggunakan Cooling 5 Spray ini adalah dengan menyemprotkannya tepat ke arah setenggorokan, 2-3 kali semprotan tiap 3 jam sekali hingga radang tenggorokan mereda. Produk dijamin 100% asli, Anda dapat membeli obat ini di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 46 ribu/botol

5. Hexadol Mint Gargle

obat radang tenggorokan paling ampuh hexadol mint gargle

Beli Hexadol Mint Gargle Klik di Sini

Infeksi ringan juga dapat menyebabkan radang tenggorokan dan salah satu cara mengatasinya adalah memanfaatkan obat kumur seperti Hexadol Mint Gargle. Obat kumur ini memiliki kandungan hexetidine di dalamnya.

Anda dapat menggunakan 15 ml larutan Hexadol Mint Gargle untuk berkumur selama 30 detik pada pagi dan malam hari.

Kisaran harga: Rp 39 ribu/botol

6. Degirol

obat radang tenggorokan degirol loz tablet

Beli Degirol Loz Tablet Klik di Sini

Kandungan dequalinium chloride dalam Degirol Loz Tablet dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan, radang tenggorokan dan juga infeksi selaput lendir mulut. Anda dapat mengonsumsi 1 tablet hisap Degirol setiap 3-4 jam sekali, maksimum 8 tablet sehari.

Dapatkan penawaran harga terbaik untuk pembelian Degirol di aplikasi K24Klik khusus untuk Anda.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

7. Lamandel

obat radang tenggorokan lamandel

Beli Lamandel Klik di Sini

Lamandel mengandung starcytarpheta folia, centela asiatica dan curcuma rhizoma. Beberapa manfaat dari Lamandel adalah mengatasi batuk, gangguan amandel, rasang tenggorokan, memperbaiki nafsu makan hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda dapat melarutkan 2 sendok teh Lamandel dengan 150 ml air hangat, minum segera selagi hangat untuk 3 kali sehari secara teratur.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/pcs

8. Tantum Loz Tablet

obat radang tenggorokan tantum loz tablet

Beli Tantum Loz Tablet Klik di Sini

Berfungsi sebagai antiseptik tenggorokan dan area mulut, Tantum Loz Tablet dapat membantu meredakan radang ataupun sakit tenggorokan. Komposisi dari obat ini adalah benzydamine HCl.

Untuk radang tenggorokan ringan, Anda dapat mengonsumsi 1 tablet hisap ini tiap 3 jam sekali. Aturan maksimal mengonsumsi Tantum Loz Tablet adalah 12 tablet hisap tiap hari untuk penggunaan tidak lebih dari 7 hari.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/dos

9. Adem Sari

obat radang tenggorokan di apotek adem sari

Beli Adem Sari Klik di Sini

Minuman penyejuk yang satu ini mengandung ekstrak citrus aurantifolia, aayxia stellata ret.cortex,, cinamommym burmanni BI cortex dan juga vitamin C. Manfaat dari Adem Sari adalah meredakan beragam gejala panas dalam, termasuk peradangan pada tenggorokan.

Kisaran harga: 18 ribu/dos isi 5 sachet

10. Efisol C Loz Tablet

obat radang tenggorokan efisol c loz tablet

Beli Efisol C Loz Tablet Klik di Sini

Efisol C Loz Tablet merupakan lozenges atau tablet hisap dapat digunakan untuk mengatasi infeksi seperti sariawan dan rongga mulut serta bau mulut yang disebabkan oleh infeksi dan juga dapat mengurangi sakit tenggorongan.

Obat ini masuk dalam golongan obat bebas terbatas diproduksi oleh Novell Pharma. Anda dapat mengonsumsi Efisol C Loz Tablet tiap 3 jam sekali saat radang menyerang dan tiap 4-5 jam sekali saat sakitnya sudah mereda.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

11. New Hau Fung San

obat radang tenggorokan di apotik new hau fung san

Beli New Hau Fung San Klik di Sini

New Hau Fung San adalah sebuah obat herbal yang berasal dari china dapat mengobati seperti sariawan, sakit tenggorokan & sakit gigi. Obat ini masuk dalam golongan obat jamu dalam penyajiannya bisa ditaburkan pada mulut ataupun tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/pcs

12. Larutan Cap Kaki Tiga

obat radang tenggorokan larutan cap kaki tiga

Beli Larutan Cap Kaki Tiga Klik di Sini

Larutan penyegar yang dapat membantu meredakan panas dalam, Larutan Cap Kaki Tiga juga dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Komposisi dari larutan ini adalah gypsum fibrosum, calcitum, frukosa, perisa asam sitrat, natrium klorida dan juga air.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/botol

13. Larutan Cap Badak

obat radang tenggorokan larutan cap badak

Beli Larutan Cap Badak Klik di Sini

Larutan Cap Badak adalah sebuah resep herbal yang berasal dari jerman yang dapat membantu mengatasi panas dalam, sariawan dan tenggorokan kering. Larutan ini diproduksi oleh Sinde Budi Sentosa.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/pcs

14. Betadine Throat Spray

obat radang tenggorokan di apotek betadine throat spray

Beli Betadine Throat Spray Klik di Sini

Mengandung povidone iodine di dalamnya, Betadine Throat Spray merupakan salah satu antiseptik semprot yang bermanfaat untuk gangguan di rongga mulut dan tenggorokan.

Anda dapat menggunakan antiseptik ini untuk meredakan radang tenggorokan, gusi bengkak, sariawan dan juga bau napas tidak sedap. Penggunaannya pun mudah, Anda cukup menyemprotkan 1 kali ke dalam tenggorokan tanpa perlu dibilas.

Ulangi langkah penggunaan Betadine Throat Spray untuk 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 137 ribu/pcs

15. Sp Troches Meiji

obat radang tenggorokan di apotik sp troches meiji

Beli SP Troches Meiji Klik di Sini

Salah satu penyebab radang tenggorokan adalah adanya jamur ataupun bakteri. Untuk mengatasi pertumbuhan jamur dan bakteri tersebut, Anda dapat memanfaatkan SP Troches Meiji.

Obat dengan kandungan zat aktif dequalinium chloride ini bekerja efektif dalam mengatasi infeksi di area rongga mulut maupun tenggorokan. Hadir dalam bentuk tablet hisap, Sp Troches menawarkan varian rasa strawberry dan juga melon yang disukai anak-anak.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/pcs

16. Methylprednisolone

obat radang tenggorokan methylprednisolone

Beli Methylprednisolone Klik di Sini

Merupakan salah satu obat untuk antiinflamasi, Methylprednisolone dapat digunakan sebagai salah satu obat radang tenggorokan. Cara kerja obat ini adalah mencegah pelepasan zat dalam tubuh yang dapat memicu peradangan.

Perlu diketahui bahwa methylprednisolone termasuk dalam golongan obat keras sehingga Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

17. Inxilon

obat radang tenggorokan paling ampuh inxilon

Beli Inxilon Klik di Sini

Obat radang tenggorokan paling ampuh di apotik yang satu ini memiliki kandungan methylprednisolone di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi Inxilon sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Alami

Selain memanfaatkan obat-obatan di apotik, Anda juga dapat menggunakan obat herbal untuk mengatasi radang tenggorokan. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat tenggorokan alami yang dapat Anda gunakan.

18. Air Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang serbaguna garam dikenal dapat membunuh bakteri di tenggorokan. Anda dapat membuat larutan air garam dengan resep 2 sendok teh garam dan juga segelas penuh air hangat untuk membantu meredakan radang tenggorokan dengan cara berkumur. 

19. Madu

Dengan berbagai macam kandungannya madu dapat membantu proses penyembuhan luka termasuk juga dengan penyembuhan radang pada tenggorokan. Anda dapat mengonsumsi madu dengan mencampurkannya dengan minuman hangat.

20. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai kandungan sifat anti bakteri yang mempunyai keunggulan dalam melawan infeksi. Dengan mengonsumsi bawang putih, dapat membantu Anda meredakan infeksi penyebab radang tenggorokan.

21. Soda kue 

Berkumur dengan campuran soda kue dan garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Larutan ini dapat membantu membasmi bakteri dan juga mengantisipasi pertumbuhan jamur.

22.  Teh Chamomile

Chamomile adalah jenis tumbuhan bunga aster yang mempunyai beragam khasiat. Teh Chamomile mempunyai kandungan anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu mengobati infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

23. Akar Manis 

Licorice atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan akar manis ini merupakan salah satu tanaman kaya manfaat. Salah satunya, licorice bisa dibuat untuk teh ataupun digunakan berkumur untuk membantu mengatasi radang tenggorokan.

24. Cuka Sari Apel

obat radang tenggorokan cuka apel

Beli Cuka Sari Apel Klik di Sini

Cuka apel mempunyai kandungan alami antibakteri yang dapat membasmi infeksi. Kandungan asam dapat menghentikan lendir yang berada pada tenggorokan dan menghentikan bakteri bertambah banyak.

Itulah tadi beragam rekomendasi obat radang tenggorokan paling ampuh di apotik dan juga obat radang tenggorokan alami yang dapat Anda manfaatkan.

Apabila radang tenggorokan tidak kunjung membaik, segera periksakan pada dokter ahli untuk pengobatan terbaik.

Butuh obat, vitamin ataupun susu? Tidak perlu repot keluar rumah melawan teriknya matahari ataupun hujan-hujanan, hidup sehat jadi lebih praktis bersama K24Klik!

Aplikasi beli obat online kami telah tersedia di Play Store dan juga App Store, siap melayani Anda 24 jam nonstop dimanapun sekarang juga!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/pharyngitis diakses pada 1 Maret 2024