Amoxicillin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

amoxicillin
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Amoxicillin adalah antibiotik penisilin yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan bakteri gram positif atau gram negatif, utamanya bakteri streptokokus penyebab infeksi saluran pernapasan atas. Terbuat dari jamur penisilin, amoxicillin trihydrate sering diresepkan sebagai obat generik. Namun, obat ini juga tersedia dengan merek dagang amoxicillin.

Amoksisilin bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat amoxicillin juga sering diresepkan untuk mengobati radang amandel, radang paru-paru, bronkitis, serta infeksi pada telinga, hidung, tenggorokan, kulit, dan saluran kemih.

Amoksisilin kerap digunakan bersama antibiotik klaritromisin untuk mengobati penyakit tukak lambung akibat infeksi Helicobacter Pylori. Terkadang, kombinasi obat ini digunakan bersama pereda asam lambung, yakni lansoprazole.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa penggunaan obat golongan keras ini harus dengan resep dokter. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat atau ketika tidak diperlukan akan menyebabkan obat tidak berfungsi di masa mendatang.

Manfaat Amoxicillin

Amoksisilin dapat membunuh dan menghentikan perkembangbiakan bakteri. Obat ini tidak dijual bebas sehingga harus berdasarkan resep dokter. Amoxicillin bermanfaat untuk mengatasi Antraks dan Staphylococcus aureus yang menyebabkan infeksi kulit serta keracunan makanan dan E. coli jenis tertentu yang menyebabkan sakit perut dan diare.

obat amoxicillin trihydrate

Beli Amoxicillin Trihydrate Sirup Klik di Sini

Supaya lebih jelas, berikut manfaat dan kegunaan amoxicillin:

● Mengatasi Bronkitis Akut

Bronkitis adalah penyakit peradangan saluran napas yang menyebabkan paru-paru berlendir. Penyakit ini dapat terjadi akibat infeksi bakteri. Gejala bronkitis, meliputi sesak dada, mengi, batuk berdahak, sakit tenggorokan, pegal-pegal, dan demam disertai tubuh menggigil.

● Mengatasi Infeksi THT

Amoxicillin juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi Telinga Hidung, dan Tenggorokan (THT). Infeksi tersebut termasuk sinus, otitis eksterna (infeksi telinga luar), serta otitis media (infeksi telinga tengah). Amoxicillin ampuh membunuh penyebab infeksi bakteri, yakni Haemophilus influenzae dan Streptococcus pneumoniae.

● Mengatasi Infeksi Kulit

Amoxicillin efektif mengatasi gejala eksim yang ditandai kemerahan, peradangan atau bengkak, dan gatal pada kulit. Meskipun tidak menular, gejala tersebut menyebabkan ketidaknyaman pada kulit yang terkena. Sebagian kecil kasus eksim juga disertai lepuhan berisi air yang menjadi tanda serangan infeksi.

● Mengobati Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Infeksi Saluran Kencing terjadi ketika bakteri masuk ke kandung kemih serta saluran kencing ataupun ginjal. Penyakit ISK ditandai gejala berupa nyeri ketika buang air kecil, peningkatan keinginan buang air kecil, penurunan volume urin, dan urin yang berbau tidak sedap.

Pemberian dosis amoxicillin tergantung jenis bakteri yang menyebabkan infeksi dan tingkat keparahan gejala.

Komposisi Amoxicillin

Amoksisilin terdiri dari kapsul, tablet, sirup, dan injeksi dengan komposisi:

  • Setiap kapsul mengandung amoxicillin 500mg dan 250 mg.
  • Setiap 5 mL amoxicillin sirup mengandung amoksisilin setara 125 mg atau 250 mg.
  • Setiap tablet amoksisilin 250 mg atau 500 mg.
  • Setiap vial injeksi mengandung amoksisilin 500 mg atau 1.000 mg.
amoxicillin hexpharm

Beli Amoxicillin Hexpharm Klik di Sini

Jenis Amoxicillin

Lantaran termasuk obat generik, harga amoxicillin sangat terjangkau. Namun, obat dengan merek dagang tertentu biasanya dibanderol sedikit lebih mahal. Adapun beberapa jenis amoxicillin yang dijual di pasaran, antara lain:

  • Amoxil
  • Amoxil Pediatric Drops
  • Dispermox
  • Moxatag
  • Wymox
  • Trimox
  • Trimox Pediatric Drops
  • Larotid Suspension
  • Polymox Suspension
  • Talicia (kombinasi amoxicillin, omeprazole, dan rifabutin)

Dosis dan Aturan Pakai Amoxicillin

Sebagaimana diketahui, amoksisilin hadir dalam bentuk yang bervariasi. Adapun dosis dan aturan pakainya, sebagai berikut.

  • Disarankan mengonsumsi amoksisilin di waktu yang sama.
  • Ikuti petunjuk yang tertera pada label resep dengan teliti dan hati-hati. Apabila kurang mengerti, sebaiknya hubungi dokter Anda atau bertanya pada apoteker yang bertugas. mengerti.
  • Pastikan mengonsumsi amoksisilin sesuai dosis, tidak boleh kurang ataupun lebih.
  • Amoksisilin cair harus dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini dilakukan supaya obat tercampur sempurna.
  • Amoksisilin tablet (biasa) atau kapsul harus ditelan secara utuh dengan bantuan air putih. Hindari menghancurkan atau mengunyahnya, kecuali tablet kunyah.
  • Amoxicillin harus diminum hingga dosis habis, sekalipun tubuh telah membaik. Apabila konsumsi dihentikan sebelum dosis habis, bakteri akan kebal terhadap antibiotik.
amoxicillin supramox

Beli Supramox Klik di Sini

Peringatan Tentang Amoxicillin

Untuk menjaga khasiat amoksisilin, penyimpanannya wajib diperhatikan. Obat ini harus disimpan dalam suhu ruang.

Bagi penderita asma, penyakit hati atau ginjal, gangguan pendarahan atau pembekuan darah, mononucleosis, atau jenis alergi lainnya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Efek Samping dan Bahaya Amoxicillin

Tak hanya mengobati, amoksisilin juga memiliki efek samping dan membahayakan tubuh apabila tidak digunakan sesuai dosis. Adapun efek samping dan bahayanya, antara lain:

  • Obat antibiotik bisa menyebabkan diare. Apabila mengalami diare berair atau berdarah, hentikan konsumsi amoxicillin dan segera hubungi dokter. Hindari mengonsumsi obat untuk diare tanpa anjuran atau resep dokter.
  • Sakit perut disertai mual.
  • Pusing dan sakit kepala.
  • Perubahan rasa pada lidah.

Amoxicillin Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Antibiotik ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Untuk menghindari hal tak diinginkan, pastikan mengikuti anjuran yang dokter berikan. Umumnya, dosis amoksisilin bagi ibu hamil dan menyusui sekitar 250 mg sampai 500 mg. Namun, dokter akan meresepkan dosis tepat sesuai dengan penyakit atau infeksi yang diderita.

Demikianlah informasi mengenai amoxicillin yang perlu diketahui. Apabila membutuhkan obat tersebut, jangan ragu berbelanja via online di K24Klik. Nikmati kemudahan beli obat di mana saja dan kapan saja tanpa repot via aplikasi. Yuk, download aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, beli produk farmasi tanpa ribet!

Referensi:

https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a685001.html diakses pada 26 Maret 2023

https://www.nhs.uk/medicines/amoxicillin/ diakses pada 26 Maret 2023

https://www.drugwatch.com/drugs/amoxicillin/ diakses pada 26 Maret 2023

https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1531-3295/amoxicillin-oral/amoxicillin-oral/details diakses pada 26 Maret 2023