15 Obat Amandel di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Radang Amandel di Apotik Paling Ampuh Tanpa Operasi

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat amandel dibutuhkan untuk bantu mengatasi peradangan yang menyebabkan pembengkakkan dan juga rasa nyeri tidak nyaman di tenggorokan.

Saat infeksi menyerang, amandel (tonsil) dapat mengalami peradangan dan diikuti dengan beragam keluhan ketidaknyamanan lainnya. Untuk bantu mengatasinya, beragam obat amandel di apotik dapat menjadi andalan Anda.

Beberapa gejala dari radang amandel sendiri adalah pembengkakkan amandel, rasa nyeri pada tenggorokan, dan kesulitan serta ketidaknyamanan saat menelan. Penggunaan obat amandel pada tiap orang bisa jadi berbeda-beda, tergantung pada keparahan kondisi.

Baca juga: 15 Obat Sakit Tenggorokan di Apotik yang Bagus

Rekomendasi Obat Amandel di Apotik Paling Ampuh

Pada beberapa kasus, dokter biasanya akan menyarankan operasi untuk mengatasi radang amandel. Tindakan tersebut biasanya dilakukan pada radang amandel yang sering kambuh, tidak membaik meskipun sudah diberi obat hingga menimbulkan komplikasi serius.

Sedangkan pada radang amandel ringan, penggunaan obat dapat menjadi langkah pertama yang tepat. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat amandel di apotik paling ampuh yang dapat Anda coba manfaatkan.

1. Hexadol Gargle

obat amandel paling ampuh di apotek hexadol gargle

Beli Hexadol Gargle Klik di Sini

Infeksi bakteri yang membuat radang amandel dapat diatasi dengan penggunaan obat kumur seperti Hexadol Gargle. Obat kumur antibakteri dan antijamur ini dapat membantu Anda mengurangi efek infeksi.

Tidak hanya itu, penggunaan Hexadol Gargle juga dapat meredakan rasa nyeri yang dialami saat radang amandel. Anda dapat menggunakan obat kumur ini untuk dua kali sehari.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/botol

2. Lamandel

obat amandel paling ampuh lamandel

Beli Lamandel Klik di Sini

Lamandel merupakan obat amandel alami yang mengkombinasikan bahan herbal alami seperti stracytarpheta, centela asiatica dan juga curcuma rhizoma. Selain bantu mengobati amandel, obat ini juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan tenggorokan kering.

Dosis anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari pada saat radang amandel menyerang. Sedangkan untuk konsumsi rutin guna meningkatkan daya tahan tubuh maupun memperbaiki nafsu makan, minum Lamandel sekali sehari.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/dos

3. Paracetamol

obat amandel di apotik paracetamol sirup

Beli Paracetamol Klik di Sini

Rasa nyeri saat radang amandel biasanya dapat membuat Anda tidak nyaman hingga sulit untuk menelan makanan atau minuman. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, Anda dapat memanfaatkan Paracetamol.

Dengan kondisi tenggorokan yang sedang bermasalah, jenis obat sirup dari Paracetamol merupakan pilihan yang tepat. Penggunaan obat ini juga dapat mengatasi demam yang muncul akibat infeksi.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/botol

4. Ibuprofen

obat sakit amandel ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Selain Paracetamol, Ibuprofen Sirup juga menjadi salah satu obat anti nyeri andalan untuk meredakan beragam keluhan saat radang amandel menyerang. Termasuk dalam golongan obat bebas terbatas, pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

5. Tantum Loz Tablet

obat amandel di apotek tantum loz tablet

Beli Tantum Loz Tablet Klik di Sini

Dengan kandungan benzydamine HCl di dalamnya, Tantum Loz Tablet merupakan obat tablet hisap yang berperan sebagai antiseptik tenggorokan. Obat ini dapat membantu meredakan sakit dan juga radang pada tenggorokan termasuk radang amandel.

Anjuran menggunakan obat ini adalah 1 tablet hisap tiap 2-3 jam sekali, dengan aturan maksimal 12 tablet sehari.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/dos

6. Sp Troches Meiji Loz Tablet

obat amandel sp troches meiji loz tablet

Beli Sp Troches Meiji Loz Tablet Klik di Sini

Antiseptik mulut yang mengandung dequalinium chloride, Sp Troches Meiji Loz Tablet juga dapat menjadi obat amandel andalan Anda. Dequalinium chloride sendiri dikenal ampuh atasi beragam keluhan infeksi ringan di area mulut dan tenggorokan.

Dikemas dalam bentuk tablet hisap, Anda dapat mengonsumsi obat ini 6-8 kali sehari dengan rentang 2-3 jam sekali. Tersedia di K24Klik, Sp Troches Meiji Loz Tablet memiliki varian rasa strawberry dan melon.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

7. Spiramycin

obat amandel terbaik spiramycin

Beli Spiramycin Klik di Sini

Antibiotik biasa diresepkan untuk menangani infeksi penyebab radang amandel. Anda dapat memanfaatkan Spiramycin sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Perlu diketahui bahwa penggunaan antibiotik sendiri tidak bisa secara sembarangan. Termasuk dalam golongan obat keras, Spiramycin memerlukan resep dokter untuk pembeliannya.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/strip

8. Cefixime

obat amandel di apotek cefixime

Beli Cefixime Klik di Sini

Selain spiramycin, obat antibiotik yang juga ampuh untuk mengatasi radang amandel adalah Cefixime. Obat antibiotik ini dapat menghambat ataupun mematikan bakteri penyebab infeksi dari radang amandel.

Apabila dokter telah meresepkan obat antibiotik Cefixime, pastikan untuk mengonsumsinya sampai habis guna mengoptimalkan efektivitas obat.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/strip

9. Clindamycin

antibiotik obat amandel clindamycin

Beli Clindamycin Klik di Sini

Clindamycin merupakan kelompok antibiotik yang dapat melawan bakteri infeksi bakteri dalam tubuh. Tentunya, obat-obatan dengan bahan ini perlu sangat diperhatikan dosis penggunaannya.

Jika menggunakan clindamycin, jangan abaikan aturan pakai dan gunakan sesuai petunjuk dokter agar efektivitas obat tercapai dan tidak menimbulkan resistensi.

Kisaran harga: 11 ribu/strip

10. Cefadroxil

obat antibiotik amandel cefadroxil

Beli Cefadroxil Klik di Sini

Tanpa operasi, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk menangani radang amandel. Antibiotik golongan sefalosporin, Cefadroxil dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi radang amandel.

Dosis penggunaan obat antibiotik ini adalah 2 kali sehari 1 kapsul tiap kali minum atau sesuai petunjuk dokter. Pastikan untuk mengonsumsi antibiotik sampai habis sesuai anjuran dokter untuk memaksimalkan efektivitas obat dan mencegah resistensi.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/strip

11. Pyxime

obat amandel paling ampuh pyxime

Beli Pyxime Klik di Sini

Mengandung cefixime, Pyxime merupakan obat antiiotik yang digunakan untuk menangani peradangan pada tenggorokan, radang amandel, infeksi saluran kemih hingga bronkitis kronis.

Semua jenis obat antibiotik membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya di apotik. Selalu perhatikan anjuran dosis penggunaan Pyxime guna menghindari resistensi obat. 

Kisaran harga: Rp 32 ribu/tablet

12. Azithromycin

antibiotik ampuh untuk amandel azithromycin

Beli Azithromycin Klik di Sini

Azithromycin merupakan obat antibiotik yang masuk golongan makrolida. Obat ini memiliki mekanisme kerja yaitu menghentikan pertumbuhan bakteri, sehingga sistem kekebalan tubuh dapat lebih mudah membunuh bakteri penyebab infeksi radang amandel.

Kisaran harga: Rp 54 ribu/strip

13. Amoxicillin

obat antibiotik untuk amandel amoxicillin

Beli Amoxicillin Klik di Sini

Salah satu antibiotik yang banyak diberikan untuk mengatasi amandel adalah amoxicillin, terutama untuk gangguan kesehatan karena infeksi di area THT dan pernapasan atas.

Obat ini bisa digunakan oleh anak-anak maupun dewasa dengan dosis yang ditentukan oleh dokter.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

14. Dexamethasone

obat amandel di apotek dexamethasone

Beli Dexamethasone Klik di Sini

Radang amandel dapat menyebabkan pembengkakkan yang menganggu dan sakit tenggorokan. Untuk membantu pembengkakkan tersebut membaik, Anda dapat memanfaatkan Dexamethasone.

Obat golongan kortikosteroid ini ampuh dalam mengurangi peradangan dan pembengkakkan. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat amandel yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

15. Farsifen

obat amandel di apotik farsifen

Beli Farsifen Klik di Sini

Merupakan versi paten dari Ibuprofen, Farsifen dapat menjadi salah satu obat anti nyeri untuk meredakan rasa sakit saat radang amandel menyerang. Obat ini aman dikonsumsi 6-8 jam sekali dengan dosis maksimal 1.200 mg per hari.

Selain meredakan nyeri, obat ini juga dapat membantu meringankan demam yang terjadi akibat infeksi saat radang amandel.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat amandel di apotik paling ampuh yang dapat Anda coba manfaatkan. Apabila radang amandel tidak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter ahli guna mendapatkan penanganan terbaik.

Butuh obat mendadak dan kehabisan stok di rumah? Kapanpun, dimanapun, aplikasi K24Klik siap jadi andalan Anda!

Unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, dapatkan beragam penawaran menarik khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/symptoms-causes/syc-20378479 diakses pada 16 Februari 2024