17 Obat Diare Dewasa yang Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Diare di Apotik untuk Anak dan Dewasa

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat diare dewasa dibutuhkan untuk menangani gangguan pencernaan yang menyebabkan frekuensi buang air besar jadi lebih sering dengan feses cair atau lembek.

Diare merupakan salah satu penyakit yang sering dialami baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Membuat frekuensi buang air besar jadi lebih sering hingga tubuh kehilangan cairan, Anda dapat memanfaatkan obat diare dewasa untuk mengatasinya.

Penanganan diare sendiri harus dilakukan dengan segera untuk mengurangi keparahan penyakit, termasuk mengganggu kenyamanan aktivitas harian orang dewasa. Terlebih lagi jika harus melakukan pekerjaan rutin, diare dapat menghambat Anda.

Selain frekuensi buang air besar jadi lebih sering, gejala lain dari diare yang biasa dialami adalah konsistensi feses lembek, cair atau bahkan berlendir.

Baca juga: 15 Obat Diare Anak Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Diare Dewasa yang Ampuh di Apotik

Obat diare sendiri memiliki beberapa kategori mulai dari obat antidiare, adsorben, spasmolitik, antibiotik, pengganti cairan tubuh dan juga suplementasi. Penggunaan jenis obat diare tentunya sesuai dengan keparahan penyakit yang dialami.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat diare dewasa yang ampuh dan tersedia di apotik maupun aplikasi beli obat online K24Klik.

1. Diapet

obat diare dewasa diapet

Beli Diapet Klik di Sini

Salah satu obat herbal diare paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan adalah Diapet. Obat ini mengandung daun jambu biji, rimpang kunyit, buah mojokeling dan juga kulit buah delima di dalamnya.

Kombinasi bahan herbal dalam obat ini dapat membantu mengurangi frekuensi buang air besar. Tidak hanya itu, Diapet juga dapat mengurangi kadar air dalam feses agar konsistensi feses menjadi lebih padat.

Untuk dewasa, Anda dapat mengonsumsi obat ini 2 kali sehari dengan aturan pakai 2 kapsul sekali minum.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip isi 10 kapsul

2. Zinc

obat diare dewasa yang ampuh zinc

Beli Zinc Klik di Sini

Suplementasi mineral yang kaya akan khasiat, Zinc dapat membantu mengatasi diare pada dewasa maupun anak. Manfaat Zinc dapat dilihat dari berkurangnya frekuensi buang air besar, jumlah feses yang dikeluarkan dan juga mencegah diare berkepanjangan.

Apabila diare disertai dengan sakit perut melilit, penggunaan Zinc pada dewasa mungkin perlu dikombinasikan dengan obat lain sesuai petunjuk dokter. Anjuran mengonsumsi Zinc pada dewasa adalah 10-20mg, 1 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

3. Oralit

obat diare dewasa di apotik oralit

Beli Oralit Klik di Sini

Saat diare, tubuh dapat kehilangan cairan dan elektrolit yang berpotensi menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti mual, muntah hingga nyeri otot. Salah satu terapi rehidrasi oral yang dapat Anda manfaatkan adalah mengonsumsi Oralit.

Produk ini dapat membantu Anda mengembalikan cairan tubuh saat diare dan mencegah kekurangan elektrolit. Cara penggunaan Oralit adalah dengan melarutkannya ke dalam air kemudian segera konsumsi untuk 3 jam sekali atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/pcs

4. Ramolit

obat diare dewasa ramolit

Beli Ramolit Klik di Sini

Memiliki manfaat yang sama seperti Oralit, Ramolit hadir dengan rasa jeruk yang menyegarkan. Komposisi dari obat ini adalah dextrose/glucose anyhydrous, sodium chloride, potassium chloride dan juga trisodium citrate.

Produk ini dapat membantu Anda mencegah dehidrasi pada tubuh saat diare sekaligus menjaga keseimbangan elektrolit.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/pcs

5. Diatabs

obat diare dewasa diatabs

Beli Diatabs Klik di Sini

Attapulgite merupakan salah satu bahan kimia yang masuk kategori adsorben dan terkandung dalam Diatabs. Attapulgite dapat digunakan sebagai obat diare paling ampuh terutama jika Anda mengalami diare yang tidak disebabkan oleh mikroorganisme patogen.

Sebagai adsorben, attapulgite bekerja dengan mengikat racun yang ada di usus. Selain itu, attapulgite juga mampu menekan jumlah cairan yang dikeluarkan bersama feses. Dengan demikian, konsistensi feses dapat kembali padat.

Termasuk golongan obat bebas, Anda dapat membeli obat ini langsung di apotik atau aplikasi K24Klik dengan penawaran harga terbaik.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

6. Neo Entrostop

obat diare neo entrostop

Beli Neo Entrostop Klik di Sini

Alternatif obat diare dengan kandungan attapulgite lainnya adalah Neo Entrostop. Kandungan attapulgite dari obat ini 650 mg dan juga dikombinasikan dengan pektin yang dapat membantu meredakan gejala diare.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 2 tablet setelah buang air besar dengan aturan maksimal penggunaan 12 tablet/hari.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

7. Norit

obat diare dewasa paling ampuh norit

Beli Norit Klik di Sini

Karbon aktif yang bekerja efektif dalam mengatasi gangguan pencernaan, Norit dapat menjadi salah satu obat mencret andalan Anda. Obat dengan kandungan karbon aktif yang berfungsi sebagai adsorben, Norit dapat dikonsumsi 5-7 tablet sekali minum.

Dosis maksimal penggunaan obat diare ampuh yang satu ini adalah 20 tablet dalam sehari. Norit juga dapat menjadi obat yang ampuh dalam menangani keracunan makanan atau overdosis obat.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/pcs

8. Guanistrep

obat diare paling ampuh di apotik guanistrep

Beli Guanistrep Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan kaolin dan juga pektin, Guanistrep dapat meredakan diare. Cara kerja obat ini adalah menyerap racun, membentuk lapisan pelindung pada dinding usus dan juga memadatkan feses yang cair.

Untuk dewasa, Anda dapat mengonsumsi obat ini 2 sendok takar atau setara 10 ml setiap setelah buang air besar dengan dosis maksimal 60ml/hari. Obat ini tersedia di aplikasi K24Klik dengan penawaran gratis ongkos pengiriman khusus untuk Anda.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/botol

9. Inamid

obat diare dewasa inamid

Beli Inamid Klik di Sini

Obat diare untuk dewasa dengan kandungan loperamide di dalamnya, Inamid dapat menekan motilitas usus sehingga frekuensi buang air besar akan berkurang.

Selain itu, loperamide juga dapat mengurangi kadar air feses sehingga konsistensi menjadi lebih padat. Perlu diketahui bahwa Anda memerlukan resep dokter untuk membeli obat keras yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

10. Lodia

obat diare dewasa paling ampuh lodia

Beli Lodia Klik di Sini

Serupa dengan Inamid, Lodia juga merupakan obat diare yang mengandung loperamide HCl sebagai kandungan utamanya. Obat ini dapat dikonsumsi 1-2 kali sehari setiap setelah BAB, 2 tablet sekali minum atau sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/strip

11. Imodium

obat diare paling ampuh imodium

Beli Imodium Klik di Sini

Obat anti spasmodik, Imodium merupakan salah satu obat yang ampuh bekerja dalam mengatasi diare. Termasuk dalam golongan obat keras dan perlu resep dokter untuk mendapatkannya, Imodium mengandung loperamide di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tablet

12. Cotrimoxazole

obat diare di apotik cotrimoxazole

Beli Cotrimoxazole Klik di Sini

Salah satu penyebab diare adalah infeksi bakteri, nah untuk mengobatinya Anda memerlukan antibiotik. Cotrimoxazol merupakan antibiotik yang dapat mengatasi diare dan merupakan obat keras yang perlu resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

13. Ciprofloxacin

obat diare ciprofloxacin

Beli Ciprofloxacin Klik di Sini

Obat antibiotik selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi diare adalah ciprofloxacin. Serupa dengan cotrimoxazole, ciprofloxacin juga tergolong sebagai antibiotik spektrum luas.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat antibiotik ini.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

14. Nifudiar

obat diare paling ampuh nifudiar

Beli Nifudiar Klik di Sini

Antibiotik golongan nitrofuran, Nifudiar merupakan salah satu obat yang bekerja efektif dalam mengobati diare akibat infeksi bakteri. Tiap 5 ml obat ini mengandung nifuroxazide di dalamnya.

Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat antibiotik yang satu ini karena termasuk dalam golongan obat keras.

Kisaran harga: Rp 49 ribu/botol

15. Kaotin Sirup

obat diare dewasa kaotin sirup

Beli Kaotin Sirup Klik di Sini

Mengkombinasikan kaolin dan juga pectin, Kaotin Sirup dapat membantu mengobati beragam gejala diare ringan. Anda dapat mengonsumsi obat ini 3-4 kali sehari sebanyak 10ml tiap kali minum setelah buang air besar.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/botol

16. Arcapec Tablet

obat diare arcapec tablet

Beli Arcapec Klik di Sini

Arcapec merupakan obat diare non spesifik yang memiliki kandungan attapulgite dan pektin di dalamnya. Untuk dewasa, Anda dapat menggunakan 2 tablet obat ini tiap kali minum setelah buang air besar dengan aturan maksimal 12 tablet perhari.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/strip

17. Diagit

obat diare paling ampuh diagit

Beli Diagit Klik di Sini

Dengan kandungan attapulgite dan juga pectin, Diagit dapat membantu mengatasi diare non spesifik pada dewasa. Anjuran mengonsumsi obat Diagit ini adalah 2 tablet tiap setelah buang air besar, maksimum 12 tablet untuk 24 jam.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat diare dewasa yang ampuh dan tersedia di apotik untuk Anda manfaatkan. Apabila diare tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi obat, segera periksakan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Diare tapi tidak punya stok obat? Tidak perlu khawatir, semua jadi beres bersama aplikasi obat online K24Klik!

Kami siap melayani Anda 24 jam nonstop dimanapun dengan jaminan pengiriman 1 jam sampai. Dapatkan penawaran harga terbaik di aplikasi K24Klik yang telah tersedia di Play Store dan juga App Store sekarang juga.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4108-diarrhea diakses pada 19 Maret 2024