15 Obat Radang Tenggorokan Dewasa di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat radang tenggorokan dewasa di apotek

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat radang tenggorokan dewasa dibutuhkan untuk mengatasi infeksi pada tenggorokan. Pada orang dewasa, tentunya membutuhkan obat dengan komposisi yang berbeda dengan anak-anak.

Penyebab utama radang tenggorokan adalah bakteri streptococcus. Pada sebagain orang, radang tenggorokan dapat menyebabkan kesulitan saat menelan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan obat radang tenggorokan dewasa untuk mengatasinya.

Beberapa gejala yang biasanya Anda rasakan adalah tenggorokan terasa kering, sakit untuk menelan, amandel membengkak hingga munculnya benjolan di leher.

Baca juga: Penyakit Radang Tenggorokan: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Dewasa di Apotek

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika radang tenggorokan menyerang? Tergantung pada kondisi, Anda dapat menggunakan beberapa obat tenggorokan dewasa di bawah ini yang sudah tersedia di apotek.

1 . Degirol Loz Tablet

obat radang tenggorokan dewasa di apotek degirol loz tablet

Beli Degirol Loz Tablet Klik di Sini

Dengan kandungan dequalinium chloride di dalamnya, Degirol Loz Tablet merupakan tablet hisap yang ampuh mengatasi radang tenggorokan. Obat ini aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa.

Dosis anjuran untuk mengonsumsi degirol ini adalah 1 tablet hisap setiap 3-4 jam sekali. Batas aman penggunaan obat ini yang disarankan maksimal adalah 8 tablet sehari. Dosis ini mungkin saja berubah sesuai kebutuhan ataupun petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

2. FG Troches Meiji

obat radang tenggorokan dewasa fg troches meiji

Beli FG Troches Meiji Tablet Klik di Sini

Antibiotik yang hadir dalam bentuk tablet hisap, FG Troches Meiji berperan ampuh dalam menangani infeksi bakteri pada rongga mulut termasuk radang tenggorokan. Kandungan bermanfaat dalam obat ini adalah fradiomycin sulfate dan gramicidin.

Obat radang tenggorokan dewasa paling ampuh ini dapat dikonsumsi 4-5 kali sehari dengan anjuran 1-2 tablet setiap kali minum. Penggunaan FG Troches Meiji pada anak-anak memerlukan saran dokter lebih lanjut.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/strip

3. Cooling 5 Spray

obat radang tenggorokan dewasa cooling 5 spray

Beli Cooling 5 Spray Klik di Sini

Mengonsumsi obat tablet saat sakit tenggorokan tentunya cukup membuat tidak nyaman, Anda dapat mengatasinya menggunakan obat dalam bentuk spray. Cooling 5 Spray mengandung phenol crystal yang berfungi sebagai antiseptik mulut dan tenggorokan.

Obat yang satu ini mudah digunakan dan memiliki banyak manfaat seperti meredakan sakit tenggorokan, gejala flu dan lain sebagainya. Anda cukup menyemprotkan obat ini 2-3 kali sehari sampai peradangan di tenggorokan mulai mereda.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/botol

4. Larutan Penyegar Cap Badak

obat radang tenggorokan larutan penyegar cap badak

Beli Larutan Penyegar Cap Badak Klik di Sini

Minuman penyegar yang satu ini mengandung berbagai ekstrak bahan herbal yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Larutan Penyegar Cap Badak berguna untuk membantu mengatasi radang tenggorokan, gejala panas dalam, sariawan hingga sembelit.

Obat radang tenggorokan dewasa di apotek ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari, setengah sampai 1 botol dalam sekali minum. Tidak hanya bekerja sebagai obat, larutan penyegar ini dapat dikonsumsi rutin sekali sehari sebanyak 1 botol untuk menjaga tubuh tetap fit.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/botol

5. Lamandel

obat radang tenggorokan dewasa lamandel

Beli Lamandel Klik di Sini

Mengandung ekstrak herbal seperti temulawak, daun pegagan hingga daun keji beling membuat lamandel ampuh meringankan sakit tenggorokan termasuk akibat peradangan. Anda dapat mengonsumsi obat herbal ini 3 kali sehari secara teratur.

Cara mengonsumsi obat ini pun cukuplah mudah, Anda dapat melarutkan 2 sendok teh lamandel ke dalam secangkir air hangat. Minum selagi masih hangat dapat memberikan efek melegakan pada tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/pcs

6. SP Troches Meiji

obat radang tenggorokan dewasa sp troches meiji

Beli Sp Troches Meiji Klik di Sini

Mirip dengan FG Troches, bedanya antiseptik rongga mulut yang satu ini memiliki variasi rasa yang lebih nyaman untuk dikonsumsi. SP Troches Meiji mengandung dequalinium chloride dan aman dikonsumsi 6-8 kali sehari sebanyak 1 tablet hisap tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

7. Komix Lo Han Kuo

obat radang tenggorokan komix lo han kuo

Beli Komix Lo Han Kuo Klik di Sini

Kandungan Lo Han Kuo, Polargonium dan juga madu berperan ampuh dalam meredakan berbagai gejala panas dalam dan sakit tenggorokan. Komix Lo Han Kuo ini merupakan obat heral yang dapat Anda konsumsi 3 kali sehari sebanyak 1 sachet dalam sekali minum.

Bagaimana cara mengonsumsi obat herbal yang satu ini? Anda cukup melarutkan 1 sachet Komix Lo Han Kuo dengan segelas air hangat. Langsung minum obat herbal ini selagi masih hangat agar lebih efektif dalam melegakan tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/dos

8. Strepsils Cool

obat radang tenggorokan dewasa strepsils cool

Beli Strepsils Cool Klik di Sini

Permen pelega tenggorokan ini mengandung zat aktif dichlorobenzyl alcohol dan juga amylmetacresol di dalamnya. Strepsils Cool dapat membantu Anda mengatasi sakit tenggorokan, termasuk peradangan akibat infeksi.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/pcs

9. Adem Sari

obat radang tenggorokan dewasa di apotik adem sari

Beli Adem Sari Klik di Sini

Minuman penyejuk dengan kandungan ekstrak citrus aurantifolia dan alyxia stellata di dalamnya, Adem Sari dapat membantu Anda mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, minuman ini juga mengandung vitamin C yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Penggunaan pada orang dewasa yang dianjurkan adalah 1 bungkus tiap kali minum untuk 2-3 kali sehari. Terbuat dari bahan herbal, Adem Sari juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak dengan anjuran setengah bungkus sekali minum untuk 2-3 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/dos

10. Tantum Loz Tablet

obat radang tenggorokan dewasa tantum loz tablet

Beli Tantum Loz Tablet Klik di Sini

Tablet hisap dengan kandungan benzydamine HCl di dalamnya, Tantum Loz Tablet bekerja efektif dalam meredakan radang tenggorokan. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat mengatasi sariawan ataupun gangguan kesehatan lain pada rongga mulut.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/dos

11. New Hau Fung San

obat radang tenggorokan dewasa new hau fung san

Beli New Hau Fung San Klik di Sini

New Hau Fung San merupakan obat herbal kaya manfaat yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat peradangan. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat meredakan panas dalam, sariawan dan bau mulut.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/pcs

12. Hexadol Mint Gargle

obat radang tenggorokan di apotik hexadol mint gargle

Beli Hexadol Mint Gargle Klik di Sini

Hexadol Mint Gargle merupakan obat kumur yang dapat meredakan infeksi ringan pada mulut dan juga tenggorokan. Tidak hanya mengobati, obat kumur ini juga dapat membantu Anda dalam menjaga kebersihan mulut.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/botol

13. Betadine Sore Throat Spray

obat radang tenggorokan dewasa di apotik betadine sore throat spray

Beli Betadine Sore Throat Spray Klik di Sini

Merupakan antiseptik rongga mulut dan tenggorokan, Betadine Sore Throat Spray mengandung povidone iodine di dalamnya. Anda cukup menyemprotkan obat ini 3 kali sehari untuk meredakan radang tenggorokan, sariawan dan juga gusi bengkak.

Tidak hanya itu, obat ini juga dapat membantu Anda dalam mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Senyawa aktif di dalam Betadine Sore Throat Spray bekerja dengan cara merusak dan membunuh sel kuman yang berada dalam mulut dan tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 133 ribu/pcs

14. Efisol C Loz Tablet

obat radang tenggorokan dewasa efisol c loz tablet

Beli Efisol C Loz Tablet Klik di Sini

Dengan kandungan dequalinium chloride dan juga vitamin C di dalamnya, Efisol C Loz Tablet dapat bekerja ampuh dalam mengatasi infeksi pada tenggorokan. Tablet hisap yang satu ini berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan, sariawan dan juga bau mulut.

Anda dapat mengonsumsi obat tenggorokan dewasa yang satu ini 1 tablet setiap 3 jam. Apabila radang tenggorokan sudah mulai membaik, dosis dapat disesuaikan menjadi 4-5 jam sekali.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

15. Jesscool

obat radang tenggorokan dewasa jesscool

Beli Jesscool Klik di Sini

Mengandung ekstrak herbal thyme dan chicory root, Jesscool merupakan tablet effervescent yang berfungsi untuk mengatasi gejala panas dalam dan juga sakit tenggorokan. Anda dapat mengonsumsi 1 tablet Jesscool untuk sekali sehari.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/dos

Untuk radang tenggorokan biasa, Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi obat di atas. Namun apabila tidak kunjung membaik dalam waktu yang cukup lama, segera dapatkan obat radang tenggorokan yang lebih tepat dari dokter ahli.

Butuh obat ditengah malam tapi takut keluar rumah? Tidak perlu repot, cukup unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store, beli obat online jadi lebih praktis! Tenang, kami siap menjamin pelayanan 24 jam nonstop, produk 100% asli dan juga pengiriman cepat.

Referensi:

https://www.nhs.uk/conditions/sore-throat/ diakses pada 7 September 2023