9 Obat Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita & Pria di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita & Pria di Apotik K24
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Apakah Anda pernah merasa nyeri saat buang air kecil? Atau buang air kecil lebih sering daripada biasanya, terutama pada malam hari? Bisa jadi hal itu adalah gejala infeksi saluran kemih (ISK).

Masalah infeksi saluran kemih dapat dialami oleh wanita dan pria. Untuk mengatasinya, dokter akan meresepkan obat infeksi saluran kemih sesuai dosis.

Baca juga: 27 Obat Kencing Nanah/Gonore di Apotik pada Wanita dan Pria

Gejala dan Penanganan Infeksi Saluran Kemih

Gejala infeksi saluran kencing yang umum terjadi adalah rasa sakit ketika buang air kecil, sering buang air kecil, sakit perut bagian bawah, dan disertai dengan demam. Gejala ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Penanganan infeksi saluran kencing yang dilakukan dokter antara lain dengan meresepkan obat untuk menghilangkan rasa sakit.

Selain itu, dokter juga akan meresepkan antibiotik jangka pendek. Obat infeksi saluran kemih ini harus dihabiskan walaupun kondisi tubuh telah menjadi lebih baik. 

Rekomendasi Obat Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita & Pria di Apotik dan Harganya

Bagi Anda yang mengalami infeksi saluran kencing (ISK), ada beberapa pilihan obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah kesehatan ini. Daftar obat-obatan berikut ini tersedia dan dapat dibeli di Apotek K24.

1. Baquinor Forte

Baquinor Forte untuk infeksi saluran kencing

Beli Baquinor Forte Klik di Sini

Salah satu obat infeksi saluran kencing pada wanita dan pria adalah Baquinor Forte. Obat ini termasuk golongan kuinolon yang berfungsi untuk mengatasi infeksi.

Bukan hanya pada saluran kencing, tetapi juga saluran pernafasan atas, saluran cerna, kulit, maupun jaringan lunak. 

Mengandung Ciprofloxacin, Baquinor Forte adalah antibiotika yang aktif terhadap bakteri gram negatif dan gram positif. Konsumsi obat bisa dilakukan sebelum atau setelah makan.

Kisaran harga: Rp 190 ribu/strip

2. Floxifar

Floxifar obat infeksi saluran kemih

Beli Floxifar Klik di Sini

Merek obat lain yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing adalah Floxifar. Kandungan dalam produk ini adalah Ciprofloxacin HCl atau sama dengan Ciprofloxacin 500 mg.

Kegunaan Floxifar adalah untuk mengatasi infeksi. Bukan hanya pada saluran kencing, tetapi juga saluran pernafasan atas, saluran cerna, kulit, dan jaringan lunak.  

Penggunaan obat pada wanita menyusui dan wanita hamil serta anak berusia kurang 12 tahun perlu mendapat perhatian khusus. Begitu juga bagi penderita yang memiliki hipersensitif kandungan Ciprofloxacin. 

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

3. Tequinol

Tequinol untuk obat infeksi saluran kemih

Beli Tequinol Klik di Sini

Jenis obat lainnya yang memiliki kandungan yang sama dengan Floxifar adalah Tequinol. Obat ini berfungsi untuk mengatasi infeksi saluran kencing pada pria maupun wanita.  Penggunaan obat yang termasuk golongan antibiotika ini harus dilakukan sampai habis. 

Kisaran harga: Rp 180 ribu/strip

4. Helixim

Helixim obat infeksi saluran kencing

Beli Helixim Klik di Sini

Obat lain yang juga bisa dibeli dengan resep dokter adalah Helixim. Kandungan dalam Helixim dalah Cefixime trihydrate yaitu jenis antibiotik yang termasuk golongan Sefalosporin. 

Kegunaan Cefixime adalah untuk mengatasi infeksi saluran kencing tak terkomplikasi. Selain itu, kandungan ini juga digunakan untuk mengobati otitis media, tonsillitis, bronkitis akut, faringitis, dan sebagainya. 

Kisaran harga: Rp 19 ribu/botol

5. Tocef

tocef untuk obat saluran kencing

Beli Tocef Klik di Sini

Tocef adalah obat antibiotik infeksi saluran kencing yang bisa diperoleh di Apotek K24. Obat berbentuk sirup ini memiliki kandungan zat aktif Cefixime trihydrate.

Tocef Sirup sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Hal ini untuk menghindari perasaan tidak nyaman di perut setelah minum obat. Adapun efek samping yang mungkin dialami adalah mual, muntah, konstipasi, diare, dan rasa panas di ulu hati. 

Kisaran harga: Rp 99 ribu/botol

6. Ceptik

ceptik obat isk

Beli CEPTIK Klik di Sini

Obat infeksi saluran kencing yang dapat digunakan oleh pria dan wanita adalah Ceptik. Obat ini berfungsi mengatasi infeksi yang terjadi pada saluran kencing maupun kelamin, termasuk pula saluran pernafasan atas, kulit dan jaringan lunak. 

Sebagai obat yang hanya dapat dibeli dengan resep dokter, Anda juga perlu memperhatikan dosis pemakaian.

Kisaran harga: Rp 360 ribu/strip

7. Cefspan Sirup 30Ml 100Mg/5Ml

cefspan untuk obat isk

Beli Cefspan Klik di Sini

Cefspan adalah obat yang memiliki kandungan Cefixime sehingga harus dikonsumsi dengan resep dokter. Fungsinya sama yaitu untuk meringankan masalah infeksi saluran kencing yang dialami pria maupun wanita. Selain sirup, Cefspan juga ada dalam bentuk tablet.

Kisaran harga: Rp 145 ribu/ botol

8.  Cefixime

Cefixime untuk obat infeksi saluran kemih

Beli Cefixime Klik di Sini

Cefixime adalah produk obat antibiotika generik yang dapat diresepkan dokter untuk mengatasi masalah infeksi pada saluran kencing dan kelamin. Termasuk dalam golongan obat keras, dosis penggunaan harus sesuai anjuran dan dikonsumsi sampai habis.

Kisaran harga: Rp 57 ribu/strip

9. Sporetik

sporetik untuk isk

Beli Sporetik Klik di Sini

Dokter juga bisa meresepkan obat Sporetik untuk mengatasi masalah infeksi saluran kencing. Kandungan di dalamnya adalah Cefixime.

Kisaran harga: Rp 124 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat untuk mengatasi infeksi saluran kemih yang dapat Anda manfaatkan. Apabila infeksi tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Penyebab dan Resiko Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kencing dapat disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam saluran kemih. Bakteri masuk melalui uretra atau tabung yang menjadi saluran urine untuk keluar.

Orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah juga rentan mengalami infeksi saluran kencing. Kurang minum air juga dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Selain itu, kurangnya kebersihan area genital adalah faktor penyebab lainnya. 

Wanita memiliki risiko lebih besar mengalami infeksi saluran kencing karena uretra yang lebih pendek. Akibatnya, bakteri yang masuk dapat mencapai kandung kemih dengan lebih cepat dan menyebabkan infeksi.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan risiko infeksi saluran kemih lebih tinggi. Faktor tersebut adalah aktivitas berhubungan seksual, kehamilan, batu ginjal yang menghalangi saluran kencing, pembesaran prostat pada pria, dan konstipasi pada anak-anak.

Butuh obat, vitamin ataupun susu tengah malam? Tidak perlu repot, K24Klik siap jadi andalan Anda setiap saat! Aplikasi kami telah tersedia di Play Store dan App Store, pastinya dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat!