9 Obat Kencing Nanah / Gonore di Apotik pada Wanita dan Pria

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Kencing Nanah Gonore di Apotik k24 pada Wanita dan Pria
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Gonore atau disebut juga kencing nanah termasuk dalam infeksi menular seksual. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada wanita dan pria, tetapi lebih kerap dijumpai pada pria. Kencing nanah umumnya terjadi pada bagian tubuh yang lembap dan hangat, seperti anus, dan kelamin. Penyakit ini bisa ditangani dengan obat kencing nanah / gonore yang sesuai dengan resep dokter.

Kencing nanah biasanya tidak menunjukkan adanya gejala, terlebih saat menyerang wanita. Akan tetapi, apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, masalah kesehatan ini bisa berujung pada komplikasi serius, misalnya epididimitis pada pria dan peradangan panggul pada wanita. Lantas, apa penyebabnya?

Gonore terjadi karena infeksi bakteri yang menyebar dan menular lewat hubungan seksual. Ini termasuk seks yang dilakukan melalui mulut atau oral dan hubungan seksual melalui anus atau anal. Seseorang akan lebih tinggi risikonya terhadap penularan kencing nanah apabila melakukan seks tanpa memakai kondom atau kerap berganti pasangan.

Rekomendasi Obat Kencing Nanah / Gonore di Apotik k24 pada Wanita dan Pria beserta harganya

Dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mengatasi penyakit kencing nanah. Pengobatan penyakit ini juga perlu dilakukan pada pasangan seksual pengidap. Sebab, bukan tidak mungkin terjadi penularan. Berikut rekomendasi obat gonore yang biasanya di resepkan dokter:

1. Amoxicillin

obat kencing nanah amoxicillin

Obat kencing nanah (gonore) pertama dan paling sering diresepkan oleh dokter adalah amoxicillin. Obat jenis antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi yang terjadi karena bakteri, termasuk kencing nanah, abses gigi, otitis media, demam tifoid dan paratifoid, sakit tenggorokan, infeksi karena bakteri H. pylori, infeksi pada saluran napas, dan tonsilitis.

Amoxicillin termasuk dalam kategori antibiotik, artinya obat harus dikonsumsi sampai habis. Sebab, penghentian pemakaian yang tidak sesuai anjuran dokter akan membuat bakteri bersifat kebal atau resisten terhadap antibiotik. Obat juga bisa dikonsumsi saat makan untuk memaksimalkan penyerapan dan mengurangi ketidaknyamanan pada saluran pencernaan.

Kisaran harga: Rp588 per tablet.

Beli Amoxicillin Klik di Sini

2. Urispas

obat kencing nanah uripas

Obat kencing nanah di apotek selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah Urispas dengan kandungan aktif flavoxate. Obat ini dipakai untuk mengurangi gejala sulit maupun sakit saat berkemih atau disuria, inkontinensia urine atau urine yang tidak dapat menahan kencing, ngompol saat malam, dan nyeri pada bagian atas kemaluan.

Konsumsi obat Urispas sebaiknya dilakukan saat perut sedang dalam kondisi kosong. Ini bisa sekitar 1-2 jam sebelum atau setelah makan. Pastikan Anda mengonsumsi Urispas sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Kisaran harga: Rp7.207 per tablet.

Beli Urispas Klik di Sini

3. Celocid

Celocid memiliki kandungan cefuroxime aksetil. Cefuroxime aksetil adalah obat jenis antibiotika yang masuk dalam kategori sefalosporin, dipakai untuk menekan pertumbuhan sekaligus perkembangan bakteri.

Adapun jenis infeksi karena bakteri yang dapat ditangani dengan menggunakan Celocid yaitu pneumonia, gonore yang terjadi tanpa adanya komplikasi, infeksi pada saluran kemih yang terjadi tanpa komplikasi, bronkitis, dan pielonefritis atau peradangan ginjal yang terjadi bersamaan dengan peradangan pasu ginjal.

Kisaran harga: Rp28.552 per tablet.

Beli Urispas Klik di Sini

4. Coroflox

obat kencing nanah coroflox

Obat Coroflox memiliki kandungan ciprofloxacin HCl. Obat ini dipakai untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan infeksi, termasuk infeksi pada saluran napas, saluran kemih, infeksi pada kelamin (termasuk kencing nanah atau gonore), infeksi pada perut (termasuk peritonitis dan saluran empedu), infeksi pada jaringan lunak dan kulit, serta infeksi pada sendi dan tulang.

Obat Coroflox memiliki kontraindikasi pada orang dengan kondisi hipersensitif terhadap antibiotik ciprofloxacin. Cara penggunaan obat ini harus berdasarkan resep atau petunjuk dari dokter.

Kisaran harga: Rp19.450 per tablet.

Beli Urispas Klik di Sini

5. Nomika

Obat kencing nanah lainnya yaitu Nomika dengan kandungan minocycline HCl. Minocycline HCl adalah jenis obat antibiotik kelompok tetrasiklin yang bisa dipakai untuk mengobati masalah kesehatan yang berkaitan dengan infeksi bakteri. Ini termasuk infeksi pada saluran napas, saluran kemih, jerawat yang mengalami peradangan, dan gonore.

Dosis dan lama konsumsi obat Nomika harus berdasarkan pada resep dari dokter. Saat sedang menjalani perawatan dengan obat ini, pastikan obat diminum sampai habis guna mencegah terjadinya risiko kekebalan atau resistensi bakteri terhadap antibiotik.  

Kisaran harga: Rp7.375 per tablet.

Beli Nomika Klik di Sini

6. Erlamoxy

Selanjutnya, ada Erlamoxy yang memiliki kandungan amoxicillin. Obat jenis antibiotik ini masuk dalam kelompok penisilin. Obat digunakan untuk mengatasi infeksi pada saluran pernapasan bagian atas dan bawah, saluran kemih, organ jantung, ginekologi, jaringan lunak dan kulit, THT, dan infeksi pada pencernaan.

Erlamoxy bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan supaya bisa diserap dengan lebih baik dan membantu mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin terjadi pada saluran pencernaan. Selain itu, obat ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada pengidap dengan hipersensitif terhadap penisilin.

Kisaran harga: Rp733 per tablet.

Beli Erlamoxy Klik di Sini

7. Clabat F

obat kencing nanah clabat f

Obat kencing nanah Clabat Forte memiliki kandungan clavulanic acid dan amoxicillin. Sebelum dikonsumsi, obat ini perlu diberi tambahan air sampai dengan batas yang sudah ditentukan pada botol. Selain itu, pastikan untuk mengocok obat terlebih dahulu sebelum digunakan.

Amoxicillin sendiri termasuk dalam kategori penisilin, sementara clavulanic acid memiliki kesamaan dengan obat dalam kelompok penisilin, sehingga pemakaiannya efektif untuk pengidap dengan kondisi resistensi pada obat penisilin. Gabungan kandungan tersebut bisa membantu meringankan infeksi bakteri seperti pneumonia, sinusitis, infeksi telinga, infeksi kulit, dan infeksi kelamin.

Kisaran harga: Rp168.096 per botol.

Beli Clabat F Klik di Sini

8. Ciflos

Merupakan obat antibiotik kelompok kuinolon yang membantu mengobati infeksi pada saluran napas, saluran pencernaan, saluran kemih, gonore akut, infeksi pada sendi dan tulang, serta infeksi pada kulit dan jaringan lunak. Setiap tablet Ciflos memiliki kandungan ciprofloxacin sebanyak 500 mg.

Obat Ciflos bisa dikonsumsi saat makan atau tanpa makan. Namun, hindari pemakaian obat bersama dengan susu, Fe, atau obat golongan antasida.

Kisaran harga: 19.273 per tablet.

Beli Ciflos klik di Sini

9. Clavamox

Terakhir ada Clavamox dengan kandungan kalium klavulanat dan amoxicillin. Kombinasi keduanya bisa membantu mengatasi infeksi yang terjadi karena bakteri, termasuk infeksi saluran pernapasan bagian atas dan bawah, infeksi telinga, pneumonia, infeksi pada saluran kemih, dan infeksi kulit.

Kisaran harga: Rp18.194 per tablet.

Beli Clavamox klik di Sini

Demikian tadi rekomendasi obat kencing nanah yang bisa Anda dapatkan di apotek, termasuk di apotik K24. Pastikan Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis obat yang tepat. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gonorrhea/symptoms-causes/syc-20351774#:~:text=Gonorrhea%20is%20an%20infection%20caused,vaginal%2C%20oral%20or%20anal%20sex, diakses pada 5 September 2022.

https://www.healthline.com/health/gonorrhea, diakses pada 5 September 2022.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/155653, diakses pada 5 September 2022.