15 Obat Antibiotik di Apotik yang Bagus

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat antibiotik di apotik yang bagus

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat antibiotik merupakan solusi ampuh untuk mengatasi infeksi bakteri. Jenis obat ini dapat menghambat bahkan mematikan pertumbuhan bakteri sehingga tubuh tidak terjangkiti penyakit.

Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri pada tubuh. Cara kerja obat antibiotik sendiri adalah dengan menghambat pertumbuhan ataupun membunuh bakteri agar tidak menjangkiti jaringan tubuh. Perlu diketahui bahwa penggunaan antibiotik sendiri memerlukan anjuran khusus dari antibiotik untuk memastikan Anda benar-benar membutuhkannya.

Infeksi bakteri pastinya memerlukan antibiotik untuk mencegah penularan maupun adanya resiko timbulnya penyakit lain. Efek samping mungkin saja timbul apabila Anda mengonsumsi antibiotik seperti kembung, diare dan mual.. Untuk ibu hamil, menyusui ataupun lansia diperbolehkan mengonsumsi antibiotik khusus dan atas saran dokter.

Rekomendasi Obat Antibiotik di Apotik yang Bagus

Antibiotik bukan obat yang dapat Anda beli secara bebas maupun digunakan untuk sembarang orang. Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat golongan keras ini. Dalam kondisi membutuhkan dan sesuai anjuran, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat antibiotik di apotik yang bagus.

1. Amoxicillin

obat antibiotik amoxicillin

Beli Amoxicillin Klik di Sini

Antibiotik jenis penisilin yang satu ini biasa digunakan untuk mengatasi infeksi pada saluran pernapasan atas, saluran kemih, pencernaan, kulit dan juga jaringan lunak. Amoxicillin dapat dikonsumsi sesudah makan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Termasuk golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk membelinya.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

Baca juga: Amoxicillin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

2. Cefila

obat antibiotik di apotik cefila

Beli Cefila Klik di Sini

Mengandung cefixime, Cefila merupakan antibiotik yang mampu mengobati permasalahan infeksi saluran pernapasan atas, kemudian saluran kemih dan kelamin hingga demam tifoid pada anak. Obat ini dapat dikonsumsi sesudah makan dan perlu ekstra hati-hati apabila Anda alergi terhadap kandungan obat atau memiliki masalah kesehatan seperti gangguan ginjal.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/tablet

3. Azithromycin

obat antibiotik di apotik azithromycin

Beli Azithromycin Klik di Sini

Merupakan antibiotik golongan makrolida, Azithromycin bekerja aktif untuk mengatasi bakteri gram negatif dan juga positif. Anda dapat mengonsumsi obat biotik yang satu ini sebelum ataupun sesudah makan dengan dosis sesuai anjuran. Azithromycin ampuh untuk mengatasi infeksi bakteri ringan hingga sedang.

KIsaran harga: Rp 12 ribu/tablet

4. Nebacetin

obat antibiotik nebacetin

Beli Nebacetin Klik di Sini

Selanjutnya, ada serbuk dengan kandungan antibiotik topikal yaitu neomycin sulfate dan juga bacitracin. Cara menggunakan antibiotik nebacetin ini juga mudah, cukup taburkan saja di area yang luka. Meski bisa digunakan beberapa kali dalam sehari, Anda perlu memerhatikan dosis yang dianjurkan sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/pcs

5. Levofloxacin

obat antibiotik di apotik levofloxacin

Beli Levofloxacin Klik di Sini

Untuk mengatasi infeksi bakteri di saluran kemih, pneumonia ataupun prostat, Anda dapat mengonsumsi antibiotik Levofloxacin. Perlu diketahui bahwa antibiotik ini disarankan hanya dikonsumsi selama 7-14 hari saja atau sesuai petunjuk dokter dan dapat diminum sesudah makan. Beberapa efek samping yang mungkin timbul adalah diare, mual, kembung dan insomnia.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/strip

6. Sanprima

obat antibiotik sanprima

Beli Sanprima Klik di Sini

Kombinasi dari antibiotik trimethoprim dan sulfamethoxazole yaitu cotrimoxazole merupakan kandungan utama dari Sanprima. Antibiotik ini dapat dikonsumsi maksimal 2 kali sehari 2 tablet untuk dewasa dan anak diatas 12 tahun. Penggunaan cotrimoxazole sendiri diketahui mampu membuat kulit jadi lebih sensitif sehingga memerlukan perlindungan ekstra.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

7. Bicrolid

obat antibiotik di apotik bicrolid

Beli Bicrolid Klik di Sini

Obat yang satu ini merupakan golongan antibiotik yang mengandung zat aktif clarithomycin. Bicrolid digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada saluran pernapasan atas dan bawah, kulit dan jaringan lunak serta eradikasi helicobacter pylori.

Ibu hamil dan menyusui, kemudian penderita kerusakan hati disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan antibiotik ini.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tablet

8. Metronidazole

obat antibiotik metronidazole

Beli Metronidazole Klik di Sini

Antibiotik ini tergolong dalam kelas nitroimidazoles dan memerlukan resep dokter untuk membelinya. Metronidazole ini bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan parasit yang menginfeksi reproduksi, saluran pencernaan, kulit, tulang, sendi dan juga paru-paru.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

9. Cefadroxil

obat antibiotik di apotik cefadroxil

Beli Cefadroxil Klik di Sini

Cefadroxil merupakan antibiotik golongan sefalosporin yang memiliki efek bakterisidal atau mematikan pertumbuhan bakteri. Antibiotik yang satu ini bekerja dengan cara menghalangi sintesis protein pada dinding sel bakteri sehingga tidak bisa tumbuh ataupun menjangkiti jaringan tubuh.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

10. Doxicor

obat antibiotik doxicor

Beli Doxicor Klik di Sini

Doxicor merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan antibiotik tetrasiklin. Obat ini bekerja dengan membunuh pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. 

Kisaran harga: Rp 5 ribu/kapsul

11. Lincocin

obat antibiotik di apotik lincocin

Beli Lincocin Klik di Sini

Lincomycin merupakan antibiotik dengan spektrum sempit ini mampu untuk menghentikan pertumbuhan bakteri gram positif. Nah, Anda dapat mengonsumsi Lincocin untuk mengobati infeksi ringan hingga berat. Cara mengonsumsinya adalah 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/tablet

12. Chloramphenicol

obat antibiotik chloramphenicol

Beli Chloramphenicol Klik di Sini

Obat antibiotik sendiri dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit seperti tifoid dan juga paratifoid maupun infeksi berat. Nah, Chloramphenicol ini merupakan salah satu jenis antibiotika yang mampu melawan bakteri gram positif maupun negatif agar tidak tumbuh dan menjangkiti jaringan tubuh. Obat ini dapat Anda konsumsi sesuai dosis anjuran baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

13. Thiamycin

obat antibiotik di apotik thiamycin

Beli Thiamycin Klik di Sini

Antibiotik thiamphenicol merupakan antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi akibat pertumbuhan bakteri. Obat Thiamycin ini dapat Anda gunakan untuk mengobati tifus, infeksi saluran pencernaan, saluran pernapasan maupun infeksi saluran kemih dan menular seksual. Termasuk obat keras, Thiamycin harus dibeli menggunakan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/tablet

14. Ampicillin

obat antibiotik ampicillin

Beli Ampicillin Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan Ampicillin yang merupakan antibiotik golongan penisilin untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Ampicillin ini dapat mengatasi infeksi saluran pencernaan, saluran kemih dan kelamin dan juga saluran pernapasan. Obat keras yang satu ini dapat menimbulkan efek samping seperti diare dan mual.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

15. Super Tetra

obat antibiotik super tetra

Beli Super Tetra Klik di Sini

Apakah Anda sedang mengalami penyakit infeksi bakteri pada kulit, usus ataupun organ seksual? Super Tetra merupakan antibiotik dengan kandungan tetracycline yang dapat diandalkan untuk menghambat ataupun mematikan pertumbuhan bakteri. 

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat antibiotik di apotik yang bagus dan dapat Anda konsumsi sesuai anjuran dan resep. Apabila infeksi bakteri pada tubuh tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk segera menggunakan layanan dokter ahli. Infeksi ringan yang diabaikan tanpa penanganan khusus, bisa saja menyebabkan masalah kesehatan serius.

Butuh obat tanpa perlu ribet keluar rumah? K24Klik jadi tempat yang tepat untuk Anda dengan jaminan produk farmasi lengkap, 100% asli dan juga pengiriman cepat. Mudah dan praktis, kami siap antar pesanan sampai ke depan rumah. Tunggu apa lagi? Yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.nhs.uk/conditions/antibiotics/ diakses pada 18 April 2023

https://www.k24klik.com/cariObat/antibiotik diakses pada 18 April 2023