15 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Anda mungkin pernah mendengar beberapa manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C sendiri merupakan salah satu nutrisi yang paling aman dikonsumsi setiap hari dan efektif untuk tubuh. Selain kegunaannya untuk melindungi tubuh dari flu, manfaat vitamin C untuk wajah bahkan untuk ibu hamil juga sudah terbukti secara klinis.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Seminars Preventive and Alternative Medicine yang mengamati lebih dari 100 penelitian selama 10 tahun mengungkap bahwa kemungkinan besar manfaat vitamin C terus bertambah.

Dalam artikel ini kita akan membahas sejumlah manfaat vitamin C bagi tubuh secara keseluruhan atau manfaat vitamin C untuk kulit secara khusus.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Tidak ada vitamin yang bekerja sendirian untuk mendukung tubuh yang sehat, termasuk vitamin C. Agar bisa mendapatkan hasil optimal, Anda juga perlu menerapkan kebiasaan hidup sehat seperti berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup dan menghindari rokok.

Beberapa manfaat vitamin C yang diketahui sampai saat ini antara lain adalah:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ini merupakan manfaat vitamin C yang paling banyak diketahui. Vitamin C mampu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan melindungi dari stres oksidatif, membantu membunuh mikroba dan mengurangi potensi kerusakan jaringan. Saat dalam keadaan sakit, konsumsi vitamin C juga bisa membantu Anda pulih lebih cepat.

2. Mengurangi Stres

Kekurangan vitamin C dikaitkan dengan berbagai penyakit yang berhubungan dengan stres. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang sensitif terhadap stres, kadar vitamin C yang cukup dalam tubuh bisa menjadi indikator yang ideal untuk melihat kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

3. Mencegah Komplikasi Pilek

Banyak orang percaya bahwa vitamin C adalah obat untuk flu biasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C bisa membantu mencegah komplikasi yang lebih serius akibat flu. Komplikasi tersebut antara lain adalah pneumonia dan infeksi paru-paru. Dengan mengkonsumsi vitamin C, flu Anda bisa segera sembuh tanpa menyebabkan gejala lain yang lebih parah.

4. Menurunkan Risiko Stroke

Meskipun ada beberapa pertentangan dalam penelitian, salah satu studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang kadar vitamin C dalam darahnya lebih tinggi memiliki risiko 42% lebih rendah untuk terkena stroke dibanding mereka yang kandungan vitamin C dalam darahnya lebih rendah.

5. Menghambat Penuaan Kulit

Vitamin C sejak lama menjadi salah satu bahan aktif dalam produk skincare. Ini bukan tanpa alasan. Vitamin C diketahui memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu mencegah penuaan. Perawatan topikal dengan produk yang mengandung vitamin C juga diketahui bisa membantu mengurangi kerutan. Manfaat vitamin C lain untuk kulit antara lain adalah:

  • Mengurangi peradangan
  • Menurunkan risiko kanker.

6. Menstimulasi Produksi Kolagen

Manfaat vitamin C yang berikutnya adalah membantu menstimulasi produksi kolagen. Tubuh bergantung pada vitamin C untuk melakukan sintesis kolagen. Kolagen sendiri adalah zat yang ditemukan dalam jaringan ikat di seluruh tubuh. Produksi kolagen yang cukup tidak hanya membuat kulit tampak lebih kenyal dan kencang tapi juga mendukung kesehatan organ tubuh seperti kuku dan rambut.

7. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Aplikasi vitamin C secara topikal ke permukaan kulit bisa meningkatkan sintesis kolagen. Secara langsung proses ini juga akan mempercepat proses penyembuhan luka.

8. Meningkatkan Berbagai Fungsi Tubuh

Ketika vitamin C berinteraksi dengan zat baik itu vitamin maupun mineral lain dalam tubuh seperti zat besi, ini akan meningkatkan berbagai fungsi tubuh. Selain bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, ini juga bisa membantu dalam produksi hormon tertentu.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin C juga berperan dalam sintesis neurotransmitter dan meningkatkan fungsi kognitif. Konsumsi vitamin C yang lebih banyak juga terbukti bisa meningkatkan fungsi kerja otak.

Dalam sebuah tinjauan sistematis Nutrients tahun 2017 ditemukan bahwa konsentrasi vitamin C lebih tinggi dalam tubuh peserta studi yang memiliki kemampuan kognitif yang sempurna dibanding mereka yang memiliki gangguan kognitif.

10. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Sifat antioksidan dalam vitamin C mampu menetralkan radikal bebas, zat yang berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan sel serta jaringan tubuh. Antioksidan bisa melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan yang serius termasuk kanker dan jantung.

11. Mendukung Kesehatan Ibu Hamil

Vitamin C juga merupakan kebutuhan krusial bagi wanita hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Konsumsi vitamin C yang cukup membantu meningkatkan imunitas ibu dan janin serta membantu menstimulasi produksi kolagen yang dibutuhkan oleh bayi untuk membentuk otot, tulang dan kulitnya.

12. Mendukung Efektivitas dalam Pengobatan Kanker

Vitamin C kerap dihubungkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu. Namun fakta ini masih perlu dikaji lebih jauh. Menurut Mayo Clinic, konsumsi vitamin C justru dikaitkan dengan peningkatan efektivitas pengobatan radiasi dan kemoterapi pada pasien kanker (jika diberikan secara intravena dengan dosis ekstra tinggi).

13. Bagus untuk Kesehatan Mata

The American Optometric Association menemukan bahwa vitamin C bisa menurunkan risiko pengembangan katarak serta dapat membantu memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia. Secara khusus, penelitian ini menemukan bahwa konsumsi setidaknya 500 mg vitamin C sehari sebagai bagian dari suplemen harian bisa membantu memperlambat perkembangan berbagai penyakit mata tersebut. Hal ini kemungkinan terkait dengan sifat antioksidan yang ada dalam vitamin C.

14. Mengurangi Rasa Penat dan Lelah

Lelah dan penat adalah hal yang lumrah kita alami. Tapi kalau Anda merasa lelah sepanjang waktu, artinya ada masalah dalam tubuh. Lemah dan lelah adalah salah satu tanda kekurangan vitamin C. Karena itu, pastikan Anda memperoleh asupan yang cukup baik dari makanan maupun suplemen.

15. Mendukung Kesehatan Gusi dan Gigi

Meskipun kekurangan vitamin C tidak secara langsung menyebabkan penyakit gusi, penelitian menunjukan bahwa vitamin C bisa mendukung kesehatan gusi. Sebuah studi tahun 2003 pada pasien dengan periodontitis (jenis penyakit gusi yang umum) menemukan bahwa mereka memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dalam darah mereka.

Itulah beberapa manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Untuk meningkatkan asupan vitamin C, Anda bisa membeli suplemen. Tidak perlu repot-repot keluar rumah karena sekarang membeli obat, suplemen makanan maupun vitamin bisa dilakukan secara online lewat K24klik. Pesan sekarang juga dan tunggu suplemen Anda sampai ke rumah!

Referensi: