11 Obat Pilek Bayi di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat pilek bayi di apotek

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terdapat beberapa obat pilek bayi di apotek yang biasa dimanfaatkan untuk mengatasi salah satu gangguan saluran pernapasan tersebut seperti Breathy Tetes Hidung, Minyak Telon Tresnojoyo dan juga Transpulmin Baby.

Pilek merupakan salah satu gangguan pernapasan yang rentan dialami oleh bayi. Guna mengatasi ketidaknyamanan si kecil, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat pilek bayi yang tersedia di apotek.

Salah satu penyebab umum dari pilek pada bayi sendiri adalah sistem kekebalan tubuh yang belum berkembang sempurna. Bayi rentan terserang infeksi virus baik dari paparan lingkungan maupun orang dewasa yang dekat dengannya.

Baca juga: 10 Obat Batuk PIlek Bayi di Apotek

Rekomendasi Obat Pilek Bayi di Apotek

Penggunaan obat-obatan pada bayi sendiri sangat tidak dianjurkan, terkecuali atas petunjuk dokter. Sebagai alternatifnya, Anda dapat menggunakan obat gosok seperti balsam maupun minyak angin dengan kandungan aman untuk bayi.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat pilek bayi di apotek yang aman dan dapat Anda manfaatkan.

1. Purekids Inhalant Decongestan Oil

purekids inhalation decongestan oil

Beli Purekids Inhalant Decongestan Oil Klik di Sini

Aromaterapi menjadi salah satu cara ampuh untuk bantu meredakan pilek pada bayi. Anda dapat memanfaatkan Purekids Inhalant Decongestan Oil sebagai obat pilek bayi hingga usia 2 tahun.

Kandungan dari obat tetes aromaterapi ini adalah minyak eukaliptus, minyak cengkeh, minyak cajuput hingga methyl salicylate di dalamnya. Aroma menenangkan dari Purekids Inhalant Decongestan Oil dapat melancarkan saluran pernapasan si kecil.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/pcs

2. Minyak Telon Tresnojoyo

obat pilek bayi minyak telon tresnojoyo

Beli Minyak Telon Tresnojoyo Klik di Sini

Selain memanfaatkan aromaterapi, penggunaan obat gosok seperti Minyak Telon Tresnojoyo dapat menjadi andalan Anda untuk meredakan pilek pada bayi. Komposisi dari minyak telon ini adalah oleum cajuputi, oleum anisi, citronela, jojoba dan oleum cocos.

Cara penggunaan obat gosok ini pun sangatlah mudah, Anda cukup memberikan minyak telon ini pada beberapa bagian tubuh bayi seperti dada dan juga belakang leher. Sensasi menghangatkan dari minyak ini dapat membantu melegakan saluran pernapasan si kecil.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/pcs

3. Vicks Baby Balsam

pilek bayi vicks baby balsam

Beli Vicks Baby Balsam Klik di Sini

Dengan kandungan ekstrak lidah buaya, wewangian eukaliptus, rosemary dan juga lavender di dalamnya membuat Vicks Baby Balsam bekerja efektif sebagai obat pilek bayi hingga 2 tahun.

Vicks Baby Balsam dapat memberikan sensasi menghangatkan ketika dioleskan pada beberapa bagian tubuh bayi sehingga saluran pernapasan pun menjadi lebih lega dan pilek mereda.

Kisaran harga: Rp 76 ribu/pcs

4. Sterimar Baby Nasal Spray

obat pilek bayi sterimar baby nasal spray

Beli Sterimar Baby Nasal Spray Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Sterimar Baby Nasal Spray sebagai obat pilek bayi 1 tahun ke bawah maupun ke atas hingga usia 3 tahun. Dikemas dalam bentuk spray, obat ini mudah digunakan dan juga aman untuk si kecil.

Anda dapat menggunakan Sterimar Baby Nasal Spray 2-6 kali dalam sehari dengan mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan. Obat ini dapat membantu melembabkan hidung bayi yang kering dan meradang saat terserang pilek.

Kisaran harga: Rp 181 ribu/pcs

5. Balsem Telon Tresnojoyo

balsem telon tresnojoyo untuk pilek bayi

Beli Balsem Telon Tresnojoyo Klik di Sini

Tidak hanya minyak telon dari Tresnojoyo saja yang bisa diandalkan sebagai obat pilek bayi, balsem juga menjadi pilihan terbaik untuk si kecil. Balsem Telon Tresnojoyo mengandung oleum foeniculi, camphora, eucalyptus oil dan juga menthol di dalamnya.

Dengan memberikan balsem ini pada leher dan juga punggung bayi, pilek dapat mereda karena efek menghangatkannya. Dapatkan Balsem Telon Tresnojoyo dengan jaminan produk 100% asli hanya di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

6. Transpulmin Baby Balsam

obat pilek bayi transpulmin baby balsam

Beli Transpulmin Baby Balsam Klik di Sini

Obat pilek bayi 6 bulan hingga usia 2 tahun, Transpulmin Baby Balsam merupakan obat gosok yang mengandung chamomile dan juga eucalyptol di dalamnya. Sensasi menghangatkan dari balsam ini dapat meredakan pilek sekaligus merelaksasi si kecil.

Anjuran penggunaan obat gosok ini adalah 2-4 kali sehari pada beberapa bagian tubuh bayi seperti dada, punggung dan juga leher.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/tube

7. Cessa Essential Oil

cessa essential oil untuk bayi

Beli Cessa Essential Oil Klik di Sini

Obat alami untuk atasi pilek bayi dan tersedia di apotek? Cessa Essential Oil dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Minyak esensial ini terbuat dari 100% bahan alami yang diformulasikan khusus untuk bayi dan anak-anak.

Anda dapat mengoleskan langsung Cessa Essential Oil pada beberapa titik seperti sepanjang tulang belakang maupun dada untuk meredakan pilek si kecil. Penggunaan obat ini dapat memberikan sensasi menghangatkan yang baik untuk saluran pernapasan bayi.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/pcs

8. Breathy Tetes Hidung

breathy tetes hidung untuk bayi

Beli Breathy Tetes Hidung Klik di Sini

Breathy Tetes Hidung merupakan obat pilek bayi yang mengandung larutan NaCl di dalamnya. Manfaat utama dari penggunaan obat ini adalah melembabkan membran nasal ataupun hidung yang biasanya kering dan mengalami peradangan karena pilek.

Dosis penggunaan obat ini adalah 1-2 tetes pada masing-masing hidung bayi untuk sekali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 52 ribu/botol

9. BNS Breathy Nasal Spray

BNS breathy nasal spray untuk bayi

Beli BNS Breathy Nasal Spray Klik di Sini

Obat semprot hidung yang diproduksi oleh PT. Novell Pharmaceutical, BNS Breathy Nasal Spray dapat menjadi andalan untuk meredakan pilek pada bayi, anak-anak hingga dewasa.

BNS Breathy Nasal Spray sendiri memiliki kandungan natrium chloride di dalamnya. Kandungan tersebut dapat bekerja efektif dalam membantu melembabkan membran hidung. Perhatikan petunjuk pemakaian obat ini sesuai dengan usia anjuran bayi.

Kisaran harga: Rp 111 ribu/botol

10. Bigroot Nose Hygiene Ultra Gentle Baby

bigroot nose hygiene ultra gentle baby

Beli Bigroot Nose Hygiene Ultra Gentle Baby Klik di Sini

Membersihkan rongga hidung dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi pilek pada bayi. Nah, pemanfaatkan cairan pembersih rongga hidung seperti Bigroot Nose Hygiene Ultra Gentle Baby pun dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Diformulasikan khusus dan dipastikan aman untuk bayi, obat ini dapat membuat si kecil terbebas dari lendir sekaligus melegakan saluran pernapasannya. Obat ini juga dapat mencegah sinus dan alergi pada hidung bayi.

Kisaran harga: Rp 135 ribu/pcs

11. My Baby Minyak Telon Plus

my baby minyak telon plus

Beli My Baby Minyak Telon Plus Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan minyak sereh, kayu putih, kelapa, chamomile hingga minyak adas membuat My Baby Minyak Telon Plus dapat menjadi andalan untuk meredakan pilek pada bayi karena sensasi menghangatkannya.

Selain itu, obat gosok yang satu ini juga dapat melindungi bayi dari gigitan serangga dan nyamuk.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/botol

Itulah tadi beragam rekomendasi obat pilek bayi di apotek yang aman dan dapat Anda manfaatkan sesuai petunjuk penggunaan yang ada. Apabila pilek si kecil tidak kunjung membaik, segera periksakan pada dokter ahli guna mendapatkan penanganan terbaik.

Si Kecil sakit dan Anda kehabisan stok obat di rumah? Siap melayani kapanpun dimanapun, K24Klik menjadi solusi tepat untuk beli obat online secara lebih praktis.

Dapatkan aplikasi K24Klik di Play Store maupun App Store, beragam penawaran harga menarik tersedia hanya untuk Anda.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold-in-babies/symptoms-causes/syc-20351651 diakses pada 3 Mei 2024