15 Obat Kaligata di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat kaligata paling ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Bentol-bentol kemerahan dan gatal pada kulit dapat disebabkan oleh penyakit kaligata yang mengganggu kenyamanan. Terdapat beberapa rekomendasi obat kaligata di apotik paling ampuh yang dapat dicoba seperti Loratadine dan Caladine.

Kaligata atau yang sering dikenal sebagai biduran merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat kulit gatal-gatal, kemerahan hingga bentol-bentol ataupun bengkak. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan beragam obat kaligata yang tersedia di apotek.

Pada beberapa kondisi, kaligata dapat sembuh dengan sendirinya namun memerlukan waktu dan juga menghindari beberapa makanan atau minuman pemicu alergi. Penggunaan obat-obatan dapat membantu mempercepat pemulihan kulit.

Baca juga: 15 Obat Gatal Kulit Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Kaligata di Apotik Paling Ampuh

Mulai dari jenis topikal hingga oral, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat kaligata di apotik paling ampuh yang dapat Anda manfaatkan.

1. Loratadine

obat kaligata loratadine

Beli Loratadine Klik di Sini

Bekerja ampuh dalam mengatasi gatal-gatal, Loratadine dapat menjadi salah satu pilihan obat kaligata di apotik andalan Anda. Obat antihistamin ini membantu meredakan kemerahan, bentol-bentol dan juga gatal-gatal pada kulit.

Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat zat histamin pemicu reaksi alergi pada tubuh. Pada dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun, anjuran mengonsumsi obat ini adalah 10mg sekali sehari.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

2. Cetirizine

cetirizine untuk alergi

Beli Cetirizine Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan obat cetirizine untuk meredakan kaligata. Obat ini termasuk dalam golongan antialergi yang dapat mengatasi beragam reaksi alergi seperti kulit gatal-gatal, kemerahan, bentol-bentol hingga bersin-bersin.

Obat kaligata dewasa dan anak ini dapat dikonsumsi 1 kali sehari sesuai dengan takaran dosis yang telah dianjurkan oleh dokter.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

3. Alleron

obat gatal alleron

Beli Alleron Klik di Sini

Mengandung chlorpheniramine maleate atau CTM di dalamnya, Alleron merupakan obat yang ampuh mengatasi meragam reaksi alergi. Obat ini dapat membantu mengurangi gatal-gatal, kemerahan dan juga bentol pada kulit akibat kaligata.

Efektif mengurang efek histamin, obat untuk kaligata ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari 1 kaplet untuk dewasa dan setengah kaplet untuk anak-anak.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

4. Bedak Herocyn

bedak herocyn untuk kaligata

Beli Bedak Herocyn Klik di Sini

Penggunaan bedak gatal juga dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengatasi kaligata. Anda dapat memanfaatkan Bedak Herocyn yang memiliki kandungan bals peruv, zinc oxide, precip sulph, salicylic acid, camphor hingga menthol di dalamnya.

Anda dapat langsung menaburkan dan menggosokkan bedak Herocyn pada bagian kulit yang gatal beberapa kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/pcs

5. Hufadextamin

hufadextamin untuk gatal gatal

Beli Hufadextamin Klik di Sini

Mengkombinasikan dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine maleate, Hufadextamin termasuk obat kortikosteroid yang ampuh mengatasi peradangan dan reaksi alergi. Anda dapat menggunakan obat ini sebagai solusi ampuh untuk kaligata.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1-2 tablet sekali minum. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk membeli hufadextamin.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

6. Incidal OD

incidal od untuk biduran

Beli Incidal OD Klik di Sini

Memiliki kandungan cetirizine di dalamnya, Incidal OD merupakan salah satu obat yang ampuh dalam mengurangi produksi histamin penyebab reaksi alergi pada tubuh. Anda dapat mengonsumsi obat ini untuk mengatasi kaligata.

Pastikan untuk tidak mengonsumsi obat ini ketika hendak melakukan aktivitas berat karena kandungan cetirizine di dalamnya dapat menyebabkan efek samping mengantuk.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip

7. Dextamine

dextamine kulit gatal

Beli Dextamine Klik di Sini

Termasuk dalam golongan obat kortikosteroid, dextamine memiliki kandungan bahan aktif dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine maleate di dalamnya.

Obat ini bekerja efektif dalam mengurangi gatal-gatal, kemeran dan juga bentol-bentol pada kulit. Anda dapat mengonsumsi dextamine untuk 3 kali sehari 1 tablet sekali minum atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/strip

8. Alerhis

obat kaligata alerhis

Beli Alerhis Klik di Sini

Efektif bekerja dalam meredakan biduran atau kaligata, Alerhis merupakan obat antihistamin yang memiliki kandungan loratadine di dalamnya. Tiap kaplet dari obat ini mengandung loratadine 10 mg.

Dosis anjuran penggunaan Alerhis pada dewasa dan juga anak usia di atas 12 tahun adalah 1 kali sehari 1 kaplet.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

9. Caladine Lotion

caladine lotion untuk gatal

Beli Caladine Lotion Klik di Sini

Memanfaatkan obat topikal seperti Caladine Lotion menjadi cara ampuh untuk meredakan gatal-gatal pada kulit. Obat kaligata anak dan dewasa ini memiliki kandungan calamin, zinc oxide dan juga diphendramine HCl di dalamnya.

Dikemas dalam bentuk lotion, penggunaan obat ini sangatlah mudah. Anda dapat langsung mengoleskan Caladine Lotion pada area kulit gatal-gatal secukupnya beberapa kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

10. CTM

obat kaligata ctm

Beli CTM Klik di Sini

Salah satu obat antialergi paling ampuh di apotik yang biasa disarankan adalah Chlorpheniramine Maleate atau CTM. Obat ini dapat menjadi andalan untuk mengurangi gatal-gatal pada kulit.

Sama seperti kebanyakan obat antialergi lainnya, CTM memiliki efek sedatif tinggi sehingga menimbulkan efek samping mengantuk.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

11. Darsi Kapsul

obat kaligata di apotik darsi kapsul

Beli Darsi Kapsul Klik di Sini

Mengkombinasikan 7 macam herbal bermanfaat seperti kunyit dan lempuyang wangi, Darsi Kapsul merupakan obat kaligata alami yang dapat Anda gunakan. Darsi Kapsul biasa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal, jerawat dan juga bisul.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/pcs

12. Alermax

obat alergi gatal alermax

Beli Alermax Klik di Sini

Dengan kandungan zat aktif chlorpheniramine maleate di dalamnya, Alermax bekerja efektif untuk mengatasi reaksi alergi pada kulit seperti kaligata atau biduran. 

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

13. Otede

obat kaligata otede

Beli Otede Klik di Sini

Diproduksi oleh PT. Sanbe Farma, Otede memiliki kandungan diphenhydramine HCl di dalamnya dan bekerja ampuh untuk meredakan kaligata. Selain itu, obat ini juga biasa digunakan untuk memudahkan tidur.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

14. Mexon

mexon untuk gatal gatal

Beli Mexon Klik di Sini

Obat yang digunakan untuk mengatasi reaksi alergi pada kulit, Mexon mengandung dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine di dalamnya. Pada dewasa, Anda dapat mengonsumsi obat ini 3-4 kali sehari 1 tablet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

15. Cydifar

cydifar ampuh untuk kaligata

Beli Cydifar Klik di Sini

Dengan kandungan siproheptadin HCl di dalamnya, Cydifar dapat membantu Anda mengatasi rinitis alergi dan juga kaligata atau biduran. Obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk membelinya.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

Nah, itulah tadi beragam rekomendasi obat kaligata di apotik paling ampuh yang dapat Anda coba gunakan. Apabila gatal-gatal pada kulit tidak kunjung membaik, konsultasikan pada dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Gatal-gatal menyerang tapi stok obat kosong? Tidak perlu repot pergi ke apotek dan menerjang macetnya jalanan, semua jadi beres bersama K24Klik!

Aplikasi beli obat online yang menjamin pengiriman cepat 1 jam sampai, yuk unduh sekarang juga di Play Store maupun App Store sekarang juga! (writer/ib)

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8630-hives diakses pada 14 Mei 2024