Obat Sesak Nafas Alami yang Ampuh dan Cara Membuatnya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sesak nafas alami yang ampuh dan cara membuatnya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terdapat beberapa obat sesak nafas alami yang dapat menjadi alternatif ampuh selain penggunaan obat-obatan kimia. Salah satunya adalah minyak kayu putih yang banyak tersedia di apotik.

Sesak napas merupakan salah satu masalah kesehatan yang membuat seseorang kesulitan untuk bernapas yang disebabkan oleh banyak hal. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui apa saja obat sesak nafas alami yang ampuh dan cara membuatnya.

Cara paling ampuh untuk meringankan sesak nafas adalah mengonsumsi obat-obatan seperti salbutamol dan terbutaline. Namun, memanfaatkan alternatif obat-obatan alami juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: 15 Obat Sesak Nafas di Apotik yang Ampuh dan Harganya

Rekomendasi Obat Sesak Nafas Alami yang Ampuh dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan alami yang memiliki efek antiradang, pada umumnya dapat dimanfaatkan untuk membantu melegakan pernapasan sehingga sesak nafas pun mereda. Namun tentunya, Anda perlu mengetahui cara penggunaannya yang tepat.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sesak nafas alami yang ampuh dan cara membuatnya yang perlu Anda ketahui.

1. Minyak Kayu Putih

Salah satu cara paling praktis untuk meredakan sesak nafas adalah memanfaatkan minyak kayu putih. Jenis minyak ini diketahui memiliki efek antiradang yang cukup ampuh dalam meredakan sesak nafas.

Obat sesak nafas alami yang satu ini dapat langsung dioleskan ke beberapa bagian tubuh seperti dada dan punggung. Anda juga dapat memanfaatkan minyak kayu putih sebagai aromaterapi dengan mencampurkannya bersama air hangat dan menghirup uapnya.

Dapatkan minyak kayu putih di aplikasi K24Klik mulai dari harga Rp 20 ribuan per botolnya dengan penawaran gratis ongkos pengiriman.

2. Jahe

Dikenal sebagai salah satu rempah kaya manfaat, jahe dapat menjadi andalan Anda untuk mengatasi sesak nafas.

Obat sesak nafas alami ampuh ini memiliki kandungan senyawa gingerol dan juga shogaol di dalamnya. Dengan 2 kandungan senyawa tersebut, jahe dapat meredakan peradangan di saluran pernapasan sekaligus memberikan efek relaksasi.

Lalu, bagaimana cara membuat atau mengolah jahe sebagai salah satu herbal untuk sesak nafas? Anda dapat merebus jahe yang telah diiris selama 10-20 menit, tambahkan perasan air lemon ataupun madu TJ Murni kemudian segera minum selagi masih hangat.

madu tj murni atasi sesak nafas

Beli Madu TJ Murni Klik di Sini

3. Akar Manis

Sesak nafas dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk dahak yang mengganggu saluran pernapasan. Nah, memanfaatkan herbal kayu manis dapat menjadi salah satu andalan untuk mengeluarkan dahak sehingga pernapasan lebih lega.

Anda dapat mencampurkan akar manis dengan teh ataupun air jahe dan seduh menggunakan air panas. Setelah itu, pastikan untuk mengonsumsi ramuan akar manis selagi masih hangat untuk memberikan manfaat maksimal pada pengobatan sesak napas.

4. Peppermint

Peppermint sering kali ditemukan sebagai bahan tambahan untuk obat kumur, pasta gigi dan juga beragam obat oles maupun gosok. Ternyata tidak hanya itu, peppermint juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sesak nafas baik yang disebabkan oleh asma maupun tidak.

Senyawa asam rosmarinic dalam peppermint bekerja ampuh dalam meredakan sesak nafas. Cara pengolahan peppermint pun ukup mudah, Anda dapat langsung menyeduh teh peppermint menggunakan air panas.

Saat ini, telah tersedia banyak teh peppermint siap seduh yang dikemas dalam bentuk kantong teh di apotek maupun minimarket-minimarket terdekat.

5. Madu

Senyawa aktif yang terkandung dalam madu dapat berperan efektif sebagai antioksidan, antibakteri dan juga antiradang. Dengan beragam manfaat tersebut, madu dapat diandalkan sebagai salah satu obat alami di dada.

obat sesak nafas alami madu tj extra

Beli Forderm CR Klik di Sini

Cara mengonsumsi madu sebagai obat sesak nafas pun beragam, Anda dapat mencampurkannya dengan air hangat, perasan lemon ataupun teh. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan madu sebagai obat sesak nafas hanya disarankan untuk dewasa.

6. Minyak Esensial

Aromaterapi dapat menjadi salah satu pilihan untuk membantu meredakan asma karena memberikan efek relaksasi yang melegakan saluran pernapasan. Ada beberapa minyak esensial yang dapat dioleskan langsung ke kulit ataupun dijadikan sebagai aromaterapi.

Anda dapat menggunakan Sensatia Botanicals Eucalyptus Leaf Oil yang dimasukkan dalam alat aromaterapi maupun memanfaatkan air hangat. Campurkan beberapa tetes minyak esensial pada semangkuk air hangat, kemudian hirup uapnya.

Selain melegakan saluran pernapasan, penggunaan minyak esensial sebagai aromaterapi juga dapat membantu meredakan beberapa gangguan kesehatan lainnya seperti insomnia.

7. Ginseng

Tanaman herbal yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan, ginseng dapat menjadi pilihan tepat untuk meredakan sesak nafas. Ginseng dapat membantu meningkatkan fungsi organ paru-paru sehingga sesak nafas pun dapat mereda sekaligus dicegah.

Anda dapat mengonsumsi ginseng yang telah diolah menjadi suplemen herbal ataupun meracik ramuannya sendiri. Cara penggunaan ginseng sebagai obat sesak nafas alami cukup mudah, Anda dapat merebus akar ginseng kering dan menyeduhnya dengan teh.

8. Garlic Oil.

Penumpukan kolesterol jahat dapat menjadi salah satu penyebab aliran darah kurang lancar. Akibatnya, beberapa gangguan kesehatan mungkin akan Anda alami seperti mudah merasa lelah dan juga sesak napas.

Obat kolesterol alami herbal yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi penumpukan kolesterol tersebut adalah Garlic Oil.

garlic oil 77 kapsul

Beli Garlic Oil 77 Kapsul Klik di Sini

Saat ini, telah banyak suplemen garlic oil yang dikemas dalam bentuk kapsul dan mudah ditemukan di apotik. Anda dapat membeli Garlic Oil 77 Kapsul dengan penawaran harga terbaik melalui aplikasi K24Klik.

9. Kunyit

Selanjutnya, kandungan kurkumin dalam kunyit bekerja efektif dalam membantu mengurangi peradangan di saluran pernapasan. Anda dapat merebus teh bubuk kunyit yang dikombinasikan dengan irisan jahe.

Pastikan untuk mengonsumsi ramuan kunyit selagi hangat sehingga dapat memberikan efek menenangkan untuk Anda.

10. Teh Hijau

Peradangan pada paru-paru dapat membuat seseorang mengalami gangguan saluran pernapasan, termasuk sesak nafas. Untuk mengurangi peradangan tersebut, kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat menjadi solusi yang tepat.

Anda dapat langsung menyeduh teh hijau yang telah dikemas dalam bentuk bubuk maupun kantong teh dengan secangkir air hangat. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi teh hijau dalam kondisi hangat untuk mendapatkan efektivitas yang maksimal.

11. Kopi Hitam

Kandungan kafein dalam kopi hitam dapat membantu Anda mengurangi ketegangan otot-otot saluran pernapasan. Obat sesak nafas alami ini juga dapat membantu memperbaiki fungsi saluran pernapasan, terutama pada penderita asma.

Namun meskipun dapat membantu meredakan sesak napas, kopi hitam tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan karena berpotensi menyebabkan refluks asam lambung.

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sesak nafas alami yang ampuh beserta cara membuatnya yang perlu Anda ketahui. Apabila sesak nafas tidak kunjung membaik, segera periksakan pada dokter ahli untuk mencegah gangguan kesehatan lainnya.

Apabila Anda memiliki riwayat asma, sesak nafas yang dialami mungkin memerlukan penanganan khusus dan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan herbal.

Sakit menyerang dan butuh obat segera? Jaminan 1 jam sampai, Anda dapat mengandalkan K24Klik sebagai aplikasi beli obat online terpercaya.

Unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store, dapatkan beragam penawaran menarik khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319175 diakses pada 7 Mei 2024