15 Obat Sesak Nafas di Apotik yang Ampuh dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sesak Nafas di Apotik yang Ampuh dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sesak nafas dibutuhkan untuk mengatasi gangguan pernapasan yang tiba-tiba menyerang. Penggunaan obat sesak nafas menjadi salah satu cara cepat untuk meminimalsir komplikasi gangguan kesehatan lainnya.

Dispnea atau yang biasa disebut sesak nafas merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk bernafas. Masalah kesehatan ini bisa terjadi secara tiba-tiba dalam jangka waktu yang tidak tertentu.

Bila tak segera mendapat penanganan seperti mengonsumsi obat sesak nafas, kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi.

Sesak nafas sendiri dibedakan menjadi akut dan juga kronis. Menyerang secara tiba-tiba, penyebab sesak nafas akut adalah asma, serangan panik, pneumonia, alergi, dan sebagainya.

Sementara itu, sesak nafas kronis biasanya terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Umumnya disebabkan oleh penyakit kronis, seperti masalah paru dan jantung.

Salah satu yang paling umum adalah kesulitan bernafas dengan normal, seolah-olah penderita merasa kekurangan udara. Sedangkan beberapa gejala umum lainnya adalah nafas memendek, terasa lebih berat, melambat dan rasa tidak nyaman di dada.

Baca juga: Cara Mengatasi Sesak Nafas secara Alami

Rekomendasi Obat Sesak Nafas di Apotik yang Ampuh dan Harganya

Sebagai pertolongan pertama, penggunaan obat sesak nafas dapat membantu Anda untuk mengatasi gangguan pernapasan yang mengganggu. Tentunya, penggunaan obat sesak nafas sendiri tidak bisa sembarangan dan harus menyesuaikan tingkat keparahan.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sesak nafas di apotik yang ampuh beserta harganya yang perlu Anda ketahui.

1. Lasmalin

Beli Lasmalin Klik di Sini

Mengandung terbutaline sulfate, Lasmalin merupakan salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi permasalahan pada paru-paru termasuk sesak nafas. Cara kerja obat ini adalah dengan mengendurkan otot pada bagian saluran pernafasan.

Dengan mengonsumsi Lasmalin, pernafasan dapat menjadi lega dan sesak nafas pun teratasi. Obat ini dapat diberikan pada dewasa dan juga anak-anak, sesuai dengan anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

2. Lasal

Beli Lasal Klik di Sini

Lasal merupakan obat yang ampuh dalam mengobati beragam gangguan saluran pernafasan, termasuk sesak nafas terutama yang disebabkan oleh asma. Obat ini memiliki kandungan salbutamol di dalamnya.

Cara kerja salbutamol sendiri adalah dengan merangsang secara selektif reseptor pada otot bronkus untuk melegakan pernafasan. Penggunaan Lasal baik tablet maupun sirup harus berdasarkan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/strip

3. Forasma

Beli Forasma Klik di Sini

Pilihan obat selanjutnya untuk meringankan sesak nafas adalah Forasma. Obat ini tersedia dalam dua jenis sediaan, yakni sirup dan tablet.

Meski berbeda sediaan, keduanya sama-sama mengandung terbutaline yang bekerja secara aktif meringankan masalah jaringan pernafasan pada anak-anak maupun orang dewasa

Kisaran harga: Rp 40 ribu/botol

4. Salbutamol

obat sesak nafas salbutamol

Beli Salbutamol Klik di Sini

Obat untuk sesak nafas berikutnya adalah Salbutamol. Sesuai dengan namanya, obat ini mengandung salbutamol, yakni jenis obat yang bisa melonggarkan otot-otot saluran pernafasan.

Obat ini bekerja dengan cepat dan hanya butuh beberapa menit hingga efek dari obat ini dapat dirasakan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

5. Salbron

Beli Salbron Klik di Sini

Salbron merupakan salah satu merek obat yang ampuh dalam membantu mengatasi gejala sesak napas. Obat ini mengandung salbutamol yang termasuk zak aktif untuk meringankan masalah pernafasan, termasuk penyakit paru-paru kronis.

Salbron juga termasuk obat keras, sehingga penggunaannya harus menggunakan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

6. Ataroc

Beli Ataroc Klik di Sini

Bila Anda termasuk penderita sesak nafas yang sulit mengonsumsi obat tablet, Ataroc bisa menjadi alternatif yang tepat. Salah satu bentuk sediaan obat Ataroc adalah sirup yang mengandung procaterol HCL.

Kandungan procerol HCL ini bekerja aktif sebagai bronkodilator, yakni dengan memperluas bronkus pada paru-paru. Dengan begitu, oksigen dalam paru-paru bisa meningkat.

Kisaran harga: Rp 67 ribu/botol

7. Astharol

obat sesak nafas astharol

Beli Astharol Klik di Sini

Astharol adalah salah satu obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sesak nafas akut. Obat ini hadir dalam dua jenis sediaan, yakni tablet dan sirup. Keduanya sama-sama berfungsi untuk melebarkan saluran pernafasan.

Sebagai catatan, Astharol tergolong sebagai obat keras, sehingga pembelian dan penggunaannya memerlukan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

8. Teolas

obat sesak nafas di apotek teolas

Beli Teolas Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan bahan aktif salbutamol sulfate dan juga theophylline, Teolas merupakan obat yang ampuh dalam mengatasi sesak nafas yang disebabkan oleh asma.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan Teolas harus menggunakan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

9. Ventolin Inhaler

obat sesak nafas paling ampuh ventolin inhaler

Beli Ventolin Inhaler Klik di Sini

Tidak hanya obat sirup maupun tablet, Anda juga dapat memanfaatkan jenis obat inhaler untuk meredakan beragam gejala asma termasuk sesak nafas. Ventolin Inhaler memiliki kandungan salbutamol sulfat dan dapat digunakan oleh dewasa serta anak-anak.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan Ventolin Inhaler ini harus berdasarkan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 173 ribu/pcs

10. Bronchosal

obat sesak nafas di apotek bronchosal

Beli Bronchosal Klik di Sini

Sesak nafas merupakan salah satu gejala asma yang perlu penanganan cepat agar tidak menghambat aktivitas harian. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan obat Bronchosal yang mengandung salbutamol sulfate di dalamnya.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah sesudah makan, sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

11. Seretide Inhaler

obat sesak nafas di apotik seretide inhaler

Beli Seretide Inhaler Klik di Sini

Kombinasi zat aktif salmeterol dan juga flutikason, Seretide Inhaler berfungsi ampuh dalam meringankan beragam gejala-gejala asma seperti sesak nafas. Obat ini hanya boleh digunakan sesuai dengan hasil konsultasi bersama dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 225 ribu/pcs

12. Theobron Kapsul

obat sesak nafas paling ampuh theobron kapsul

Beli Theobron Kapsul Klik di Sini

Mengandung theophylline di dalamnya, Theobron Kapsul berfungsi untuk meredakan sesak nafas pada kondisi asma bronkial ataupun kondisi bronkospatik lain. Dosis anjuran pada orang dewasa adalah 3 kali sehari sebanyak 1 kapsul tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 34 ribu/strip

13. Symbicort Turbuhaler

obat sesak nafas di apotek symbicort turbuhaler

Beli Symbicort Turbuhaler Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan obat Symbicort Turbuhaler untuk meredakan gejala asma seperti sesak nafas. Obat ini mengkombinasikan zat aktif formoterol dan juga budesonide di dalamnya.

Penggunaan obat turbuhaler ini adalah dengan menghisapnya 2 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 420 ribu/pcs

14. Flutias

obat sesak nafas paling ampuh flutias

Beli Flutias Klik di Sini

Dengan kandungan zat aktif salmeterol dan fluticasone propionate, Flutias bekerja efektif dalam meredakan sesak nafas yang merupakan salah satu gejala asma. Obat inhaler yang satu ini dapat diberikan pada dewasa dan anak-anak diatas 4 tahun sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 239 ribu/pcs

15. Isivas

obat sesak nafas di apotik isivas

Beli Isivas Klik di Sini

Masalah pernafasan seperti asma dapat membuat Anda merasa sesak nafas dan perlu untuk segera diatasi. Salah satu obat yang dapat Anda manfaatkan adalah Isivas Tablet. Obat ini memiliki kandungan montelukast sodium di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 86 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sesak nafas yang tersedia di apotik dan dapat Anda coba digunakan.

Beberapa rekomendasi obat di atas termasuk dalam golongan obat keras, jadi pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Butuh konsultasi dokter yang praktis sekaligus beli obat online tanpa ribet? K24Klik solusinya!Unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, dapatkan beragam penawaran menarik khusus untuk setiap transaksi Anda di K24Klik sekarang juga!

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/314963#causes, diakses pada 28 Desember 2023

https://www.healthline.com/health/dyspnea#diagnosis, diakses pada 28 Desember 2023

https://www.verywellhealth.com/acid-reflux-and-shortness-of-breath-5235437, diakses pada 28 Desember 2023