15 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat radang tenggorokan alami dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi sakit pada tenggorokan. Beberapa diantara dapat dikonsumsi dalam versi minuman atau cukup berkumur saja.

Tenggorokan sakit bisa saja disebabkan oleh banyak hal, termasuk peradangan. Selain obat-obat di apotik, Anda dapat menggunakan obat radang tenggorokan alami seperti jahe dan juga air lemon. Beberapa obat alami radang tenggorokan juga dapat Anda buat sendiri di rumah dengan mudah dan aman untuk dewasa maupun anak-anak.

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh

Tidak semua penyakit harus diobati dengan obat kimia, Anda juga bisa memanfaatkan herbal yang mudah dibu at sendiri. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat radang tenggorokan alami yang ampuh dan beberapa diantaranya tersedia di apotik.

Baca juga: 20 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh di Apotik

1. Jahe

Rempah yang satu ini telah dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk mengobati radang tenggorokan. Sifat anti inflamasi pada jahe dapat menjadi pereda nyeri saat mengalami sakit tenggorokan akibat peradangan. Tidak hanya itu, sensasi hangat saat mengonsumsi jahe juga membantu tenggorokan terasa lebih lega.

Obat alami untuk radang tenggorokan ini juga sudah banyak disajikan dalam bentuk teh jahe yang lebih praktis dan nikmat. Untuk anak, Anda mungkin dapat menambahkan madu agar rasa pedasnya tidak terlalu kuat.

Anda juga dapat mengonsumsi minuman instan yang terbuat dari ekstrak jahe seperti Iboe Natural Drink Jahe. Minuman serbuk ini tersedia di K24Klik dengan kisaran harga Rp 11 ribuan per dos.

obat radang tenggorokan alami iboe drink sari jahe

Beli Iboe Natural Drink Jahe Klik di Sini

2. Bawang Putih

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan salah satu bumbu dapur paling umum digunakan yaitu bawang putih. Saat dihancurkan, bawang putih terbukti mengandung allicin yang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan juga anti virus. Itulah mengapa bawang putih dapat menjadi obat alami radang tenggorokan yang ampuh.

Memiliki rasa yang khas, obat alami ini mungkin lebih cocok digunakan untuk dewasa. Anda dapat mengunyah satu siung bawang putih mentah kemudian menghisapnya selama beberapa menit. Jika lebih nyaman mengonsumsi cairan, cobalah untuk memadukan bawang putih dengan beberapa sayuran untuk membuat jus.

3. Madu

Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda dapat mencampurkan madu bersama dengan air hangat atau teh. Pastikan untuk mengonsumsinya selagi hangat agar efek melegakan tenggorokan lebih terasa. Madu memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan karena kandungan antioksidan, anti inflamasi, anti jamur, anti virus dan anti kankernya.

Versi lebih praktisnya, saat ini Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung tanpa campuran apapun. Madu TJ Panas Dalam mengandung thymi herba yang ampuh bekerja sebagai ekspektoran dan melegakan tenggorokan. Dikemas dalam ukuran 150 gram, Madu TJ Panas Dalam dapat Anda beli dengan kisaran harga Rp 25 ribuan di K24Klik.

obat radang tenggorokan alami madu tj panas dalam

Beli Madu TJ Panas Dalam Klik di Sini

4. Larutan Air Garam

Menjadi pengobatan tradisional yang telah lama digunakan oleh banyak orang, air garam ampuh untuk mengobati radang tenggorokan. Anda cukup mencampurkan garam beryodium dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur hingga ke bagian belakang tenggorokan. Lakukan hal tersebut beberapa kali sehari sampai radang tenggorokan membaik.

5. Kunyit

Tidak hanya menjadi bumbu masak, kunyit memiliki manfaat baik untuk kesehatan dalam mengatasi peradangan termasuk radang tenggorokan. Kandungan kurkumin di dalam kunyit menjadi sumber antioksidan yang kuat. Itu akan membantu Anda untuk melawan radikal bebas, meningkatkan kesehatan tubuh termasuk menghindari peradangan kedepannya.

Anda dapat menggunakan kunyit sebagai obat alami untuk radang tenggorokan dengan mencampurkan kunyit bubuk, garam dan air hangat untuk berkumur. Jika ingin lebih efektif, jadikan kunyit sebagai campuran sup bersama dengan lada, madu, bawang putih dan juga jahe.

6. Cuka Sari Apel

Sifat anti mikroba dalam cuka sari apel membuatnya efektif untuk meredakan radang tenggorokan. Cara menggunakan obat tenggorokan alami ini pun sangat mudah, Anda dapat melarutan cuka sari apel ke dalam segelas air. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur atau tambahkan madu untuk diminum.

Tidak perlu repot membuat cuka sari apel sendiri, Anda dapat membeli Tahesta Cuka Apel seharga Rp 59 ribuan per botol.

obat radang tenggorokan alami cuka sari apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

7. Teh Chamomile

Mengonsumsi teh herbal telah terbukti ampuh untuk mengobati radang tenggorokan. Salah satu yang dapat menjadi pilihan Anda adalah teh chamomile. Sifat antioksidan pada chamomile bantu Anda mengurangi sakit akibat radang tenggorokan seperti suara serak, nyeri, tenggorokan kering dan iritasi.

Tambahkan madu murni jika ingin rasa dari teh chamomile menjadi lebih nikmat dengan khasiat semakin besar. Jaminan 100% produk asli, Anda dapat membeli Madu TJ Murni seharga Rp 38 ribuan di K24Klik.

obat radang tenggorokan alami madu tj murni

Beli Madu TJ Murni Klik di Sini

8. Akar Licorice

Anda mungkin lebih mengenal herbal yang satu ini sebagai akar manis, tanaman obat yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Licorice dapat membantu Anda untuk mengencerkan sekresi lendir sehingga tenggorokan menjadi lebih lega. Selain itu, akar manis ini juga efektif untuk mengobati peradangan pada tenggorokan.

9. Peppermint

Berbagai obat tenggorokan di apotik biasanya mengandung peppermint karena efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Kandungan mentol dalam peppermint memiliki sifat anti peradangan dan juga anti virus. Anda dapat menambahkan peppermint ke dalam makanan atau meraciknya sendiri bersama madu dan lemon.

10. Fenugreek

Obat alami radang tenggorokan yang satu ini sering dikenal sebagai klabet ataupun menthi. Fenugreek dikenal ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi atau peradangan pada tenggorokan. Tanaman ini dapat Anda konsumsi dalam bentuk biji, minyak topikal ataupun teh sebagai obat radang tenggorokan alami.

11. Kayu Manis

Kandungan antimikroba dalam kayu manis efektif untuk membantu Anda mengatasi pertumbuhan bakteri penyebab radang tenggorokan. Obat alami untuk radang tenggorokan ini dapat Anda konsumsi dengan cara melarutkan kayu manis dengan air hangat.

Lebih efektif lagi, jika Anda merebus batang kayu manis hingga mendidih. Kemudian tuangkan dan saring air rebusan tersebut ke cangkir dan minum selagi hangat.

12. Air Lemon

Banyak orang tentunya sudah mengetahui bahwa lemon kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan tersebut ampuh untuk membantu Anda meningkatkan imunitas tubuh sekaligus mempercepat pemulihan radang tenggorokan. Tidak hanya itu, astringen dalam lemon juga dapat secara efektif meredakan peradangan dan pembengkakkan pada tenggorokan.

13. Minyak Kelapa

Obat alami radang tenggorokan ini efektif untuk mengencerkan dahak sehingga memberi efek melegakan pada tenggorokan. Anda dapat membeli Mutia Virgin Coconut Oil seharga Rp 58 ribuan per botol di K24Klik. Cukup tambahkan saja beberapa sendok minyak kelapa ke makanan, praktis dan ampuh untuk mengobati radang tenggorokan.

obat radang tenggorokan alami mutia virgin coconut oil

Beli Mutia Virgin Coconut Oil Klik di Sini

14. Echinacea

Tanaman obat yang satu ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, termasuk mengobati radang tenggorokan. Selain itu, echinacea juga ampuh untuk menurunkan kadar gula darah, pelancar pencernaan dan mengatasi masalah kulit. Anda dapat mengonsumsi echinacea dalam bentuk tablet, alrutan obat, ekstrak maupun teh.

Echinacea Sidomuncul terbuat dari ekstrak echinacea dan dapat Anda konsumsi 1-3 kali sehari 1 kapsul sebagai suplemen untuk imunitas tubuh. Tersedia di K24Klik, herbal ini dapat Anda beli dengan kisaran harga Rp 64 ribuan per botol berisi 30 kapsul.

obat radang tenggorokan alami echinacea sidomuncul

Beli Echinacea Sidomuncul Klik di Sini

15. Elderberry

Kandungan anti inflamasi dan histamin dalam elderberry efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Tidak hanya itu, elderberry juga memiliki banyak khasiat lainnya seperti mengurangi stress, mengontrol gula darah, menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk buah segar, minuman ataupun ekstrak.

Amunizer yang dijual dengan kisaran harga Rp 7 ribuan per botol terbuat dari ekstrak elderberry dengan anti oksidan tinggi. Selain untuk mengobati radang tenggorokan, minuman ini dapat Anda jadikan booster kesehatan tubuh yang aman dikonsumsi tiap hari.

obat radang tenggorokan alami amunizer

Beli Amunizer Klik di Sini

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat radang tenggorokan alami yang ampuh untuk Anda gunakan. Konsultasikan pada dokter Anda apabila memiliki kondisi khusus yang perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi obat herbal.

Butuh obat, susu, vitamin ataupun produk farmasi lainnya tapi malas ribet? Tenang, K24Klik siap antar pesanan Anda sampai ke depan rumah. Dapatkan aplikasi kami di Play Store atau App Store, rasakan manfaat membeli obat jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.fnp.com/blog/7-herbs-that-are-natural-remedies-for-a-sore-throat diakses pada 13 Mei 2023

https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies#marshmallow-root diakses pada 15 Mei 2023