15 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Cuka apel (apple cider vinegar) sudah lama digunakan sebagai ramuan pengobatan alternatif dan bahan makanan sehari-hari. Banyak orang mengonsumsi cuka apel karena manfaatnya yang luar biasa, terlebih bagi kesehatan. Apa itu cuka apel? Apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan?

Simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu Cuka Apel?

Cuka apel adalah cuka yang dibuat dengan mencampurkan air dan jus apel yang telah difermentasi menggunakan ragi. Proses fermentasi ini mengubah gula dalam jus apel menjadi asam asetat. Proses inilah yang membuat cuka apel memiliki rasa asam dan aroma yang khas.

Selain fermentasi, cuka apel juga bisa dibuat dengan menambahkan “mother of vinegar” ke dalam jus apel. Mother of vinegar ini merupakan bakteri asetobakter dalam cuka apel yang tidak disaring, sehingga terlihat sebagai lapisan coklat gelap atau endapan di dasar botol.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Cuka apel mengandung kalori, karbohidrat, probiotik, asam asetat, dan antioksidan. Selain sering digunakan dalam masakan dan minuman, jenis cuka yang satu ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pria dan wanita. Berikut 15 manfaat cuka apel untuk kesehatan dan cara penggunaannya yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan kadar gula darah

Cuka apel dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam BMC Complementary Medicine and Therapies, penderita diabetes yang minum 15 ml cuka apel per hari selama lebih dari 8 minggu mengalami penurunan gula darah puasa.

Penurunan kadar gula darah ini tentu diikuti dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula. Selain itu, perlu diingat bahwa cuka apel bukan pengganti obat diabetes. Oleh karena itu, penggunaan cuka apel untuk penderita diabetes sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Menurunkan tekanan darah

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi. Asam asetat ini bekerja dengan menghambat enzim yang meningkatkan tekanan darah.

tahesta cuka apel

Beli Taheta Cuka Apel Klik di Sini

3. Memperbaiki pencernaan

Kandungan asam asetat dalam cuka apel dipercaya tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah. Namun, juga dapat membantu memperbaiki pencernaan.

Penelitian menunjukkan, asam asetat dan probiotik dalam cuka apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan jumlah bakteri baik. Selain itu, cuka apel juga dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar atau ulcerative colitis (UC).

4. Menurunkan berat badan

Manfaat minum cuka apel berikutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Uji klinis yang dilakukan secara acak menunjukkan asam asetat dalam cuka apel dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Selain itu, kandungan asam asetat ini juga dapat membantu mengurangi penyerapan karbohidrat dari makanan. Dengan demikian, Anda akan merasa awet kenyang dan dan berat badan turun secara perlahan. Hal ini juga berkaitan dengan penurunan glukosa dalam darah dan perbaikan respon insulin.

5. Menghilangkan bau mulut dan menjaga kesehatan gigi

Cuka apel mengandung asam asetat dan mineral yang dapat membantu melawan bakteri penyebab masalah bau mulut serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Berkumur dengan campuran air dan cuka apel dapat membantu mengurangi plak gigi dan bau mulut.

6. Mengurangi peradangan

Cuka apel dipercaya mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada rheumatoid arthritis ( RA ), multiple sclerosis (MS), dan ankylosing spondylitis (AS). Senyawa ini juga dapat membantu meredakan nyeri dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

7. Menurunkan kolesterol

Pada penelitian kecil yang melibatkan manusia dan hewan, cuka apel terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kandungan asam asetatnya dapat membantu meningkatkan produksi enzim hati yang membantu menguraikan kolesterol.

8. Cuka apel untuk kulit

Manfaat minum cuka apel juga dirasakan bagi kesehatan kulit. Cuka apel dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Kandungan asam alpha-hydroxy dalam cuka apel dapat membantu membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, serta membuka pori-pori kulit. Kandungan asam asetatnya juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat.

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat cuka apel pada tekanan darah dan kadar kolesterol juga berdampak pada kesehatan jantung yang lebih terjaga. Selain itu, senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam cuka apel juga dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan.

10. Mengatasi ketombe dan masalah pada rambut

Asam asetat dalam cuka apel juga dapat membantu mengurangi jamur penyebab ketombe dan merangsang folikel yang merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu mengangkat kotoran dan residu produk perawatan rambut, sehingga rambut jadi lebih sehat dan berkilau.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cuka apel mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa ini membantu memperkuat pertahanan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

12. Meringankan sakit pada Herpes zoster

Berendam dengan 1 bak air yang diberi 1 cangkir kecil cuka apel dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada penderita Herpes zoster. Cuka apel ini bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit, mencegah penyebaran bakteri, serta mengatur tingkat pH kulit jadi lebih sehat.

13. Meningkatkan kesehatan tulang

Cuka apel tidak hanya mengandung asam asetat, tapi juga kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral-mineral ini merupakan komponen penting untuk kesehatan tulang karena dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

14. Membantu mengatasi alergi

Cuka apel dapat membantu mengatasi gejala alergi seperti pilek dan hidung tersumbat. Kandungan asam asetatnya membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh yang berkaitan dengan reaksi alergi.

15. Mengatasi onikomikosis atau jamur kuku kaki

Manfaat cuka apel yang terakhir adalah mengatasi onikomikosis, yaitu jamur yang membuat kuku kaki menghitam. Kandungan asam asetat dalam cuka apel bekerja dengan cara menciptakan lingkungan yang tidak disukai jamur. Dengan demikian, pertumbuhan jamur pada kuku kaki perlahan terhenti.

Cara Menggunakan Cuka Apel

Setelah membaca banyak manfaat cuka apel, bagaimana cara penggunaannya? Berikut beberapa cara menggunakan cuka apel yang paling umum:

1. Sebagai bahan tambahan dalam saus atau dressing

Cuka apel sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam saus dan dressing untuk memberikan rasa asam yang khas. Anda dapat mencampurkan cuka apel dengan minyak zaitun, madu, mustard, atau rempah-rempah lainnya untuk membuat saus atau dressing yang lezat.

2. Sebagai bahan marinasi

Cuka apel dapat digunakan sebagai bahan marinasi untuk daging, ikan, dan sayuran. Marinasi dengan cuka apel dapat memberikan rasa yang lebih enak dan memudahkan proses pencernaan.

3. Sebagai campuran minuman

Cuka apel dapat dicampurkan dengan air, madu, jahe, atau rempah-rempah lainnya untuk membuat minuman yang menyegarkan dan sehat. Cara menggunakan cuka apel ini biasanya untuk tujuan pengobatan.

4. Dioleskan pada wajah

Penggunaan cuka apel untuk wajah dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dan 3 sendok makan air. Oleskan pada wajah menggunakan kapas dan diamkan selama 5-10 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih mengalir.

5. Sebagai campuran air untuk keramas

Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada rambut, seperti ketombe, rambut rontok, atau rambut kering. Campurkan 1 bagian cuka apel dan 1 bagian air. Oleskan pada kulit kepala dan rambut, pijat perlahan, kemudian diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

Menggunakan cuka apel untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan harus dilakukan dengan bijak, tidak dikonsumsi langsung, dan tidak digunakan dalam jumlah yang berlebihan. Pastikan untuk memilih cuka apel organik dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Cuka apel organik dengan kandungan yang aman bisa Anda beli secara online di K24Klik.com. K24Klik merupakan apotek online 24 jam yang menyediakan obat, susu, dan suplemen dengan jaminan 100% asli. Yuk, beli di K24Klik sekarang dan rasakan manfaat cuka apel untuk kesehatan.

Referensi:

  • 8 Touted Health Benefits of Apple Cider Vinegar (and What the Research Says)

https://www.everydayhealth.com/pictures/apple-cider-vinegar-beauty-uses/, diakses pada 24 Februari 2023.

  • Apple Cider Vinegar

https://www.webmd.com/diet/apple-cider-vinegar-and-your-health, diakses pada 24 Februari 2023.

  • Top 5 benefits of apple cider vinegar

https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-apple-cider-vinegar, diakses pada 25 Februari 2023.

  • Apple Cider Vinegar Benefits And Possible Side Effects

https://www.forbes.com/health/body/apple-cider-vinegar-benefits/, diakses pada 25 Februari 2023.

  • 6 Health Benefits of Apple Cider Vinegar, Backed by Science

https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-health-benefits-of-apple-cider-vinegar, diakses pada 25 Februari 2023.