15 Vitamin Anak Terbaik untuk Tumbuh Kembang Optimal

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Vitamin Anak Terbaik untuk Tumbuh Kembang Optimal

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Anak-anak membutuhkan asupan vitamin untuk mendukung tumbuh kembang. Jika makanan tidak cukup, Anda bisa memberi vitamin anak. Asupan vitamin A, C, dan D, misalnya, bisa mulai diberikan ke anak usia 6 bulan hingga 5 tahun.

Vitamin untuk anak bisa diperoleh dari beragam fasilitas kesehatan, misalnya posyandu dan klinik. Anda juga bisa membeli vitamin di apotek. Pastikan berkonsultasi dengan dokter agar jenis dan dosis vitaminnya tepat.

Rekomendasi Vitamin Anak Terbaik untuk Tumbuh Kembang Optimal

Apa saja produk vitamin yang bisa Anda temukan di apotek? Berikut 15 rekomendasinya.

1.  Supralysin Sirup

Beli Nature’s Plus Orange Juice Junior Klik di Sini

Supralysin Sirup adalah vitamin anak yang juga bisa diminum orang dewasa. Produk ini mengandung multivitamin lengkap plus asam amino lisina (lysine). Selain menjaga daya tahan tubuh, Supralysin membantu menambah nafsu makan, mempercepat pemulihan, dan mendukung pertumbuhan.

Supralysin Sirup tersedia dalam kemasan botol ukuran 60 dan 100 ml. Suplemen ini bisa diminum anak-anak usia minimal 1 tahun. Kisaran harganya sekitar Rp25.000 hingga Rp40.000.

2. Sakatonik ABC Gummy Fruit Veggie

Sakatonik ABC Gummy Fruit Veggie vitamin anak

Beli Sakatonik ABC Klik di Sini

Lengkapi kebutuhan vitamin dan minerak anak dengan Sakatonik ABC Gummy Fruit Veggie. Produk ini mengandung ekstrak buah dan sayuran yang kaya vitamin A, B, C, D, dan E, mineral, plus serat. Bentuknya berupa tablet kunyah lucu dan cocok untuk anak.

Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp12.000 hingga Rp16.000.

3. Fitkom Tablet Hisap

Fitkom Straw vitamin anak

Beli Sakatonik ABC Klik di Sini

Fitkom Tablet Hisap mengandung vitamin A, B kompleks, C, D, dan E. Hadir dengan rasa jeruk, anggur, dan stroberi, Fitkom membantu melengkapi nutrisi harian. Fitkom juga bisa mendukung proses tumbuh kembang dan mempercepat pemulihan setelah sakit.

Fitkom Tablet Hisap hadir dalam kemasan berisi 21, 24, dan 30 tablet. Harganya mulai dari Rp14.000 hingga Rp17.000.

4. Curcuma Plus Emulsion Grow

Curcuma Plus Emulsion Grow vitamin anak

Beli Sakatonik ABC Klik di Sini

Curcuma Plus Emulsion Grow adalah vitamin anak  yang juga bisa diminum orang dewasa. Selain mendukung pertumbuhan, vitamin bentuk sirup ini bisa menjaga daya tahan tubuh. Curcuma Plus Emulsion Grow juga bisa diberikan ke anak yang nafsu makannya kurang.

Curcuma Plus Emulsion Grow hadir dalam kemasan botol 200 ml. Kisaran harganya sekitar Rp25.000 hingga Rp33.000.

5. Curcuma Plus Fruit Veggie

Beli Curcuma Plus Fruit Veggie Klik di Sini

Curcuma Plus Fruit Veggie cocok untuk anak yang susah makan. Suplemen ini mengandung ekstrak buah dan sayuran seperti brokoli, kubis, bayam, pisang, apel, pepaya, dan jeruk. Kandungan temulawaknya merangsang nafsu makan dan vitamin serta mineralnya mampu mendukung tumbuh kembang.

Curcuma Plus Fruit Veggie cocok untuk anak usia minimal 6 bulan. Kisaran harganya sekitar Rp28.000 hingga Rp50.000.

6.  Holisticare EsterC Kids

Holisticare EsterC Kids vitamin anak

Beli Holisticare EsterC Kids Klik di Sini

Holisticare EsterC Kids adalah salah satu vitamin anak terbaik karena aman untuk lambung. Suplemen ini mengandung vitamin C, kalsium, dan antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh. Holisticare juga mengandung hesperidin yang mampu meningkatkan kadar penyerapan vitamin di dalam produk.

Holisticare EsterC Kids hadir dalam bentuk tablet yang bisa dihisap atau dikunyah. Harganya mulai dari Rp40.000 hingga Rp50.000.

7.  Citrex Gummy

Citrex Gummy vitamin anak

Beli Citrex Gummy Klik di Sini

Citrex Gummy adalah suplemen yang mengandung multivitamin lengkap dan mineral. Produk ini cocok untuk mempercepat pemulihan sehabis sakit. Citrex Gummy tersedia dalam bentuk tablet kunyah yang dikonsumsi setelah makan.

Citrex Gummy hadir dengan pilihan rasa jeruk dan stroberi. Kisaran harganya cukup terjangkau, yaitu antara Rp13.000 hingga Rp16.000.

8.  Nature’s Plus Orange Juice Junior

 Nature’s Plus Orange Juice Junior vitamin anak

Beli Nature’s Plus Orange Juice Junior Klik di Sini

Nature’s Plus juga memiliki varian vitamin untuk anak-anak. Nature’s Plus Orange Juice Junior mengandung vitamin C yang aman di lambung, cocok untuk anak usia 2 hingga 12 tahun. Suplemen ini berfungsi mendukung pertumbuhan, mempercepat pemulihan setelah sakit, dan menjaga kesehatan mata, gusi, gigi, dan kuku.

Nature’s Plus Orange Juice Junior hadir dalam bentuk tablet hisap. Harganya berkisar dari Rp218.000 hingga Rp230.000.

9. Wellness Children’s Multi Liquid

Wellness Children’s Multi Liquid vitamin anak

Beli Sakatonik ABC Klik di Sini

Wellness Children’s Multi Liquid adalah vitamin sekaligus penambah nafsu makan anak. Kandungan beberapa jenis vitamin dan mineralnya cocok untuk mendukung tumbuh kembang. Anda juga bisa memberikan vitamin ini ke anak untuk menunjang daya tahan tubuh mereka agar tidak mudah sakit.

Harga Wellness Children’s Multi Liquid kemasan botol ukuran 240 ml berada di kisaran Rp360.500.

10.  Cerebrofort Gold

Cerebrofort Gold vitamin anak

Beli Cerebrofort Gold Klik di Sini

Cerebrofort Gold adalah vitamin anak yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh serta menunjang tumbuh kembang. Setiap kemasan mengandung vitamin lengkap serta beberapa asam amino penunjang metabolisme. Cerebrofort Gold cocok untuk anak usia 1 hingga 12 tahun.

Vitamin ini tersedia dalam bentuk sirup rasa stroberi dan jeruk. Harganya mulai dari Rp22.000 hingga Rp39.000, tergantung kemasan.

11.  Solvita Drop

Solvita Drop vitamin untuk anak

Beli Solvita Drop Klik di Sini

Solvita Drop adalah vitamin anak berbentuk tetes khusus untuk bayi. Setiap botol mengandung multivitamin lengkap, mineral, Omega 3, asam amino, dan asam lemak. Cocok untuk merangsang tumbuh kembang serta menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Solvita Drop bisa diteteskan langsung atau dicampurkan dengan makanan pengganti ASI. Harganya mulai dari Rp44.000 hingga Rp45.000.

12. Enervon C Plus Sirup

Beli Enervon C Plus Sirup Klik di Sini

Enervon C Plus Sirup adalah vitamin C untuk anak yang berpadu dengan vitamin B kompleks, A, dan D. Produk ini cocok untuk mendukung tumbuh kembang anak usia 6 hingga 12 tahun. Enervon C Plus hadir dalam kemasan botol ukuran 120 ml.

Harga Enervon C Plus Sirup cukup terjangkau, yaitu di kisaran Rp22.000.

13. Biolysin Smart Sirup

Biolysin Smart Sirup vitamin anak

Beli Biolysin Smart Sirup Klik di Sini

Biolysin Smart Sirup adalah vitamin anak bentuk cair untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang. Produk ini mengandung vitamin A, B kompleks, C, D3, dan berbagai mineral. Biolysin juga bisa diminum untuk mempercepat kesembuhan setelah sakit.

Tersedia dalam kemasan botol ukuran 30, 60, dan 100 ml, Biolysin Smart Sirup cukup terjangkau. Kisaran harganya antara Rp14.000 hingga Rp22.000.

14. Appeton Multivitamin Taurine Sirup

Beli Biolysin Smart Sirup Klik di Sini

Appeton Multivitamin Taurine Sirup memadukan vitamin A, D, E, dan asam amino yang penting untuk tumbuh kembang. Sebagai vitamin mata untuk anak, Appeton membantu menjaga penglihatan serta fungsi otak. Appeton juga membantu mengelola kemampuan otak selama masa pertumbuhan.

Appeton Multivitamin Taurine Sirup bisa dikonsumsi anak usia 1 hingga 10 tahun. Kisaran harganya sekitar Rp149.000 hingga Rp160.000.

15. Calsource Junior Sirup

Beli Calsource Junior Sirup Klik di Sini

Kalsium dan vitamin D3 penting untuk menunjang pertumbuhan dan kekuatan tulang. Calsource Junior Sirup adalah suplemen kalsium dan vitamin D3 bentuk sirup untuk anak-anak. Cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas dan harus diminum setelah makan.

Calsource Junior tersedia dalam kemasan botol 120 ml dengan rasa jeruk. Kisaran harganya mulai dari Rp42.000.

Semua jenis vitamin ini dijual secara bebas. Anda bisa mendapatkannya di K24klik, solusi beli obat dan vitamin secara mudah. Dengan K24klik, Anda tidak perlu lagi jalan kaki atau naik kendaraan ke apotek. Cukup dengan beberapa klik, Anda bisa memesan dan menunggu obat diantarkan.

Vitamin anak adalah suplemen nutrisi yang mampu mendukung tumbuh kembang serta fungsi tubuh lainnya. Dapatkan vitamin pilihan Anda dengan mudah dan cepat di K24klik.

Sumber:

https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/vitamins-for-children/ (diakses 18 Desember 2022)