15 Obat Mata Bengkak di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Mata Bengkak di Apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mata bengkak maupun keduanya sebenarnya adalah gejala, bukan sebuah kondisi atau penyakit. Ini sangat umum dan biasanya terjadi karena alergi, radang, infeksi atau luka. Kulit kelopak mata kita memiliki ketebalan kurang dari 1 mm. Tapi karena jaringannya lembut dan melar, kelopak mata bisa membengkak dengan mudah. Anda dapat memilih obat mata bengkak sesuai dengan penyebabnya.

Mata bengkak biasanya disebabkan oleh beberapa kondisi termasuk:

  • Alergi
  • Chalazion (pembengkakan pada kelenjar minyak di kelopak mata)
  • Infeksi pada kelopak mata
  • Konjungtivitis dan lain sebagainya.

Rekomendasi Obat Mata Bengkak di Apotik dan Harganya

Untuk mengatasi mata bengkak, Anda membutuhkan obat sesuai dengan gejalanya. Simak beberapa rekomendasi obat sakit mata bengkak berikut ini!

1. Y Rins Cuci Mata 12ml

y rins untuk mata bengkak

Beli Y Rins Cuci Klik di Sini

Mata merah dan bengkak bisa disebabkan oleh udara yang kotor berdebu atau berasap. Kebanyakan orang mengalami hal ini setelah mengemudi atau mengendarai kendaraan bermotor. Untuk membantu meringankan iritasi, membersihkan serta menyejukkan mata, Anda bisa menggunakan produk pencuci mata, Y Rins Cuci Mata 12 ml.

Y RIns Cuci Mata 12 ml merupakan obat bebas yang dijual dengan kisaran harga Rp7.000-8.000.

2. Braito

Braito obat mata bengkak

Beli Braito Klik di Sini

Mengandung bahan aktif Tetryzoline hydrochloride, Braito merupakan air mata buatan yang bisa membantu meredakan mata kering, perih dan iritasi. Gunakan obat sesuai dengan petunjuk pada kemasan atau sesuai dengan arahan dari dokter.

Braito tetes mata ukuran 5 ml bisa dibeli dengan kisaran harga Rp12 ribuan.

3. Insto Regular

Insto Regular obat untuk mata bengkak

Beli Insto Regular Klik di Sini

Insto Regular merupakan tetes mata dengan kandungan bahan aktif Tetrahidrozolin HCl dan Benzalkonium klorida yang dapat membantu mengatasi mata bengkak dan merah dengan rasa perih yang diakibatkan oleh iritasi mata ringan.

Insto Reguler dengan ukuran 15 ml bisa dibeli dengan kisaran rentang kisaran harga Rp22.000-25.000 per botolnya.

4. Rohto Cool

obat mata bengkak rohto cool

Beli Rohto Cool Klik di Sini

Kandungan Naphazoline hydrochloride pada obat mata ini bisa membantu meredakan mata gatal karena debu, angina, asap dan cuaca dingin. Mata yang bengkak dan alergi karena renang juga bisa diatasi dengan menggunakan Rohto Cool. Produk ini paling cocok untuk Anda yang sering melakukan aktivitas outdoor.

Rohto Cool bisa didapatkan dengan harga Rp16.000.

5. Cendo Augentonic 15 ml

Cendo Augentonic obat mata bengkak

Beli Rohto Cool Klik di Sini

Jika mata bengkak yang Anda alami disebabkan oleh radang, iritasi dan alergi mata, Anda bisa menggunakan Cendo Augentonic 15 ml. Tak hanya itu, obat ini juga bisa membantu meredakan mata lelah karena aktivitas membaca atau menonton televisi.

Cendo Augentonic merupakan obat bebas yang bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Adapun harga jual per botolnya adalah Rp38.000-40.000.

6. Cendo Asthenof

Cendo Asthenof obat mata bengkak

Beli Cendo Asthenof Klik di Sini

Obat mata ini mengandung bahan aktif Oxymetazoline hydrochloride yang bisa meredakan mata merah karena inflamasi. Bahan aktifnya bekerja dengan cara menghilangkan penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan mata merah, gatal dan bengkak. Cendo Asthenof juga diperkaya dengan vitamin A yang bisa membantu memberikan nutrisi untuk kesehatan mata yang lebih baik.

Obat mata ini bisa Anda dapatkan dengan rentang harga Rp28.000-29.000.

7. Cendo Xitrol Eye Oint

Cendo Xitrol Eye Oint untuk obat mata bengkak

Beli Cendo Xitrol Eye Oint Klik di Sini

Jika mata bengkak, merah dan iritasi akibat bakteri, Cendo Xitrol Eye Oint bisa jadi pilihan pengobatan. Obat berbentuk salep mata bengka ini ini memiliki kandungan antiinflamasi dan antibiotik yang bisa meredakan infeksi bakteri di mata.

Obat ini termasuk golongan keras. Harga Cendo Citrol Eye Oint kemasan 3,5 gram adalah Rp50 ribuan.

8. Cendo Xitrol Eye Drop 5 ml

Cendo Xitrol Tetes Mata obat mata bengkak

Beli Cendo Xitrol Klik Eye Drop di Sini

Cendo Xitrol Eye Drop 5 ml memiliki kandungan Neomycin sulfate, Deksametazon, dan Polymyxin B sulfate yang bisa membantu meredakan mata bengkak karena infeksi atau radang. Obat ini termasuk obat keras yang hanya bisa digunakan dengan resep dokter. Dosisnya adalah 1-2 tetes pada siang hari dengan jeda sejam sekali dan pada malam hari dengan jeda 2 jam sekali.

Cendo Xitrol Eye Drop 5 ml bisa Anda beli dengan kisaran harga Rp33.400 per botolnya.

9. Cendo Tobroson 5 ml

Cendo Tobroson 5 ml obat mata bengkak

Beli Cendo Tobroson 5 ml Klik di Sini

Memiliki kandungan bahan aktif Tobramycin dan Decamethasone, Cendo Tobroson bisa membantu Anda mengatasi mata merah, gatal dan bengkak. Obat ini bekerja sebagai antibiotik dengan cara membunuh bakteri penyebab infeksi.

Cendo Tobroson termasuk ke dalam kelompok obat keras yang hanya boleh dipakai dengan resep dokter. Obat ini juga bisa menyebabkan beberapa efek samping termasuk rasa tidak nyaman di mata dan rasa perih.

Cendo Tobroson 5 ml bisa Anda beli di apotik dengan rentang kisaran harga Rp62.000-65.000.

10. C Noncort Md 0,6 ml

C Noncort Md 0.6ml  obat mata bengkak

Beli C Noncort Md 0,6 ml Klik di Sini

C Noncort Md 0,6 ml merupakan obat tetes mata yang digunakan untuk meredakan bengkak dan nyeri mata karena iritasi mata. Obat ini mengandung Na diklofenak dan termasuk ke dalam kelompok obat keras yang harus digunakan dengan menggunakan resep dokter.

Diproduksi oleh Cendo, C Noncort Md 0,6 ml bisa dibeli dengan kisaran harga Rp62.000 per pcs.

11. Polidemisine Eye Drop 5ml

Polidemisine Eye Drop obat mata bengkak

Beli Polidemisine Eye Drop 5ml Klik di Sini

Polidemisine Eye Drop 5 ml adalah obat antiseptik mata yang termasuk golongan kortikosteroid. Obat tetes mata ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah peradangan pada mata yang disertai dengan infeksi bakteri. Karena termasuk ke dalam golongan obat keras, Anda hanya bisa membeli dan menggunakannya dengan resep dari dokter.

Polidemisine Eye Drop 5ml bisa dibeli dengan rentang kisaran harga Rp41.000-42.000 per pcs.

12. Levocin 0.1% Eye Drop 5ml

Levocin 0.1% Eye Drop obat mata bengkak

Beli Levocin 0.1% Eye Drop 5ml Klik di Sini

Diproduksi oleh PT. Sanbe Vision, Levocin Eye Drop 5 ml adalah obat mata antibiotik golongan kuinolon yang bisa dipakai untuk mengobati infeksi mata eksternal. Dengan kandungan aktif levofloxacin, obat ini termasuk ke dalam kelompok obat keras. Beberapa efek samping dari penggunaan obat ini antara lain adalah menurunnya penglihatan semetara waktu, iritasi dan gatal pada kelopak mata.

Obat ini bisa dibeli dengan rentang kisaran harga Rp95.000-110.000.

13. Hyaloph Eye Drop

Hyaloph Eye Drop obat mata bengkak

Beli Hyaloph Eye Drop Klik di Sini

Hyaloph Eye Drop adalah obat tetes mata yang bisa dipakai untuk meredakan mata kering. Kandungan Natrium hialuronat di dalamnya bisa membantu menghilangkan sensasi terbakar pada mata karena iritasi dan mata kering. Obat ini termasuk golongan obat keras.

kisaran harga Hyaloph Eye Drop per botolnya adalah Rp93.000-95.000.

14. Alletrol Com Eye Drop

Alletrol Com Eye Drop obat mata bengkak.

Beli Alletrol Com Eye Drop Klik di Sini

Obat tetes mata ini termasuk golongan obat keras yang diformulasikan untuk mengobati masalah radang mata karena bakteri. Selain itu, Alletrol Com Eye Drop juga bisa membantu mengatasi luka pada kornea yang disebabkan oleh bahan kimia dan benda asing.

Alletrol Com Eye Drop hanya bisa digunakan dengan resep dokter. Harganya berkisar antara Rp20.000-22.000 per botol.

15. Visine

Beli Visine Klik di Sini

Visine merupakan obat golongan bebas terbatas yang memiliki komposisi seperti air mata buatan. Visine bisa membantu meredakan bengkak yang disebabkan oleh mata iritasi. Visine juga bisa membantu melembapkan mata yang kering.

Visine Eye Drops bisa Anda dapatkan di apotik dengan harga berkisar Rp15.000-16.000, tergantung pada variannya.

Itulah 15 obat mata bengkak yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi mata yang bengkak karena berbagai kondisi.

Membeli obat sekarang tidak perlu repot-repot keluar rumah atau ke apotek terdekat. Lewat K24Klik, beli obat bisa dilakukan secara online. Kapan saja Anda mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan stok obat, K24Klik siap jadi solusi.

Sumber:

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/remedies-to-relieve-swollen-eyelid  (diakses 19 Desember 2022)