11 Obat Keputihan Paling Ampuh di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Keputihan Paling Ampuh Di Apotik K24 dan Harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat keputihan pada wanita dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah kewanitaan yaitu keputihan sesudah ataupun sebelum mentruasi dengan tepat.

Keputihan merupakan kondisi fisiologis yang terjadi setiap bulan pada saat sebelum atau sesudah masa menstruasi dan masa subur. Penggunaan obat keputihan menjadi penting ketika masalah kewanitaan ini sudah mengganggu kenyamanan sehari-hari.

Baca juga: 15 Obat Nyeri Haid di Apotik yang Ampuh dan Aman

Keputihan yang normal berwarna jernih dan transparan, dengan tekstur seperti air dan lengket. Sebaliknya, keputihan yang tidak normal biasanya memiliki warna kuning atau hijau.

Ciri lainnya dari keputihan adalah area kewanitaan mengeluarkan bau tidak sedap dan menyengat. Keputihan juga dapat menyebabkan rasa gatal pada vagina

Apa Saja Penyebab Keputihan?

Salah satu penyebab keputihan adalah faktor kebersihan pada organ kelamin. Selain itu, mengenakan pakaian dalam yang ketat bisa menjadi pemicu tumbuhnya jamur penyebab keputihan karena keringat.

Untuk meminimalisir keputihan datang kembali kedepannya, berikut ini merupakan beberapa penyebab keputihan cukup berbahaya yang perlu Anda ketahui.

  • Infeksi jamur yang tumbuh di area vagina ( miss v) yang menyebabkan organ kewanitaan tersebut menjadi bengkak dan gatal.
  • Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebabkan oleh hubungan seks yang tidak sehat bersama dengan orang terinfeksi.
  • Baterial Vaginosis atau kondisi dimana terdapat terlalu banyak bakteri dalam vagina Anda.
  • Gonore dan Chlamydia yang merupakan dua jenis infeksi menular seksual yang paling sering didapat karena berhubungan badan dengan orang terinfeksi.

Sedangkan pada skala ringan, ada beberapa penyebab keputihan yang umum dialami oleh setiap wanita.

  • Iritasi akibat benda atau bahan kimia yang menyebabkan reaksi alergi seperti sabun, kondom dan lain sebagainya.
  • Rendahnya kadar estrogen yang membuat dinding vagina menjadi lebih kering dan tipis. Penyebab keputihan yang satu ini biasanya dapat dialami ketika Anda dalam masa setelah menopause.
  • Kehamilan yang membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan.

Rekomendasi Obat Keputihan Paling Ampuh Di Apotik K24 dan Harganya

Apakah Anda terganggu dengan masalah keputihan yang terjadi? Ada beberapa obat keputihan yang bisa dicari di apotek. Apa saja di antaranya? Yuk, simak daftarnya berikut ini. 

1. Albothyl Ovula

obat  keputihan albothyl ovula

Beli Albothyl Ovula klik di Sini

Albothyl Ovula merupakan obat yang membantu untuk menghilangkan kuman maupun bakteri di bagian kewanitaan. Dengan kandungan aktif policresulen, menggunakan obat untuk membersihkan organ kewanitaan ini adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah keputihan.

Kisaran harga: Rp27.039 per tablet.

2. Fladystin Ovula

obat keputihan fladystin ovula

Beli Fladystin Ovula klik di Sini

Fladystin Ovula merupakan obat yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan. Namun, karena tergolong sebagai antibiotik, penggunaan obat ini harus berdasarkan resep dokter. Fladystin Ovula bisa mengobati keputihan serta jamur yang tumbuh di bagian kewanitaan. Jamur biasanya disebabkan oleh bakteri Trichomonas dan Candida albicans. 

Ada dua senyawa aktif yang terkandung dalam Fladystin Ovula yaitu metronidazole dan nystatin. Metronidazole adalah obat untuk mematikan bakteri anaerob. Nystatin adalah obat yang dapat merusak sel jamur.

Kisaran harga: Rp22.860 per tablet. 

3. Neo Gynoxa Ovula

obat keputihan neo gynoxa ovula

Beli Neo Gynoxa Ovula klik di Sini

Neo Gynoxa Ovula merupakan salah satu jenis obat keputihan. Namun, penggunaannya bukan dengan cara diminum, tetapi dimasukkan ke dalam vagina. Obat ini juga mengandung metronidazole dan nystatin. Obat ini ditujukan untuk penyembuhan keputihan karena bakteri Trichomonas vaginalis dan Candida albicans.

Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan obat ke vagina sebelum tidur. Hal ini harus dilakukan selama 7 hingga 10 hari.

Kisaran harga: Rp22.093

Baca juga: Keputihan pada Remaja, Apakah Normal?

4. Albothyl Concent

Beli Albothyl Concent klik di Sini

Albothyl Concent merupakan salah satu jenis cairan antiseptik yang mengandung policresulen. Cairan ini bisa digunakan untuk mengatasi keluhan akibat keputihan yaitu gatal-gatal. Fungsi kandungan policresulen adalah menciutkan selaput lendir dan menghentikan pendarahan. 

Selain itu, policresulen dalam cairan antiseptik ini bisa mematikan floral patogen, misalnya bakteri dan jamur yang terdapat pada vagina. Namun, floral normal bisa tetap bertahan. Inilah yang membuat Albothyl Concent aman dan cocok digunakan untuk mengatasi keputihan. 

Kisaran harga: Rp54.581 per botol

5. Herbatia Sari Putih

obat keputihan herbatia sari putih.png

Beli Herbatia Sari Putih klik di Sini

Anda juga bisa mengonsumsi Herbatia Sari Putih sebagai cara mengatasi keputihan. Kegunaan Herbatia Sari Putih adalah mengurangi produksi lendir yang berlebihan. Dengan demikian, organ kewanitaan bebas dari masalah keputihan. Dosis penggunaan obat ini adalah 3 kali dalam satu hari sebanyak 1 kapsul. 

Kisaran harga: Rp61.691

6. Rapet Wangi

Beli Rapet Wangi klik di Sini

Produk lain yang bisa mengatasi masalah keputihan adalah Rapet Wangi. Obat herbal keputihan ini bisa mengurangi produksi lendir pada organ intim, menghilangkan masalah gatal dan bau tidak sedap, dan mencegah terjadinya keputihan. 

Komposisi bahan alami yang terdapat dalam Rapet Wangi antara lain Parameriae cortex, Fenugreek semen, Amomi fructus, Guazumae folia, dan Curcuma domesticae rhizoma. Obat ini bisa diminum dua kali sehari sebanyak 1 kapsul.

Kisaran harga: Rp12.008

7. Grafazol

Beli Grafazol klik di Sini

Masalah keputihan bisa diatasi dengan mengonsumsi obat berupa Grafazol. Obat ini memiliki kandungan aktif metronidazole sehingga membutuhkan resep dokter. Grafazol merupakan obat antimikroba.

Kisaran harga: Rp535 per tablet. 

8. Diflucan

Beli Diflucan klik di Sini

Diflucan merupakan obat yang berguna untuk mengatasi masalah infeksi akibat jamur. Infeksi bisa terjadi pada bagian organ intim, mulut dan tenggorokan, bahkan aliran darah. Dengan kandungan zat Fluconazole yang terdapat di dalamnya, Diflucan bisa menghambat pertumbuhan jamur. 

Diflucan juga digunakan untuk mencegah jamur kembali. Biasanya hal ini disebabkan oleh candidiasis mucosal, dan sebagainya. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi obat ini sebanyak satu kapsul sekali dalam satu hari. 

Kisaran harga: Rp178.889 per tablet.

9. Vagistin Ovula

Vagistin Ovula

Beli Vagistin Ovula klik di Sini

Vagistin Ovula merupakan obat keputihan yang digunakan dengan cara dimasukkan ke vagina. Obat ini bekerja untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh trichomonas atau candida.

Kisaran harga: Rp20.754 per pcs

10. Betadine Fem Wash Foam Gentle Protection

obat keputihan di apotik betadine fem wash

Beli Betadine Fem Wash klik di Sini

Anda juga dapat memanfaatkan cairan pembersih khusus seperti Betadine Fem Wash Foam Gentle Protection untuk mengatasi keputihan. Sabun pembersih kewanitaan ini ampuh untuk membunuh bakteri penyebab keputihan.

Kisaran harga: Rp 55 ribu/pcs

11. Resik V Godokan Sirih

obat keputihan di apotik resik v godokan sirih

Beli Resik V Godokan Sirih klik di Sini

Selain Betadine Fem Wash, Anda juga dapat menggunakan Resik V Godokan Sirih sebagai cairan pembersih alami area kewanitaan. Terbuat dari bahan herbal dan air godokan sirih asli, Resik V ampuh untuk mengatasi beragam masalah kewanitaan.

Sabun cair sirih ini bermanfaat untuk mengurangi bau tidak sedap, gatal dan juga keputihan yang disebabkan olah bakteri pada area kewanitaan.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/pcs

Nah, itulah tadi beberapa jenis obat keputihan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Untuk mencegahnya, lakukan pola hidup sehat setiap hari sehingga keputihan pun tidak terjadi.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter apabila ada tanda-tanda lain yang harus diwaspadai. 

Butuh pembalut, obat ataupun vitamin tengah malam? K24Klik siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan produk farmasi 100% asli dan pengiriman cepat. Yuk unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, rasakan manfaatnya sekarang juga!

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/4719-vaginal-discharge diakses pada 27 November 2023