15 Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Alergi dapat menyebabkan beberapa reaksi yang cukup mengganggu. Mulai dari reaksi gatal, menyebabkan bentol kulit, bersin hingga sesak napas. Apabila tidak ditangani optimal, alergi dapat bertambah parah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui rekomendasi obat alergi gatal yang ampuh di apotik.

Mengapa seseorang dapat mengalami reaksi alergi? Beberapa penyebabnya adalah alergi terhadap bulu binatang, lateks dan makanan mengandung alergen seperti seafood. Untuk mengatasi reaksi, Anda memerlukan obat anti alergi sesuai dengan kondisi.

Rekomendasi Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh

Reaksi gatal akibat alergi, apakah perlu langsung ditangani oleh dokter? Hal ini tergantung pada seberapa parah rasa gatal yang muncul serta penyebabnya. Apabila tidak fatal, berikut ini merupakan rekomendasi obat alergi gatal di apotik yang paling ampuh.

Baca juga: 15 Obat Gatal Gatal pada Kulit Paling Ampuh di Apotik

1. Caladine Gel

obat alergi gatal caladine gel

Beli Caladine Gel Klik di Sini

Caladine Gel memiliki kandungan Hammamelis Extract. Kandungan tersebut dapat menjadi anti inflamasi dan anti gatal untuk mengatasi alergi gatal yang Anda alami. Ditambah dengan kandungan Aloe Vera dan juga Cucumber Extract untuk melembutkan kulit dan juga mengurangi gatal-gatal.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/pcs

2. Histaklor

obat alergi gatal histaklor

Beli Histaklor Klik di Sini

Kemudian, ada Histaklor tablet yang mengandung zat aktif Dexchlorheniramine maleat. Obat ini berfungsi untuk mengatasi keadaan-keadaan alergi mulai dari gatal-gatal, pilek, eksim, radang kulit dan lain sebagainya.  Memiliki efek samping mengantuk, Anda perlu memerhatikan untuk mengonsumsi Histaklor di waktu yang sesuai dengan aktivitas.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

3. Alleron

obat alergi gatal alleron

Beli Alleron Klik di Sini

Fungsi Alleron dapat meredakan gejala alergi rhinitis, urticaria (gatal-gatal ataupun biduran), kemudian juga gatal karena gigitan serangga dan penyebab alergi lainnya. Sama seperti rata-rata obat antialergi lainnya, Alleron ini juga menimbulkan rasa kantuk hingga pandangan kabur.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

4. Betamethasone

obat alergi gatal betamethasone

Beli Betamethasone Klik di Sini

Obat alergi gatal Betamethasone merupakan krim topikal yang berfungsi untuk meringankan iritasi kulit, mulai dari gatal-gatal, eksim dan lain sebagainya. Anda cukup mengoleskan secara tipis pada permukaan kulit yang gatal, lalu usahakan untuk membiarkan kulit terbuka.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/tube

5. Alloris

obat alergi gatal alloris

Beli Alloris Klik di Sini

Kemudian, ada juga obat berbentuk tablet yaitu Alloris. Manfaat utama dari Alloris ini adalah untuk menyembuhkan gejala-gejala yang berhubungan rinitis. Selain itu, obat antihistamin dan antialergi yang satu ini juga ampuh untuk mengatasi alergi gatal pada kulit.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tablet

6. Dextamine

obat alergi gatal dextamine

Beli Dextamine Klik di Sini

Meskipun tidak mudah untuk dikonsumsi, obat tablet jadi solusi efektif untuk atasi masalah kesehatan. Misalnya adalah Dextamine, tablet yang satu ini mengandung bahan aktif Dexamethasone dan juga Dexchlorpheniramine maleate. Yang membuat lebih nyaman adalah obat ini dapat dikonsumsi setelah makan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

7. Sriti Antiseptic Cream

obat alergi gatal sriti antiseptic cream

Beli Sriti Antiseptic Cream Klik di Sini

Salep antiseptik ini memang cukup dikenal menjadi andalan untuk mengobati segala macam masalah kulit. Kandungan Benzethonium Chlorida dalam salep ini dapat berperan sebagai agen antimikrobial. Salep Sriti cocok digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit mulai dari jamuran, kadas, kurap, gatal-gatal, kemeran dan lain sebagainya.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tube

8. Skizone

obat alergi gatal skizone cream

Beli Skizone Cream Klik di Sini

Kandungan Betamethasone Dipropionate dalam Skizone Cream bermanfaat untuk mengatasi gatal, kemerahan dan peradangan kulit yang disebabkan oleh beberapa hal termasuk dengan alergi. Skizone sendiri merupakan obat pemakaian luar dan cukup oleskan saja pada bagian kulit yang mengalami masalah alergi.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/pcs

9. Ketoconazole

obat alergi gatal ketoconazole

Beli Ketoconazole Klik di Sini

Obat salep Ketoconazole ini dapat digunakan untuk mengobati peradangan kulit. Ini tentunya termasuk dengan gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penggunaan salep ini juga sangat mudah, cukup oleskan secara tipis saja pada bagian kulit yang gatal atau terinfeksi.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/pcs

10. Loratadine

obat alergi gatal loratadine

Beli Loratadine Klik di Sini

Kandungan loratadine dalam obat berfungsi untuk mengatasi gejala alergi. Loratadine sendiri merupakan obat antihistamin yang bekerja untuk menyembuhkan reaksi gatal-gatal.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/tablet

11. Estin Tablet

obat alergi gatal estin

Beli Estin Tablet Klik di Sini

Kandungan zat aktif Cetirizine dalam Estin ini ampuh untuk mengobati berbagai jenis alergi, termasuk dengan reaksi yang disebabkan. Anda dapat membeli Estin dengan harga terjangkau dan juga cara yang praktis melalui K24Klik.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/tablet

12. Orphen

obat alergi gatal orphen

Beli Orphen Klik di Sini

Kemudian, ada Orphen yang merupakan salah satu obat alergi paling dicari di masyarakat. Obat ini mengandung zat aktif Chlorpheniramine Maleate untuk menangani berbagai keluhan alergi seperti gatal-gatal dan reaksi alergi lainnya.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

13. Lameson

obat alergi gatal lameson

Beli Lameson Klik di Sini

Obat ini digunakan untuk mengatasi peradangan termasuk gatal-gatal, kemerahan dan juga kekeringan pada kulit. Lameson ini mengandung zat aktif Metilprednisolon yang merupakan obat kortikosteroid untuk mengurangi reaksi inflamasi.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/tablet

14. Xyzal

obat alergi gatal xyzal

Beli Xyzal Klik di Sini

Terakhir, obat alergi gatal berbentuk tablet yang dapat menjadi solusi untuk Anda adalah Xyzal. Obat ini bermanfaat sebagai anti alergi, mengatasi rhinitis alergi termasuk dengan reaksi alergi yang disebabkan. Perlu diketahui bahwa Xyzal juga memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengonsumsinya.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tablet

15. Scabimite

obat alergi gatal scabimite cream

Beli Scabimite Cream Klik di Sini

Selain itu Anda juga bisa menggunakan Scabimite Cream. Kandungan permetrin dalam Scabimite berfungsi untuk mengobati infeksi parasit pada kulit termasuk dengan reaksi gatal yang memunculkan bentol di kulit. Anda dapat mengoleskan cream ini pada malam hari lalu dicuci keesokan harinya.

Kisaran harga: Rp 113 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat alergi gatal yang perlu Anda ketahui. Apabila gejala gatal semakin parah, lebih baik untuk mengkonsultasikannya pada layanan dokter profesional.

Saat ini, membeli obat tidak perlu lagi repot-repot ke offline store. Anda cukup memesan lewat K24Klik dan obat ataupun vitamin diantar segera ke rumah. Segera unduh K24Klik di Playstore maupun App Store dan dapatkan penawaran menarik khusus untuk pengguna baru.

Referensi:

https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-itchy-skin diakses pada 23 Maret 2023

https://www.medicinenet.com/10_common_allergy_triggers_slideshow/article.htm diakses pada 24 Maret 2023

https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a698037.html#:~:text=Permethrin%20may%20cause%20side%20effects,or%20tingling%20of%20the%20skin diakses pada 24 Maret 2023 //kandungan permetrin

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325364 diakses pada 24 Maret 2023

https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a697038.html#:~:text=Loratadine%20is%20used%20to%20temporarily,and%20redness%20caused%20by%20hives diakses pada 24 Maret 2023